Kesehatan

Jangan Panik! Yuk Coba Alternatif Obat Sakit Gigi Alami Untuk Anak

Jangan Panik! Yuk Coba Alternatif Obat Sakit Gigi Alami Untuk Anak

Siapa sih yang ingin merasakan rasanya sakit gigi? Bahkan orang dewasa pun nggak bisa tahan akan nyeri yang dialami ketika sakit gigi. Apalagi jika hal ini dialami oleh anak-anak, tentu saja mereka mungkin bisa rewel seharian dan sampai nggak mau makan apapun.

Kalau si kecil sudah sakit gigi, hati orang tua menjadi ikutan sakit ya Bu? Rasanya lebih baik sakitnya kita gantikan saja dibandingkan si kecil yang harus merasakan rasa sakit ini berhari-hari. Jika sudah seperti ini biasanya untuk meredakan rasa sakit, anak perlu minum obat pereda nyeri.

Sayangnya, nggak semua anak mau minum obat secara oral. Mengingat jika sakit gigi, membuka mulut saja rasanya begitu sakit. Hal ini tentu membuat Ibu menjadi khawatir rasa sakit yang dialami si kecil tak kunjung reda.

Yup, mengingat usianya yang masih sangat kecil ternyata anak tetap tidak boleh mengonsumsi obat sakit gigi sembarangan lho! Untuk itu salah satu langkah yang bisa Ibu lakukan adalah dengan mencoba alternatif obat sakit gigi alami untuk anak.

Lalu apa saja sih obat sakit gigi alami untuk anak usia 4-5 tahun yang mudah dicoba di rumah? Yuk simak baik-baik dalam artikel berikut ini.

Penyebab anak sakit gigi


Melansir Healthy Children sebagian besar kasus sakit gigi anak biasanya disebabkan oleh gigi berlubang atau sisa makanan yang terselip di antara gigi. Pada beberapa kasus sakit gigi juga terjadi ketika erosi atau pembusukan menembus ruang pulpa gigi, yang berisi saraf dan pembuluh darah yang kecil dan sensitif.

Pada kasus yang lebih serius, sakit gigi pada anak mungkin saja menjadi salah satu tanda dari infeksi sinusitis. Jadi ketika anak sakit gigi maka hal ini tidak boleh dianggap sepele ya Bu. Hal lain yang bisa jadi penyebab anak sakit gigi diantaranya adalah:

  • Anak kurang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga menyebabkan gigi berlubang;
  • Anak memiliki gigi yang sensitif;
  • Sedang tumbuh gigi atau tanggal gigi; dan
  • Akibat infeksi gigi dan gusi.

Mengurangi sakit gigi pada si kecil nggak selalu harus menggunakan obat dari dokter kok Bu. Ketika anak sakit gigi terutama di malam hari, orang tua bisa menyediakan obat sakit gigi alami untuk anak yang bahan-bahannya banyak terdapat di rumah sebagai bagian dari pengobatan emergency.

Obat sakit gigi alami untuk anak kecil


Ketika anak kecil sakit gigi, terkadang ia bahkan bisa berubah jadi pasif dan nggak mau diajak bermain. Selain menangis dan rewel ia juga mungkin hanya mau dipeluk oleh Ibunya.

Nggak jarang hal ini justru membuat orang tua menjadi khawatir. Tapi, sebelum memberikan obat dokter yang belum tentu si kecil cocok mengonsumsi obat tersebut, melansir Medical News Today ada baiknya coba terlebih dahulu alternatif obat sakit gigi alami untuk anak berikut ini yuk:

1. Obat sakit gigi untuk anak usia 4 tahun

  • Kumur dengan air garam

Pada anak usia 4 tahun, biasanya sudah mengerti bagaimana cara berkumur yang baik. Cobalah meminta si kecil untuk berkumur dengan larutan air garam hangat yang sudah Ibu buat.

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu obat sakit gigi alami untuk anak yang cukup dikenal sejak zaman dahulu. Air garam adalah agen antibakteri alami, sehingga dapat mengurangi peradangan. Ini membantu melindungi gigi yang rusak dari infeksi.

