Rekomendasi

Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik, Ada Yang Under Rp 30 Ribu, Lho!

Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik, Ada Yang Under Rp 30 Ribu, Lho!

Zaman sekarang, nggak perlu bingung lagi nih Bu dalam memilih rekomendasi shampo bayi yang berkualitas. Karena ada banyak sekali merek shampo bayi, dengan harga di bawah Rp 30 ribu-an yang bisa dipilih.

Walau harganya masih terjangkau di kantong, nggak bikin shampo bayi ini asal-asalan dalam meracik bahan-bahannya. Terbukti, ada banyak sekali orang tua yang mempercayai beberapa rekomendasi shampo bayi berikut ini, dan aman digunakan untuk bayi.

Bahkan, beberapa merek juga sudah diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang sensitif dan merangsang pertumbuhan rambut jadi lebih tebal dan sehat. Penasaran dengan merek-merek tersebut? Ibumin sudah siapkan beberapa listnya, nih!

Memilih shampo bayi dengan bahan yang aman


Sama seperti memilih sabun mandi bayi, ternyata dalam memilih produk shampo bayi juga nggak boleh sembarangan ya Bu. Salah pilih produk, bisa menimbulkan iritasi pada kulit kepalanya yang masih sangat sensitif.

Walau ada beragam jenis merek shampo bayi yang beredar di pasaran dengan harga murah, nggak semua aman digunakan buat si kecil. Laman Family Education mengungkapkan tips khusus sebelum memilih shampo untuk bayi yang tepat. Yuk dicatat!

  • Hindari produk yang mengandung paraben. Sebuah studi yang dilakukan Environmental Working Group sangat berbahaya bagi hormon pertumbuhan pada tubuh bayi. Bisa membuat kulit jadi iritasi, memengaruhi kesuburan saat dewasa hingga memicu kanker
  • Hindari produk yang mengandung ftalat. Ini merupakan jenis bahan kimia beracun yang digunakan untuk membuat aroma shampo lebih tahan lama. Paparan ftalat dikaitkan dengan peningkatan risiko alergi, asma, dan infertilitas
  • Hindari produk yang mengandung sulfat, yang jika ditambahkan ke dalam shampo menjadi surfaktan. Zat ini bertujuan membantu membersihkan kulit kepala menjadi lebih baik, dan bikin shampo jadi lebih berbusa. Namun, kandungan yang berlebihan justru bisa mengiritasi kulit kepala si kecil
  • Hindari produk shampo bayi yang mengandung alkohol dan bikin kulit kepala menjadi kering
  • Hindari produk shampo bayi yang mengandung formaldehida. Zat ini bisa menyebabkan iritasi kulit, dan terbukti dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker
  • Dan terakhir, hindari shampo bayi yang mengandung pewarna tambahan. Untuk menghindari kemungkinan bayi mengalami alergi, terhadap produk sampo tersebut dan dapat mengiritasi kulitnya.

Rekomendasi shampo bayi terbaik, ada yang under Rp 30 ribu

1. Shampo bayi Zwitsal Baby Bath 2 in 1

Photo source: Shopee

Shampo bayi Zwitsal merupakan produk rekomendasi shampo bayi pertama yang masuk ke dalam list Ibumin. Shampo bayi yang satu ini banyak dipercaya oleh Ibu-Ibu di Indonesia, karena dikenal memiliki banyak kelebihan.

Salah satunya adalah, sudah dilengkapi dengan hypoallergenic sehingga yang aman buat kulit bayi yang sensitif. Akan tetap shampo bayi yang satu ini, nggak memiliki busa terlalu banyak nih Bu.

Tapi, kelebihannya dengan begitu maka shampo bayi ini nggak pedih di mata. Aroma sabun yang sangat soft dan bikin nyaman dengan wangi yang tahan lama. Harga shampo bayi yang satu ini bahkan nggak lebih dari Rp 30 ribu, lho! 

Tokopedia

Shopee

2. Shampo bayi My Baby


Photo source: Shopee

Rekomendasi shampo bayi selanjutnya berasal dari merek My Baby, yang juga mulai banyak jadi pilihan para Ibu. Shampoo bayi My Baby dibuat dengan bahan-bahan alami, seperti madu, alpukat dan olive oil yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Shampo bayi ini juga memiliki aroma wangi yang awet dan tahan lama. Dengan tambahan vitamin E, yang bermanfaat untuk membersihkan kulit bayi dari kuman 99 %, menutrisi, melembapkan, dan menjaga kesehatannya.

