Rekomendasi

9 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak, Harga Terjangkau!

9 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak, Harga Terjangkau!

Duh, minyak berlebih bikin wajah terlihat kusam, nih. Tenang, dengan mengikuti saran-saran di bawah ini, minyak berlebih pada wajah bisa diminimalisir, kok. Tapi sebelumnya, yuk, kita ulas dulu informasi mengenai ragam kulit wajah berikut.

Ada 5 Jenis Kulit Wajah

Menurut informasi yang kami rangkum dari situs allmiral.com, terdapat beberapa kriteria guna mengelompokkan jenis-jenis kulit. Sebagai contoh, klasifikasi oleh Fitzpatrick yang pertama kali dijabarkan pada tahun 1975, jenis kulit dibuat berdasarkan warna dan bagaimana tiap warna kulit tersebut merespons paparan sinar matahari. Klasifikasi tersebut dibuat untuk mengetahui risiko kanker pada masing-masing warna kulit, juga untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk melindunginya. 

Sedangkan dari sisi kebutuhan kosmetik, jenis kulit dibagi menjadi dari beberapa faktor yang terkait dengan keseimbangan kulit, yaitu hidrasi, tingkat sensitivitas kulit dan sekresi sebum. Hal ini bikin setiap jenis kulit, membutuhkan cara perawatan yang berbeda pula. Selain itu, jenis kulit pada setiap orang turut dipengaruhi oleh genetik, faktor lainnya serta bisa berubah seiring waktu.

Dari hal di atas, jenis kulit kemudian dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

  1. Kulit normal
    Jenis kulit ini, tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Bisa dibilang, kulit normal memiliki tampilan halus dan bersih. Kulit normal pada umumnya nggak membutuhkan perawatan khusus.
  2. Kulit kering
    Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering. Ada yang sifatnya sementara, misalnya karena cuaca yang lembap atau pun panas. Sedangkan pada sebagian orang lainnya, jenis kulit kering bisa dialami dalam waktu yang lama. Merawat jenis kulit bukanlah hal gampang, karena kulit kering cenderung ‘retak’, sehingga membuat kulit jadi rentan terhadap bakteri. Kulit kering juga cenderung mengalami infeksi serta gangguan kesehatan kulit lainnya, misalnya eksem.
    Ciri kulit kering tergantung dari beberapa hal, di antaranya faktor usia, penyebab serta tingkat kesehatan seseorang, tapi pada umumnya ditandai dengan rasa gatal, kemerahan dan mengelupas. Dalam tingkat yang parah, kulit bisa ‘pecah-pecah’, atau yang disebut dengan istilah cracked skin.
  3. Kulit berminyak
    Selain terlihat mengilap, ciri lain kulit berminyak adalah memiliki pori-pori yang besar. Kulit berminyak disebabkan oleh lemak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Biasanya, disebabkan oleh pengaruh genetik, hormon, pola makan, stress, cuaca, dst.
  4. Kulit kombinasi
    Sesuai dengan namanya, pada jenis kulit kombinasi, berarti mengalami kulit berminyak dan kering sekaligus. Ini, disebabkan oleh kelenjar sebesea dan kelenjar keringat yang tidak merata. Umumnya, bagian yang berminyak ialah dagu, hidung dan kening (dikenal dengan sebutan ‘daerah T’), sedangkan pada bagian pipi, berjenis kulit kering.
  5. Kulit sensitif
    Dikatakan sensitif karena cenderung mudah bereaksi terhadap ransangan. Biasanya, disertai dengan rasa gatal, kemerahan, terasa kencang dan seperti terbakar. Pada kulit sensitif, pelindung tidak berfungsi sehingga bikin mikroorganisme dan iritan masuk ke dalam kulit, serta meningkatkan risiko terjadinya alergi atau pun infeksi. Jenis kulit yang rentan ini pastinya membutuhkan perawatan khusus.

Lebih lanjut, kita akan membahas tentang serba-serbi kulit berminyak, ya.

Semua jenis kulit secara alami memproduksi minyak. Minyak atau sebum ini berfungsi untuk melembapkan dan melindungi rambut serta kulit. Nah, jika produksi minyak tersebut berlebih, maka bisa bikin permukaan kulit jadi berminyak, menyumbat pori dan memicu timbulnya jerawat. Meski bisa bikin kulit terasa kurang nyaman dan bisa mengganggu penampilan, kondisi ini adalah hal yang normal, ya.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Coba tips berikut untuk mengatasi kulit berminyak, seperti yang kami kutip dari situs webmd.com.