  • Mengompres dengan es batu

Bungkus es batu dengan handuk, lalu tempelkan pada area yang sakit selama 15-20 menit. Namun, perhatikan ya Bu jangan sampai menyentuh langsung dengan kulit sehingga ada baiknya balut es batu dengan handuk.

Perhatikan pula bahwa pada sejumlah kasus, kompres dingin juga dapat memperparah sakit gigi. Sehingga Ibu perlu memperhatikan baik-baik reaksi yang timbul pada si kecil jika Ibu menggunakan kompres es batu.

  • Bawang putih

Allicin, yang merupakan senyawa utama dalam bawang putih, memiliki efek antibakteri yang kuat yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi. Bawang putih juga merupakan obat sakit gigi alami untuk usia 4 tahun yang cukup aman.

Caranya, cukup mengunyah satu siung bawang putih dan membiarkannya terjepit di dekat gigi yang sakit. Namun, yang harus orang tua perhatikan adalah rasa bawang putih mentah kadang terlalu kuat untuk anak-anak. Jadi pastikan si kecil merasa nyaman menggunakan obat sakit gigi alami untuk anak yang satu ini ya Bu.

2. Obat sakit gigi untuk anak usia 5 tahun

  • Oles minyak cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan yang dapat menimbulkan efek mati rasa pada gigi dan gusi yang sedang sakit. Ibu bisa menuangkan sedikit minyak cengkeh ke kapas, lalu tempelkan atau selipkan di bagian gigi yang sakit.

Minyak cengkeh bertindak sebagai pembius lokal sehingga sakit mereda dan kemudian hilang. Kalau nggak punya minyak cengkeh, Ibu juga bisa meminta si kecil untuk mengunyah beberapa batang cengkeh agar minyak alaminya keluar.

Kemudian selipkan pada bagian gigi yang sakit selama kurang lebih 30 menit. Sama seperti aroma bawang putih, aroma cengkeh juga cukup kuat sehingga ada baiknya obat sakit gigi alami untuk anak yang satu ini diberikan pada anak di atas 5 tahun.

  • Oles minyak peppermint

Sama halnya dengan minyak cengkeh, minyak peppermint bisa Ibu tuang di kapas dan minta si kecil untuk menggigit pada area gigi yang sakit. Tapi hal yang perlu diperhatikan adalah biasanya sensasi menthol pada peppermint membuat anak merasa tak nyaman. Terutama bagi yang tidak suka pedas, jadi pastikan si kecil berusia di atas 5 tahun dan merasa nyaman dengan aroma peppermint ya Bu.

  • Beri potongan jeruk nipis

Jeruk nipis juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul. Kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu meredakan sakit gigi.

Cara menggunakannya sebagai obat sakit gigi alami untuk anak cukup potong-potong jeruk nipis menjadi potongan kecil, lalu letakkan tepat pada bagian gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit, kemudian ganti ketika dirasa bulir jeruk sudah mulai habis.

Mencegah sakit gigi pada anak

Sakit gigi memang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Namun, tenang saja ya Bu sebab penyakit ini tetap bisa dicegah kok. Melansir Kids Health berikut adalah cara mencegah sakit gigi pada anak:

  • Ajari cara membersihkan dan merawat gigi sedini mungkin, bahkan saat ia baru tumbuh gigi pertama. Jadikan hal ini menjadi kebiasaan yang baik setiap hari;
  • Pastikan pasta giginya mengandung fluoride. Fluoride berperan penting untuk menggantikan mineral yang hilang pada gigi, untuk itu pastikan gigi anak cukup fluoride dengan memberikannya pasta gigi dengan fluoride yang tepat;
  • Batasi makanan yang manis dan asam. Permen, coklat, aneka minuman kemasan merupakan sumber penyebab gigi berlubang pada anak. Untuk itu, pastikan si kecil menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari dan setelah mengonsumsi makanan manis dan asam ya Bu.

Kapan harus ke dokter

  • Jika si kecil mengalami pembengkakan pada wajah disertai nyeri yang tak kunjung reda;
  • Jika terjadi radang pada gigi bungsu;
  • Jika sudah lebih dari 3 hari tapi sakitnya tak kunjung reda; dan
  • Jika sudah minum obat dokter namun rasa sakitnya malah terus meningkat.

Editor: Dwi Ratih