Rekomendasi

Sudah Teruji Klinis, 7 Rekomendasi Lotion Bayi Untuk Kulit Sensitif

Sudah Teruji Klinis, 7 Rekomendasi Lotion Bayi Untuk Kulit Sensitif

Punya anak yang kulitnya cenderung super sensitif, memang cukup challenging ya Bu. Kesalahan sedikit saja, bisa berdampak besar buat kulitnya.

Nggak heran, dalam memilih produk perlengkapan bayi nggak boleh sembarangan. Sebab, dampak dari kulitnya yang sensitif tak jarang malah bisa menyebabkan si kecil jadi rewel karena nggak nyaman.

Ibu nggak perlu khawatir, saat ini sudah ada banyak sekali produk rekomendasi lotion bayi untuk kulit sensitif yang di jual di pasaran. Bahkan kebanyakan dari produk tersebut, sudah lulus uji dermatologis, lho!

Berikut Ibumin rangkum, beberapa rekomendasi lotion bayi khusus buat si kecil yang kulitnya sangat sensitif.

Kenapa ada bayi yang memiliki kulit sensitif?


Tahukah Ibu? Ternyata sejak lahir, semua bayi secara alami bisa dikatakan memiliki kulit yang sensitif, lho! Mengapa? Sebab, mengutip dari Happy Skin semua bayi yang lahir ke dunia, memiliki kulit yang sangat halus dan jauh lebih sensitif dibandingkan kulit anak-anak atau orang dewasa sekalipun.

Hal ini berkaitan dengan belum mengembangnya pelindung kulit (skin barrier) di kulit bayi secara maksimal sampai mereka berusia sekitar 2 tahun. Tentu saja, hal tersebut bisa membuat kulit bayi jadi lebih sensitif dan tidak mampu mempertahankan tingkat kelembapan dan tidak tahan terhadap iritasi.

Akibatnya, bayi hadi sering mengalami ruam dan kulit kering, yang juga membuat lebih sulit untuk mengetahui apakah bayi cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif dari bayi lainnya. Tapi sebenarnya, bayi dengan kulit hipersensitif biasanya memiliki reaksi yang konsisten terhadap pemicu tertentu di lingkungan terdekatnya.

Contohnya, jika mengutip dari Healthline cara mengetahui si kecil punya kulit yang lebih sensitif, biasanya ia cenderung lebih sering mengalami kulit kering dan ruam setelah kontak dengan berbagai zat. Jika bayi memiliki salah satu gejala berikut, kemungkinan besar ia memiliki kulit sensitif:

  • Muncul reaksi kulit setelah mandi dengan sabun
  • Muncul reaksi kulit setelah Ibu mengoleskan lotion, yang mungkin lotion tersebut mengandung pewangi atau bahan lainnya
  • Muncul perubahan pada kulit setelah menggunakan pakaian dengan bahan tertentu, kemungkinan disebabkan oleh deterjen atau pewarna

Apa yang harus dilakukan jika bayi memiliki kulit sensitif


Penting bagi Ibu untuk mengetahui zat apa yang sensitif terhadap kulit si kecil. Jika Ibu belum terlalu yakin mengenai apa sebenarnya yang menyebabkan reaksi tersebut, Ibu dapat mencoba melakukan langkah-langkah berikut:

  • Hindari penggunaan deterjen dengan pewangi atau pewarna
  • Gunakan sabun dengan formula hypoallergenic saat mandi
  • Pastikan kulit si kecil tetap lembap dan tidak kering
  • Pilih rekomendasi lotion bayi untuk kulit sensitif, yang sudah teruji secara klinis aman digunakan kulit bayi yang sensitif
  • Jaga agar area popok tetap bersih dan kering.

7 rekomendasi lotion bayi untuk kulit sensitif 

1. Cetaphil Baby Daily Lotion with Shea Butter


Photo source: Shopee

Harga mulai dari Rp 180 ribu-an

Shopee

Tokopedia

Cetaphil Baby Daily Lotion with Shea Butter, merupakan rekomendasi lotion bayi untuk kulit sensitif yang mengandung ekstrak calendula organik. Menariknya, ekstrak calendula ini berasal dari bunga marigold yang wanginya nggak berlebihan.

Bunga marigold sendiri, bermanfaat untuk meredakan kulit bayi sensitif maupun teriritasi. Terdapat pula kandungan glycerin dan panthenol, yang terbukti dapat membantu menguatkan lapisan pelindung kulit.

