Rekomendasi

Banyak Pesan Moral, 7 Film Pendek Yang Pas Dengan Durasi Screen Time Anak

Banyak Pesan Moral, 7 Film Pendek Yang Pas Dengan Durasi Screen Time Anak

Weekend adalah hari yang sangat dinanti oleh si kecil. Karena, di hari ini mereka memiliki waktu screen time setelah bersekolah selama 5 hari penuh.

Tapi, meskipun weekend jadi hari favoritnya, nggak berarti Parents bisa bebas memberikan waktu screen time sesuka hati si kecil. Tetap ada batasan film dan game yang boleh dan tidak boleh dimainkan olehnya.

Kalau si kecil lebih memilih untuk menonton film, saat ini terdapat rekomendasi film pendek anak dengan kisah dan pesan moral di dalamnya. Platform untuk menontonnya juga cukup melalui Youtube, tanpa perlu langganan aplikasi lain.

Selain terdapat pesan moral, aneka film pendek ini juga dikemas dengan animasi yang apik. Nggak hanya itu, ragam warna animasi yang terdapat di dalamnya juga aman bagi si kecil dan tidak mengganggu pandangan mata, akibat gradasi warna animasi yang terlalu strong.

Nonton film buat si kecil, ada manfaatnya, lho!


Yes! Walau nonton film belakangan dianggap dapat merusak mental, dan kesehatan mata si kecil, nyatanya kalau film yang ditonton sudah tepat, hal ini justru dapat mendatangkan manfaat. Apalagi, mengutip dari You Are Mom kebanyakan film pendek anak, biasanya memiliki pesan moral khusus yang terdapat di dalamnya.

Melihat banyaknya situasi yang beragam yang ditampilkan oleh film untuk anak, sedikit banyak dapat membantu mengasah kemampuan berpikir kritisnya. Bahkan juga dapat menstimulasi imajinasi, agar tumbuh menjadi anak yang lebih kreatif

Nah, selain dapat membuat si kecil menjadi senang saat nonton film, manfaat lain dari menonton film untuk si kecil adalah sebagai berikut:

  • Membantu anak mempelajari kata-kata, tata bahasa baru dan valuenya
  • Meredakan stres setelah kegiatan belajar mengajar 5 hari berturut-turut di sekolah
  • Bikin anak jadi lebih pintar dan kreatif
  • Mengembangkan daya tanggap sosial dan budaya.

Referensi film pendek terbaik untuk anak

Meski mendatangkan banyak manfaat, namun sebagai orang tua, Parents tetap perlu mengawasi film apa saja yang ditonton si kecil. Karena, zaman sekarang nggak semua film baik untuknya.

Beberapa film anak-anak kini bahkan ada yang menampilkan unsur LGBTQ hingga propaganda, yang dikemas dengan animasi menarik. Sehingga, Ibumin mengingatkan agar kita tetap waspada dan perlu membantu untuk memilih tontonan yang lebih sehat buat si kecil.

Berikut adalah referensi film pendek terbaik untuk anak, yang bisa disaksikan di Youtube:

1. Hair Love (2019)


Photo source: Youtube

Film pendek besutan Sony Pictures ini, mengisahkan seorang Ayah keturunan Afrika-Amerika, Stephen, dan putrinya, Zuri, yang memiliki rambut afro. Tiap hari Ibu Zuri rajin menata rambut sang anak.

Namun, kala itu sang Ibu tak bisa lagi menata rambut Zuri akibat harus dirawat di rumah sakit akibat kanker. Hingga akhirnya, Zuri terpaksa merawat rambutnya sendiri.

Akan tetapi, ia merasa kesulitan dan meminta bantuan sang Ayah. Walau merasa kesulitan menata rambut sang anak, namun Ayah Zuri tetap berusaha, agat Zuri bisa tampil cantik setiap hari dengan rambut afronya.

Film ini menunjukkan seorang Ayah yang berusaha agar bisa terkoneksi dengan sang anak. Film pendek berdurasi 6 menit 47 detik ini juga punya pesan moral, tentang kecintaan pada rambut di antara pria dan wanita, tak peduli warna kulit ataupun jenis rambutnya.

Youtube 

2. Kitbull (2019)


Photo source: Youtube

Film pendek terbaik selanjutnya yang aman dan pas dengan waktu screen time anak adalah, Kitbull. Film pendek ini mengisahkan tentang persahabatan yang tulus antara anjing dan kucing.

