Konsepsi

Waspada 4 Penyebab Sperma Encer yang Mengkhawatirkan!

Waspada 4 Penyebab Sperma Encer yang Mengkhawatirkan!

Sperma encer adalah masalah yang kerap kali muncul pada laki-laki, tentu saja ini bisa jadi satu hal yang mengkhawatirkan apalagi bila Ayah dan Ibu sedang berusaha memiliki momongan

Sperma atau air mani merupakan cairan yang dikeluarkan melalui uretra ketika laki-laki melakukan ejakulasi. Sperma atau air mani ini biasanya bertekstur kental dan berwarna keputihan, namun pada beberapa kondisi sperma encer dengan warna berbeda bisa jadi ditemui pada beberapa laki-laki. 

Penyebab Sperma Encer


Melansir dari laman Healthline, sperma encer bisa menjadi suatu tanda jumlah sperma yang dimiliki laki-laki cukup rendah dan merupakan satu tanda yang bisa jadi menunjukkan masalah kesuburan

Namun, sperma encer dan bening saat terjadi ejakulasi mungkin saja bukan berarti masalah serius dan perlu dikhawatirkan bila terjadi sementara waktu. Berikut ini ada kemungkinan penyebab sperma encer  yang masih dapat diobati bahkan dicegah:

1. Jumlah Sperma yang Rendah

Jumlah sperma yang rendah merupakan penyebab sperma encer yang paling umum terjadi pada laki-laki. Hal ini sering juga dikenal dengan oligospermia dimana kondisi jumlah sperma rendah dari biasanya sehingga sperma encer. 

Jumlah sperma kurang dari 15 juta sperma per mililiter air mani juga termasuk di bawah normal dan perlu diwaspadai. Oligospermia juga dapat disebabkan karena beberapa hal seperti:

Varikokel

Varikokel dapat menjadi penyebab sperma encer karena kondisi ini ditandai dengan pembengkakan pada pembuluh darah dari testis skrotum. Ini adalah penyebab sperma encer yang utama dan dapat menjawab pertanyaan apakah sperma encer susah hamil karena hal ini dapat juga mengganggu kesuburan laki-laki namun tetap bisa diobati.

Adanya Infeksi

Penyebab sperma encer juga bisa karena terjadi infeksi saat mengalami penyakit seksual yang menular atau saat terjadi infeksi lain yang menyebabkan peradangan pada organ reproduksi seperti epididymitis.

Tumor

Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai sebagai penyebab sperma encer adalah ketika seseorang mengidap tumor ganas atau jinak pada testisnya. Segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut karena ini juga dapat menentukan apakah sperma encer susah hamil dengan kondisi seperti ini.

Ketidakseimbangan Hormon

Sejumlah hormon diproduksi supaya sperma yang keluar sehat seperti kelenjar pituitari dan hipotalamus. Bila salah satu produksi hormon tersebut berubah makan dapat menjadi penyebab sperma encer yang juga perlu diwaspadai. 

Kondisi ini tidak bisa ditebak secara gamblang atau kasat mata sehingga tidak dapat menjadi penentu apakah sperma encer susah hamil atau tidak. Sejumlah tes biasanya akan dilakukan dokter untuk menanggulangi masalah ini.

Penyebab sperma encer lain yang juga berpotensi apakah sperma encer susah hamil atau tidak adalah kondisi tertentu seperti ejakulasi retrograde, adanya antibodi anti-sperma pada tubuh seseorang, hingga mengalami masalah cedera yang mengganggu saluran pembawa sperma. 

Namun apakah sperma encer susah hamil pada kasus ini? Jawaban pasti hanya bisa dilakukan bila Ayah melakukan pengecekan ke dokter.

2. Sering Ejakulasi

Sering terjadi ejakulasi ternyata dapat juga menjadi penyebab sperma encer berikutnya. Ini ada kaitannya bila laki-laki melakukan masturbasi beberapa kali dalam sehari. 

Perlu diingat, seringnya melakukan masturbasi justru akan membuat sperma encer terus menerus karena sebenarnya tubuh juga memerlukan waktu untuk menghasilkan sperma yang berkualitas dan normal. Jadi bagaimana cara mengatasi sperma encer agar cepat hamil? Salah satunya dengan mengontrol hal yang satu ini ya!

3. Kekurangan Zat Zinc

Penyebab sperma encer juga ada kaitannya bila seseorang kekurangan zat zinc pada tubuhnya. Sebuah penelitian yang dilansir dari laman Healthline mengungkapkan bahwa laki-laki yang memiliki kadar zinc yang cukup atau justru kekurangan namun mengkonsumsi suplemen zinc sulfat dapat melawan efek antibodi anti-sperma dengan cukup baik.

