Kesehatan Dibaca 475 kali

5 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Mudah!

Share info ini yuk ke teman-teman
Dwi

Terakhir diperbaharui 25 Juli, 2019 10:07

5 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Mudah!

Pada kenyataannya, kulit berjerawat bisa dialami oleh semua orang dari berbagai usia. Meski letak munculnya jerawat bisa di bagian tubuh mana saja, namun biasanya yang paling membuat Ibu resah adalah timbulnya jerawat di kulit wajah. Selain mengganggu penampilan, jerawat di kulit wajah terkadang menimbulkan rasa sakit saat disentuh dan membuat Ibu ingin segera melakukan apa pun cara menghilangkan jerawat paling cepat.

Eits, tapi tunggu dulu! Beberapa hal perlu Ibu perhatikan saat mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat secara cepat. Sebaiknya, Ibu jangan langsung tergoda dengan cara menghilangkan jerawat yang terlalu instan dan secepat kilat. Komposisi dan efeknya harus teruji secara klinis dengan disertai izin edar oleh pemerintah. Dikhawatirkan, produk tertentu yang mengklaim cara menghilangkan jerawat dengan supercepat malah bisa berdampak buruk pada kondisi kulit dan kesehatan Ibu.

        

Penyebab Munculnya Jerawat

Saat Ibu mencari cara menghilangkan jerawat di kulit wajah yang cukup membuat kepercayaan diri Ibu berkurang, Ibu juga perlu menelusuri penyebab munculnya jerawat tersebut. Nantinya hal ini erat kaitannya dengan cara menghilangkan jerawat apa yang tepat untuk mengatasinya.

  • Kadar Sebum Berlebih: Salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah produksi minyak (sebum) berlebih yang terjadi pada kulit wajah Ibu. Sebenarnya, sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak ini bermanfaat untuk mencegah kulit Ibu menjadi kering. Namun jika kadar sebum meningkat, ini bisa jadi pemicu timbulnya jerawat. 

  • Bakteri: Keberadaan bakteri jahat yang menghuni permukaan kulit Ibu sebenarnya masih wajar dalam jumlah tertentu. Cara menghilangkan jerawat karena bakteri ini erat kaitannya dengan kondisi kesehatan dan imunitas Ibu. Biasanya bakteri-bakteri ini dikalahkan oleh imunitas tubuh Ibu dan perlindungan alami kulit dari kelenjar minyak atau sebum tadi. Menurut para peneliti dari David Geffen School of Medicine UCLA, saat bakteri jahat yang menyerang kulit bernama Propionibacterium acnes ini berhasil melewati sebum dan mencapai pori-pori kulit, mereka akan membuat folikel rambut tersumbat. Ini menyebabkan munculnya benjolan-benjolan merah dan yang nantinya akan memicu timbulnya jerawat. 

  • Sel Kulit Mati: Regenerasi sel kulit mati diganti setiap 28-30 hari. Saat sel kulit baru telah muncul, sel kulit mati akan didorong keluar menuju permukaan kulit wajah. Jika sel kulit mati tersebut menumpuk di permukaan kulit, maka inilah yang memicu timbulnya jerawat. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan hadirnya jerawat di kulit wajah, seperti perubahan iklim, bertambahnya usia, hingga frekuensi membersihkan wajah yang tidak teratur. Ketiga faktor tersebut memerlukan cara menghilangkan jerawat yang tidak instan, karena membutuhkan penyesuaian untuk meremajakan kembali kulit wajah Ibu. 

  • Perubahan Hormon: Timbulnya jerawat bisa disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh Ibu. Aktivitas hormon androgen yang berlebih inilah yang memicu munculnya jerawat. Biasanya, perubahan hormon ini terjadi sebagai tanda-tanda menstruasi. Selain itu, perubahan hormon juga rentan dialami oleh Ibu pada saat hamil trimester pertama. Biasanya ini juga dibarengi dengan kulit berminyak.

  • Stres: Jumlah produksi minyak atau sebum pada kulit (dalam hal ini wajah) juga dipengaruhi oleh tingkat stress Ibu. Semakin Ibu merasa stress, semakin cepat pula kadar kortisol dan sebum yang dihasilkan oleh kulit wajah. Kondisi stress ini tidak hanya memicu datangnya jerawat, namun juga memperparah keadaannya jika Ibu sudah telanjur diserbu jerawat. Tak jarang situasi ini membuat Ibu makin stress memikirkan cara menghilangkan jerawat paling ampuh untuk mengembalikan kulit cantik Ibu.

