Kesehatan

Stress, Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok Parah Yang Terjadi Pada Wanita, Lho!

Stress, Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok Parah Yang Terjadi Pada Wanita, Lho!

Rambut rontok bisa jadi merupakan problematika semua orang. Namun hal ini paling banyak dan identik dialami oleh para wanita, terutama mereka yang memiliki rambut panjang.

Melihat helaian rambut rontok parah setiap hari, terkadang membuat kita khawatir. Bahkan memikirkannya saja bisa membuat kita sangat sedih dan tertekan.

Apalagi kalau kamu pada dasarnya memiliki jenis rambut yang tebal dan indah. Jelas saja masalah rambut rontok ini tak jarang dapat membuat kamu merasa stress.

Padahal tanpa sadar, stress berlebih juga diduga menjadi penyebab rambut rontok parah yang cukup umum. Karenanya, menghindari stress menjadi sangat penting dilakukan.

Namun selain itu, ternyata ada banyak sekali faktor penyebab rontok parah pada wanita lainnya yang juga perlu kamu ketahui. Yuk, simak dalam ulasan berikut ini!

Kenali penyebab kenapa rambut rontok parah


Jika melansir Mayo Clinic normalnya tiap manusia akan mengalami kerontokan rambut sebanyak 50-100 helai per harinya. Kerontokan rambut atau dikenal dengan istilah medis, alopecia bisa bersifat sementara atau permanen.

Penyebab rambut rontok parah juga bisa diakibatkan oleh faktor lain seperti genetik, perubahan hormonal, kondisi medis tertentu, stress berkepanjangan atau proses normal menjelang penuaan. Semua orang bisa mengalami kerontokan rambut di kepala, tetapi tak banyak yang tahu, sebenarnya kerontokan rambut ini lebih sering terjadi pada pria, lho!

Bahkan pada pria hal ini bisa berujung pada kebotakan. Bedanya, kebanyakan pria mungkin cenderung lebih cuek dan lebih suka membiarkan kerontokan rambut mereka berjalan dengan sendirinya tanpa diobati dan malah tidak disembunyikan.

Namun, hal ini jelas berbeda dengan wanita yang cenderung lebih khawatir saat kehilangan mahkota indahnya. Meskipun kerontokan rambut ini mungkin terjadi hanya sementara.

Nah, kalau penyebab rambut rontok parah pada wanita sendiri sering disebut sebagai telogen effluvium. Melansir Medical News Today telogen effluvium adalah bentuk kerontokan rambut yang ditandai dengan penipisan rambut atau peningkatan kerontokan rambut yang parah.

Penyebab rambut rontok parah pada wanita


Secara umum, penyebab rambut rontok parah, bisa disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

  • Gangguan emosional atau stress berlebihan
  • Stress fisik yang intensif, seperti postpartum depression setelah melahirkan atau stress akibat beban pekerjaan yang tinggi
  • Perubahan hormonal baik pada saat hamil, melahirkan atau pada saat menyusui
  • Nutrisi yang tidak tercukupi dengan baik. Sehingga tubuh kekurangan protein dan zat besi
  • Penyakit tertentu seperti; autoimun, infeksi jamur di kulit kepala atau kelenjar tiroid
  • Efek samping obat-obatan tertentu seperti pemakaian pil KB, obat antidepresan, obat hormonal atau obat-obatan kanker
  • Tubuh baru sembuh dari sakit keras
  • Penurunan berat badan
  • Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, terlalu sering melakukan cat rambut, bleaching rambut, kebiasaan menggunakan blow dan catokan rambut.

Cara mengobati penyebab rambut rontok parah


Ketika seseorang menghadapi penyebab kerontokan rambut parah, ternyata masih banyak yang tidak yakin ke mana harus mencari bantuan. Bahkan, beberapa dari mereka juga cenderung lebih suka menyembunyikan masalahnya dengan mengubah bagian atau gaya rambut mereka.

Misalnya saja menggunting rambut lebih pendek, mengonsumsi suplemen khusus serta mengurangi intensitas keramas. Sayangnya, cara mengobati penyebab rambut rontok parah ini seringkali menghasilkan hasil yang nihil.

Karenanya, menurut American Academy of Dermatology Association beberapa hal berikut, mungkin bisa menjadi salah satu cara merawat rambut rontok parah yang bisa kamu coba:

1. Berkonsultasi dengan dokter

Dokter nantinya akan menganalisa jenis rambut yang kamu miliki. Sebelum akhirnya mendiagnosa apa penyebab rambut rontok parah yang kamu alami.

Berkonsultasi dengan dokter dapat membantu kamu menemukan pengobatan yang tepat. Supaya penyebab rambut rontok bisa ditangani dengan baik.

2. Gunakan shampoo dan kondisioner yang tepat

Nggak hanya itu, kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengaplikasikan shampoo dan kondisioner yang tepat agar tidak merusak rambut. Apalagi mengaplikasikan shampoo juga maupun kondisioner nggak boleh sembarangan. Kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan rambut jadi lebih rontok parah.

3. Kurangi menggunakan blow atau catokan rambut

Hair styling jenis ini sedikit banyak dilakukan dengan cara memanaskan rambut. Sehingga rambut rentan patah dan rontok parah.

Selain itu jika hendak melakukan cat rambut ada baiknya jangan dilakukan sendiri ya, Bu! Kamu perlu melakukan hal ini ke salon profesional agar rambutmu tetap sehat dan bisa terhindar dari kerontokan rambut.

4. Jangan menguncir rambut terlalu kencang

Menguncir rambut terlalu kencang juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok, lho! Jadi, sebisa mungkin hindari hal ini ya, Bu. Apalagi saat kamu melepas kunciran dengan cara menariknya. Hal ini dapat membuat akar rambut menjadi rapuh dan rontok tak terhindar lagi.

5. Pastikan menyisir rambut dengan benar 

Cara merawat rambut rontok parah yang satu ini terlihat mudah, namun seringkali diabaikan. Padahal kamu perlu memastikan agar rambut disisir dengan benar agar terhindar dari penyebab rambut rontok parah, lho!

Kamu juga perlu menghindari menyisir rambut ketika rambut sedang basah setelah keramas. Sebaiknya sisir rambut sebelum keramas, agar nantinya rambut lebih mudah disisir setelahnya.

Menyisir rambut pada kondisi basah hanya akan membuat akar rambut menjadi rapuh dan rentan rontok. Jadi, sebisa mungkin hal ini perlu diperhatikan dengan baik ya, Bu!

6. Pastikan nutrisi tubuh tercukupi

Salah satu penyebab rambut rontok parah juga bisa diakibatkan oleh nutrisi harian yang tidak tercukupi dengan baik. Untuk itu, pastikan kami mengonsumsi makanan bergizi dan berprotein tinggi agar akar rambut tetap kuat dan terhindar dari kerontokan rambut parah.

7. Terapkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok

Merokok juga bisa menjadi musuh bagi rambut kita. Karena dapat memicu tubuh mengalami inflamasi yang menyebabkan rambut rontok parah. Jadi, pastikan kamu berhenti merokok dan terapkan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga setiap hari, ya!

Selain itu, kamu juga mengonsumsi suplemen yang komposisinya bisa membantu merawat akar rambut sehingga tidak terjadi kerontokan parah. Namun, pastikan suplemen yang kamu konsumsi benar-benar aman dan bebas dari efek samping ya Bu.