Kesehatan

Menghilangkan Bekas Cacar pada Anak Kini Tidak Bingung Lagi

Menghilangkan Bekas Cacar pada Anak Kini Tidak Bingung Lagi

Cacar kerap menimbulkan banyak bekas luka di sekujur tubuh, bagaimana menghilangkan bekas cacar pada anak?

Cacar adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV) dan shingles yang membuat penderitanya mengalami demam tinggi dan timbul rasa gatal disertai benjolan kecil berair di seluruh tubuh. 

Cacar air di Indonesia dialami oleh anak baik dari usia bayi hingga remaja. Anak yang sudah pernah terkena cacar air kecil kemungkinan terkena cacar air lagi saat dewasa.

Gejala lain dari cacar air berupa sakit kepala, tenggorokan serak hingga sakit perut. Biasanya si kecil akan merasakan gatal dan muncul bentol kecil berair di seluruh tubuh. 

Benjolan ini sangat mengganggu si kecil dan bekas benjolannya pun menimbulkan luka yang sulit hilang.

Bagaimana cara menghilangkan bekas cacar pada bayi?

Cara menghilangkan bekas cacar pada bayi menggunakan obat

menghilangkan-bekas-cacar-pada-anak-kini-tidak-bingung-lagi-1

1. Krim retinol

Retinol adalah turunan vitamin A yang memiliki fungsi meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Kadar kolagen yang cukup pada kulit dipercaya membuat kulit tampak kenyal, halus, dan lembut. 

Oleh karena itu, penggunaan krim retinol bisa menjadi cara menghilangkan bekas cacar pada anak karena mampu menghilangkan atau paling tidak menyamarkan flek kecoklatan. 

Mencampur retinol dengan glikolik cukup ampuh untuk mengurangi bekas luka akibat penyakit kulit seperti cacar seperti yang dikutip dari jurnal Indian Dermatology Online Journal. Cukup oleskan krim atau salep retinol di area bekas cacar anak setiap hari setidaknya sebelum tidur malam.

2. Produk eksfoliasi

Menggunakan produk eksfoliasi adalah cara menghilangkan bekas cacar pada bayi berikutnya. Proses eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar sel kulit baru beregenerasi. Itulah sebabnya kulit sehabis dieksfoliasi akan lebih cerah.

Ada 2 jenis eksfoliasi sebagai cara menghilangkan bekas cacar pada anak, yaitu eksfoliasi mekanik dan kimia. Eksfoliasi mekanik dilakukan dengan cara menggunakan produk yang mengandung bulir harus atau dikenal dengan nama scrub. Oleskan pada bekas luka cacar dengan gerakan melingkar.

Sementara eksfoliasi kimia adalah eksfoliasi dengan menggunakan losion, krim, ataupun salep yang mengandung bahan kimia khusus yang berfungsi untuk mengikis sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati ini jika tidak dikikis akan memberikan warna gelap pada area kulit.

Dengan menghilangkan bekas cacar pada anak menggunakan produk eksfoliasi, diharapkan bekas luka cacar akan lebih cerah dan tersamarkan dalam waktu 3 hari.

Cara menghilangkan bekas cacar secara alami

menghilangkan-bekas-cacar-pada-anak-kini-tidak-bingung-lagi-2

Selain cara menghilangkan bekas cacar pada anak dengan menggunakan bahan kimia, Ibu juga dapat melakukan cara menghilangkan bekas cacar secara alami dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan. Bagaimana caranya?

1. Madu

Cara menghilangkan bekas cacar secara alami pertama adalah dengan menggunakan madu. Madu terkenal memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. 

Selain itu madu juga dapat menyembuhkan bekas luka seperti bekas cacar air serta memperbaiki kondisi kulit dan membentuk sel yang sehat.

Tahap menghilangkan bekas cacar pada anak dengan menggunakan madu yaitu:

  • Mencampurkan madu dan oatmeal agar lebih efektif dalam menghilangkan bekas cacar pada anak;
  • Mengoleskan campuran tersebut ke bekas cacar;
  • Diamkan selama beberapa saat, sekitar setengah jam hingga satu jam; dan
  • Bilas dengan air.

2. Air kelapa

Cara menghilangkan bekas cacar pada anak berikutnya adalah dengan menggunakan air kelapa. Mineral dan vitamin yang terkandung pada air kelapa dapat membuat kulit lebih sehat. Selain itu, air kelapa juga dipercaya dapat melakukan detoksifikasi pada tubuh.

Caranya, balurkan air kelapa ke bekas cacar. Selain itu Ibu dapat mengkombinasikan air kelapa dengan air berendam bathtub. Tidak ada salahnya si kecil juga mengkonsumsi air kelapa tiap hari untuk membantu proses penyembuhan bekas cacar pada anak.

3. Lidah buaya

menghilangkan-bekas-cacar-pada-anak-kini-tidak-bingung-lagi-3

Lidah buaya dapat mengatasi luka bakar, begitu pula untuk menyamarkan bekas cacar pada anak. Gel yang terkandung dalam lidah buaya sudah diuji ampuh dalam mengobati luka bakar dan menenangkan kulit yang terbakar. 

Selain itu, lidah buaya juga mengandung asam amino dan antioksidan yang dapat melembabkan dan menyembuhkan kulit bekas cacar.

Cara menghilangkan bekas cacar pada anak dengan memotong daun lidah buaya untuk mendapatkan gelnya. Kemudian, oleskan gel lidah buaya pada kulit dan biarkan sampai kering. Lakukan cara ini sekitar dua hingga tiga kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Pepaya

Selain bagus untuk pencernaan, ternyata pepaya juga bagus untuk menghilangkan bekas cacar pada anak karena dapat menghidrasi kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga bagus untuk kulit.

Ibu dapat mencampurkan pepaya, gula merah, dan susu dan mengaduknya dengan rata. Oleskan campuran ini ke bekas cacar pada anak.

5. Soda kue

menghilangkan-bekas-cacar-pada-anak-kini-tidak-bingung-lagi-4

Soda kue banyak digunakan untuk mengobati masalah kulit secara alami karena soda memiliki sifat antibakteri, anti peradangan, antijamur, dan antiseptik. Selain terkenal untuk menyembuhkan jerawat, ternyata soda kue bisa juga dicoba untuk menghilangkan bekas cacar pada anak.

Tuangkan dua sendok makan soda kue dan campurkan dengan satu gelas air. Aduk sampai cairan mengental. Setelah itu, adonan ini dapat dioleskan ke bekas cacar pada anak. Bilaslah dengan air setelah beberapa saat.

Sekarang, Ibu tidak perlu khawatir lagi bukan untuk menghilangkan bekas cacar pada anak?

Editor: Dwi Ratih