Rekomendasi

Pumping Lebih Optimal, Dengan 7 Merk Pompa ASI Hospital Grade Ini

Pumping Lebih Optimal, Dengan 7 Merk Pompa ASI Hospital Grade Ini

Ibu bekerja, pasti sudah nggak asing dengan julukan Ibu EPing, alias eksklusif pumping. Tapi, sebenarnya nggak hanya Ibu bekerja saja yang bisa disebut Ibu EPing, lho Bu!

Buat kamu juga yang memilih menyusui lewat ASI perah atau ASIP juga layak dapat julukan seperti ini. Yes! Busui pasti banyak yang setuju kalau menjalankan peran baru sebagai Ibu EPing nggak selalu mudah.

Mesti kejar-kejaran stock ASI di kala deadline pekerjaan sedang menumpuk, khawatir nggak bisa memenuhi kebutuhan ASI si kecil dan lain sebagainya. Untuk itu, agar ASI yang dihasilkan bisa lebih banyak, bisa jadi Ibu memerlukan merk pompa ASI hospital grade, nih!

Berbagai macam merk pompa ASI hospital grade, diklaim punya motor penggerak yang lebih kuat dibandingkan pompa ASI biasa. Daya hisapnya juga lebih kuat, sehingga dapat mendukung produksi ASI jadi lebih optimal.

Jadi, sebelum memutuskan membeli atau menyewa, yuk kenalan dulu dengan berbagai merk pompa ASI hospital grade yang bagus berikut ini.

Apa itu pompa ASI hospital grade?


Jika mengutip dari The Lactation Network pompa ASI hospital grade merupakan pompa ASI dengan motor penggerak kuat yang biasa digunakan di rumah sakit. Yup! Sesuai dengan judulnya ‘hospital grade’ pompa ASI ini diklaim memiliki penghalang untuk mencegah ASI dan cairan lain masuk ke motor (closed system).

Hal ini kemudian dapat membuat ASI jadi lebih terlindungi kualitasnya, serta mengurangi kemungkinan kontaminasi bakteri saat ASI dipindahkan atau diberikan bayi. Merk pompa ASI hospital grade juga punya kelebihan, seperti:

  • Hisapan lebih kuat dan lebih efektif menghasilkan banyak ASI
  • Dapat meniru gerakan stimulasi alami bayi dan dapat mengosongkan payudara lebih cepat
  • Paling cocok digunakan di bulan-bulan pertama, setelah melahirkan
  • Lebih efisien, karena proses pumping lebih singkat
  • Cocok untuk Ibu bekerja yang sibuk dan nggak punya banyak waktu untuk pumping tiap 3 jam sekali
  • Daya tahannya lebih kuat, sehingga banyak direkomendasikan oleh banyak rumah sakit
  • Sudah memiliki standar medis khusus
  • Daya hisap kuat dapat membantu membangun suplai ASI yang kuat
  • Kelenjar susu tetap terangsang dan produksi ASI menjadi lebih stabil.

Rekomendasi merk pompa ASI hospital grade yang bagus

1. Spectra S2 Plus


Spectra merupakan salah satu merk pompa ASI hospital grade yang cukup jadi andalan Ibu-Ibu di Indonesia. Pompa ASI ini bekerja dengan menggunakan teknologi khusus yang dinamakan natural nursing.

Teknologi ini, diharapkan dapat menjadikan pengalaman pumping jadi lebih menyenangkan. Mengingat teknik hisapan yang dilakukan dari pompa ASI hospital grade ini, mirip dengan hisapan mulut bayi.

Pompa ASI hospital grade dari Spectra ini, berjenis elektrik dan memiliki desain menarik, dengan kemampuan hisap dari 50-280mmHg. Fitur-fitur inovatifnya membantu Busui, pumping lebih nyaman.

Terdapat pula Ultra-Quiet Motor, yang membuat mesin bekerja tanpa suara berisik. Jadi, nggak bikin si kecil yang sedang lelap tertidur, jadi terbangun.

Hisapan pumping juga dapat diatur, mulai dari level pijat hingga 12+5 mode. Spectra S2 Plus juga telah dilengkapi dengan backflow protection. Hal ini bertujuan, untuk menjaga ASI tetap terpisah dengan peralatan pompa, dan menjaga kualitas ASI jadi tetap higienis

2. Medela Freestyle Double Electric


Saat Ibumin pertama kali pumping, masalah utama yang sering Ibumin hadapi adalah puting yang lecet hingga berdarah. Ternyata hal ini juga dialami oleh banyak Ibu, lho!

Nah, untuk menjawab keresahan ini, Medela Freestyle Double Electric hadir khusus Busui yang mengalami masalah ini.Teknologi personal fit, atau pelindung payudara yang dimilikinya didesain khusus, bagi Ibu yang pernah mengalami trauma menyusui karena luka pada puting.

Pompa ASI hospital grade ini juga mudah digunakan, dan memiliki banyak review positif. Pompa ASI ini, dilengkapi dengan teknologi 2-Phase Expression, dengan varian Freestyle Double Electric yang bekerja dengan bantalan pijat yang menyerupai pola hisapan bayi.

Nah, teknologi ini pada akhirnya akan mencegah puting jadi lecet, dan payudara tidak sakit saat digunakan. Fitur double pumpingnya juga membuat proses memompa ASI, lebih efisien. Kamu, sudah pernah mencobanya?

