Balita

11 Manfaat Jeruk Baby untuk Bayi ini Diluar Dugaan!

11 Manfaat Jeruk Baby untuk Bayi ini Diluar Dugaan!

Manfaat jeruk baby untuk bayi lumayan banyak nih Bu, selain buahnya segar, rasa jeruk baby juga cenderung manis bila dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya. Lalu jeruk baby untuk bayi berapa bulan ya idealnya? Bolehkah bayi makan jeruk? 

Melansir dari laman Mom Junction, buah jeruk boleh diberikan kepada bayi saat ia sudah memasuki usia memulai makanan padat pertamanya atau MPASI dan bisa juga diberikan setelah ia berusia 12 bulan. Pemberian buah jeruk pada si kecil juga disarankan tidak sekaligus banyak di awal, sebaiknya berikan secara bertahap sedikit demi sedikit dulu untuk melihat reaksi pada tubuhnya terutama perutnya apakah ia menerima rasa asam jeruk dengan aman atau justru malah menimbulkan masalah lainnya.

 Bila dirasa aman, manfaat jeruk baby untuk bayi sungguh luar biasa dan boleh diberikan sebagai snack setelah mengonsumsi makanan utama. Pastinya buah ini tidak menggantikan porsi makanan utama dan ASI supaya gizi si kecil tetap seimbang. 

Buah untuk bayi seperti jeruk baby sangat mudah di dapatkan, selain itu cara menyajikan jeruk baby untuk bayi juga bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kesukaan si kecil.

Manfaat Jeruk Baby untuk Bayi

Melansir dari laman Mom Junction, buah untuk bayi sejenis jeruk, per 100 gram-nya mengandung air sebanyak 82,30 gr, energi 63 kkal, protein 1,30 gr, vitamin c 59,1 mg, serat, karbohidrat, gula alami, mineral, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan masih banyak lagi. 

Jadi sudah kebayang kan kalau buah untuk bayi yang satu ini memiliki kandungan nilai gizi yang mampu memenuhi kebutuhan harian si kecil?

Nilai gizi yang tinggi tersebut akan mendatangkan manfaat tersendiri untuk buah hati tercinta, berikut ini merupakan manfaat jeruk baby untuk bayi yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Memperkuat Sistem Pencernaan

Bayi atau anak-anak dapat juga mengalami gangguan pencernaan atau dispepsia, yaitu rasa tidak enak pada perut bagian atas yang dapat menetap dalam waktu yang lama, sering merasa perut sudah penuh saat makan walau tidak terlalu banyak, cepat kenyang, kembung, hingga nafsu makan cenderung menurun. 

Manfaat jeruk baby untuk bayi dapat membantu menguatkan sistem pencernaannya asalkan dikonsumsi dengan takaran yang pas dan sudah dipastikan si kecil tidak ada masalah saat mengonsumsi buah jeruk yang punya rasa asam.

2. Mengurangi Kemungkinan Sembelit

Balita juga membutuhkan asupan serat yang tinggi supaya BAB nya tidak susah atau sembelit. Karena pencernaan bayi belum begitu sempurna, maka makanan yang masuk juga harus diperhatikan. Salah satu manfaat jeruk baby untuk bayi dapat membantu mengatasi sembelit. 

Buah untuk bayi seperti jeruk punya kandungan serat yang cukup untuk menyehatkan saluran cerna si kecil sehingga terhindar dari sembelit. Selain buah untuk bayi, sayuran juga bagus diberikan untuk menu makanan utama si kecil yang sudah bisa mengonsumsi MPASI ya Bu. 

Selain dapat membantu mengatasi sembelit, jus jeruk segar juga dapat mengatasi diare pada si kecil. Bila ragu, ibu bisa langsung mengonsultasikan hal ini kepada dokter.

3. Membantu Meredakan Batuk dan Pilek

Sedih ya rasanya bila si kecil terkena batuk dan pilek, apa pun menjadi terganggu seperti jam tidurnya hingga asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh si kecil. Mereka yang terkena batuk dan pilek cenderung akan sulit makan dengan lahapnya. Manfaat jeruk baby untuk bayi ternyata dapat membantu meredakan kedua jenis penyakit ini bila belum begitu parah. 

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam jeruk cukup tinggi. Selain itu, buah untuk bayi jenis jeruk ini juga dapat melindungi bayi dari infeksi sekunder karena dapat membangun imunitasnya.