Film pendek ini juga bisa sekaligus mengajarkan anak untuk merawat dan menyayangi binatang peliharaan di rumah. Film pendek besutan Pixar Animation Studios ini, berdurasi 9 menit dan dapat disaksikan secara gratis.

Youtube 

3. Let’s Eat (2021)


Photo source: Youtube

Referensi film pendek anak selanjutnya berjudul Let’s Eat. Film ini memiliki durasi sekitar 8 menit, besutan Anamon Studios.

Film pendek Let’s Eat mengisahkan tentang bagaimana bonding antara Ibu (Ma) dan anak (Luan) yang merupakan keluarga Imigran, berdarah Tionghoa-Amerika. Sebagai orang tua tunggal yang tinggal di negeri orang, sang Ibu selalu berusaha memberikan yang terbaik, termasuk mengurus Luan anak perempuannya yang nakal.

Sayangnya ketika Luan tumbuh dewasa, bonding antara mereka justru makin menjauh. Pada akhirnya mereka berusaha menyatukan perasaan mereka kembali dengan suatu makanan rumahan, buatan sang Ibu.

Youtube 

4. One Small Step (2018)

Photo source: Youtube

One Small Step merupakan film pendek berdurasi 7 menit lebih, yang mengisahkan seorang anak bernama Luna, yang punya cita-cita menjadi Astronot. Lunapun sangat bersikeras untuk menggapai cita-citanya tersebut.

Sayangnya, ia kerap mengalami kegagalan. Namun berkat dukungan sang Ayah, iapun kembali bangkit dan mencoba kembali. Film pendek karya TAIKO Studio ini menampilkan perjuangan sang Ayah dan semangat sang anak untuk meraih mimpi.

Youtube 

5. Pip (2018)


Photo source: Youtube

Pip merupakan salah satu film pendek terbaik yang Ibumin rekomendasikan untuk si kecil, nih. Film pendek berdurasi sekitar 4 menit ini mengisahkan tentang Pip, yang merupakan seekor anjing yang bersekolah untuk menjadi anjing pemandu tunanetra.

Pip berulang kali mengalami kegagalan dalam pelatihannya. Hingga akhirnya, ia terpaksa dikeluarkan dari kampus pusat pelatihannya, karena dianggap anjing yang gagal.

Hal ini bikin Pip merasa sedih, namun di tengah kesedihannya, Pip justru bertemu dengan seorang tunanetra di depan kampusnya. Dengan sigap Pip langsung membantu, akibat hal tersebut, pihak kampuspun menyatakan Pip lulus dari tes.

Belajar dari film pendek ini, membuktikan bahwa kerja keras, nggak akan pernah mengkhianati hasil. Apalagi jika disertai dengan hati yang tulus.

Youtube 

6. The Box (2018)


Photo source: Youtube

Film pendek The Box, mengisahkan tentang seorang anak yang menjadi korban perang Syria. Iapun terpaksa tinggal di dalam box kardus bersama kucing kesayangannya.

Hingga akhirnya, ia sampai di tepi laut, dan berusaha menjadikan box tempat tinggalnya menjadi sebuah kapal. Film pendek The Box yang berdurasi 6 menit 48 detik ini, mendapatkan penghargaan A Multi Award Winning Animated dan menjadi film pendek anak, yang dapat membantu mengajarkan anak tentang rasa bersyukur bisa tinggal di negara yang damai.

Youtube

7. The Present (2014)


Photo source: Youtube

Film pendek anak yang terakhir adalah The Present. Buat Ibumin, film pendek anak ini sangat menyentuh hati, lho!

Sebab, film pendek ini mengisahkan tentang seorang anak yang merasa hidupnya berantakan, tiba-tiba mendapatkan sebuah hadiah dari sang Ibu yang isinya merupakan seorang anak anjing. Uniknya, anak anjing tersebut ternyata memiliki kecacatan fisik karena hanya memiliki 3 kaki.

Film pendek berdurasi 4 menit 19 detik ini, mengajarkan si kecil bagaimana cara menghargai ketidaksempurnaan fisik yang dimiliki beberapa makhluk hidup. Serta bagaimana cara membangun bonding, agar bisa saling mensyukuri kesempurnaan yang kita miliki.

Youtube 

Nah, itu tadi adalah 7 referensi film pendek terbaik yang bisa ditonton oleh si kecil. Kebanyakan dari film pendek ini, memiliki durasi nggak lebih dari 10 menit, bukan? Sehingga dianggap cocok untuk menemani waktu screen time anak, dengan bonus pesan moral yang beragam.