Balita

7 Klinik Dokter Gigi Anak di Jakarta Pilihan Keluarga

7 Klinik Dokter Gigi Anak di Jakarta Pilihan Keluarga

Kapan pertama kali si kecil mengunjungi dokter gigi anak di Jakarta? Tahukah Ibu, bahwa merawat gigi anak sangat penting karena akan banyak berpengaruh pada tumbuh kembang anak? Kapan, sih, sebaiknya anak mulai melakukan perawatan ke dokter gigi anak? Yuk, simak ulasannya yang kami kutip dari situs whattoexpect berikut ini. 

Kapan Seharusnya Membawa Anak ke Dokter Gigi?

Menurut American Academy of Pediatrics atau APP, anak disarankan mulai memeriksakan kesehatan giginya, sejak usianya satu tahun. Jika Ibu melihat adanya tanda-tanda kerusakan pada gigi anak, Ibu bisa melakukan kunjungan lebih awal. Bahkan, nggak jarang, Ibu dan Ayah membawa anaknya untuk mendapatkan perawatan, sejak tumbuh gigi pertama si anak, misalnya untuk berkonsultasi meredakan nyeri gusi pada bayi. Kunjungan ke dokter gigi menjadi lebih disarankan, jika ada riwayat kavitas gigi di keluarga, atau jika anak memiliki kebiasaan tertidur sambil menyusu.

Selain dilakukan pemeriksaan, kunjungan ke dokter gigi ini juga bisa Ibu manfaatkan untuk berkonsultasi seputar penggunaan empeng, kebiasaan tidur sambil menyusu, dan cara menjaga kebersihan gigi anak.

Pertimbangan Memilih Dokter Gigi Anak

Apa saja, sih, yang perlu dipertimbangkan ketika memilih dokter gigi anak?

  • Latar belakang pendidikan dan sertifikasi dokter terkait;

  • Kredibilitas dokter serta klinik tempat ia melakukan praktik; dan

  • Pilih yang sesuai dengan kebutuhan perawatan anak.

Menentukan pertimbangan ini pastinya susah-susah gampang, ya, Bu. Ibu bisa banyak mencari informasi di internet, membaca ulasan pasien atau bertanya dengan orang-orang terdekat.

Rekomendasi Klinik Dokter Gigi Anak di Jakarta

Berikut adalah beberapa klinik rekomendasi untuk mengunjungi dokter gigi anak di Jakarta:

  1. Klinik Medikids by MHDC Kuningan

    Klinik MHDC Group Jakarta, merupakan one stop clinic yang melayani berbagai macam pelayanan, misalnya perawatan kesehatan umum, kecantikan, tumbuh kembang anak dan kesehatan gigi. Nggak tanggung-tanggung, sekarang MHDC klinik sudah ada di sembilan lokasi di Jakarta, loh, salah satunya ada di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat. Makanya, Ibu dan Ayah dijamin nggak kerepotan, deh, ketika harus mencari dokter gigi anak di Jakarta.

    Klinik ini menyediakan dokter gigi spesialis pedodonti. Dengan ruang tunggu yang dirancang khusus agar suasananya cozy dan menyenangkan buat anak, sehingga anak nggak bosan selama menunggu giliran. Selain di Kuningan, Klinik Medikids by MHDC juga ada di Menara Sentraya, Wisma BNI 46, Kemang, Kalibata, dst. Untuk di luar Jakarta, Klinik Medikids by MHDC juga ada di daerah Bintaro, Depok dan Bekasi. Untuk informasi lebih lanjut dan perjanjian kunjungan, silakan cek di sini. 

  2. Dharmawangsa Dental Studio (DDS)

    Dharmawangsa Dental Studio, adalah klinik gigi berlokasi strategis, yaitu di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Di klinik ini, ada empat orang Pediatric Dentist yang siap untuk merawat gigi si Kecil. Seperti klinik gigi anak lainnya, Dharmawangsa Dental Studio juga dilengkapi TV untuk menonton video selagi anak diberikan perawatan, serta ada beragam mainan. Bahkan, bisa mendapatkan beragam informasi tentang kesehatan gigi dengan menonton video milik klinik ini.

    Klinik buka dari hari Senin hingga Sabtu, untuk hari Minggu, bisa dilakukan sesuai perjanjian. Informasi dan video bisa Ibu cek di sini. 

  3. Audy Dental Kemang

    Ini adalah tempat praktik dokter gigi anak di Jakarta lainnya yang lokasinya di tengah-tengah kota, tepatnya di Jl. Bangka Raya, Kemang, Jakarta Selatan. Audy Dental, punya divisi khusus, yaitu Audy Kids, yang fokus pada perawatan dan pengobatan gigi anak, mulai dari bayi hingga remaja, yang pastinya akan ditangani oleh dokter gigi spesialis anak. Di sini, anak akan diberikan buku ‘rapor’ untuk mengetahui perkembangan kesehatan gigi mereka. 

