Kesehatan

Mulut Kering Dan Mudah Haus, Jadi Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Lho!

Mulut Kering Dan Mudah Haus, Jadi Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Lho!

Para penggemar makanan manis, pasti nggak asing dengan salah satu bahan utamanya yakni gula. Produk olahan dari tebu ini seringkali dimanfaatkan sebagai bahan masakan hingga kue agar rasanya jadi lebih lezat.

Tapi, tahukah Ibu? Ternyata mengonsumsi gula berlebihan bisa mengakibatkan kadar gula darah tinggi atau hyperglikemia hingga menyebabkan diabetes, lho! Apalagi belakangan isu soal meningkatnya angka diabetes di Indonesia bukan hanya isapan jempol.

Kementerian Kesehatan RI mengatakan, setidaknya diabetes menjadi penyakit yang menyebabkan kematian nomor 3 terbesar di Indonesia, setelah stroke dan penyakit jantung koroner. Bahkan, yang lebih menyedihkan lagi angkanya justru makin naik dari tahun ke tahun.

Gemar makan makanan manis menjadi salah satu penyebabnya, bahkan terkadang bisa membuat mulut terasa kering dan jadi mudah haus. Padahal, kita sendiri bisa mencegah penyakit tersebut dengan selalu menyadari tanda tubuh kelebihan gula, lho! Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Ciri-ciri gula darah tinggi


Sebenarnya, semua orang punya potensi mengalami gula darah tinggi meskipun tidak memiliki riwayat penyakit diabetes sebelumnya. Bahkan, baru-baru ini ditemukan pula kasus gula darah tinggi yang justru diderita oleh anak-anak.

Salah satu penyebabnya adalah akibat ia gemar mengonsumsi makanan manis yang mengandung kadar gula tinggi. Melansir Cleveland Clinic gula darah tinggi sendiri terjadi ketika tubuh mengandung terlalu banyak gula dalam darah.

Ini terjadi ketika tubuh mengandung terlalu sedikit insulin yang merupakan hormon pengangkut glukosa dalam darah. Kondisi ini memang paling sering dikaitkan dengan diabetes.

Salah satu ciri-ciri gula darah tinggi adalah kadarnya mencapai 125 mg/dL (miligram per desiliter) saat berpuasa. Sementara kadar gula darah normal saat puasa adalah antara 72–99 mg/dL, sedangkan kadar gula darah normal setelah makan tidak lebih dari 140 mg/dL. Namun, untuk mengetahui secara pasti mengenai ciri-ciri gula darah tinggi yang satu ini memang diperlukan beberapa test khusus yang menggunakan sampel darah.

Kenali tanda tubuh kelebihan gula yang mudah dikenali

Meskipun untuk mengetahui secara pasti mengenai tanda tubuh kelebihan gula perlu dilakukan dengan test khusus, tapi secara keseluruhan tubuh kita akan mengeluarkan tanda kelebihan gula yang mudah dikenali. Melansir National Health Services (NHS) berikut adalah tanda tubuh kelebihan gula yang perlu jadi perhatian:

  • Mudah merasa haus

Rasa haus berlebihan bisa menjadi tanda tubuh kelebihan gula yang justru jarang disadari oleh kita. Padahal kondisi ini bisa membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula. Akibatnya, tubuh menjadi lebih mudah haus meskipun sudah cukup minum.

  • Sering buang air kecil

Ginjal yang bekerja lebih kerang membuat organ tersebut jadi tidak bisa mengimbanginya kadar gula dalam darah. Hal ini membuat jumlah gula berlebih akan dikeluarkan melalui urin.

Akibatnya tubuh jadi lebih sehingga buang air kecil dan urine yang keluar juga jadi lebih banyak. Sedikit banyak, urin yang keluar lebih banyak juga bisa menimbulkan rasa haus berlebih.

  • Mudah lelah dan pusing

Gula memang menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh kita. Tapi, kadar gula yang terlampau tinggi justru bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam mengolah gula menjadi energi.

Hal ini bisa menyebabkan tubuh kita menjadi, lemas dan mudah lelah walau hanya melakukan aktivitas ringan. Bahkan pada beberapa orang, tanda tubuh kelebihan gula dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala hebat.

  • Pandangan kabur

Tanda tubuh kelebihan gula lainnya juga bisa menyebabkan pandangan kabur, lho! Hal ini berkaitan dengan jumlah darah yang bisa memengaruhi cairan dalam lensa mata. Sehingga menyebabkan pandangan kabur.

  • Mulut terasa kering

Mulut yang terasa kering sebenarnya merupakan tanda tubuh kelebihan gula yang paling umum terjadi. Mulut kering ini biasanya berkaitan erat dengan kurangnya produksi air liur dalam mulut, sehingga berpotensi meningkatkan risiko munculnya infeksi jamur dan bakteri pada mulut.

Mengatasi tanda tubuh kelebihan gula

Apabila tanda tubuh kelebihan gula muncul dan disebabkan karena Ibu merupakan penderita diabetes, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan obat-obatan yang tepat. Namun, melansir WebMD kelebihan kadar gula darah tinggi secara umum bisa diatasi dengan cara berikut:

1. Pastikan kebutuhan hidrasi tercukupi

Air sendiri berguna untuk menghilangkan sisa-sisa kadar gula dalam tubuh yang keluar melalui urin. Jadi, pastikan kebutuhan hidrasi tubuh tercukupi dengan baik ya, Bu!

2. Banyak melakukan aktivitas fisik

Misalnya saja seperti berolahraga, apalagi kegiatan ini dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh. Namun dalam kondisi tertentu, olahraga justru bisa membuat gula darah semakin tinggi. Jadi, tanyakan kepada dokter mengenai jenis olahraga apa yang tepat untuk dilakukan.

3. Terapkan pola makan seimbang 

Menerapkan pola makan seimbang dan menjaga asupan makanan sehari-hari menjadi penting sebagai bagian dari pencegahan sekaligus upaya mengatasi tanda tubuh kelebihan gula. Jadi, penting untuk mengubah pola makan jadi lebih sehat.

Pastikan pula untuk membatasi makanan dan minuman yang tinggi akan kandungan karbohidrat, gula, dan pemanis buatan. Makanan ataupun minuman tersebut hanya makin membuat kadar gula darah naik dengan cepat.

4. Kelola stress

Stress yang sulit dikontrol dapat membuat gula darah naik dan jadi sulit terkontrol. Hal ini karena, ketika Ibu mengalami stress tubuh akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Hormon tersebut dikenal dengan nama kortisol dan glukagon. Penting diingat, mengenali tanda tubuh kelebihan gula menjadi penting dilakukan agar terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius.