Kesehatan

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen yang Wajib Diketahui

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen yang Wajib Diketahui

Salah satu cara meningkatkan saturasi oksigen yang harus Ibu ketahui adalah dengan melakukan teknik proning. Posisi proning atau teknik proning adalah cara meningkatkan saturasi oksigen dengan mengatur posisi tidur pasien yang mengalami gangguan pernapasan. Teknik ini dianjurkan sejumlah dokter termasuk Satgas Penanganan Covid-19 belakangan ini.

Cara meningkatkan saturasi oksigen ini dianjurkan melihat fenomena banyaknya masyarakat yang memborong oksigen untuk antisipasi menurunnya saturasi oksigen tiba-tiba ketika menjalani isolasi mandiri Covid-19 di rumah. Kebutuhan oksigen medis sedang meningkat pesat seiring dengan lonjakan kasus infeksi Covid-19 yang sudah memasuki gelombang kedua.

Selain itu, teknik proning juga dianjurkan dilakukan oleh pasien dengan gejala sedang menuju berat yang masih menunggu rumah sakit yang masih menerima pasien Covid-19.

Saturasi oksigen Normal

Kadar oksigen normal dapat diketahui dalam bentuk yang berbeda-beda, tergantung pada cara pengukurannya. Ada dua cara mengukur saturasi oksigen dalam darah, yaitu dengan analisa gas darah (AGD) atau dengan alat pulse oximeter.

Pulse oximeter merupakan cek saturasi oksigen yang cukup praktis dan dapat digunakan di rumah. Alat ini memperkirakan jumlah oksigen di dalam darah dengan cara mengirimkan sinar inframerah ke pembuluh darah kapiler. Kadar oksigen dalam darah diestimasi melalui banyaknya cahaya yang dipantulkan dari kapiler darah.

Penggunaan Pulse oximeter memiliki toleransi kesalahan pengukuran sebesar 2%, atau dapat 2% lebih tinggi atau 2% lebih rendah dari tingkat sebenarnya. Meski begitu, alat ini sering digunakan di rumah sakit untuk menilai fungsi jantung dan pernapasan pasien secara cepat. 

Lalu berapakah saturasi oksigen normal anak dan orang dewasa?

Saturasi oksigen normal anak dan orang dewasa memiliki besaran sama, yakni di atas 95%. Namun, pada beberapa orang yang memiliki penyakit paru-paru kronis atau sleep apnea bisa memiliki saturasi oksigen normal pada kisaran 90 persen.

Jika Ibu menemukan saturasi oksigen dibawah 95 persen, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Cara meningkatkan saturasi oksigen pasien Covid dengan teknik proning

Sumber: https://www.mohfw.gov.in/

Seperti yang dilansir dari NetMeds, sebelum melakukan teknik proning, siapkan dahulu empat hingga lima buah bantal yang dapat membantu menyangga tubuh pasien.

Simak tahapan cara meningkatkan saturasi oksigen pasien Covid dengan teknik proning:

  1. Balikkan tubuh pasien ke posisi tengkurap dengan menempatkan satu bantal di bawah leher, satu atau dua bantal di antara dada sampai paha atas, dan dua bantal di bawah tulang kering selama 30 menit.
  2. Putar posisi tidur pasien menjadi miring ke kanan tanpa ganjalan bantal selama 30 menit.
  3. Ganti posisi tidur pasien menjadi setengah duduk dengan bagian punggung sampai tengkuk diganjal setidaknya lima bantal selama 30 menit.
  4. Putar lagi posisi tidur pasien menjadi miring ke kiri tanpa ganjalan bantal selama 30 menit.
  5. Kembalikan posisi tidur pasien ke posisi awal atau tidur tengkurap dengan ganjalan bantal tersebut.
  6. Ganti posisi tidur pasien dengan mengulang langkah di atas tersebut setiap 30 menit sekali.
  7. Pastikan detak jantung, tekanan darah, dan saturasi oksigen pasien terpantau dalam keadaan stabil selama melakukan teknik proning.

Sebenarnya, lamanya pengaturan posisi tidur saat melakukan teknik proning bisa dilakukan antara 30 menit hingga 2 jam. Tapi waktu terbaik untuk masing-masing posisi tidur disarankan maksimal 30 menit.

Teknik proning dapat dilakukan selama 16-jam dalam beberapa siklus asalkan pasien tetap nyaman. Setelah teknik proning dilakukan dan kadar saturasi oksigen sudah meningkat atau normal, kembalikan posisi tidur pasien dalam posisi terlentang.

Pastikan sirkulasi udara di ruangan terjaga dengan baik selama menjalankan teknik proning. Pasien dapat melakukan teknik proning secara mandiri apabila tidak ada orang di sekitar yang dapat membantu. Namun, tetap disarankan cara meningkatkan saturasi oksigen pasien Covid ini dibantu petugas terlatih seperti terapis atau tenaga kesehatan yang terbiasa menangani perawatan kritis seperti operasi. Orang yang melakukan proning sebagai cara meningkatkan saturasi oksigen pada pasien Covid-19 wajib menggunakan masker dengan benar dan membersihkan tangan sebelum dan setelah membantu pasien.

Perhatikan ini sebelum melakukan cara meningkatkan saturasi oksigen dengan teknik proning

Melansir Covid-19 proning for self-care yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan India, teknik proning bisa dimanfaatkan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri ketika kadar saturasi oksigen turun di bawah 94 persen.

Sebelum melakukan proning, berikan jeda dengan jadwal makan pasien setidaknya satu jam. Selain itu, pastikan juga pasien nyaman menjalaninya. Ketinggian bantal atau lamanya waktu proning bisa disesuaikan dengan kenyamanan pasien.

Cara meningkatkan saturasi oksigen dengan teknik proning untuk pasien Covid-19 yang sedang hamil tidak dianjurkan. Selain itu, jangan lakukan teknik proning kepada orang yang punya masalah trombosis vena dalam, punya penyakit jantung, dan punya masalah tulang belakang atau panggul.

Sebenarnya, penelitian mengenai proning kepada penderita Covid-19 masih terbatas. Agar lebih aman, pastikan penderita Covid-19 yang akan melakukan teknik ini berkonsultasi dengan dokter dahulu. Jika tidak dilakukan dengan benar, teknik proning dapat menyebabkan tekanan darah rendah, wajah dan saluran napas bengkak, sampai detak jantung tidak teratur.

Itulah Saturasi oksigen normal anak dan orang dewasa serta cara meningkatkan saturasi oksigen yang harus ibu ketahui.

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih