Konsepsi

Test Pack Bisa Dipakai Ulang, Benarkah?

Test Pack Bisa Dipakai Ulang, Benarkah?

Apakah test pack bisa dipakai ulang? Pertanyaan ini sering kali diajukan, terutama bagi wanita yang sedang menjalankan program hamil. Ketika test pack menunjukkan hasil negatif, Ibu mungkin berencana menggunakan alat tes kehamilan tersebut kembali. Tentu saja, tidak ada larangan terkait hal tersebut. Namun demikian, ketika test pack digunakan ulang, apakah hasil yang ditunjukkan bisa terjamin akurat? Berikut penjelasan selengkapnya.


Bukan hoax! Test pack bisa dipakai ulang

Dikutip dari Healthline, test pack bisa dipakai ulang. Akan tetapi, pemeriksaan kehamilan dengan test pack yang digunakan ulang bisa menunjukkan hasil tidak akurat. Ini dikarenakan test pack bekerja dengan cara membaca reaksi yang terjadi antara urine dan kandungan hormon hCG di dalamnya. Hormon tersebut bisa terdeteksi dalam darah atau urine kurang lebih 10 hari pasca pembuahan.

Umumnya, hasil positif ditunjukkan saat muncul dua garis pada testpack. Meskipun salah satunya masih terlihat samar, hasil tersebut bisa mengindikasi adanya kehamilan. Untuk memastikan kehamilan, Ibu bisa memeriksakan kandungan ke bidan atau obgyn terpercaya.


Penyebab hasil test pack digunakan ulang tidak akurat

Pemeriksaan kehamilan di rumah dengan test pack yang digunakan ulang bukan keputusan tepat. Pasalnya, hasil yang ditampilkan tidak akurat. Kondisi ini disebabkan oleh reaksi yang terjadi antara urine dan hormon hCG pada test pack sudah melekat di permukaan alat tersebut.

Sama halnya ketika Ibu sudah melakukan pemeriksaan, tetapi strip test pack terkontaminasi air. Maka hasil yang diperoleh tidak lagi akurat. Ingat, air juga memiliki unsur kimia berupa oksigen dan hidrogen yang juga bisa bereaksi dengan urine dan hormon hCG.


Hasil positif palsu bisa muncul dari penggunaan test pack berulang

Beberapa wanita mengaku mendapat hasil positif, setelah melakukan uji kehamilan dari test pack yang digunakan ulang. Sayangnya, ini adalah hasil positif palsu. Hal tersebut disebabkan oleh terbentuknya dua garis akibat penguapan urine dan hormon hCG pada test pack.

Garis yang muncul pada pemakaian test pack ulang biasanya tidak berwarna. Akan  tetapi, saat Ibu menambahkan lebih banyak air pada bagian strip test pack, warna  garis akan menjadi lebih terang. Test pack digunakan ulang dapat memberi informasi yang salah.


Cara pakai test pack yang benar

Test pack bisa dipakai ulang dengan hasil yang tidak akurat. Hindari hal tersebut jika menginginkan hasil uji kehamilan yang benar. Cara pakai test pack perlu diperhatikan untuk memastikan tidak ada cairan lain yang mempengaruhi proses pembacaan reaksi urine dan hCG pada strip test pack.

Panduan lengkap cara pakai test pack yang benar, yaitu:

1. Tampung urine pada sebuah wadah bersih dan kering.

2. Celupkan strip test pack pada wadah berisi urine tersebut, sampai pada batas garis maksimal.

3. Diamkan strip test pack pada posisi tersebut selama 5 - 10 menit.

4. Angkat strip test pack dari wadah untuk membaca hasil yang ditampilkan.

5. Tunggu selama 10 menit hingga warna garis pada test pack tidak mengalami perubahan.

6. Perhatikan garis yang muncul, jika terdapat 2 garis maka menunjukkan Ibu positif hamil. Sebaliknya, jika hanya muncul 1 garis atau tidak sama sekali maka tidak terdeteksi kehamilan.


Waktu terbaik menguji kehamilan dengan test pack

Selain mempelajari cara pakai test pack yang benar, Ibu juga wajib mengetahui waktu terbaik untuk melakukan uji kehamilan ini di rumah. Perlu diketahui, waktu terbaik menguji kehamilan adalah di pagi hari tepat setelah bangun tidur. Kondisi urine pada kencing pertama di pagi hari masih sangat pekat, sehingga memberi hasil lebih akurat.

Lantas, apakah tidak boleh menguji kehamilan dengan test pack di malam hari? Tentu tidak ada larangan untuk hal tersebut. Namun, garis yang muncul biasanya tampak lebih samar. Pasalnya, hormon hCG tidak diproduksi secara maksimal di malam hari. Meskipun sedang hamil, Ibu bisa saja memperoleh hasil negatif ketika melakukan pemeriksaan dengan test pack di malam hari.

Jenis test pack yang bisa digunakan

Di Indonesia ada cukup banyak merek test pack yang beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Mulai dari Rp 4000,00- saja Ibu sudah bisa membeli test pack dari apotek terdekat. Masih bingung menentukan jenis test pack yang sesuai kebutuhan? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Test pack strip

Test pack strip umumnya dibanderol dengan harga relatif terjangkau. Jenis test pack ini juga sangat mudah ditemukan di apotek maupun supermarket terdekat. Jika memiliki budget terbatas, Ibu bisa pilih test pack strip daripada harus menggunakan kembali test pack yang ada di rumah.

2. Test pack digital

Dalam bentuk digital, test pack bisa dipakai ulang? Tentu saja bisa. Akan tetapi, hasil yang ditunjukkan tidak akurat. Sama dengan jenis test pack lain, alat uji kehamilan ini mendeteksi reaksi urine dan kadar hCG yang ada dalam tubuh seorang wanita. Kedua senyawa tersebut tentu akan menempel pada test pack digital yang membuat hasil kedua menjadi tidak akurat.

3. Pregnancy Cassette Test

Satu lagi jenis test pack yang bisa dibeli jika punya budget lebih, yaitu pregnancy cassette test. Alat tes kehamilan ini cukup unik karena berbentuk menyerupai USB. Uji kehamilan dengan alat ini dilakukan dengan cara meneteskan urine pada ujung stick USB tersebut.


Jadi, meskipun test pack bisa dipakai ulang Ibu tidak bisa mendapatkan hasil akurat dari penggunaannya. Sebaiknya, beli test pack baru saja untuk mengetahui ada atau tidaknya kehamilan. Semoga informasi tadi bermanfaat ya!