  • Penggunaan Kosmetik Tertentu: Hal yang sering kali diabaikan saat memilih kosmetik adalah mengetahui jenis kulit Ibu. Ada beberapa produk kecantikan yang hanya khusus untuk kulit tertentu, misalnya untuk kulit kering, berjerawat, dan berminyak. Jika tidak hati-hati dan terburu-buru memilih produk tertentu yang menawarkan solusi untuk kecantikan kulit wajah Ibu, tetapi tidak memerhatikan kecocokannya, maka inilah yang bisa menyebabkan banyak permasalahan kulit wajah. Terutama jerawat.

Setelah mengetahui penyebab munculnya jerawat di kulit wajah, kini saatnya memilih cara menghilangkan jerawat yang tepat. Salah satu pilihan alternatif cara menghilangkan jerawat adalah dengan memilih bahan dan metode yang alami. Selain lebih aman, cara alami menghilangkan jerawat biasanya cenderung ramah di kantong dan minim efek samping yang ditimbulkan. Yuk, simak beberapa cara alami menghilangkan jerawat dengan cepat:

        

1. Menggunakan Bahan Alami

A. Masker Alpukat

Buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ibu bisa mengonsumsinya sebagai jus maupun langsung melahapnya untuk sarapan. Kandungan lemak nabati dan berbagai vitamin dalam alpukat sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan Ibu. Tidak hanya itu lho! Ternyata alpukat memiliki manfaat lain untuk kecantikan. Alpukat mampu menyamarkan noda hitam, mengangkat sel kulit mati, dan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat di kulit wajah Ibu. Selain itu, menggunakan alpukat untuk masker wajah juga dapat membantu mencerahkan kulit Ibu.

  • Siapkan 1 buah alpukat.

  • Buang biji dan ambil daging buahnya

  • Blender alpukat sampai halus

  • Tuang ke dalam wadah, oleskan ke wajah hingga merata.

  • Diamkan selama 15-30 menit

  • Bilas dengan air biasa atau air hangat

B. Quinoa

Quinoa merupakan jenis biji-bijian yang kini banyak dimintai masyarakat. Sebagai Ibu milenial, barangkali quinoa tidak asing di telinga, atau bahkan Ibu sering mengonsumsinya karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Quinoa sangat baik untuk tumbuh kembang anak di atas 2 tahun karena mengandung protein tinggi. Tak hanya itu, quinoa juga bermanfaat menangkal radikal bebas dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. 

Tapi, tahukah Ibu bahwa ternyata quinoa juga bisa jadi alternatif cara menghilangkan jerawat secara alami? Sebagai biji-bijian yang sedang tren, quinoa ternyata bisa digunakan untuk perawatan kulit, terutama jerawat. Quinoa juga membantu meningkatkan kadar kolagen pada kulit wajah dan menyamarkan flek hitam. Cara menghilangkan jerawat dengan quinoa cukup mudah dan bisa Ibu lakukan di rumah sebagai masker wajah. Masker quinoa berfungsi sebagai scrub lembut dan ramah lingkungan.

  • Masak quinoa secukupnya dengan air selama kurang lebih 10 menit.

  • Diamkan selama 15 menit dengan menutup rapat panic

  • Setelah dingin, tuang ke wadah.

  • Campurkan quinoa dengan yogurt plain

  • Oles secara merata dan biarkan selama 15-30 menit

  • Bilas perlahan dengan air.

C. Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat yang satu ini sangat mudah, terjangkau, dan bisa ditemukan si sekitar Ibu. Biasanya kuning telur lebih banyak digunakan saat Ibu membuat kue. Nah, jangan membuang putih telurnya ya, Bu! Karena ternyata bahan alami tersebut sangat bermanfaat untuk perawatan kulit wajah Ibu. Kandungan enzim lysonzim dalam putih telur bisa menghancurkan bakteri yang merusak sel kulit Ibu dan menyebabkan jerawat. Ibu bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Jadi, jangan lewatkan manfaat besar putih telur ini ya, Bu!

