Kesehatan

5 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui yang Aman

5 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui yang Aman

Ibu hamil dan menyusui harus menjaga kesehatan gigi. Pasalnya, tidak semua obat gigi aman dikonsumsi untuk ibu menyusui. Beberapa obat sakit gigi dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan bayi atau malah mengganggu proses menyusui.

Memilih obat sakit gigi untuk ibu menyusui tidak bisa sembarangan. Obat dapat masuk ke dalam Air Susu Ibu (ASI) dan mempengaruhi bayi. Namun sakit gigi tidak dapat dibiarkan begitu saja karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu. Oleh karena itu rasa sakit gigi pada ibu menyusui harus diatasi.

Obat sakit gigi untuk ibu menyusui

Konsumsi obat sakit gigi perlu disesuaikan dengan penyebabnya, misalnya gigi berlubang atau radang gusi. Sebaiknya ibu juga berkonsultasi ke dokter gigi dahulu agar mendapat perawatan gigi dan obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang tepat.

Jika pada akhirnya ibu menyusui sakit gigi harus mengkonsumsi obat, disarankan obat dikonsumsi setelah menyusui bayi atau sebelum bayi tidur lama di malam hari agar efek obat tidak mempengaruhi ASI yang diminum oleh bayi.

Berikut pilihan obat sakit gigi untuk ibu menyusui:

1. Parasetamol

Merupakan salah satu obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang dapat dikonsumsi dengan aman jika mengikuti dosis yang sesuai. Sifat parasetamol adalah pereda rasa sakit sehingga rasa nyeri di gigi dapat berkurang

2. Ibuprofen

Ibuprofen adalah alternatif pereda sakit lainnya yang dapat menjadi alternatif obat sakit gigi untuk ibu menyusui. Konsumsi ibuprofen tergolong aman dan tidak membahayakan bayi asal sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika tidak sesuai dosis, obat ini rentan memperparah luka pada lambung (tukak lambung) atau asma.

3. Naproxen 

Naproxen merupakan salah satu obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang dapat meredakan rasa nyeri dan pembengkakan pada gigi. Ibu dapat mengkonsumsi Naproxen sebagai alternatif lain dari Parasetamol dan Ibuprofen. Cara kerja Naproxen hampir sama dengan Ibuprofen, yaitu mencegah zat peradangan yang diproduksi oleh tubuh.

Seperti yang dilansir dari Verywell Family, Naproxen dianggap aman apabila digunakan sesekali atau jangka pendek saja selama periode menyusui. Perpindahan zat Naproxen ke ASI cukup rendah. Meskipun begitu, tetap memberikan kemungkinan terjadi efek samping pada bayi.

Efek samping dari naproxen bagi pengkonsumsinya adalah dapat membuat Ibu mengalami kram perut, mengantuk, mual, pusing, nyeri pada ulu hati, dan peradangan pada tubuh. Oleh karena itu, Ibu menyusui harus berkonsultasi kepada dokter jika ingin mengkonsumsi naproxen.

4. Asam mefenamat

Asam mefenamat adalah alternatif obat sakit gigi untuk ibu menyusui lainnya yang dapat meredakan rasa nyeri di gigi. Obat ini tergolong aman dikonsumsi meski dapat masuk ke dalam ASI. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan pada bayi saat mengkonsumsi obat ini dalam dosis sesuai.

5. Antibiotik

Antibiotik adalah obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Beberapa jenis antibiotik yang cukup aman untuk ibu menyusui adalah amoxicillin, cefadroxil, dan erythromycin

Meski obat-obatan di atas tergolong cukup aman, sebaiknya Ibu tetap berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu terkait penggunaannya. Apalagi jika bayi terlahir prematur, memiliki berat badan rendah, atau kondisi medis tertentu. Ibu Menyusui tidak boleh sembarangan mengkonsumsi antibiotik tanpa rekomendasi dokter terlebih dahulu.

Pengobatan ibu menyusui sakit gigi di rumah

Selain mengkonsumsi obat sakit gigi untuk ibu menyusui, Ibu dapat melakukan perawatan sederhana untuk mengobati rasa sakit gigi. Simak cara pengobatan rumahan untuk ibu menyusui sakit gigi di sini:

1. Tempel kompres dingin

Menggunakan kompres dingin di area gigi yang sakit bisa menjadi pengobatan ibu menyusui sakit gigi di rumah. Caranya dengan cara membungkus es batu dengan handuk dan menempelkan kompres dingin tersebut ke pipi yang dekat dengan gigi sakit. Metode ini juga dapat mengurangi radang dan pembengkakan di area gigi yang sakit.

2. Berkumur menggunakan obat kumur

Obat kumur biasanya mengandung senyawa alami seperti menthol yang dapat memberi efek dingin dan meredakan rasa nyeri pada gigi. Oleh karena itu, berkumur menggunakan obat menjadi salah satu cara pengobatan ibu menyusui sakit gigi di rumah. Selain itu, obat kumur antiseptik dapat membunuh bakteri pada gigi dan lidah Ibu sehingga peradangannya pun berkurang.

3. Berkumur dengan air garam

Air garam dapat menjadi obat sakit gigi untuk ibu menyusui karena dapat menjadi pembersih bakteri alami dan mampu membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Berkumur dengan air garam dapat mengurangi peradangan dan luka di sekitar gigi dan gusi.

Cara berkumur dengan air garam adalah mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam air hangat dan jadikan sebagai obat kumur.

4. Menghindari makanan bersuhu ekstrem

Cara penanganan sakit gigi bagi Ibu menyusui di rumah adalah menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin karena dapat menyebabkan gigi bertambah ngilu dan sakit. Makanan yang terlalu manis pun harus dihindari. Sebaiknya Ibu mengkonsumsi makanan yang bertekstur lembut.

Obat sakit gigi untuk ibu menyusui dapat dikonsumsi untuk meredakan rasa tidak nyaman. Namun, seringkali mengkonsumsi obat sakit gigi hanya solusi temporer. Jika sakit gigi tetap kembali meski telah mengkonsumsi obat, Ibu disarankan untuk berkonsultasi ke dokter gigi agar segera ditangani dengan tepat pangkal permasalahan yang menyebabkan gigi sakit.

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih