Kesehatan

Jangan Panik, Ketahui 5 Cara Kompres Anak Demam

Jangan Panik, Ketahui 5 Cara Kompres Anak Demam

Meski mengompres adalah cara paling sederhana dalam menurunkan demam, ternyata masih banyak yang salah memahami cara kompres anak demam dengan benar. Lantas, bagaimanakah cara kompres anak demam yang tepat? Bagian apa sajakah yang harus dikompres?

Demam adalah gejala yang diberikan tubuh sebagai hadirnya penyakit. Orangtua biasanya khawatir jika demam menyerang anak. Sebelum memberikan obat, ada cara menurunkan demam secara sederhana yang dapat Ibu lakukan terlebih dahulu

Salah satu cara menurunkan demam yang paling mudah adalah mengompres anak dengan menggunakan air basah. Kompres anak demam pakai air apakah yang tepat?

Ternyata, masih banyak yang salah kaprah perihal kompres anak demam pakai air apa. Kompres dilakukan dengan menggunakan kain yang sebelumnya sudah dicelupkan ke air kemudian diperas. Air yang digunakan bisa dengan suhu normal atau hangat. Kain yang lembab itu diletakkan di bagian tubuh seperti dahi.

Ternyata, selain dahi ada bagian tubuh lain yang dianjurkan untuk dikompres juga. Bagaimana cara kompres anak demam?

Cara kompres anak demam

jangan-panik-ketahui-5-cara-kompres-anak-demam-1

1. Menggunakan suhu yang tepat

Cara kompres anak demam yang tepat adalah menggunakan suhu yang tepat. Sebaiknya kompres anak demam pake air apa?

Air hangat diperlukan untuk mengompres badan anak. Pastikan suhu tidak melebihi suhu tubuh anak. Dengan demikian, suhu ideal yang paling baik untuk mengompres anak adalah sekitar 27-34 derajat Celcius.

Jika anak mengalami demam dengan suhu tubuh mencapai lebih dari 39 derajat Celcius, lebih baik dikompres dengan air hangat yang panasnya mencapai 34-37 derajat Celcius..Dengan demikian, makin tinggi suhu demam anak, makin hangat pula suhu air kompres untuk anak.

2. Mengompres pada bagian tubuh yang benar

Ternyata, kompres yang diletakkan pada bagian dahi atau kening tidak cukup. Ibu harus mengetahui cara kompres anak demam yang tepat dengan cara mengetahui lokasi tubuh mana saja yang harus di kompres.

Panas tubuh akan keluar melalui pembuluh-pembuluh darah besar yang dekat dengan kulit yang berada di leher, ketiak, dan selangkangan. Oleh karena itu, pemberian kompres sebaiknya dilakukan di sekitar pembuluh darah besar seperti di ketiak, leher, dan lipatan paha selama kurang lebih dari 15-20 menit. Perut atau bagian tubuh yang luas dan terbuka dapat pula dikompres.

3. Bisa dilakukan dengan cara menyeka

jangan-panik-ketahui-5-cara-kompres-anak-demam-2

Ternyata cara kompres anak demam bisa juga dengan cara menyeka. Orangtua dapat mengusapkan air hangat di sekujur tubuh anak dengan handuk basah dan kemudian mengeringkannya. Ulangi langkah ini beberapa kali tiap 15-20 menit hingga suhu tubuh anak turun di bawah 37,5 derajat celcius.

4. Anak Boleh Dimandikan

Mitos yang sering terdengar adalah anak jangan dimandikan pada saat demam sehingga banyak orangtua enggan memandikan anaknya saat mereka demam. Padahal, cara kompres anak demam berikutnya adalah dengan cara memandikan mereka. 

Suhu yang dianjurkan untuk memandikan anak demam adalah 30-32 derajat Celcius. Jika ingin mendapatkan suhu yang akurat, orangtua dapat menggunakan termometer.

Selain berfungsi sebagai cara kompres anak demam, mandi dengan air hangat juga dapat bermanfaat membersihkan tubuh anak dari kuman yang ada di kulit.

Jangan lupa untuk segera mengeringkan tubuh anak dan cepat memakaikannya dengan pakaian agar anak tidak sampai kedinginan. Anak dapat mandi seperti biasa, yakni dua kali sehari.

5. Mempertimbangkan kompres sekali pakai

Kompres sekali pakai ternyata bisa dipertimbangkan sebagai cara kompres anak demam, namun kompres sekali pakai tidak dianjurkan digunakan oleh anak berusia di bawah 2 tahun. Ini disebabkan kulit bayi masih sensitif.

Kompres sekali pakai hanya dapat mengompres sebagian kecil tubuh. Sementara prinsip mengompres anak demam dengan cara membasahi seluruh permukaan tubuh.

Cara lain mengatasi demam pada anak

jangan-panik-ketahui-5-cara-kompres-anak-demam-3

Jika Ibu telah melakukan cara kompres anak demam dengan tepat namun demam anak masih tinggi, Ibu dapat melakukan cara-cara dibawah ini untuk meredakan demam anak.

1. Obat

Ibu dapat memberikan obat penurun demam anak seperti asetaminofen atau ibuprofen dan paracetamol berdasarkan rekomendasi dokter jika anak masih rewel tidak nyaman karena demam. Jangan menggunakan aspirin sebagai obat pereda demam karena bisa memicu sindrom Reye.

2. Memberikan makanan dan minuman

Tawarkan anak banyak cairan untuk menghindari dehidrasi karena demam dapat membuat anak kehilangan lebih banyak cairan daripada biasanya. Hindari minuman yang mengandung kafein termasuk cola dan teh karena dapat memperburuk dehidrasi berupa semakin banyaknya frekuensi buang air kecil.

Jangan memaksa anak untuk tetap makan jika mereka sedang kurang berselera makan.

3. Istirahat

jangan-panik-ketahui-5-cara-kompres-anak-demam-4

Istirahat adalah kunci untuk mempercepat pemulihan tubuh. Oleh karena itu pastikan anak cukup istirahat. Biarkan ia beristirahat namun jangan biarkan ia tidur seharian karena Ibu juga harus memastikan asupan cairan cukup agar tidak terjadi dehidrasi.

4. Tindakan agar anak nyaman

Pakaikan anak dengan pakaian tipis yang nyaman. Memakaikan anak pakaian dan selimut tebal malah dapat mencegah panas tubuh keluar dan dapat menyebabkan suhu tubuh naik terus. Pastikan juga kamar tidur memiliki suhu yang nyaman, yakni tidak terlalu panas atau dingin.

Itulah 5 cara kompres anak demam yang tepat. Anak demam pun tidak harus panik.

Editor: Dwi Ratih