  • Pisahkan putih telur dengan kuningnya

  • Letakkan di wadah terpisah

  • Kocok putih telur hingga berbusa

  • Campurkan dengan perasan jeruk lemon jika Ibu terganggu dengan bau amisnya (optional)

  • Oleskan ke kulit wajah hingga leher secara merata

  • Diamkan selama 15 menit atau hingga kulit wajah terasa mengencang

  • Bilas dengan air bersih

D. Lidah Buaya

Selain digunakan untuk perawatan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan kulit terbakar akibat sengatan matahari. Kabar baiknya, ternyata lidah buaya memiliki efek yang bagus untuk kulit wajah. Kandungan polifenol sebagai senyawa aktif dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat. Ibu bisa menanam lidah buaya di taman atau membelinya di pasar.

  • Ambil dua batang lidah buaya

  • Iris/kupas bagian luarnya dan ambil dagingnya

  • Haluskan hingga berubah menjadi gel

  • Gunakan sebagai masker dengan mengoleskannya merata ke wajah hingga leher

  • Diamkan selama 30 menit

  • Bilas dengan air bersih atau air hangat

  • Lakukan setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu 

E. Madu

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami selanjutnya adalah menggunakan madu. Madu telah digunakan selama ribuan tahun untuk tujuan pengobatan karena kandungan antibakterial yang baik. Madu memang memiliki sangat banyak manfaat untuk tubuh, seperti menjaga stamina dan kebugaran, menyembuhkan luka, juga menjadi antibiotik alami yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Untuk permasalahan kulit wajah, madu yang dibutuhkan adalah madu murni, salah satunya adalah jenis madu manuka. Biasanya, untuk memaksimalkan kinerja madu, kayu manis bisa ditambahkan ke dalam campuran masker.

  • Tuangkan 3 sendok makan madu murni ke dalam wadah

  • Campurkan 1 sendok makan kayu manis bubuk

  • Aduk hingga tercampur merata sambil dipanaskan sekitar 1 menit dengan api kecil

  • Setelah dingin, oleskan merata ke wajah dan leher

  • Biarkan selama 15 menit

  • Dengan aroma kayu manis dan madu yang segar dan menenangkan, cobalah untuk rileks

  • Bilas dengan air bersih

F. Timun

Ibu pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini. Selain dijadikan pelengkap lalapan dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Seringkali Ibu juga menempelkannya di kelopak mata agar mata jadi segar. Ternyata ada manfaat lain yang bisa Ibu jadikan cara menghilangkan jerawat. Meski tidak signifikan memusnahkan jerawat, timun bisa digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan yang menjurus pada kemerahan pada jerawat. Tentu hal ini bisa membantu cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan lainnya. Ketika jerawat sudah tidak bengkak dan nyeri, maka proses penyembuhannya akan lebih mudah.

  • Iris-iris mentimun berbentuk bulat atau sesuai keinginan Ibu

  • Cuci bersih wajah Ibu dengan air biasa

  • Tempelkan irisan-irisan timun yang masih segar ke wajah, terutama yang berjerawat

  • Diamkan selama 15 menit dan rasakan sensasi segarnya

  • Bilas wajah dengan air bersih

        

2. Tidur Cukup

Bila Ibu sering bergadang, sebaiknya hentikan kebiasaan ini agar cara menghilangkan jerawat yang Ibu lakukan tidak sia-sia. Pasalnya, ketika Ibu kurang istirahat, hal itu akan menyebabkan meningkatnya kadar kortisol yang memproduksi sebum berlebih. Dampaknya, jerawat akan sulit dihilangkan, bahkan justru akan timbul bibit-bibit jerawat baru yang mengganggu.

Jika Ibu memiliki kesibukan yang sangat padat, mungkin tidak mudah untuk mengatur waktu agar bisa tidur dengan cukup. Namun, mulai sekarang Ibu bisa mengupayakan untuk tidur dengan cukup, minimal 6 jam dalam sehari. Ibu dapat merencanakan ulang prioritas dan efektivitas kegiatan agar tidak memakan waktu istirahat yang sangat dibutuhkan tidak hanya untuk kulit wajah, namun juga untuk kesehatan Ibu secara umum. Padamkan lampu saat tidur di malam hari dan hentikan penggunaan gawai menjelang tidur agar tidak tergoda untuk berlama-lama larut ke dalam layar gadget.

