Konsepsi

3 Cara Menabung Emas di Pegadaian Beserta Tips yang Mudah!

3 Cara Menabung Emas di Pegadaian Beserta Tips yang Mudah!

Cara menabung emas di Pegadaian bagaimana ya? 

Ternyata nggak sesusah itu kok! Ibu bisa dengan mudah mengetahui cara menabung emas di Pegadaian secara langsung dengan mendatangi kantor cabang terdekat! Saat ini, investasi emas sudah menjadi trend dan populer di kalangan siapa saja. 

Investasi jenis ini dianggap akan mendatangkan banyak keuntungan di kemudian hari mengingat harga jual emas bisa dikatakan tinggi pada satu waktu tertentu. 

Melansir dari laman Pegadaian, produk Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk melakukan investasi emas. 

Syarat Menabung Emas di Pegadaian


Di Pegadaian, menabung emas sangat aman, mudah, murah, dan terpercaya. Sebelum mulai menabung emas, ada baiknya mengetahui cara menabung emas di pegadaian yang tepat, salah satunya ada beberapa syarat yang harus dilengkapi seperti:

1. Menyiapkan Identitas Yang Masih Berlaku (KTP/Paspor)

Pastikan dulu ya kartu identitas Ibu masih valid digunakan misalnya KTP sudah elektronik atau bila menggunakan paspor maka jangan sampai melebihi tanggal kadaluarsa paspornya ya. 

Kartu identitas yang valid akan memudahkan Ibu saat membuka rekening emas di Pegadaian. Cara menabung emas di pegadaian cukup mudah bukan syaratnya?

2. Mengisi Formulir Pembukaan Rekening Tabungan Emas

Nanti Ibu akan diberi formulir khusus untuk mengawali pembukaan rekening tabungan emas. Jangan takut salah! Seluruh  pegawai Pegadaian akan langsung mengarahkan apa saja yang harus Ibu isi dengan baik dan benar.

3. Menyiapkan Biaya Transaksi Tabungan Emas

Nah, cara menabung emas di pegadaian yang mudah selanjutnya adalah dengan memahami biaya apa saja yang mungkin ada selama Ibu melakukan transaksi ya. 

Melansir dari laman Pegadaian, biaya pembukaan rekening tabungan emas ini cukup beragam, nol rupiah untuk channel Pegadaian Digital dan Pegadaian Digital Syariah, dan Rp 10,000 saja bila melalui Outlet resmi Pegadaian atau Agen Pegadaian. 

Sementara itu, biaya fasilitas titipan selama 12 bulan atau satu tahun hanya Rp 30,000 saja!

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian


Yakin nggak ya memilih tabungan emas di Pegadaian? Jangan khawatir Bu! Berikut ini ada beberapa keunggulan bila Ibu membuka tabungan emas di Pegadaian:

1. Sudah Tersedia Di Seluruh Outlet Pegadaian

Tabungan emas ini sudah tersedia di seluruh outlet resmi Pegadaian, Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian, dan juga Marketplace. Gunakan ke-empat channel resmi ini untuk menghindari penipuan dan semacamnya supaya lebih aman terpercaya.

2. Biaya Administrasinya Ringan

Seperti yang sudah digambarkan di atas, biaya transaksi, administrasi, hingga biaya pengelolaannya cukup ringan.  

3. Transaksi Dapat Dilakukan Mulai 0,1 gr

Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening tabungan emas mulai dari 0,1 gr saja! Tak hanya itu saja, nasabah juga dapat melakukan pembelian tabungan emas (Top Up) mulai dari 0,01 gr. Buyback juga dapat dilakukan mulai dari 1 gr. Harga jual dan buyback-nya juga nggak merugikan serta cukup kompetitif. Ibu juga dapat melakukan order cetak emas mulai dari kepingan 1 gr saja.

4. Dijamin dan Dikelola Secara Profesional

Menabung emas melalui Pegadaian akan dikelola secara transparan dan profesional, selain itu karatasenya juga dijamin 24 karat, jadi lebih aman dan nyaman kan menabung emas di sini?

Keuntungan Umum Melakukan Investasi Emas


Sejumlah keuntungan yang ditawarkan Pegadaian memang menggiurkan, lalu bagaimana keuntungan yang akan didapatkan di luar dari faktor Pegadaian? Mengutip dari laman Liputan 6, berikut ini sejumlah keuntungan lain jika memutuskan melakukan investasi emas di Pegadaian:

1. Harga Emas yang Biasanya Cenderung Naik

Memutuskan untuk mengenal cara menabung emas di Pegadaian pastilah kita juga akan melihat peluang keuntungan yang akan didapatkan, salah satunya adalah harga emas yang selalu cenderung naik di pasaran. 

Investasi emas sangat berbeda dengan investasi saham yang sifatnya fluktuatif dan memiliki risiko tinggi. Tercatat dari tahun 2016 harga emas telah meningkat sebesar 18%. Investasi emas dalam kurun waktu yang panjang dinilai akan lebih menguntungkan ketimbang investasi emas jangka pendek.

2. Mudah Saat Akan Dicairkan

Emas memiliki likuiditas yang tinggi, oleh karena itu nasabah akan lebih mudah mendapatkan uang tunai saat menukar emas. Investasi emas juga cenderung jauh lebih mudah dicairkan sewaktu-waktu bagi para pebisnis yang membutuhkan dana darurat saat itu juga. 

Tentu saja investasi emas ini cukup berbeda dengan investasi jenis lainnya misalnya seperti saham.

3. Mudah Dipindahkan

Beberapa nasabah bisa jadi menabung emas dengan ukuran gram yang lebih kecil dan bukan batangan. Ukuran yang kecil ini mudah untuk dipindahkan bila dibandingkan dengan emas batangan ukuran besar atau uang tunai berlembar-lembar dengan nominal ratusan juta rupiah. 

Emas juga dapat dijadikan perhiasan indah tanpa harus mengurangi nilai emas itu sendiri.

Kerugian Menabung Emas di Pegadaian


Cara menabung emas di Pegadaian sudah diketahui di atas, kelebihannya juga pasti akan membuat Ibu lega, lalu apa ada kerugian yang akan ditanggung bila memutuskan untuk investasi emas melalui Pegadaian? 

Melansir dari laman Liputan 6, kelebihan dan kekurangan saat memutuskan untuk melakukan investasi emas adalah terletak pada jumlah gramnya. Meskipun menabung emas di Pegadaian terbilang transparan dan terpercaya, namun di sisi lain beberapa orang masih ragu dan memikirkan apakah penyimpanan dan ketersediaan emas memang benar seaman itu? 

Bila cara menabung emas di Pegadaian memang semudah itu, namun apakah benar kekurangannya masih mampu menutupi segala kelebihan investasi emas yang ditawarkan? Berikut perinciannya yang dilansir melalui laman Liputan 6:

1. Penyimpanannya Masih Diragukan

Tak sama dengan menabung uang, melakukan investasi emas memerlukan tempat yang bisa jadi lebih besar suatu saat nanti. Beberapa orang mungkin hanya memiliki beberapa keping emas saja. 

Namun ada juga yang memutuskan menabung emas terus-menerus sehingga membuatnya menumpuk dan membutuhkan brangkas atau tempat yang lebih besar. Cara menabung emas di Pegadaian salah satunya juga harus menyewa safe deposit box. 

2. Stok Emas yang Bisa Saja Berubah-Ubah

Investasi emas memang tengah menjadi primadona, banyak orang yang buru-buru langsung ingin menabung emas, namun sayangnya ketersediaan emas ini cukup terbatas. 

Yang membuat sulit justru terkadang emas dengan gram dan jumlah yang dibutuhkan belum tentu tersedia di gerai atau outlet terdekat Pegadaian. Karena belum tentu tersedia di outlet terdekat, terkadang nasabah juga harus mengecek di outlet lainnya dan ini membutuhkan waktu lebih bukan?

3. Ada Kemungkinan Hilang

Emas batangan tidak bisa seketika dimiliki oleh setiap orang karena harganya yang lumayan mahal. Beberapa orang memilih cara menabung emas di Pegadaian dengan memilih ukuran emas gram kecil dengan harga yang lebih terjangkau. 

Menabung emas di Pegadaian memang diklaim aman dan terpercaya namun tidak menutup kemungkinan rawan hilang untuk emas dengan ukuran kecil, jadi harus tetap berhati-hati. 

4. Tidak Efisien


Kabarnya, lebih efisien menabung emas dengan ukuran minimal 100 gr dibandingkan dengan menabung emas dengan ukuran yang lebih kecil karena emas dengan ukuran kecil justru cenderung memiliki harga beli yang lumayan mahal. 

Cara menabung emas di Pegadaian memang sedang dicari banyak orang hingga terkadang ketidakefisienan ini sering diabaikan.

5. Kerugian Bila Investasi Hanya Jangka Pendek

Tidak seperti menabung uang di Bank yang bisa dilakukan kapan saja dan dengan jumlah berapapun. Memutuskan mengetahui cara menabung emas di Pegadaian sudah pasti juga harus mempertimbangkan jangka waktu melakukan investasinya karena bila dilakukan hanya jangka pendek saja, menabung emas di Pegadaian justru akan rugi. 

Hal ini dikarenakan harga beli dan harga jual emas yang masih terus berubah atau tidak dapat dipastikan akan terus mengalami kenaikan sehingga nasabah akan untung seterusnya. Pertimbangkan kembali bila ingin menabung emas sebentar saja, sebaiknya abaikan niat ini ya Bu supaya tidak merugi.