4. Membantu Menguatkan Tulang

Manfaat jeruk baby untuk bayi berikutnya ada kaitannya dengan kesehatan tulang dan gigi si kecil. Jeruk juga mengandung mineral penting seperti kalsium serta fosfat yang berguna untuk membangun dan memperbaiki kualitas tulang dan gigi manusia. Kebutuhan kalsium dan fosfat yang terpenuhi dapat membantu mencegah penyakit rakhitis pada anak-anak. Penyakit ini merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan pelemahan tulang serta pelunakan pada sendi.

5. Membuat Sistem Imun Lebih Baik

Sekarang ini menjaga imunitas tubuh sangat penting, begitu juga pada anak-anak yang belum bisa mengontrolnya sendiri. Manfaat jeruk baby untuk bayi dapat membantu menguatkan sistem imunitas bayi dan anak-anak. Selain memenuhi asupan buah dan sayurannya, ada baiknya diimbangi juga dengan asupan karbohidrat, protein, dan lemak pada menu makanannya. Kegiatan fisik seperti bermain yang melibatkan gerakan fisik atau olahraga juga bagus untuk menguatkan imunitas anak-anak yang sedang berkembang.

6. Jeruk Baby Membantu Mencegah Anemia

Tak hanya orang dewasa saja, anemia dapat juga mengintai bayi dan anak-anak. Untungnya ada buah untuk bayi seperti jeruk yang punya segudang manfaat. Salah satu manfaat jeruk baby untuk bayi yang mungkin belum banyak orang tahu adalah dapat mencegah anemia. Di atas sudah dijelasnya mengenai jeruk baby untuk bayi berapa bulan, bila tidak ada alergi apapun, buah untuk bayi yang satu ini sangat boleh diberikan untuknya. 

7. Membuat Mata Menjadi Lebih Sehat

Bolehkah bayi makan jeruk? Sangat boleh! Apalagi buah ini lebih mudah didapatkan dan ramah kantong. Selain itu, manfaat jeruk baby untuk bayi dapat membantu memelihara kesehatan mata si kecil sedini mungkin. Jeruk baby mengandung vitamin A, flavonoid, fitonutrien, alfa-beta karoten, lutein, serta cryptoxanthin yang bermanfaat sekali untuk membuat mata lebih sehat. Selain itu, buah jeruk dapat mengurangi risiko glaucoma atau kerusakan pada saraf mata saat anak tumbuh dewasa nantinya.

8. Alternatif Snack yang Menyehatkan

Manfaat jeruk baby untuk bayi yang paling nyata adalah karena buah ini bisa digunakan sebagai snack disela-sela waktu makan utama si kecil. Cara menyajikan jeruk baby untuk bayi juga beragam misalnya diolah menjadi jus jeruk yang segar, es mambo yang lebih sehat karena dibuat oleh ibu sendiri, dimakan begitu saja, atau diperas sehingga bulirnya masih utuh. Cara menyajikan jeruk baby untuk bayi dapat juga dicampurkan untuk bahan salad buah yang segar dan menyehatkan pastinya.

9. Membantu Mengobati Gondongan

Melansir dari laman Parenting First Cry, manfaat jeruk baby untuk bayi bisa juga dipakai sebagai obat gondongan meskipun akan lebih sering terjadi pada anak-anak daripada usia bayi. Penyakit gondok atau parotitis ini merupakan penyakit yang disebabkan karena virus yang cukup menular. Jus jeruk sudah banyak dikenal sebagai obat gondongan, tentunya ini sifatnya hanya membantu, Ibu tetap perlu mengonsultasikannya kepada dokter supaya mendapatkan obat yang tepat.

10. Alternatif Diet Cair yang Cukup Baik

Beberapa anak ada yang harus menjalani diet khusus karena kondisi medis tertentu. Pada bayi atau anak-anak yang sedang menjalani diet, bolehkah bayi makan jeruk? Jawabannya adalah boleh! Lalu, jeruk baby untuk bayi berapa bulan bisa diberikan bila ia harus menjalani diet? 

Pada umumnya, bayi boleh mengonsumsi jeruk saat ia sudah memasuki waktu MPASI-nya atau bisa juga setelah 12 bulan. Tapi bila si kecil harus diet dan sedang dipantau dokter, ada baiknya untuk berkonsultasi langsung kepada dokter yang berwenang ya. Manfaat jeruk baby untuk bayi juga bisa sebagai alternatif menu dietnya lho Bu, patut dicoba nih.

