Kesehatan

Biar Makin Sehat, Ini Manfaat Petroleum Jelly Untuk Kulit

Biar Makin Sehat, Ini Manfaat Petroleum Jelly Untuk Kulit

Ibu, sudah pernah mendengar tentang petroleum jelly belum? Nah, ternyata petroleum jelly memiliki banyak manfaat lho Bu. Terutama untuk yang memiliki kulit kering, petroleum jelly sangat diandalkan dalam dunia kecantikan dalam melembapkan kulit.

Kulit kering merupakan masalah utama pada kebanyakan wanita di Asia, terutama di Indonesia. Sebab negara kita yang dilalui garis khatulistiwa ini memiliki suhu panas yang cukup membuat kulit menjadi kering.

Menurut American Academy of Dermatology Association manfaat petroleum jelly diantaranya dapat mengatasi masalah kulit kering, menyembuhkan luka kulit kecil dan luka bakar, menghapus make up, menutrisi kuku, bahkan bisa digunakan bayi sebagai pencegahan ruam popok pada bayi.

Yup! Krim yang punya segudang manfaat ini memang cukup digandrungi oleh para wanita termasuk para Ibu yang memiliki anak bayi dan balita.  Oleh karena itu, petroleum jelly penting untuk selalu sedia di rumah sebagai bagian dari emergency kit. Berikut ini adalah manfaat  petroleum jelly lainnya yang perlu Ibu ketahui.

Sejarah petroleum jelly


Melansir Healthline petroleum jelly (juga disebut petrolatum) adalah campuran minyak mineral dan lilin, yang jika digabungkan akan membentuk zat seperti jelly padat. Zat ini pertama kali ditemukan oleh Robert Augustus Chesebrough pada tahun 1859.

Dengan mengamati para pekerja tambang minyak di masa itu, yang banyak menggunakan jelly yang lengket untuk mengobati luka kering dan luka bakar mereka. Dengan berbagai macam uji coba akhirnya Chesebrough mulai mengemas produk buatannya ini yang dikenal sebagai Vaseline petroleum jelly.

Petroleum jelly memiliki bahan utama yang berasal dari minyak bumi, yang membantu menutup kulit manusia dengan cara menghalangi masuknya air ke dalam pori-pori. Hal ini kemudian akan membantu kulit kita lebih cepat sembuh dari luka dan mempertahankan kelembapannya.

Menjaga kelembapan kulit sangat penting dilakukan terutama jika tinggal di lingkungan yang panas atau terlalu dingin yang membuat kulit menjadi kering. Untuk itu, gunakan petroleum jelly sebagai first kit Ibu di rumah agar kulit tetap lembab.

Manfaat petroleum jelly dan cara aplikasinya pada kulit


Petroleum jelly umumnya aman digunakan baik untuk orang dewasa maupun bayi dan anak-anak. Petroleum jelly dapat diaplikasikan pada area wajah, kulit yang kering, kaki pecah-pecah atau kering, dan bibir pecah-pecah.

Manfaat petroleum jelly lainnya adalah dapat mencegah kulit mengering terutama yang memiliki jenis kulit sensitif. Untuk wajah dan kulit, Ibu dapat mengoleskan petroleum jelly setelah mandi agar tetap lembap.

Sementara untuk mengatasi kaki kering atau pecah-pecah, Ibu dapat merendam kaki di air hangat dengan menambahkan garam pada air. Selain dapat melembabkan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah, petroleum jelly yang dicampur air garam juga bisa membuat kaki terasa lebih lembab dan rileks.

Nah, setelahnya Ibu bisa mengoleskan petroleum jelly dan gunakan kaus kaki berbahan katun yang bersih kemudian biarkan semalaman. Saat pagi hari kaki akan terasa lebih lembab dan sehat.

Buat Ibu yang punya masalah bibir pecah-pecah bisa mengoleskan petroleum jelly ke bibir, seperti menggunakan lipstik. Hasilnya bibir akan terasa lebih lembab dan merah merona alami.

Manfaat petroleum jelly lainnya


Selain membantu melembabkan kulit, melansir WebMD petroleum jelly memiliki manfaat lainnya tidak hanya untuk kulit. Itulah sebabnya petroleum jelly sangat direkomendasikan agar selalu sedia di rumah. Berikut manfaat petroleum jelly lainnya yang bisa digunakan oleh Ibu dalam segala hal:

  • Membantu penyembuhan luka kulit kecil dan luka bakar;
  • Mencegah ruam popok pada bayi;
  • Mencegah noda kulit dari pewarna rambut atau cat kuku;
  • Mencegah rambut kering;
  • Membuat eye shadow tahan lebih lama;
  • Membuat alis tampak lebih rapi;
  • Mengatasi rambut bercabang;
  • Mengangkat sel-sel kulit mati;
  • Memperlambat penuaan dini yang bisa diaplikasikan pada wajah;
  • Mengatasi iritasi kulit setelah pemakaian deterjen;
  • Meredakan iritasi kulit akibat paparan sinar matahari (sun burn);
  • Mengatasi alergi perhiasan berbahan logam;
  • Membuat aroma parfum tahan lebih lama;
  • Mengatasi kulit kasar, bersisik, gatal, dan iritasi kulit ringan;
  • Mengatasi gatal akibat penyakit kulit seperti eksim dan psioriasis;
  • Menyembuhkan dermatitis atopik yang biasa sering dialami pada bayi;
  • Melembabkan bagian bawah mata; dan
  • Mencegah kedinginan pada suhu ekstrem di telapak kaki anjing, kucing dan binatang peliharaan berkaki empat lainnya.

Petroleum jelly untuk bayi 


Petroleum jelly untuk bayi sangat bermanfaat, terutama untuk bayi yang memiliki masalah ruam popok atau mencegah ruam sekalipun. Sebab, petroleum jelly terbuat dari bahan alami tidak mempunyai bau yang spesifik sehingga aman digunakan oleh bayi.

Untuk bayi yang memiliki masalah kulit dermatitis atopik petroleum jelly juga bisa membantu mengatasi gatal. Apalagi bayi umumnya memiliki reflek menggaruk yang mungkin sulit di kontrol oleh orang tua.

Maka itu, petroleum jelly bisa menjadi solusi untuk para bayi nih Bu. Selain itu, dibandingkan dengan produk lainnya petroleum jelly juga terbilang cukup murah dan awet digunakan hingga berbulan-bulan.

Meskipun petroleum jelly merupakan krim ‘ajaib’ yang bermanfaat bagi segala macam kondisi, namun penggunaannya hanya untuk pemakaian luar saja, ya Bu. Bukan untuk di minum apalagi di oles pada bagian tubuh yang memiliki luka yang sudah infeksi.

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih