Konsepsi

7 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Gairah Seks Pria

7 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Gairah Seks Pria

Seks atau hubungan intim menjadi sebuah kegiatan rutin yang penting dilakukan bersama pasangan jika sudah menikah. 

Selain dapat meningkatkan chemistry antar pasangan, melakukan hubungan seks secara rutin juga bisa bantu merilis stress dan menstabilkan tekanan darah.

Tapi terkadang, kesibukan sehari-hari mengurus anak dan bekerja ternyata juga dapat menurunkan gairan seks pada wanita. Sehingga tak jarang jadi tidak bersemangat ketika berhubungan seksual dengan pasangan.

Namun ternyata gairah seks yang menurun tak hanya bisa terjadi pada wanita saja ya Bu. Gairah seks pria juga bisa menurun, sehingga ia jadi tidak bersemangat untuk berhubungan dan cenderung lebih mudah ejakulasi dini.

Jelas hal ini nggak bisa di diamkan begitu saja ya Bu. Mengingat seks merupakan hal penting dilakukan bagi tiap pasangan demi menjaga keharmonisan rumah tangga.

Karenanya, yuk bantu tingkatkan gairah seks pria dengan makanan penambah gairah seks pria dalam ulasan berikut ini. Selain mudah di dapat makanan-makanan ini juga alami dan menyehatkan tubuh lho!

Faktor yang bisa memengaruhi gairah seks pria


Tak hanya faktor aktifitas yang padat setiap hari dan bisa membuat gairah seks pria menurun, ternyata melansir Very Well Mind beberapa faktor berikut ini juga bisa memengaruhi penurunan gairan seks pria lho! Yuk simak faktornya berikut ini:

  • Rendahnya hormon testosteron

Testosteron adalah hormon seks yang penting dimiliki oleh pria. Hormon ini bertanggung jawab atas segala macam hal yang memang menjadi ciri seorang pria seperti rambut wajah dan otot tubuh.

Hormon ini juga membantu menjaga gairah seks dan produksi sperma. Ketika hormon testosteron rendah, maka otomatis dapat membuat gairah seks pria menurun.

  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan gairah seks pria menurun. Misalnya saja obat kemoterapi dan obat anti depresi.

  • Stress dan depresi

Dua hal ini tidak hanya dapat menyebabkan gairah seks pria menjadi rendah, tetapi juga dapat membuat situasi yang sulit menjadi lebih buruk. Sebab ia mungkin akan fokus pada masalah yang sedang dihadapi, apalagi jika ia sedang mengonsumsi obat anti depresi.

  • Mengalami gangguan tidur

Gangguan tidur seperti insomnia dan sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome, diketahui dapat memengaruhi gairah seks pria. Gangguan tidur tersebut juga dapat menyebabkan pria kekurangan energi, sehingga libidonya pun akan menurun.

  • Mengalami tekanan darah tinggi dan diabetes

Penurunan gairah seks pria juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, tekanan darah tinggi dan diabetes yang tak terkontrol. Sehingga dapat mengganggu sistem peredarah darah ke seluruh tubuh termasuk ke dalam organ vital.

7 makanan bantu tingkatkan gairah seks pria

Menurut penelitian dari American Cancer Society risiko kanker prostat dapat terjadi pada 1 dari 8 pria di Amerika. Kanker prostat sangat berpengaruh terhadap gairah seks pria yang menurun. 

Untuk membantu mengurangi risiko tersebut, berikut adalah 8 makanan untuk bantu tingkatkan gairah seks pria:

1. Bayam


Selain mengandunh zat besi, sayuran favorit karakter kartun Popeye ini juga tinggi asam folat yang penting untuk melancarkan aliran darah. Nggak hanya itu, asal folat dalam sayur bayar juga punya peran penting untuk meningkatkan gairah seks pria.

Apalagi menurut penelitian dari National Library of Medicine kadar asam folat yang rendah pada tubuh pria erat kaitannya dengan masalah disfungsi ereksi. Per 185 gram bayam yang di masak dengan baik dan benar (tidak overcooked atau terlalu matang), dapat memenuhi 77% kebutuhan asam folat harian bagi seorang pria.

Selain itu, bayam mengandung cukup banyak magnesium, yang juga dapat membantu merangsang aliran darah dan dapat meningkatkan kadar testosteron.

2. Alpukat

Sejak 500 abad sebelum masehi, buah alpukat pertama kali ditemukan oleh suku Aztec. Mereka menamakan alpukat karena buah ini tumbuh berpasangan dan berbuah mirip testis pria.

Belakangan diketahui bahwa buah yang kaya akan viramin E ini juga ternyata juga dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria yang memiliki gangguan infertilitas. 

Satu buah alpukat ukuran sedang (150 gram) dapat memenuhi sebanyak 21% kebutuhan vitamin E harian pada pria, 9% zat besi dan mineral yang berperan untuk meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan.

3. Golongan seafood dan daging merah


Seafood dan beragam daging merah merupakan jenis makanan yang bisa bantu tingkatkan gairah seks pria. Melansir Medical News Today makanan jenis ini termasuk golongan afrodisiak yang seringkali dikonsumsi oleh dewi-dewi sejak jaman Romawi kuno.

Tiram adalah jenis afrodisiak yang paling terkenal dalam sejarah. Apalagi tiram mengandung zink dan mineral yang tinggi, sehingga dapat membantu memperbaiki fungsi vital, seperti metabolisme sel, meningkatkan stamina dan pengaturan kadar hormon testosteron.

Kita tahu bahwa testosteron merupakan hormon seks pria yang paling penting. Zink dan mineral di dalam tiram juga bermanfaat mengobati penyakit ginjal kronis. Dibandingkan golongan seafood lainnya, tiram diketahui memiliki lebih banyak kandungan zink dibandingkan makanan lain per porsi. 

Beberapa contoh makanan lain yang tinggi zink lainnya adalah:

  • Kepiting
  • Lobster
  • Udang
  • Kerang
  • Ikan
  • Daging merah; sapi, kambing, kerbau

4. Kacang almond


Kacang almond mengandung zink, selenium, dan vitamin E yang cukup tinggi dan dapat membantu meningkatkan gairah seks pria dan kesehatan reproduksi. Kacang almond juga terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih baik.

Sehingga otomatis kacang almond juga bisa meningkatkan masalah ketidaksuburan dan kesehatan jantung pria. Kesehatan jantung yang baik berkaitan langsung dengan aliran darah yang lancar, serta pelepasan hormon seks dan libido dalam jumlah yang lebih besar.

5. Apel


Buah apel mengandung antioksidan bernama quercetin yang penting untuk meningkatkan gairah seks pria. Quercetin berperan dalam meningkatkan aliran darah menuju organ intim.

Jika dikonsumsi secara rutin, quercetin mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Tingginya tekanan darah menjadi salah satu pemicu disfungsi seksual, karena terhambatnya aliran darah menuju organ intim. 

Jadi, mengonsumsi apel secara rutin dapat membantu meningkatkan gairah seks pria yang mulai menurun seiring dengan bertambahnya usia.

6. Buah bit

Buah berwarna merah dan tergolong keluarga umbi-umbian ini memang tak banyak disukai oleh orang. Akan tetapi, buah bit ternyata punya banyak manfaat lho Bu.

Salah satunya adalah berfungsi meningkatkan gairah seks pria karena mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan nitrat. 

Nitrat merupakan zat yang dapat membantu meningkatkan gairan seksual seseorang dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ intim pun meningkat.

Selain untuk meningkatkan gairah seks pria, buah bit juga dikonsumsi oleh beberapa atlet untuk meningkatkan performa energi di lapangan. Warna merah pada buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga cocok dikonsumsi bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah.

7. Aneka buah berry


Strawberry dan aneka ragam buah berry lainnya kaya akan flavonoid yang penting untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menjaga kehidupan seks tetap sehat. Buah-buahan ini juga bisa mencegah penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan disfungsi ereksi. 

Buah-buahan golongan berry diantaranya adalah blueberry, raspberry, cerry serta anggur ungu dan merah.

Itulah beberapa makanan yang bisa bentu meningkatkan gairah seks pria yang bisa Ibu coba di rumah. Namun secara keseluruhan,  hasrat seksual itu kompleks dan berkaitan dengan lebih banyak faktor daripada sekadar nutrisi, termasuk hubungan individu, tingkat stres, dan preferensi pribadi.

Sehingga wajar bagi pria jika mengalami pasang surut dalam minat mereka pada seks. Akan tetapi para pakar kesehatan mengklaim diet sehat dapat membantu meningkatkan gairah seks pria.

Editor: Dwi Ratih