  • Rutin mencuci wajah
    Selain menghilangkan kotoran, mencuci wajah pastinya juga diperlukan untuk membuang minyak yang berlebih. Disarankan, agar Ibu membersihkan wajah di pagi dan malam hari, juga setelah Ibu berolahraga. Untuk sabun cuci muka, pilihlah kandungan yang lembut, non-comedogenic, bebas iritan dan tidak memicu alergi, supaya tidak bikin kulit teritasi. Pencuci muka berbentuk busa, bar atau jel, biasanya bekerja dengan baik untuk jenis kulit berminyak dibandingkan dengan yang berbentuk krim. 
  • Menggunakan pelembap
    Kulit berminyak pun butuh dilembapkan. Terutama, jika Ibu menggunakan produk yang bisa menghapus minyak di kulit. Tentunya, pilih yang teksturnya ringan dan non-comedogenic. Sebelum beraktivitas di pagi hari, sebaiknya menggunakan tabir surya saja, tanpa menggunakan pelembap.
  • Hindari scrub
    Scrub memang dibutuhkan untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori. Tapi kebutuhan ini perlu Ibu konsultasikan kembali dengan dokter, ya. Karena scrubing bisa mengelupas kulit yang kemudian bisa memicu peningkatan produksi minyak.
  • Serap minyak berlebih
    Jika wajah sudah ‘lepek’, boleh, loh, menggunakan kertas minyak. Cara menggunakan kertas minyak yang benar adalah cukup menempelkannya pada wajah dan jangan mengusap.
  • Bersihkan makeup
    Sebelum pergi tidur, Ibu wajib bersihkan seluruh sisa riasan, misalnya dengan micellar water.
  • Gunakan skincare yang cocok untuk kulit berminyak
    Agar ampuh, maka skin care Ibu harus mengandung bahan yang memang diperuntukkan untuk mengatasi kulit berminyak, misalnya green tea dan L-carnitine (amino acid).
  • Cek kandungan skincare
    Ketika bingung memilih produk skincare terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah yang berlabel ‘non-comedogenic, ‘non-acnegenic’, tidak menyumbat pori, dst. selain itu, pilih yang mengandung bahan aktif, untuk membantu kelenjar minyak berfungsi normal, misalnya niacinamide (vitamin B3), zinc, salicylic acid, benzoyl peroxide, sulfur dan retinoids.
  • Hindari kandungan skincare pemicu kulit berminyak
    Hindari menggunakan skincare yang mengandung alkohol karena bisa memicu iritasi. Selain itu, hindari skincare yang mengandung minyak kelapa, cocoa butter, silicone dan petroleum jelly. 
  • Hindari menyentuh wajah
    Jangan menyentuh wajah sebelum Ibu mencuci tangan. Menyentuh wajah dengan tangan kotor bisa bikin bakteri dan kotoran berpindah pada kulit, hal ini bisa menimbulkan jerawat.

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak

Berikut adalah beberapa rekomendasi skincare untuk kulit berminyak.

1. Mustika Ratu Pembersih Jeruk Nipis

Bisa dibilang, merk lokal ini adalah salah satu ‘legend’. Kalau produk ini nggak bermutu, nggak mungkin masih ada hingga sekarang. Betul, nggak? Mustika Ratu Jeruk Nipis bisa jadi rekomendasi skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini mengandung vitamin E, panthenol, alantonin dan aromatic essential lime oil. Harganya terjangkau, untuk kemasan 150ml, dijual dengan harga Rp20.400. Cara pakainya gampang, tinggal diletakkan pada kapas dan usap perlahan. Agar hasilnya lebih maksimal, lanjutkan dengan penggunaan Mustika Ratu Penyegar (toner) Jeruk Nipis. Beli produk asli di sini.

Dapatkan Mustika Ratu Pembersih Jeruk Nipis di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Tokopedia
- Lazada 
Blibli 

2. Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm

Minyak berlebih yang menumpuk di dalam pori-pori kulit bisa menimbulkan komedo atau blackhead. Nah, untuk mengurangi munculnya komedo, Ibu bisa coba gunakan balm dari Wardah. Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm isi 20gr, bisa Ibu dapatkan dengan harga Rp39.500 melalui situs resminya. Untuk hasil maksimal, disarankan membilas wajah dengan Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser. Secara keseluruhan, perawatan menggunakan Wardah varian ini terdiri dari enam jenis perawatan. 

Dapatkan Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Tokopedia
- Lazada 
- Blibli 
Watson 

3. Nivea Sun Protect and White Oil Control SPF 50+

Adalah salah skincare yang cocok untuk kulit berminyak. Produk ini punya kadar SPF yang tinggi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UVA dan UVB, yang bisa bikin kulit kusam, berbintik dan mencegah penuaan dini. Produk ini mengandung vitamin E untuk menutrisi kulit. Selain itu, Nivea Sun Protect and White Oil Control SPF 50+ mengandung L-carnitine untuk membantu mengurangi minyak, sehingga makeup tidak mudah luntur. Tabir surya ini juga non-acnegenic dan non-comedogenic. Belanja praktis, tinggal klik saja tautan berikut. Dapatkan produk ini dengan harga Rp68.000 untuk kemasan 30gr.