Antibodi ini akan diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh yang sempat keliru merespon sperma sebagai benda asing.

4. Pra Ejakulasi

Saat Ayah memiliki sperma encer, penting untuk diperhatikan apakah sperma encer tersebut memiliki warna atau justru bening. Sperma yang bening dapat juga merupakan cairan pra ejakulasi ketika melakukan foreplay saat berhubungan seks dan biasanya mengandung sedikit sperma. 

Namun bila ternyata sperma yang dikeluarkan memiliki warna atau tekstur lain, maka bisa jadi ini merupakan suatu tanda masalah kesehatan pada laki-laki. 

Sebagai contoh, warna merah muda atau coklat kemerahan berarti prostat sedang meradang atau berdarah dan kemungkinan terjadi pada vesikula seminalis yaitu sepasang kelenjar  yang membantu menghasilkan bagian cairan yang lebih signifikan dari air mani. 

Kondisi ini dapat diobati. Kemudian bila sperma berwarna kuning dapat mengindikasikan adanya sejumlah urin atau tingkat sel darah putih yang cukup tinggi pada sperma laki-laki tersebut. Bila air mani berwarna hijau kekuningan, ini dapat menandakan bahwa laki-laki mengalami infeksi prostat.

Bagaimana Cara Mengatasi Sperma Encer Agar Cepat Hamil


Lalu, bagaimana cara mengatasi sperma encer agar cepat hamil? Ayah harus segera memeriksakan ini kepada dokter spesialis atau pada bagian ahli urologi. Terutama bila terus menerus gagal saat sedang mencoba memiliki momongan. 

Sperma yang encer terus menerus dan memiliki warna sudah merupakan tanda bahwa sperma tersebut tidak sehat. Salah satu tes yang akan dilakukan adalah menganalisis air mani atau sperma encer tersebut. Tes tersebut biasanya akan memeriksa sejumlah hal seperti:

  • Volume sperma yang dikeluarkan dari ejakulasi;
  • Waktu pencairan, yaitu waktu dimana sperma yang keluar menjadi lebih encer atau memiliki tekstur yang tepat;
  • Tingkat keasaman sperma;
  • Jumlah sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi;
  • Motilitas atau pergerakan sperma; dan
  • Morfologi atau ukuran dan bentuk sperma.

Tak hanya ini saja, sebelum dokter memberi saran atau pengobatan bagaimana cara mengatasi sperma encer agar cepat hamil, biasanya dokter juga akan meneliti riwayat kesehatan laki-laki melalui sejumlah pemeriksaan fisik. 

Kemungkinan gaya hidup Ayah juga akan dipertanyakan apakah merokok, sering mengkonsumsi alkohol, dan masih banyak lagi. Tes lainnya juga mungkin diperlukan, seperti memeriksa bagian reproduksi hingga kesehatan fisik testisnya. 

Selain melakukan saran dokter, Ayah dapat berikhtiar melalui menghindari pantangan makanan untuk sperma encer ya.

Pengobatan Sperma Encer


Pada beberapa kasus sperma encer dianggap bukan berarti tidak dapat hamil bila terjadi sementara waktu, misalnya karena kelelahan atau sedang tidak fit. Bagaimana cara mengatasi sperma encer agar cepat hamil juga dapat diketahui bila Ayah dan Ibu mendatangi dokter untuk berkonsultasi. 

Sperma encer yang disebabkan karena jumlah sperma rendah tidak selalu membutuhkan perawatan serius karena beberapa kasus ditemukan ini bukan satu-satunya masalah yang menghambat seseorang dalam memiliki momongan. 

Perawatan untuk sperma encer bila diakibatkan karena infeksi biasanya membutuhkan terapi antibiotik. Sementara itu, perawatan hormon mungkin juga disarankan dokter jika faktor penyebab sperma encer adalah karena ketidakseimbangan hormon. 

Namun bila ditemukan adanya varikokel, maka sejumlah pembedahan akan diperlukan supaya fungsinya kembali normal.

Tak hanya antibiotik saja, bagaimana cara mengatasi sperma encer agar cepat hamil juga dapat dibarengi dengan ikhtiar mengubah gaya hidup seperti:

1. Berhenti Atau Mengurangi Merokok

Merokok dapat menyebabkan sperma encer dan tidak bagus untuk kesehatan. Oleh karenanya, mengurangi penggunaan rokok atau berhenti merokok adalah usaha yang tepat sebagai penanganan bagaimana cara mengatasi sperma encer agar cepat hamil.

2. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Menurunkan berat badan berlebih adalah upaya yang juga tepat bila penyebab sperma encer adalah kelebihan berat badan. Beberapa laki-laki dengan berat badan yang berlebihan cenderung memiliki kualitas sperma yang kurang sehat meskipun tidak semua mengalaminya. 

