Kesehatan

Posisi Tidur Ibu Hamil saat Asam Lambung Naik

Posisi Tidur Ibu Hamil saat Asam Lambung Naik

Bagaimana posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik?

Salah satu masalah yang dialami oleh Ibu hamil adalah asam lambung naik, apalagi bagi Ibu hamil yang memang sebelumnya memiliki riwayat asam lambung. 

Kemungkinan asam lambung naik saat sedang hamil meningkat mengingat terjadinya perubahan hormonal dan fungsi pada tubuh. Apakah posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik dapat meningkatkan kualitas tidur Ibu hamil?

Mengapa asam lambung terjadi saat hamil?

tips-dan-posisi-tidur-ibu-hamil-saat-asam-lambung-naik-1

Gangguan asam lambung saat hamil merupakan hal yang wajar terjadi menurut American Pregnancy Association. Asam lambung naik ini kerap dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus sehingga menyebabkan terjadinya gejala seperti:

  • Sering beserdawa;
  • Lidah terasa asam atau pahit;
  • Rasa panas naik ke dada (heartburn);
  • Perut terasa penuh dan kembung; dan
  • Batuk karena tenggorokan sering terasa kering.

Bagi Ibu yang memiliki riwayat asam lambung sebelumnya, GERD semakin berpotensi terjadi saat hamil. Faktor yang menyebabkan terjadinya GERD saat hamil berupa:

  • Pengaruh dari perubahan hormon;
  • Adanya tekanan pada lambung akibat rahim yang terus membesar; dan
  • Sistem pencernaan bergerak lebih saat saat sedang hamil.

Bagaimanakah posisi tidur terbaik saat asam lambung naik?

Solusi Posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik

tips-dan-posisi-tidur-ibu-hamil-saat-asam-lambung-naik-2

Menurut Terry Cralle, Ibu bisa mencoba 8 posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik ini.

1. Tidur dengan posisi agak sandaran

Jika Ibu mengkonsumsi makanan tidak lama sebelum waktu tidur tiba, kemungkinan asam lambung naik dan mengganggu tidur menjadi lebih besar. 

Untuk mencegah ini terjadi, posisi tidur terbaik saat asam lambung baik adalah dengan cara menaikkan bagian punggung lebih maju ke posisi lebih vertikal. Sudut pada punggung ini membuat asam lambung pada perut tidak naik ke bagian esofagus.

Untuk mendapatkan posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik adalah dengan cara:

  • Menggunakan tempat tidur yang bisa dinaikkan sandarannya seperti tempat tidur rumah sakit;
  • Menaruh tumpukan bantal di bawah punggung agar punggung lebih tegak;
  • Menggunakan bantal hamil sehingga posisi punggung saat tidur dapat lebih naik; dan
  • Menggunakan tumpuan kokoh yang stabil dan diletakkan dibawah kaki tempat tidur bagian atas sehingga tercipta posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik lebih baik.

2. Tidur menghadap ke samping

Posisi tidur terbaik saat asam lambung naik berikutnya adalah tidur menghadap ke samping adalah posisi tidur terbaik baik Ibu hamil menurut American Pregnancy Association. Tidur menghadap ke samping merupakan posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik yang paling nyaman karena:

  • Tidur terlentang meningkatkan risiko komplikasi seperti masalah pencernaan, GERD, sakit punggung, sirkulasi darah yang buruk, serta masalah pernapasan
  • Tidur telungkup hampir mustahil apalagi jika Ibu sudah masuk trimester dua dan tiga.

Selain lebih nyaman, tidur menghadap ke samping meningkatkan laju nutrien dan darah kepada plasenta sehingga bayi pun lebih sehat. 

Namun, jika Ibu tidak biasa tidur menyamping, Ibu dapat tidur menyamping dengan keadaan kaki menekuk, menaruh bantal di antara kaki, dan menggunakan bantal hamil agar lebih nyaman.

3. Tidur menggunakan bantal hamil

Seiring dengan bertambah  besarnya perut, mencari posisi nyaman saat tidur cukup menantang. 

Penggunaan bantal hamil dapat membantu mendapatkan kenyamanan tidur karena bantal hamil memberikan bantalan ekstra yang dapat meningkatkan kenyamanan secara signifikan. 

Posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik bisa dengan menggunakan batal hamil.

Bantal tidur hamil yang baik adalah yang memberikan ekstra penyangga di sekitar perut, lutut, dan pergelangan kaki.

4. Menerapkan kondisi tidur yang baik

tips-dan-posisi-tidur-ibu-hamil-saat-asam-lambung-naik-3

Meskipun Ibu sedang tidak hamil, menerapkan rutinitas tidur yang baik adalah kewajiban untuk mengurangi efek terjadinya asam lambung naik saat tidur. 

Selain semakin cepat Ibu jatuh tertidur, semakin rendah pula risiko asam lambung naik karena fase tidur dalam menghambat naiknya asam lambung. 

Oleh karena itu, optimasi tidur yang baik dan meningkatkan porsi fase tidur dalam merupakan solusi efektif sebagai cara tidur ketika asam lambung naik.

Beberapa cara tidur ketika asam lambung naik yang dapat mempercepat Ibu jatuh tertidur dan berada di fase tidur dalam lebih lama adalah:

  • Menggunakan bantal dan matras yang nyaman;
  • Tidur dan bangun di jadwal yang relatif sama;
  • Berolahraga secara rutin;
  • Mengurangi frekuensi tidur siang;
  • Mandi air hangat sebelum tidur; dan
  • Tidak menggunakan peralatan elektronik satu sampai dua jam sebelum menjelang waktu tidur.

5. Menggunakan pelembab ruangan (humidifier)

Cara tidur ketika asam lambung naik yang lain adalah menggunakan pelembab ruangan. Pelembab ruangan membuat udara lebih bagian hidung kita lebih nyaman sehingga meningkatkan kenyamanan pada saat tidur dan menambah kualitas tidur.

Menjaga udara agar tetap lembab penting pagi Ibu hamil karena volume darah meningkat akibat fluktuasi hormon. Naiknya volume darah ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas sehingga mengakibatkan gangguan tidur. Menggunakan pelembab udara dapat juga mengurangi dengkuran Ibu hamil.

6. Suasana kamar gelap

Meski Ibu sudah melakukan posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik, akan lebih baik jika suasana kamar tidur gelap gulita. 

Dengan kamar gelap, Ibu hamil akan lebih cepat tidur dan memasuki fase tidur dalam lebih cepat. Fase tidur dalam dapat memperbaiki kerja tubuh termasuk mencegah terjadinya asam lambung naik.

7. Mencoba “suara putih”

tips-dan-posisi-tidur-ibu-hamil-saat-asam-lambung-naik-4

Suara keras yang mencolok dapat mengganggu tidur. Tapi “suara putih” yang memiliki volume rendah dan tidak mencolok dapat meningkatkan kualitas tidur Ibu hamil sehingga lebih cepat memasuki fase tidur dalam dan mencegah munculnya asam lambung naik.

8. Temperatur ruangan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin

Badan yang sering bergerak dan membolak-balikkan badan meningkatkan risiko asam lambung naik. Dengan mengoptimasi suhu ruangan menjadi 18 hingga 20 derajat celcius membuat tidur lebih nyaman dan meningkatkan kualitas tidur Ibu hamil.

Itulah beberapa tips dan posisi tidur Ibu hamil saat asam lambung naik. Ibu hamil berhak dapat tidur yang berkualitas juga kok.

Editor: Dwi Ratih