3. Phillips Avent Electric BP Plus


Rekomendasi merk pompa ASI hospital grade selanjutnya adalah, Phillips Avent Electric BP Plus. Nah, pompa ASI ini terdapat teknologi Natural Motion mutakhir, yang sengaja didesain menyerupai hisapan bayi.

Karena daya hisapnya yang mirip dengan hisapan bayi, membuat pompa ASI hospital grade ini, dapat merangsang payudara dan membuat proses pumping menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga nantinya, aliran ASI yang keluar juga lebih deras.

Nggak hanya itu, pompa ASI Philips Avent ini juga sudah dikategorikan sebagai Pompa ASI hospital strength. Sebab, memiliki kekuatan hisapan hingga 270 mmHg, melebihi standar FDA yakni 250 mmHg. Wow, Busui wajib coba nih!

Pompa ASI hospital grade ini juga nyaman igunakan, karena memiliki bantaan lembut ada dinding corongnya. Sehingga dapat menambah rasa nyaman saat sesi pumping. 

Desain pompa yang unik, bikin Ibu lebih nyaman saat pumping dengan segala posisi duduk. Pada mesinnya, juga terdapat 8 tingkat stimulasi dan 16 tingkat mengASIhi yang dapat dipersonalisasi.

Motor penggeraknya juga terbilang cukup hening. Cara menggunakannya mudah, karena juga terdapat mode portable dengan baterai yang dapat diisi ulang. Philips Avent Electric Breast Pump Plus tersedia dalam dua tipe, yaitu Single dan Twin. Jadi, pilih tipe yang mana nih, Bu?

4. Medela Symphony Breastpump\


Medela sengaja mengembangkan pompa ASI Symphony, sebagai salah satu merk pompa ASI hospital grade yang diklaim dapat meniru hisapan bayi alami di payudara Ibu. Pompa ASI hospital grade dari Medela yang satu ini, cocok digunakan untuk mengoptimalkan produksi ASI selama masa laktasi di hari-hari pertama setelah si kecil lahir.

Di mana, kebanyakan Ibu mungkin nggak langsung bisa memproduksi ASI dengan deras. Pompa ASI Medela Symphony ini, paling banyak di gunakan di rumah sakit dengan fitur teknis dan aksesorinya didasarkan pada penelitian klinis.

Pompa ASI hospital grade ini juga hadir dengan teknologi 2-Phase Expression. Dengan perlindungan melimpah dan dilengkapi untuk pemompaan ganda dan tunggal.

Psst, konon pompa ASI ini sangat cocok digunakan bagi Ibu dengan puting datar, lho! Nggak hanya itu, cara mengoperasikannya juga sangan mudah dan mesinnya cenderung tenang alias nggak berisik. 

5. Phillips Avent Twin Advance Electric


Rekomendasi merk pompa ASI hospital grade salanjutnya kembali datang dari Philip Avent. Yes! seri Phillips Avent Twin Advance Electric sengaja didesain khusus agar Ibu tetap bisa duduk nyaman tanpa harus membungkuk. 

Sehingga membuat proses pumping dan ASI yang keluar jadi lebih optimal. Saat mesin dihidupkan, pompa ini akan melakukan pemijatan lembut terlebih dahulu di area payudara Ibu, guna merangsang produksi ASI.

Nggak perlu khawatir kesakitan, karena terdapat karet lembut dengan bahan dot yang sangat fleksibel. Karet lembut ini juga berfungsi menghalangi udara masuk ke perut bayi, sehingga mencegah bayi mengalami kolik.

6. Cimiflo S3 Hospital Grade Double


Cimiflo S3 Breastpump adalah salah satu pompa ASI hospital grade, yang cukup terkenal di beberapa rumah sakit di Amerika. Pada pompa ASI ini, terdapat dua fitur utama yakni multi user (dengan catatan corong set tetap harus beli baru) dan heavy duty. 

Berbeda dengan merk pompa ASI hospital grade lainnya, Cimiflo termasuk pompa ASI dengan ukuran yang tergolong lebih besar alias jumbo. Hal ini disebabkan, pompa ASI ini menggunakan mesin penggerak yang besar, agar daya hisapnya lebih kuat dan stabil. 

Namun, meski motor unit Cimiflo S3 berukuran besar, tapi secara bentuk lebih ceper/tipis sehingga masih bisa masuk kedalam tas dan bisa di bawa kemanapun. Sebagai tambahan informasi, sejatinya Cimiflo ini merupakan brand keluaran dari Cimilre (satu induk dengan Spectra) jadi tidak mengherankan jika fungsi dan desainnya juga mirip alias serupa ya, Bu.

7. Spectra S1+


Spectra S1+ merupakan salah satu varian dari pompa ASI hospital grade yang cukup populer di Indonesia, karena banyak digunakan oleh banyak selebritas. Pompa ASI ini, memiliki kemampuan pumping yang lebih optimal.

Khususnya pada Ibu yang memiliki flat atau inverted nipple. Selain itu pompa ASI ini juga memiliki hisapan yang mirip dengan hisapan alami bayi. 

Dibandingkan dengan varian pompa ASI Spectra lainnya, bisa dikatakan pompa ASI hospital grade yang satu ini punya mesin yang cukup besar. Tentunya juga dilengkapi dengan pilihan single & double pumping, untuk menghemat waktu memompa.