Namun menjaga bobot tubuh tetap ideal juga penting untuk kesehatan tubuh lainnya.

3. Perhatikan Asupan Alkohol

Sperma encer dapat disebabkan juga karena laki-laki mengkonsumsi alkohol dengan takaran berlebih atau justru menjadi kebiasaan. Ini merupakan kebiasaan yang buruk, tak hanya akan menghambat memiliki momongan saja, namun akan mengganggu kesehatan fungsi tubuh lainnya.

4. Melakukan Olahraga Teratur

Olahraga minimal 30 menit sehari sudah cukup untuk membuat kondisi badan fit dan bugar kembali. Salah satu cara dan ikhtiar tentang  bagaimana cara mengatasi sperma encer agar cepat hamil adalah dengan melakukan aktifitas olahraga rutin. 

Kebiasaan ini dapat mulai Ayah lakukan setiap pagi atau sore hari. Pastikan olahraga yang dipilih sesuai dengan kebutuhan fisik Ayah ya. Olahraga yang dilakukan cukup beragam, dari mulai lari pagi atau jogging, jalan santai, atau pergi ke gym.

5. Mengubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat dan Bergizi

Memang benar dokter juga pasti akan menyarankan pola makan yang sehat dan memberi tahu pantangan makanan untuk sperma encer. Jika biasanya junk food adalah pilihan makanan utama yang sering Ayah konsumsi selama di kantor, maka sekarang makanan tersebut dapat diganti dengan sayur dan buah-buahan yang sehat.

Pantangan Makanan untuk Sperma Encer


Pantangan makanan untuk sperma encer juga beragam, melansir dari laman IDN Time News, dengan mengurangi makanan yang pantang saat sperma sedang encer justru akan membantu mengembalikan kesehatan sperma Ayah. 

Berikut ini beberapa pantangan makanan untuk sperma encer yang dapat Ayah hindari:

1. Daging Olahan yang Sudah Diproses

Kalau suka makan daging, usahakan memilih daging yang segar saja bukan daging olahan. Produk daging olahan seperti bakso, sosis, ataupun burger boleh saja dikonsumsi, namun tetap perlu diberi batasan ya Ayah. 

Laki-laki yang sering mengkonsumsi daging olahan ternyata memiliki kualitas sperma 23% lebih rendah lho daripada mereka yang memilih daging segar.

2. Hindari Konsumsi Susu Full Fat

Susu full fat memang lezat dan nikmat, hampir semua orang menyukainya. Namun ternyata ini merupakan pantangan makanan untuk sperma encer. Susu sapi murni dengan kandungan lemak yang menggoda dan cukup banyak ini ternyata dapat mengakibatkan penurunan kualitas sperma sebanyak 33%. Sebaiknya ganti susu low fat saja ya!

3. Produk Non Organik

Tak ada salahnya mengkonsumsi makanan non organic, namun bila mengkonsumsi sayur atau buah yang sering terpapar pestisida justru tidak baik dan merupakan pantangan makanan untuk sperma encer. 

Tidak hanya Ayah saja yang perlu menghindarinya karena Ibu juga disarankan untuk menghindari jenis makanan ini. Sayuran dan buah yang terpapar pestisida berlebih dapat mempengaruhi kualitas sperma hingga 64%. Banyak juga ya!

4. Minuman Beralkohol dan Bersoda

Faktanya, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa banyak pria memiliki kualitas sperma buruk karena merupakan penggemar berat alkohol. Selain itu, minuman bersoda juga menjadi pantangan makanan untuk sperma encer karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. 

Sebaiknya ganti minuman-minuman ini dengan jus sehat atau air putih yang cukup setiap harinya.

5. Produk Kacang Kedelai

Produk kacang kedelai memang banyak kita temui di makanan dan minuman apa saja seperti tahu, tempe, kecap, hingga susu kedelai. Namun sayangnya, pantangan makanan untuk sperma encer adalah karena mengkonsumsi kacang kedelai dengan jumlah yang terlalu banyak. 

Kacang kedelai akan menurunkan kualitas sperma hingga 32%. Ganti kacang-kacangan dengan jenis lainnya ya Ayah!

6. Hindari Makanan Kaleng Sekarang!

Ingin memiliki kualitas sperma yang baik? Hindari makanan kaleng yuk mulai dari sekarang. BPA atau Bisphenol-A banyak digunakan untuk membuat kaleng dan laki-laki yang sering mengkonsumsi makanan kaleng dan sering kali terpapar BPA justru akan memiliki kualitas sperma 23% lebih rendah dibandingkan mereka yang menghindari makanan kaleng.

Editor: Dwi Ratih