Kesehatan

Catat! Ini Daftar Hotel Isolasi Mandiri Di Jakarta

Catat! Ini Daftar Hotel Isolasi Mandiri Di Jakarta

Memiliki gejala ataupun tidak, jika sudah terkonfirmasi positif Covid 19 maka wajib untuk melakukan isolasi. Baik isolasi mandiri maupun isolasi di Rumah Sakit swasta atau rujukan pemerintah.

Tujuannya tak lain agar tidak menulari anggota keluarga dan kerabat lain yang sehat. Jadi walau masuk dalam kategori OTG atau orang tanpa gejala, tetap perlu isolasi mandiri ya, Bu.

Dari pada bingung, mau isolasi mandiri di mana. Yuk intip daftar hotel isolasi mandiri di Jakarta yang disediakan oleh pemerintah secara gratis buat kamu yang nggak punya budget. Nggak lupa, intip juga daftar Rumah Sakit isoman berbayar yang terangkum dalam artikel berikut ini ya.

Daftar Hotel Isolasi Mandiri di Jakarta


1. Hotel Ibis Senen

Hotel yang terletak di Jl Kramat Raya No 100, Jakarta Pusat ini menyediakan paket isoman. Apalagi menurut laman Covid.go.id isoman ditanggung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dengan kata lain isolasi mandiri di hotel ini dapat dilakukan secara gratis. Nantinya, tagihannya akan diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta.

2. Hotel Ibis Style Mangga Dua

Hotel Ibis Style Mangga Dua menjadi salah satu hotel yang masuk daftar tempat isolasi mandiri gratis yang ditanggung oleh Pemerinta. Syaratnya, warga harus menunjukkan surat hasil tes yang menyatakan positif Covid-19. Jangan lupa tunjukkan hasil test kepada pihak hotel saat melakukan reservasi ya Bu!

3. Hotel Twin Plaza

Buat kamu yang nggak punya budget untuk isolasi mandiri berbayar, nah Hotel Twin Plaza bisa menjadi solusi. Karena hotel ini masuk ke dalam daftar hotel isolasi mandiri di Jakarta yang fasilitasnya gratis. Sehingga warga dapat dengan tenang menjalani isoman selama 14 hari. 

4. Hotel U-Stay Mangga Besar

Fasilitas isolasi mandiri gratis juga diberikan Hotel U-Stay Mangga Besar. Sama seperti hotel lainnya, hotel yang satu ini juga punya syarat agar kamu bisa melakukan isolasi disini secara gratis.

Meski gratis, namun kebersihan kamar selalu diperhatikan setiap hari ya. Jangan lupa tetap patuhi prokes yang ada di hotel ini.

5. Grand Asia Penjaringan

Terakhir, hotel Grand Asia di kawasan Penjaringan Jakarta Utara menjadi salah satu hotel tempat isolasi mandiri yang ditunjuk pemerintah secara gratis.

Hotel ini masuk daftar hotel isolasi mandiri di Jakarta yang ada di website Covid19.go.id. Sayangnya sejauh ini baru ada 5 hotel yang ditunjuk pemerintah yang menyediakan fasilitas isoman secara gratis.

Namun, jangan khawatir buat kamu yang punya budget lebih mungkin bisa melakukan isoman di rumah sakit dengan cara berbayar. Berikut adalah rekomendasinya:

Rumah Sakit isoman berbayar di Jakarta


1. Rumah Sakit St Carolus

Melalui program Carolus Quarantine Center, Rumah Sakit St Carolus di Jakarta Pusat menyediakan layanan isolasi mandiri di kamar hotel bagi masyarakat yang terpapar virus corona.

Harga paket dibanderol dengan harga Rp 15 jutaan dan pasien dapat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dalam pemantauan tim medis RS St Carolus. Fasilitas yang didapat termasuk makan tiga kali sehari, tes PCR, visit dokter, obat dan multivitamin.

2. Rumah Sakit Pelni

Rumah Sakit Pelni menghadirkan layanan isolasi untuk mereka yang terinfeksi virus corona namun tidak bergejala (OTG). Selama proses isolasi di hotel tersebut, pasien akan mendapatkan fasilitas tes swab, terapi obat-obatan anti virus, anti inflamasi, maupun vitamin sesuai kondisi masing-masing pasien.

Biasanya estimasi waktu isolasi adalah sekitar 14 hari dengan biaya sekitar Rp 15-17 juta rupiah. Selain itu Rumah Sakit ini juga bekerja sama dengan sejumlah hotel menyediakan fasilitas isoman. Di antaranya Hotel Grand Sahid Jaya, Hotel Santika, dan Hotel Ciputra.

Ketiga hotel itu menyediakan lantai khusus bagi warga yang menjalani isoman. Tarifnya berkisar mulai Rp 850 ribu per malam, belum termasuk konsultasi dokter.

3. Rumah Sakit Brawijaya Ampera

Terletak di kawasan elit Jakarta Selatan, rumah sakit yang satu ini juga menawarkan paket isoman dengan jenis silver dan gold yang di banderol dengan harga Rp 599 ribu-Rp 1.8 juta per malam dengan estimasi isoman selama 14 hari.

Fasilitas yang ditawarkan adalah konsultasi, edukasi dan interpretasi hasil Swab PCR, pemantauan kesehatan selama isoman, obat dan suplemen vitamin, free konsultasi dengan dokter secara online dan juga free PCR Swab hari ke-14 isoman.

4. Rumah Sakit Yarsi

Rumah sakit yang terletak di Jakarta Timur ini juga menawarkan paket isoman berbayar mulai dari Rp 17 juta dengan estimasi 14 hari isoman. Untuk fasilitas yang ditawarkan antara lain adalah; visit dokter spesialis, pemeriksaan PCR Swab (2 kali), pemeriksaan vital sign, pemberian mulivitamin, surat keterangan sehat, kamar VIP & bersih, akses Wi-Fi unlimited, TV 32 inch, serta pilihan menu makanan yang bervariasi setiap hari.

Semua kembali lagi pada pilihan Ibu dan keluarga ya. Jika memiliki budget lebih silahkan pertimbangkan rumah sakit yang sudah disebutkan di atas.

Namun jika tidak punya budget maka daftar hotel isolasi mandiri gratis dari pemerintah mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Selain itu yang lebih penting lagi adalah konsentrasi pada kesembuhan diri, kelola stress, tetap patuhi prokes dan jangan lupa minum obat dan vitamin ya Bu.

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih