Kesehatan

Obat Sakit Perut Anak Tidak Bisa Sembarangan! Ini Faktanya!

Obat Sakit Perut Anak Tidak Bisa Sembarangan! Ini Faktanya!

Obat sakit perut anak dapat diberikan pada saat si kecil merasa perutnya sangat kesakitan. Jenisnya juga bermacam-macam, ada obat tradisional sampai obat khusus yang diresepkan oleh dokter. Sakit perut adalah penyakit yang umum terjadi pada anak-anak dan juga bayi. Penyebabnya juga cukup beragam dan meskipun merupakan penyakit yang sangat sering terjadi pada anak-anak, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Fakta Tentang Sakit Perut Anak

Beberapa hal berikut ini ada beberapa fakta tentang nyeri perut pada anak, ketahui lebih dahulu sebelum memutuskan memberikan obat sakit perut anak tertentu karena tingkatan sakit perut juga cukup beragam, melansir dari laman Emedicine Health, berikut penjelasannya:

Sakit Perut Pada Anak Cepat Membaik


Sakit perut punya tingkatan sendiri dan dapat dirasakan beragam pada si kecil. Bila terjadi pada anak-anak yang sudah mampu berkomunikasi, biasanya ia akan langsung bilang bahwa perutnya sakit. Namun untuk bayi, Ibu harus benar-benar peka terhadap hal ini.

Gejala Sakit Perut Beragam


Gejala sakit perut pada anak berbeda-beda, seperti perut terasa kembung, muka si kecil pucat, berkeringat banyak, mengantuk atau terlihat lesu, muntah, diare, demam, nyeri pada pangkal paha, hingga adanya ruam. Gejala sakit perut juga dapat terlihat dari gerak-gerik si kecil seperti ia merasa kesakitan hingga meringkuk atau menunjukkan rasa sakit pada wajahnya, seringkali rewel hingga susah ditenangkan, susah tidur, tidak mau makan, mengalami diare, hingga muntah. Hati-hati bila saat Ibu mengusap pada bagian sisi kanan perut agak bawah, bisa jadi si kecil butuh perawatan medis lebih lanjut karena dikhawatirkan ini adalah pertanda anak mengalami usus buntu.

Waspada Gejala Serius


Gejala serius ini ditandai dengan demam tinggi, mengalami diare lebih dari 24 jam, atau muntah lebih dari 24 jam dan berlangsung sangat sering. Bila ini terjadi, sebaiknya Ayah atau Ibu segera membawa si kecil ke ruang gawat darurat supaya si kecil segera tertangani.

Ketahui Durasi Sakit Perut Anak


Ada hal lain yang harus kita perhatikan seperti durasi sakit perut yang anak rasakan. Bila sakit perut biasa atau tidak lebih dari 24 jam, biasanya tidak perlu waktu lama untuk sembuh, minyak kayu putih dan minyak telon saja bisa sangat membantu dan merupakan obat sakit perut anak pertolongan pertama untuk meredakan sakit perut si kecil. Namun bila sakit perut si kecil terjadi lebih dari 24 jam dan terjadi terus-menerus, maka si kecil perlu penanganan dokter.

Penyebab Sakit Perut pada Anak

Sebelum memberikan obat sakit perut anak, penyebab sakit perutnya perlu diketahui lebih dulu karena tidak bisa sembarangan. Lalu apa saja ya penyebab sakit perut pada anak? Setelah ini ada beberapa penyebab sakit perut pada anak yang biasa dialami, mengutip dari laman Emedicine Health:

1. Adanya Infeksi Tertentu

Sakit perut si kecil bisa jadi tanda adanya infeksi tertentu pada perutnya. Infeksi ini diakibatkan karena adanya virus atau bakteri yang menyebabkan perutnya sakit, hal ini juga biasa dikenal dengan flu perut atau flu usus (gastroenteritis). Infeksi virus cenderung akan hilang dengan cepat, namun infeksi bakteri bisa jadi membutuhkan obat sakit perut anak khusus untuk sembuh seperti pemberian antibiotik dari dokter.

2. Mengalami Keracunan

Keracunan bisa terjadi tak hanya bagi orang dewasa namun juga anak-anak yang sudah punya banyak aktivitas dan suka sekali jajan. Sebagai orang tua kita perlu lebih berhati-hati dengan berbagai macam jenis jajanan saat ini karena bisa jadi anak kita mengalami keracunan. Keracunan disini juga beragam jenisnya, seperti mengalami alergi, atau makan terlalu berlebihan, atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan perut si kecil penuh gas yang dapat menyebabkan kembung. Keracunan lainnya juga seperti tak sengaja menelan sabun atau benda-benda yang berukuran kecil. Inilah mengapa anak kecil wajib didampingi orang dewasa saat bermain supaya ia tak menelan benda-benda asing yang berbahaya untuknya. Kalau sudah begini, obat sakit perut anak yang sederhana seperti minyak penghangat perut bisa jadi bukan solusi yang tepat.

3. Masalah Medis Lainnya

Ada beberapa masalah medis yang tidak bisa dianggap sepele atau diberikan obat sakit perut anak biasa seperti radang usus buntu, penyumbatan usus, komplikasi diabetes, atau dari gigitan laba-laba jenis black widow. Sakit perut golongan ini biasanya akan membuat si kecil sangat tidak tahan dan rewel sehingga Ibu harus langsung membawanya ke rumah sakit.

4. Sedang Mengalami Susah BAB atau Justru Diare

Mengalami susah buang air besar juga dapat menyebabkan perut si kecil merasa tidak nyaman atau merasa begah. Biasanya ini dikarenakan kurangnya asupan serat pada makanan si kecil. Perut yang begah bila lama didiamkan akan menimbulkan rasa kembung yang makin membuat perut si kecil tidak nyaman. Selain hal ini, sakit perut juga dapat terjadi saat si kecil sedang diare (terlalu banyak buang air besar). 

Obat Sakit Perut Anak

Obat sakit perut anak yang diberikan untuk si kecil tak bisa sembarangan, ini bergantung juga pada jenis usia dan tingkatan atau jenis sakit perutnya. Obat sakit perut anak ini biasa diberikan dokter, mengutip dari berbagai sumber:

  • Asetaminofen (aspirin free);
  • Obat sakit perut anak anti nyeri (paracetamol);
  • Obat sakit perut anak antiemetik;
  • Obat sakit perut anak antidiare;
  • Obat sakit perut anak antibiotik;
  • Probiotik; dan
  • Obat khusus pencahar.

Sedangkan obat sakit perut anak yang tidak disarankan diberikan untuk si kecil adalah:

  • Aspirin;
  • Ibuprofen; dan
  • Obat-obatan herbal, terutama untuk anak di bawah 1 tahun.

Tips Mengatasi Sakit Perut Bayi dan Anak di Rumah

Obat sakit perut anak sebaiknya tidak diberikan tanpa resep dokter, namun Ibu tetap bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi sakit perut pada anak, dilansir dari berbagai sumber:

1. Ajak Si Kecil untuk Beristirahat

Anak kecil memang sangat aktif, bahkan terkadang saat sakit pun ia masih saja aktif. Beristirahat akan membantu rasa sakit perutnya semakin pulih, dengan catatan ini adalah sakit perut biasa. Berbaring dengan tengkurap dapat membantu meredakan nyeri dan gas yang ada pada perut si kecil. Namun coba tanyakan kembali padanya posisi mana yang membuatnya lebih nyaman.

2. Perhatikan Makanan Si Kecil

Beberapa makanan ini sebaiknya dihindarkan dari si kecil untuk membuat sakit perutnya membaik, seperti: minuman berwarna, bersoda, berkafein, berlemak, terlalu asin, atau terlalu manis. Tetap berikan cairan dan makanan padat untuknya secara bertahap, bila terjadi muntah maka jangan dipaksakan.

3. Memberikan Minyak Penghangat Perut

Minyak kayu putih dan minyak telon adalah pertolongan pertama yang dapat diberikan pada si kecil karena memberikan efek hangat dan menenagkan untuk perutnya yang sedang sakit. Berikan minyak kayu putih atau minyak telon dengan takaran yang cukup lalu usapkan pada bagian perut si kecil sembari dipijat dengan lembut. Ini dapat digunakan untuk bayi di bawah 1 tahun juga ya Bu.

4. Perhatikan Pemberian Susu Formula

Bila bayi Ibu berumur kurang dari 1 tahun, minum susu formula, dan mengalami sakit perut, periksa kembali apakah Ibu baru saja mengganti susunya dengan merk lain karena tidak semua susu formula bisa cocok pada buah hati Ibu. Beberapa susu formula dapat menyebabkan diare, dan beberapa lagi justru akan membuatnya susah buang air besar. Bila ragu, Ibu bisa segera berkonsultasi pada dokter tentang hal ini.

5. Memberikan Cairan yang Cukup

Sakit perut yang disertai dengan sering buang air besar dan muntah akan menyebabkan dehidrasi bila si kecil tidak diberikan cairan yang cukup. Usahakan agar balita Ibu minum cukup air putih untuk membuat tubuhnya tidak lemas dan terhidrasi dengan baik sebelum Ibu membawanya ke dokter. Ini berlaku untuk balita yang sudah boleh mengkonsumsi air putih.

6. Mengompress Perut Si Kecil

Bagi bayi di bawah 1 tahun, cara ini juga ampuh selain memberinya minyak telon hangat untuk mengurangi sakit pada perutnya. Ambil anduk lalu celupkan pada air hangat dan taruh di atas perutnya sebagai kompres.

7. Menyendawakan Bayi Setelah Minum Susu

Kolik dan gumoh adalah dua hal yang akrab pada bayi di bawah 1 tahun, ini bisa disebabkan karena perutnya sedang merasa tidak nyaman. Menyendawakan bayi setelah minum susu sangat perlu supaya ia merasa lega setelah menyusu pada sang Ibu. Menyendawakan bayi di bawah 1 tahun dapat dilakukan dengan menggendongnya dengan posisi berdiri sembari ditepuk-tepuk ringan bagian punggungnya.

8. Pijat I L U untuk Sembelit

Sembelit pada bayi biasanya dapat diobati dengan pijat ILU (I Love You) pada perut si kecil. Gerakannya menyerupai huruf I, L, dan U sembari diberikan minyak hangat. Pijat ILU biasa diterapkan untuk bayi di bawah 1 tahun untuk memberikan kenyamanan pada perutnya. Lakukan pijat ini sesaat setelah mandi pagi atau sore ya Bu.

Pengobatan Rumahan untuk Sakit Perut

Untuk sakit perut ringan, beberapa makanan dan minuman ini disebut dapat meredakan sakit perut, dilansir dari laman Parenting First Cry:

1. Teh Jahe

Jahe diklaim dapat meredakan sakit perut karena makan berlebihan, selain itu dapat juga meredakan rasa mual saat si kecil mengalami muntah. Teh jahe dapat diberikan dengan cara jahe dibakar terlebih dahulu kemudian direbus dengan air, tambahkan gula pasir atau gula jawa, dan diminum selagi hangat. Namun teh jahe tidak disarankan diberikan kepada anak di bawah usia 2 tahun.

2. Yoghurt

Yoghurt adalah prebiotik yang mengandung bakteri baik untuk perut dan mampu menetralkan sakit perut  yang disebabkan karena infeksi bakteri. Untuk si kecil yang sakit perut karena susah buang air besar, yoghurt sangat boleh diberikan. Namun perhatikan kembali apa ada reaksi alergi yang timbul karena mengkonsumsi yoghurt.

3. Teh Chamomile

Chamomile memiliki sifat anti inflamasi dan memiliki efek menangkan. Selain bagus untuk terapi bagi yang sulit tidur, teh chamomile sangat efektif mengobati kram pada perut. Teh chamomile saat ini banyak ditemui di supermarket dimanapun.

4. Daun Mint dan Buah Lemon

Coba buat secangkir teh yang berbeda dari biasanya dan diberi campuran daun mint serta buah lemon. Daun mint segar dapat membantu melawan bakteri berbahaya, dan lemon efektif untuk mengatasi sembelit. Teh dari kedua bahan alami dapat menjadi salah satu obat sakit perut anak ringan.

5. Madu

Madu efektif untuk mengatasi masalah perut karena memiliki sifat anti bakteri. Namun madu tidak disarankan diberikan untuk anak dibawah 1 tahun.  Madu bisa diberikan secara langsung atau dicampurkan dengan air hangat.

6. Buah Pisang dan Pepaya

Melansir dari laman Liputan6, pisang mudah dicerna dalam usus dan mengandung pektin yang dapat membantu gerakan usus secara alami dan meredakan sakit perut. Pepaya juga mampu membantu pencernaan menjadi lebih sehat. Enzim papain dan chymopapain dapat membantu memecah protein dan menyehatkan usus. Buah ini juga dapat digunakan sebagai obat sakit perut anak yang paling mudah karena rasanya yang manis.

Penulis: Luciana
Editor: Dwi Ratih