11. Membantu Memulihkan Diri dari Sakit Tipes

Demam tifoid atau yang lebih sering dikenal dengan sakit tipes seringnya akan menyerang bagian pencernaan manusia dan disertai dengan kondisi sakit perut hebat, batuk, sakit kepala, demam, dan sejumlah ciri lainnya. Saat penyakit itu muncul, biasanya pasien hanya bisa mencerna makanan yang bertekstur lembut termasuk jus dan cairan lainnya. Manfaat jeruk baby untuk bayi dapat membantu memulihkan diri dari sakit tipes yang sedang dialami, tentu saja tetap harus melalui persetujuan dokter yang menangani.


Cara Menyajikan Jeruk Baby untuk Bayi

Siapa bilang jeruk tak bisa diolah dan hanya mentok diperas atau dibikin jus saja? Buah untuk bayi yang satu ini bisa banget diolah sedemikian rupa Bu, Selain manfaat jeruk baby untuk bayi yang menakjubkan, berikut ini juga ada beberapa cara menyajikan jeruk baby untuk bayi dengan berbagai macam varian resep yang enak dan lezat!

1. Orange Yoghurt Pops


Snack yang satu ini nggak akan ditolak sama si kecil karena berupa es krim atau sejenis popsicle! Siapkan 1 buah jeruk baby yang sudah dicuci bersih dan disisakan airnya, kemudian siapkan juga 1 cup yoghurt atau sesuai selera, dan siapkan blender untuk mencampurkan seluruh bahan. 

Setelah semua bahan dicampurkan di dalam satu blender, ibu bisa siapkan cetakan es krim atau popsicle favorit si kecil. Bisa juga menggunakan plastic seperti membuat es mambo. Setelah dicetak, diamkan dalam lemari es bagian freezer semalaman baru hari berikutnya buah untuk bayi yang segar ini bisa dikonsumsi selagi dingin dan segar!

2. Jus Jeruk dan Wortel


Untuk jus yang satu ini sudah ada campuran sayurannya nih Bu. Tapi tenang saja, rasa sayurannya tetap lezat karena dipadukan dengan jeruk baby yang manis! Siapkan satu hingga dua buah wortel yang sudah dicuci dan dikupas, ukurannya sesuai selera saja. 

Lalu siapkan jeruk baby yang sudah diperas (sisakan airnya saja), dan air putih secukupnya, tambahkan madu bila suka. Campurkan semua bahan ini dan blender hingga halus lalu kemudian siap diminum! Saran penyajian untuk jus supaya nutrisi dan kandungannya masih segar biasanya tidak lebih dari dua jam setelah dibuat.

3. Es Krim Jeruk Apel (Sherbet)


Nah, untuk membuat yang satu ini diperlukan blender dengan kecepatan penuh untuk menghasilkan tekstur seperti sherbet atau sejenis gelato tapi tidak mengandung krim. Siapkan 1 gelas jus apel dan 1 gelas jus jeruk yang sudah dibersihkan terlebih dahulu buahnya. 

Campurkan semua bahan tersebut, blender halus, dan tuang dalam cetakan atau Loyang sesuai ukuran. Masukkan dalam freezer selama satu jam lalu kemudian blender kembali dan masukkan kembali pada freezer supaya menjadi es krim bertekstur sherbet. Bila ingin seperti gelato, ibu bisa menambahkan plain yoghurt!

4. Jus Jeruk Pisang

Jus yang satu ini selain segar juga cukup mengenyangkan! Siapkan air jeruk baby sesuai selera, lalu potong-potong satu buah pisang ukuran sedang, dan air putih secukupnya. Tambahkan madu bila suka rasa yang lebih manis, tapi biasanya pisang sudah mengeluarkan rasa manis yang alami. Campurkan seluruh bahan tersebut dan blender hingga tercampur rata lalu tuang ke dalam gelas kesukaan si kecil dan jus jeruk pisang siap dihidangkan!

5. Jus Jeruk Pepaya


Saat si kecil sembelit, ia pasti akan rewel dan biasanya agak susah makan karena perutnya sedang tidak enak. Jus buah untuk bayi yang satu ini bisa membantu mengatasi sembelit si kecil bila diminum secara rutin. Siapkan beberapa potong pepaya dan satu gelas jus jeruk baby. Tidak perlu ditambahkan gula atau madu karena rasanya sudah manis. 

Campurkan semua bahan-bahan tersebut di dalam blender dan tambahkan air sedikit saja supaya tekstur tidak terlalu kental lalu sajikan dalam gelas. Jus yang satu ini bisa digunakan juga untuk MPASI si kecil di bawah 12 bulan karena mengandung pure buah. Selamat mencoba bu!

 

Editor: Atalya