Dapatkan Nivea Sun Protect and White Oil Control SPF 50+ di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Tokopedia
- Lazada 
Blibli 

4. Garnier Micellar Water – Biru


Mau skincare untuk kulit berminyak yang gampang dipakai? Salah satunya adalah Garnier Micellar Water Biru. Varian tanpa parfum ini diperuntukkan bagi kulit kombinasi yang cenderung berminyak dan berjerawat. Cara pakainya mudah, cukup dituang secukupnya ke kapas, dan usapkan ke seluruh wajah. Salah satu official store-nya, bisa Ibu klik di sini, ya. Beli produk ini seharga Rp81.500 dengan isi 125ml.

Dapatkan Garnier Micellar Water Biru di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Tokopedia
- Lazada 
- Blibli 
Watson 

5. Erha21 DF Acne Care Lab Sun Friendly 


Merupakan broad spectrum sunscreen dengan SPF 30 yang diperuntukan bagi kulit berminyak. Sunscreen ini non-comedogenic, terasa ringan dan tidak lengket, sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Formula sebum regulator-nya bekerja dengan mengontrol dan menyerap minyak berlebih dan anti bakteri untuk mencegah timbulnya jerawat. Erha21 DF Acne Care Lab Sun Friendly ini harganya terjangkau, yaitu Rp90.000 untuk isi 30gr. Ibu bisa beli langsung di sini

Dapatkan Erha21 DF Acne Care Lab Sun Friendly di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Tokopedia
- Lazada 
Blibli 

6. Cetaphil Oily Skin Cleanser


Cetaphil Oily Skin Cleanser, bisa jadi salah satu rekomendasi skincare untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi. Nggak hanya membantu membersihkan sisa kotoran dan makeup, tapi pastinya juga membuang minyak berlebih pada wajah. Pembersih wajah ini tidak menjadikan kulit kering dan tidak menyumbat pori. Belanja aman dan praktis, cukup dengan menekan tautan berikut. Produk ini bisa dibeli dengan harga Rp232.900 untuk kemasan 125ml.

Dapatkan Cetaphil Oily Skin Cleanser di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Tokopedia
- Lazada 
- Blibli 
Watson 

7. Bioderma Sebium Lotion


Adalah pelembap khusus untuk kulit kombinasi, kulit berminyak dan yang cenderung berjerawat. Lotion ini berfungsi untuk mengatur kadar pH kulit, mengurangi minyak berlebih pada wajah dan menghindari terbentuknya jerawat. Lotion ini dikatakan bisa melembapkan kulit sepanjang delapan jam. Pelembap ini hipoalergenik dan non-comedogenic. Yuk, buktikan keampuhan dari produk ini. Langsung saja, klik di sini untuk membeli. Bioderma Sebium Lotion kemasan 200ml, dijual dengan harga Rp297.000.

Dapatkan Bioderma Sebium Lotion di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Tokopedia
- Lazada 
- Blibli 
- Watson 

8. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Night 


Cari masker wajah yang bisa digunakan pada malam hari? Yuk, coba The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Night. Dengan tekstur memory-gel, masker ini memiliki kandungan tea tree oil dan salicilyc acid. Fungsinya, yaitu untuk membantu memperbaiki tampilan kulit berminyak agar tampak lebih bersih, halus dan segar. Selain itu, juga membuat tampilan pori-pori lebih halus. Selain The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Night, Ibu juga bisa mencoba Tea Tree Peel off Mask, atau Tea Tree Clay Mask. Penasaran? Langsung klik di sini untuk membeli. Harganya ialah Rp299.000 dengan isi 75ml.

Dapatkan The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Night di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Tokopedia
- Lazada 

9. Innisfree Bija Cica Gel EX


Adalah jel yang diformulasikan dari minyak biji cica dan centella asiatica 4X untuk menenangkan dan menetralkan kulit bermasalah. Produk ini berfungsi untuk meregenerasi kulit, anti bakteri, serta memperkuat pelindung kulit. Jel ini tidak memiliki kandungan minyak, sehingga cocok digunakan bagi Ibu yang punya kulit berminyak. Jel ini digunakan pada pagi dan malam hari, ya. Innisfree Bija Cica Gel EX isi 40ml bisa dibeli dengan harga Rp330.000 di sini.

Dapatkan Mustika Ratu Pembersih Jeruk Nipis di e-commerce berikut ini:
- Shopee
- Lazada 

Seringkali, kita melihat orang merekomendasikan produk skincare terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Tapi, kan, setiap orang punya kondisi kulit yang berbeda. Cara untuk mengetahuinya, tentu saja dengan mencoba beragam produk skincare untuk kulit berminyak. Ribet? Betul, jika ingin punya kulit yang sehat dan menawan, tentunya butuh efforts dan waktu, ya, Bu. Selamat mencoba.

Penulis: Stephanie
Editor: Dwi Ratih