6. Membutuhkan Modal yang Cukup Besar

Keuntungan yang didapatkan ketika memutuskan untuk investasi emas memang tidak terhindarkan, tapi jangan lupa bahwa investasi emas juga butuh modal yang tidak sedikit. 

Modal ini juga termasuk sejumlah biaya yang akan dibebankan kepada nasabah seperti biaya pembukaan rekening tabungan emas, biaya transaksi tabungan emas, hingga biaya cetak emas batangan yang bernilai hingga ratusan ribu rupiah per gramnya saja. 

7. Pencetakan yang Terbatas

Melansir dari laman Liputan 6, pencairan tabungan emas juga tidak dapat dilakukan sembarangan atau dimana saja. Ketika mengetahui cara menabung emas di Pegadaian, kita juga harus paham bahwa saat ini pencairan tabungan emas hanya bisa dilakukan di outlet pertama kali nasabah membuka tabungan emas. 

Terdapat juga minimal jumlah gram emas yang dapat dicairkan yaitu saldo harus minimal 5 gram. 

Apa Hukum Menabung Emas di Pegadaian Menurut MUI?


Syarat menabung emas di Pegadaian yang cukup mudah berhasil membuat banyak orang tergiur untuk melakukan investasi lain selain hanya menaruh uang tunai di Bank. Investasi yang memiliki cara menabung emas di Pegadaian dengan syarat tidak berbelit-belit pun seakan tengah menjadi trend bagi para investor kecil maupun besar. 

Namun apa hukumnya menabung emas di Pegadaian menurut Majelis Ulama Indonesia? Sebagai orang yang taat beragama tentu saja ada pertimbangan khusus untuk melakukan sesuatu bukan? 

Saat ini, MUI telah mengeluarkan surat edaran mengenai hukum membeli emas secara digital atau menabung emas di Pegadaian. Melansir dari laman Pikiran Rakyat, menurut MUI, investasi emas ini hukumnya adalah Mubah yaitu boleh dilakukan dan lebih dianjurkan. 

Namun ada beberapa syarat menabung emas di Pegadaian yang halal dan diperbolehkan dalam Islam sebagai berikut:

  • Harus kontan (Yadan Bi Yadin/Hulul)
  • Harus sepadan (Tamatsul), dilakukan dengan timbangan dan takaran yang sama tidak boleh berbeda.
  • Harus saling menerima (Taqabul), tidak boleh saling menunda penyerahan bagi barang lainnya.

Investasi emas ini juga terangkung dalam hadits yaitu HR Muslim 2970 yang bunyinya:

“Jika emas dibarter dengan emas, perak dengan perak, gandum halus dengan gandum halus, gandum sya’ir dengan gandum sya’ir, kurma dengan kurma, garam dengan garam, maka takarannya harus sama dan harus tunai. Jika benda yang dipertukarkan berbeda, maka takarannya boleh sesuka hati kalian, asalkan tunai.”

Tips Menabung Emas di Pegadaian


Sudah benar-benar tertarik setelah mengetahui syarat menabung emas di Pegadaian ternyata cukup mudah? Setelah mengetahui cara menabung emas di Pegadaian, yuk intip dulu tips menabung emas di Pegadaian yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Menabung Emas Di Tempat Resmi

Demi menjamin keamanan investasi emas Ibu dan keluarga, ada baiknya tidak sembarangan memilih paltform atau tempat menabung emas. Cara menabung emas di Pegadaian sudah terbilang mudah dengan syarat menabung di Pegadaian yang juga anti ribet.

Oleh karena kemudahan dan keamanan ini, sangat disarankan untuk membuka rekening tabungan emas dengan datang langsung ke gerai Pegadaian terdekat. Bila memutuskan untuk membuka rekening secara online, Pegadaian juga sudah punya platform digital yang aman lho. 

Ibu hanya tinggal mengunduh aplikasinya saja melalui appstore atau playstore. Karena dilakukan secara online, buku tabungan tetap harus dicetak melalui gerai resmi Pegadaian maksimal 6 bulan sejak pembukaan melalui aplikasi digital-nya.

2. Sediakan Modal yang Cukup

Karena cara menabung emas di Pegadaian yang mudah, Ibu jangan terlena dulu ya karena ada modal dan beberapa biaya yang harus diketahui terlebih dahulu. Ingat, investasi emas ini tidak sama dengan investasi uang tunai biasa, sejumlah dana harus disiapkan bila sewaktu-waktu harus mencairkan tabungan ini.

3. Pertimbangkan Jangka Waktu Menabung

Menurut beberapa pakar, tips menabung emas di Pegadaian berikutnya adalah mempertimbangkan jangka waktu menabungnya. 

Jangka waktu yang dianggap tepat untuk melakukan investasi jenis emas adalah jangka waktu yang panjang karena bisa dilihat keuntungannya secara signifikan bila dibandingkan dengan jangka waktu menabung yang hanya singkat saja.

Editor: Dwi Ratih