Kesehatan

Selain Daun Kumis Kucing, Cuka Apel Bisa Jadi Obat Batu Ginjal Alami, Lho!

Selain Daun Kumis Kucing, Cuka Apel Bisa Jadi Obat Batu Ginjal Alami, Lho!

Berawal dari perut sebelah kanan yang sakit dan diabaikan, ternyata justru bisa jadi salah satu indikasi adanya penyakit batu ginjal di dalam tubuh kita. Terlebih jika terdapat gejala pendukung lain seperti, anyang-anyangan.

Nah, selain berobat ke dokter, jika terindikasi batu ginjal, salah satu obat batu ginjal alami tumbuhan yang paling dikenal masyarakat adalah rebusan daun kumis kucing. Memang, tumbuhan ini cukup sulit didapati di kota-kota besar, ya Bu.

Tapi, selain kumis kucing ternyata ada obat batu ginjal alami lainnya yang bisa kita coba konsumsi, lho! Ada apa saja ya? Yuk, simak bersama dalam ulasan berikut ini.

Kenalan dulu dengan penyakit batu ginjal


Batu ginjal, digadang-gadang jadi salah satu penyakit yang cukup sering ditemukan beberapa tahun belakangan. Gaya hidup yang tidak sehat, diduga jadi salah satu penyebab utama mengapa penyakit ini sering dijumpai.

Dikutip dari Mayo Clinic batu ginjal sendiri, merupakan sebuah kondisi adanya endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Pola makan tidak sehat, berat badan berlebih, beberapa kondisi medis tertentu, serta terlalu banyak mengonsumsi suplemen dan obat-obatan merupakan beberapa penyebab batu ginjal.

Batu ginjal dapat memengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih manusia, mulai dari ginjal hingga kandung kemih. Seringkali, batu terbentuk ketika urin menjadi pekat, sehingga memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

Saat batu ginjal hendak keluar alami dari urin, biasanya cukup menyakitkan dan bikin nggak nyaman. Namun, batu tersebut biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen jika keberadaannya segera dibasmi tepat waktu.

Pada beberapa kasus, pasien batu ginjal mungkin hanya memerlukan obat pereda nyeri dan minum banyak air untuk mengeluarkan batu ginjalnya. Tapi, dalam kasus lain, apabila terdapat batu yang tersangkut di saluran kemih, dapat menyebabkan anyang-anyangan yang berujung pada infeksi saluran kemih, hingga menyebabkan komplikasi, prosedur pembedahan/laser mungkin diperlukan.

Ringankan sakitnya, atasi dengan obat batu ginjal alami


Yup! Pada kasus yang lebih ringan, biasanya dokter hanya akan menyarankan agar pasien mengonsumsi obat-obatan dengan dibantu konsumsi air putih yang banyak. Kombinasi keduanya diklaim mampu mengeluarkan batu ginjal secara alami, lewat urin.

Meski begitu, laman Healthline mengatakan, jika Ibu memiliki gejala batu ginjal, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi tersebut pada dokter sebelum mengonsumsi obat batu ginjal alami. Apalagi, beberapa kondisi pasien batu ginjal mungkin memerlukan perawatan medis khusus, terutama jika ada penyumbatan atau ukuran batu yang cukup besar.

Selain itu, beberapa obat batu ginjal alami mungkin juga dapat menimbulkan kontra indikasi dengan obat medis. Tapi, kalau dokter sudah memberikan ‘lampu hijau’, nggak ada salahnya mencoba obat batu ginjal alami berikut ini ya Bu:

1. Kumis kucing


Jika melansir dari laman Mudbrick Herb Cottage obat batu ginjal alami kumis kucing, memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan. Nggak heran kalau sejak dahulu, tumbuhan kumis kucing dikenal sebagai tanaman yang dapat membantu mengatasi batu ginjal dan kandung kemih.

Nggak hanya itu, menurut laman Health Benefits dengan mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing, dapat membantu menghilangkan batu ginjal di dalam kandung kemih yang berukuran hingga 5 cm, lho! Wah, buat penderita batu ginjal, sepertinya wajib mencoba obat batu ginjal alami yang satu ini ya.

2. Air putih


Obat batu ginjal alami yang paling disarankan oleh dokter tak lain adalah, air putih. Dengan mengonsumsi 2 liter air setiap hari, dokter mengatakan bahwa batu ginjal bisa luruh dengan sendirinya melalui urin.

3. Jus lemon


Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2020 mengenai manfaat asam sitrat dapat membantu menghambat pembentukan batu ginjal. Asam sitrat yang bersifat asam ini, juga dapat membantu memecah batu ginjal berukuran kecil, dan kemudian akan dipecahkan. Sehingga batu bisa luruh bersama urin.

4. Cuka apel


Punya rasa asam yang mirip dengan lemon, ternyata cuka apel juga menjadi salah satu obat batu ginjal alami yang bisa dikonsumsi. Hal ini karena, cuka apel mengandung asam asetat yang diyakini dapat memecah dan melarutkan batu ginjal berukuran kecil.

Selain itu, cuka apel juga bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan dari batu ginjal yang dialami Ibu. Cuka apel baik diminum ketika perut masih kosong saat pagi hari, sebanyak 1 sendok makan.

5. Jus seledri


Selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit, jus seledri ternyata juga menjadi salah satu obat batu ginjal alami yang bisa dikonsumsi nih, Bu. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian tahun 2019 yang menyatakan ekstrak seledri ini mampu memecahkan batu ginjal berukuran 5 cm.

Bahkan katanya, jus seledri ini paling baik diminum sebagai obat batu ginjal alami yang mungkin diderita oleh wanita. Wah, wajib dicoba nih, Bu!

Itulah tadi, beberapa jenis obat ginjal alami yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengeluarkan batu ginjal. Masih ada beberapa obat ginjal alami yang sebenarnya juga bisa membantu mengatasi penyakit ini, seperti jus rumput gandum atau ramuan ekor kuda.

Namun, kemungkinan bahan-bahan ini sedikit sulit ditemukan di Indonesia ya Bu. Jadi, nggak ada salahnya mencoba obat batu ginjal alami di atas yang mudah ditemukan terlebih dahulu.

Semoga bisa membantu Ibu mengatasi gangguan pada ginjal tersebut. Sehingga bisa kembali sehat seperti sediakala.