Kesehatan

Mengejutkan! 10 Kombinasi Makanan Yang berbahaya Bagi Tubuh

Mengejutkan! 10 Kombinasi Makanan Yang berbahaya Bagi Tubuh

Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis kombinasi makanan yang berbahaya dikonsumsi? Bahkan ada di antaranya yang sering disajikan bersamaan dalam satu piring dan kamu menyukainya. Hmm, apa saja ya kombinasi makanan tersebut?

1. Gula dan Minuman Beralkohol


Minuman beralkohol baik yang memabukkan atau tidak akan bereaksi tidak baik bagi tubuh, utamanya jika dicampur dengan gula. Minuman soda dengan pemanis termasuk di antaranya. Minuman seperti tequila atau bourbon juga bila disajikan dengan pemanis baik sirup gula atau manisan buah bergula tinggi akan bereaksi buruk.

Tape ketan atau tape singkong meski mengandung alkohol yang tidak memabukkan sudah termasuk makanan tinggi kadar gula. Kebanyakan justru disajikan dalam bentuk es tape dengan penambahan gula. Hmm, sebuah kombinasi makanan yang berbahaya, bukan? 

Melansir dari Deadly Vibe, gula dan alkohol memiliki sifat yang sama, yaitu membuat ketagihan dan langsung menuju pusat kebahagiaan yang terprogram di otak. Tapi, jika keduanya dikonsumsi bersamaan, hasilnya adalah konsumsi rasa manis berlebihan dari anjuran harian. Akibatnya mulai dari obesitas, gangguan pada organ vital, bahkan kanker.

2. Buah Setelah Makan


The Active Times menyebutkan kombinasi makanan yang berbahaya berikutnya adalah buah yang dimakan setelah makan. Buah lebih cepat dicerna oleh tubuh dibandingkan makanan lain. Jika mengonsumsi buah setelah makan, kemudian buah larut lebih dulu di lambung, maka buah tidak dapat melanjutkan perjalanannya ke usus. 

Hal ini karena makanan yang sebelumnya dimakan belum selesai dicerna dan menghambat pintu menuju usus. Akibatnya, buah yang sudah hancur akan menimbulkan gas dan membuat kembung. Reaksinya dengan asam lambung juga akan membuat buah kehilangan nutrisi penting yang harusnya dapat diserap tubuh.

3. Dua Makanan Tinggi Protein


Keju dengan daging sapi, telur dengan bacon, atau bebek dengan jeroannya adalah contoh-contoh kombinasi makanan yang berbahaya. Familiar dengan kombinasi tersebut? Enak sih, tapi sayangnya ini adalah kombinasi makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. 

Ini dikarenakan seiring bertambahnya usia, tubuh akan lebih sedikit memproduksi asam hidroklorik yang berperan dalam mencerna makanan. Sehingga mencerna dua protein tinggi sekaligus membuat tubuh kesulitan. 

Akibatnya, makanan yang lama dicerna akan berubah menjadi ‘bom’ yang siap meledak. Kadar protein yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk organ vital. Konsumsilah satu-persatu dan beri jeda jika ingin memakan protein lainnya.

4. Protein dan Tepung


Makanan mengandung tepung seperti mie, pizza, dan pasta gluten kurang baik dikombinasikan dengan protein. Mengapa keduanya menjadi kombinasi makanan yang berbahaya? Protein dicerna oleh enzim pepsin yang bersifat asam, sedangkan pati dalam tepung dicerna oleh enzim ptyalin yang bersifat basa. 

Saat bersama maka mereka akan jadi netral, sehingga makanan terhambat dicerna dan akan mengundang bakteri jahat untuk berkembang biak. Ini juga bisa menyebabkan peradangan.

5. Susu dan Pisang


Pisang akan menjadi asam saat berada di lambung. Sayangnya ini akan membuat susu menggumpal dan berubah menjadi lender yang tidak baik berada di lambung. Ini adalah kombinasi makanan yang menyebabkan keracunan. Selain itu, keduanya akan menyebabkan tingginya kadar gula darah karena keduanya mengandung gula tinggi.

6. Teh dan Susu


Teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Protein dalam susu menghambat penyerapan antioksidan dan kafein pada teh menghambat penyerapan kalsium dalam susu. Sehingga  menyebabkan gagalnya tubuh mendapatkan fungsi baik dari kedua minuman ini. 

Yang tersisa adalah gula, yang hanya akan memperburuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Hmm, padahal Milk Tea favorit sudah terbayang-bayang di pikiran, nih.

7. Buah Mengandung Asam dengan Produk Dairy

Pernah sarapan dengan yogurt dan aneka macam beri? Atau minum jus jeruk lalu minum susu? Kamu perlu tahu bahwa ini adalah kombinasi makanan yang berbahaya. Kombinasi keduanya akan menyebabkan sinus dan gejala alergi lainnya.

8. Roti dan Selai


Kombinasi ini sungguh membuat lidah bergoyang tapi tubuh menjerit. Bagaimana tidak? Rasanya sangat lezat dan siapapun menyukainya. Tapi sayangnya, tepung, ragi dan gula yang berlebih hanya akan memperburuk kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga kombinasi ini adalah kombinasi makanan yang berbahaya.

9. Saus Tomat, Tepung  dan Keju


Makan pasta bolognaise lebih mantap saat ditaburi keju. Atau makan pizza dengan saus pizza, dan taburan keju.  Slurppp.. Tapi tunggu dulu. Asam dari saus tomat, bertemu pati tepung dan keju akan menghasilkan kombinasi makanan yang sulit dicerna tubuh. 

Karena kesulitan, maka proses mencernanya menjadi sangat lambat dan menyebabkan makanan menggumpal seperti lumpur di dalam sistem pencernaan. Selain menyebabkan sembelit, ini juga menghasilkan gas penyebab kembung, dan melekatnya lumpur makanan di dalam usus. 

Inilah yang menyebabkan makanan ini merupakan kombinasi makanan yang berbahaya.

10. Burger dan Kentang Goreng

Selalu ada dalam menu di restoran siap saji,nih. Tapi malah jadi kombinasi makanan yang berbahaya , nih. Kedua makanan ini memiliki lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh jika dikombinasikan dengan pati akan menghasilkan kenaikan kolesterol tubuh dan gula darah.

Nah, itulah daftar kombinasi makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi. Cukup mengejutkan, bukan?

Editor: Dwi Ratih