Balita

6 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Anak Dan Orang Dewasa!

6 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Anak Dan Orang Dewasa!

Manfaat lemon untuk tubuh memang tidak main-main. Kandungan vitamin dalam sebuah lemon mampu mencukup kebutuhan nutrisi harian pada orang dewasa maupun anak-anak. 

Buah yang satu ini selain memiliki warna yang menarik dan segar, namun juga memiliki rasa yang cenderung asam. Beberapa orang tidak akan memakan buah ini secara langsung, melainkan menjadikannya campuran minuman atau makanan tertentu. 

Meskipun ada yang beranggapan bahwa lemon aman untuk penderita gerd atau asam lambung, namun Ibu tetap boleh berkonsultasi pada dokter tentang hal ini jika diperlukan ya.

Kapan sebaiknya memberikan lemon untuk bayi dan anak-anak?


Kita kerap kali melihat berbagai macam video yang menunjukkan bayi hingga anak-anak saat diperkenalkan pada buah lemon untuk pertama kalinya. Reaksi mereka memang lucu dan menggemaskan, diluar dari manfaat lemon yang luar biasa, sebenarnya kapan ya orang tua boleh memberikan lemon untuk bayi?

Melansir dari laman Healthline, American Academy of Pediatrics (AAP) mengungkapkan bahwa bayi baru boleh diberi makan saat usianya mulai 6 bulan, begitupun pemberian lemon untuk bayi, boleh dilakukan setelah ia memasuki usia mpasi. Namun ada saran khusus dari AAP, lemon untuk anak atau bayi akan lebih baik jika tidak diberikan secara langsung mengingat tingkat keasaman buah yang satu ini tidak main-main. 

Lemon untuk anak dapat diberikan dengan mencampurkannya pada makanan misalnya pada salad buah atau sayur si kecil, campuran pada jus buahnya, campuran pada yoghurt, campuran untuk dibuat muffin atau cake, atau hanya dicampurkan pada air hangat saja. Lemon untuk bayi juga sebaiknya diberikan dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi apa yang ditimbulkan pada tubuh si kecil. 

Terlepas dari berbagai video lucu anak-anak yang merasakan lemon, manfaat lemon memang luar biasa, Ibu hanya perlu memberikannya dalam takaran yang pas dan cara yang sesuai.

Manfaat lemon untuk kesehatan


Lemon untuk bayi dan anak-anak dapat memberikan manfaat tersendiri, terlebih lagi untuk orang dewasa, buah yang mengandung 89% air, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, hingga serat ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat lemon yang perlu Ibu ketahui:

1. Memelihara kesehatan pada pencernaan

Manfaat lemon yang sudah banyak orang ketahui adalah sangat bagus untuk memelihara kesehatan pencernaan. Serat utama yang ada pada lemon adalah pectin yaitu bentuk serat larut yang memiliki sejumlah manfaat seperti meningkatkan kesehatan usus, memperlambat dicernanya gula serta pati.

Sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini jelas sangat baik untuk pencernaan. Konsumsi jus lemon dengan takaran yang cukup agar manfaat lemon lebih terasa.

2. Membantu tubuh mendapat asupan vitamin C yang cukup

Sebuah lemon mengandung vitamin C yang tinggi, pada kasus ini manfaat lemon untuk anak akan membantu tubuhnya menyerap zat besi lebih baik lagi, membuat kolagen, dan menjaga sistem kekebalan pada tubuh. Antioksidan yang ada pada lemon dapat membantu memerangi bahaya  radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel. 

Manfaat lemon untuk bayi bisa digunakan sebagai penambah rasa makanannya, apalagi jika usianya masih dibawah 12 bulan dan masih belum mengonsumsi garam atau gula, lemon bisa digunakan sebagai variasi rasa lainnya.

3. Mencegah tubuh dehidrasi


Cuaca ekstrim yang sangat panas rentan terhadap tubuh bayi serta anak-anak dan juga pada orang dewasa. Lemon untuk bayi dan anak-anak mampu membantu tubuh untuk tetap terhidrasi meski cuaca sangat panas. 

Selain itu, lemon mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang bagus untuk perkembangan tubuh anak-anak. Lemon untuk anak dapat dibuat dengan berbagai cara, misalnya mencampurkan air perasan lemon dalam segelas air dingin yang menyegarkan dan cocok diminum saat musim panas tiba.

4. Membantu mengontrol berat badan

Banyak produk penurun berat badan yang melibatkan kandungan buah lemon di dalamnya. Hal ini bukan tanpa bukti ilmiah atau studi tertentu, karena sebenarnya memang benar serat pektin yang ada pada lemon akan mengembang di dalam perut.

Sehingga dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama. Fakta lain mengungkapkan, lemon yang dicampur ke dalam air hangat, lalu dikonsumsi akan membantu proses penurunan berat badan. Tentu saja ini bukan hal yang instant, penurunan berat badan pada manusia harus disertai dengan pengaturan pola makan yang tepat serta olahraga yang cukup.

5. Memelihara kesehatan jantung


Manfaat lemon yang luar biasa berikutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke karena lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kabarnya senyawa tanaman yang ditemukan pada lemon juga dapat membantu memelihara kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. Wah patut dicoba nih Bu!

6. Mencegah munculnya penyakit udis

Melansir dari laman Parenting First Cry, manfaat lemon dapat berguna untuk mencegah penyakit kudis, yaitu penyakit kulit dan mulut yang disebabkan karena kurangnya asupan asam askorbat yang parah pada tubuh. Penyakit kudis ini dapat dihindari dengan cara berikut ini; peras air lemon, ambil dua sendok makan penuh air lemon lalu campurkan dengan satu gelas air yang sudah dicampur gula, setelah itu dapat dikonsumsi begitu saja. 

Editor: Aprilia