Kemasannya beragam, ada botol 200 ml, juga refill 400 ml. Sementara ini, Harga shampo bayi My Baby ini kisaran Rp 24 ribu-an saja, untuk kemasan isi ulang dan Rp 16 ribu-an untuk kemasan botol/200ml.

Tokopedia

Shopee 

3. Shampo bayi Cussons New Born


Photo source: Tododo

Sesuai namanya, Cussons Newborn Hair and Body Wash, ini bisa dibilang secara khusus memang sudah diformulasikan untuk kulit si kecil yang lebih tipis dan sensitif. Sehingga, memang sangat cocok untuk bayi baru lahir.

Produknya mengandung bahan alami seperti minyak zaitun organik, air murni dan minyak chamomile. Bahkan, rekomendasi shampo bayi yang satu ini tidak mengandung sabun dan 0 % pewarna.

Shampo ini nggak pedih di mata, bahkan bisa membantu merawat kulit, memberikan kelembutan ekstra, membersihkan badan dan rambut serta menyehatkannya. Shampo bayi Cussons Newborn sendiri dibanderol dengan harga yang relatif murah, untuk kemasan botol 100 ml misalnya, dijual dengan harga Rp 13 ribuan saja.

Tokopedia 

Shopee 

4. Shampo bayi Johnsons Milk & Rice Hair & Body


Photo source: Johnsons Baby

Sesuai namanya, produk ini 2 in 1, yang berarti bisa digunakan sebagai shampo dan juga sabun sekaligus. Johnson’s Milk & Rice Hair and Body Bath memiliki wangi yang sangat lembut, menyegarkan, dan tahan lama. 

Produk ini sudah mengandung ekstrak beras, susu, vitamin, dan mineral sehingga bisa membantu memutihkan kulit bayi, melembutkan, menutrisi, dan menjaga kelembapannya. Nggak cuma itu, produk dari Johnsons yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan formula hypoallergenic dan pH balanced. Jadi, sangat aman buat kulit dan nggak pedih di mata.

Tokopedia 

Shopee 

5. Shampo Pigeon Baby Shampoo Chamomile


Photo source: Lazada

Rekomendasi shampo bayi berikutnya adalah Pigeon Baby Shampoo Chamomile. Shampo ini diperkaya dengan ekstrak jojoba dan chamomile, yang bikin rambut bayi semakin lembut dan tidak kusut.

Menurut Ibumin, aroma shampo bayi yang satu ini sangat menyegarkan dan menenangkan. Bahkan awet tahan lama, bikin si kecil punya wangi khusus yang selalu bikin Ibu jadi kangen. Untuk harga produk per 200 ml dibanderol dengan kisaran harga Rp 27 ribu-an.

Tokopedia 

Shopee 

6. Shampo bayi Moell


Photo source: Shopee

Shampo bayi Moell mungkin jadi salah satu rekomendasi shampo bayi yang harganya terbilang cukup pricey. Tapo, rekomendasi shampo bayi yang satu ini sedang naik daun dan diklaim bisa membantu menyuburkan rambut bayi.

Dengan harga sekitar Rp 60 ribu-an, shampo ini diklaim memiliki kandungan natural organic tanpa kandungan SLS dan tanpa alkohol. Shampo bayi ini juga sudah diperkaya dengan kandungan 3 essential oil (Organic Avocado Oil, Calendula Oil, Argan Oil, 10x Hyaluronic Acid) yang dapat membersihkan kulit kepala bayi dengan lembut.

Tokopedia 

Shopee 

7. Shampo bayi Bambi Baby Shampoo Aloe Vera


Photo source: Tokopedia

Rekomendasi shampo bayi selanjutnya berasal dari merek Bambi. Dengan ekstrak lidah buaya, bikin shampo bayi ini memiliki manfaat melembapkan dan menenangkan kulit kepala bayi yang rentan iritasi.

Bambi Baby Shampoo Aloe Vera juga bebas dari bahan-bahan berbahaya, dan tidak mengandung pewangi atau zat kimia keras. Hal ini menyebabkan shampo bayi dari Bambi juga nggak memiliki busa yang berlebihan, tapi tetap memiliki aroma wangi yang menenangkan.

Tokopedia 

Shopee 

8. Shampo bayi Mommy Time 2 in 1


Photo source: Shopee

Mommy Time 2 in 1 menjadi salah satu rekomendasi shampo bayi yang memiliki formula yang lembut dan bebas dari bahan kimia, seperti paraben dan pewarna buatan. Produk ini juga membantu menjaga kelembapan kulit bayi, sehingga kulit tetap lembut dan sehat.

Selain itu, shampo bayi ini juga dibuat dengan bahan-bahan organik yang dipastikan aman buat kulit bayi yang sensitif.

Tokopedia 

Shopee