    Di Audy Dental, juga tersedia perawatan gusi, yang jarang ditemui di klinik lainnya. Audy Dental, selain di daerah Kemang, juga ada di Jl. Cipete Raya, Jl. Prof DR Satrio - Kuningan, Pondok Bambu – Jakarta Timur, Greenville – Jakarta Barat dan untuk area Jakarta Timur, lokasinya ada di Pantai Indah Kapuk, Sunter Agung dan Kelapa Gading. Audy Dental juga menjadi rekomendasi dokter gigi anak di Bintaro, dan dokter gigi anak di BSD serta Depok.

  4. Orto Centre Kelapa Gading

    Cari tempat praktik dokter gigi anak di Jakarta Utara dengan teknologi yang modern? Orto Centre ini bisa menjadi tujuan Anda, tepatnya di Ruko Boulevard Raya, Kelapa Gading. Orto Centre adalah klinik gigi spesialis orto dengan fasilitas yang lengkap. Mulai dari perawatan gigi anak dan dewasa, pemasangan kawat gigi hingga kebutuhan estetik seperti veneer. Yuk, lihat testimoni tentang klinik ini di akun IG @ortocentrekelapagading

  5. SmileWorks Dental Care Kelapa Gading

    Buat Anda yang tinggal di Kelapa Gading, Jakarta Utara, bisa ke sini, nih, untuk mengunjungi dokter gigi anak di Jakarta Utara. Nggak cuma perawatan gigi rutin, di sini pun tersedia berbagai spesialis, misalnya bedah mulut dan maksilofasial, endodontik, ortodonti, prostodonsia, periodontik dan pastinya juga ada pedodontik, yaitu dokter gigi anak yang menangani perawatan dan pengobatan gigi anak dari usia baru lahir hingga remaja. 

    Selain merawat dan mengobati, dokter juga memiliki program untuk mengedukasi anak. Di SmileWorks Dental Care, disediakan ruang tunggu khusus anak, ada beragam mainan untuk anak yang diharapkan bisa mengurangi rasa takut dan stress pada pasien anak. Kursi perawatannya juga dilengkapi layar untuk anak menonton video. Untuk membuat perjanjian, Ibu bisa menghubungi nomor atau mengirim email, yang informasinya ada pada situs ini.

  6. Klinik Dentsmile Rawamangun

    Klinik Dentsmile sudah ada sejak tahun 2002 dan juga sudah punya beberapa cabang di Jakarta. Salah satunya, ada di kawasan Rawamangun, tepatnya di Jl. Paus, Jakarta Timur. Klinik ini punya beberapa jenis pelayanan, yaitu diagnosis gigi dan mulut, bedah mulut, dental estetika, gigi anak, konservasi, orthodontik, periodontik dan prosthodontic

    Selain di Rawamangun, Klinik Dentsmile juga bisa Ibu kunjungi di RS Mediros untuk kawasan Jakarta Timur, di Jl. Wijaya, Pondok Indah dan Tebet untuk kawasan Jakarta Selatan, di Kelapa Gading untuk kawasan Jakarta Utara, serta di Apartemen Green Pramuka untuk area Jakarta Pusat. Klinik Denstsmile buka dari hari Senin hingga Sabtu, dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Cek informasi dan testimoni mengenai Dentsmile dokter gigi anak di Jakarta di sini.

  7. Kidz Dental Care and Orthodontic Puri Indah

    Kidz Dental Care and Orthodontic, adalah lokasi praktik dokter gigi anak di Jakarta, tepatnya di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat. Di klinik ini, dipenuhi dengan ruangan berwarna-warni, mainan serta buku bacaan, sehingga anak nggak bosan menunggu dan mengurangi rasa takut anak. Di klinik ini terdapat empat ruang periksa yang masing-masing dengan tema berbeda, yaitu Safari Room, Sea World, Rio Room dan Flower Garden

    Di sini, anak akan duduk di kursi periksa sambil menonton TV. Alat-alatnya menggunakan teknologi baru, di antaranya dengan menyediakan fasilitas kamera intra oral yang kemudian disambungkan ke layar, agar Ibu dan anak bisa melihat langsung kondisi giginya, dan hal ini diharapkan meningkatkan kesadaran anak untuk lebih menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Serunya lagi, setelah selesai perawatan, anak bisa mendapatkan reward berupa mainan atau stiker. 

    Kidz Dental Care and Orthodontic juga bekerja sama dengan rumah sakit Siloam Kebon Jeruk, Siloam TB Simatupang dan MRCC untuk pelayanan yang lebih baik. Klinik buka dari hari Senin hingga Sabtu, dan jangan lupa untuk membuat perjanjian sebelum datang, ya. Untuk kondisi darurat dan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi nomor yang tertera pada website ya.

Itulah beberapa klinik dokter gigi anak di Jakarta yang sudah kami bagi sesuai area.

Penulis: Stephanie
Editor: Dwi Ratih