2. Mustela Hydra Bebe Body Lotion


Photo source: Mustela

Harga mulai dari Rp 200 ribu-an

Shopee

Tokopedia

Rekomendasi lotion untuk kulit sensitif selanjutnya berasal dari merek Mustela. Lotion ini bersifat melembapkan dan dapat membantu menyejukkan kulit, serta memberikan imunitas terbaik pada sel kulit bayi.

Dengan begitu, kulit bayi yang sensitif jadi nggak mudah mengalami kemerahan dan gatal. Nggak perlu khawatir, lotion ini ternyata sudah bisa digunakan untuk newborn setiap hari, setelah mandi.

3. PureBB Soothing Moisturizer Cream


Photo source: Shopee

Harga mulai dari Rp 100 ribu-an

Shopee

Tokopedia

PureBB Soothing Moisturizer Cream, merupakan salah satu rekomendasi lotion bayi untuk kulit sensitif, yang dapat membantu melembapkan dan melembutkan kulit bayi selama 24 jam. Kandungan ekstrak oat kernel dan oat kernel flournya juga dipercaya mampu meredakan panas dan kulit bayi yang sensitif.

Terdapat pula kandungan ekstra olive leaf, sebagai antioksidan yang dapat mencegah jamur di kulit bayi. Serta memberikan efek antiinflamasi untuk kulit bayi yang rusak akibat ruam, karena memiliki kulit yang sangat sensitif.

4. Sebamed Baby Cream Extra Soft


Photo source: Sebamed

Harga mulai dari Rp 190 ribu-an

Shopee

Tokopedia

Rekomendasi lotion bayi untuk kulit sensitif selanjutnya adalah dari merek Sebamed Baby Cream Extra Soft. Lotion bayi ini klaimnya dapat membantu memberikan perlindungan yang aman untuk bayi sejak awal kelahiran. 

Bahkan, produk ini sudah teruji secara klinis dan direkomendasikan oleh dokter di 85 negara di dunia, lho! Bukan tanpa alasan, konon hal ini tak lain lantaran lotion ini mengandung formula terbaik yang bikin kulit bayi jadi lembap, dan membantu menenangkan kulit bayi yang mengalami iritasi. 

Nggak heran, lotion ini diklaim cocok untuk mengatasi masalah alergi, kulit kering, eksim, ruam popok, hingga kulit yang sensitif.

5. Atopiclair Cream & Lotion


Photo source: Shopee

Harga mulai dari Rp 190 ribu-an

Shopee

Tokopedia 

Atopiclair merupakan cream dan lotion, yang digunakan untuk melembabkan dan mengurangi peradangan akibat dermatitis atopik. Lotion ini mengandung Glycyrrhetinic Acid, Hyaluronic Acid dan Shea Butter yang efektif dalam menghidrasi kulit dan mencegah iritasi pada kulit bayi yang sensitif.

Produk ini bisa digunakan untuk bayi usia 1 bulan ke atas. Produk Atopiclair juga terdiri dari dua jenis yaitu cream dan lotion. Atopiclair cream sendiri, cocok dipakai untuk penanganan saat sedang terjadi kekambuhan dermatitis atopik. Sementara Atopiclair lotion, cocok digunakan saat remisi, demi jaga kelembapan kulit. 

6. Aveeno Soothing Relief Moisturizing Cream


Photo source: Aveeno

Harga mulai dari Rp 114 ribu-an

Shopee 

Tokopedia

Rekomendasi lotion bayi untuk kulit sensitif selanjutnya adalah dari merek Aveeno Soothing Relief Moisturizing Cream. Klaimnya, produk ini cocok digunakan untuk bayi yang memiliki kulit ekstra kering dan sensitif, bahkan bisa membantu menahan kelembapan hingga 24 jam lamanya.

Aveeno Soothing Relief Moisturizing Cream diproduksi tanpa alkohol dan pewangi tambahan. Terdapat formula triple oat complex, yang dapat membantu memelihara keseimbangan microbiome pada kulit bayi.

7. Pigeon Baby Lotion Hypoallergenic


Photo source: Shopee

Harga mulai dari Rp 20 ribu-an

Shopee 

Tokopedia 

Pigeon Baby Milky Lotion, merupakan rekomendasi lotion bayi untuk kulit sensitif yang sudah diformulasikan dengan bahan pelembap ceramide, untuk membantu menjaga kelembapan dan melindungi kulit bayi dari kekeringan. Walau harganya cenderung yang paling murah diantara produk lain, namun produk ini terbilang cukup lengkap. Karena sudah teruji klinis, dan cocok untuk kulit bayi yang sensitif dengan formula hypoallergenic.