        

3. Mengupayakan Pola Hidup Sehat

Ada 3 hal penting yang perlu Ibu perhatikan saat mengupayakan pola hidup sehat sebagai cara menghilangkan jerawat.

A. Pola Makan Sehat

Belum ada penelitian spesifik yang mengatur pola makan seperti apa yang mestinya dilakukan untuk menghilangkan jerawat. Namun, umumnya munculnya jerawat sangat erat kaitannya dengan makanan yang meningkatkan kadar gula dalam darah (glycemic index) seperti daging olahan dan makanan manis.

Menghindari makanan rendah kalori dan nutrisi seperti junk food dan segera menggantinya dengan buah, sayuran, biji-bijian, serta sumber protein segar bisa membantu Ibu memaksimalkan cara menghilangkan jerawat di wajah. 

B. Olahraga Rutin

Manfaat olahraga ternyata sangat baik untuk kesehatan seluruh tubuh, termasuk kulit Ibu. Olahraga ringan seperti jogging, yoga, dan aerobik, bisa membakar lemak sekaligus mengeluarkan kotoran dari pori-pori kulit. Tidak hanya itu, olahraga rutin juga dapat menurunkan risiko Ibu mengalami stress. Karena dengan berolahraga, energi Ibu digunakan untuk olah tubuh dan mengalihkan pikiran-pikiran yang memicu stres. 

Yang perlu diperhatikan saat berolahraga adalah menghindari alat-alat yang bersentuhan atau bergesekan dengan wajah Ibu agar tidak lecet dan menyebabkan iritasi. Jangan lupa mandi atau basuh tubuh Ibu setelah olahraga ya!

        

4. Stay Hidrated

Salah satu cara menghilangkan jerawat dari dalam tubuh yang bisa Ibu upayakan adalah dengan selalu memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Tak perlu diragukan lagi bahwa minum air dengan cukup dapat membantu Ibu menjaga kulit wajah. Tidak hanya bermanfaat untuk menghidrasi, air minum juga mampu mendorong keluar racun dari dalam tubuh.

Minum 8 gelas air dalam sehari atau setara dengan 2 liter air mineral untuk mengoptimalkan manfaatnya. Hindari minuman bersoda yang dapat menurunkan kinerja air mineral dalam tubuh saat membuang racun dan perbaikan kulit wajah agar cara menghilangkan jerawat bekerja optimal.

        

5. Cegah Jerawat Kembali Lagi

Hal yang terkadang luput dari perhatian saat menggunakan berbagai cara menghilangkan jerawat adalah menjaga kesehatan kulit wajah agar tidak kembali dihinggapi jerawat. 

A. Eksfoliasi

Ini merupakan aktivitas pengangkatan sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat dan oleh karenanya Ibu perlu melakukan eksfoliasi dengan rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Secara alami, kulit mengalami pengelupasan sel kulit mati dengan sendirinya. Namun dalam prosesnya, eksfoliasi bisa terganggu dengan adanya bakteri atau penyumbatan pori-pori kulit. Pada kondisi seperti ini, kulit wajah Ibu memerlukan eksfoliasi tambahan yang dilakukan secara rutin dengan bahan alami seperti menggunakan masker madu, lidah buaya, dan sebagainya. Dengan begitu, cara menghilangkan jerawat dengan eksfoliasi akan bekerja secara maksimal menjaga kulit Ibu tetap segar dan mencegah kembalinya jerawat.

B. Jaga Wajah Agar Selalu Bersih

Menjaga kulit wajah agar selalu bersih harus jadi kebiasaan rutin Ibu. Tapi bukan berarti melakukannya dengan membilas wajah terlalu sering ya, Bu! Ibu bisa menghindari kotoran menempel pada wajah dengan menggunakan helm atau masker saat bepergian ke luar, atau memastikan wajah Ibu tidak banyak bersentuhan dengan benda-benda di sekitar. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan bersih agar selalu aman jika hendak menyentuh kulit wajah. Selalu ingat untuk tidak memencet-mencet jerawat agar tidak memperparah kulit berjerawat Ibu.

        

Nah, sudah berapa cara menghilangkan jerawat yang sering Ibu lakukan di rumah? Jika Ibu memiliki kulit sensitif, Ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dermatolog atau dokter kulit dan kecantikan terpercaya. Selamat mencoba!

(Dwi Ratih/Dok. Freepik)