Balita Dibaca 324 kali

7 Rekomendasi Paket Belajar dari Rumah untuk Si Kecil

Share info ini yuk ke teman-teman
Dwi
7 Rekomendasi Paket Belajar dari Rumah untuk Si Kecil

Mendampingi buah hati belajar dari rumah tidak hanya bisa dilakukan saat masa pandemi. Di masa normal, bayi dan anak perlu diajak belajar sambil bermain untuk mengasah kemampuan motorik, kognitif, psikologis, dan sosialnya. Bila di masa bayi Ibu bisa melakukan stimulasi sederhana, menginjak usia pra-sekolah dan usia taman kanak-kanak, anak perlu didampingi belajar dari rumah dengan peralatan yang mendukung.

Untuk mendukung aktivitas belajar dari rumah, Ibu bisa menggunakan pilihan learning kit, atau perangkat belajar yang saat ini sudah banyak dijual dan dengan mudah didapatkan. Learning kit ini biasanya sudah lengkap berisi satu set aktivitas yang bisa dilakukan anak untuk rentang waktu dan usia tertentu dengan didampingi orang tua atau pengasuh.

Bahkan ada pula perangkat yang bisa dimainkan dengan seluruh anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakek, dan kenek. Akan tetapi, Ibu juga tentu harus selektif dalam memilih learning kit. Untuk memudahkan dalam memilih, Ibu bisa melihat beberapa kriteria penting seperti berikut:

  • Aman

    Proyek yang dikerjakan dalam learning kit haruslah aman untuk anak, baik dari segi bentuk, tekstur, bahan, dan alat. Sebaiknya pilih yang memiliki standar usia. Karena tentunya akan membantu keamanan anak saat belajar dari rumah dengan learning kit.

  • Tidak membingungkan

    Meski anak perlu didampingi orang tua saat belajar dengan learning kit, Ibu juga perlu memilih learning kit yang tidak membingungkan anak dengan instruksi pengerjaannya. Pilih yang instruksinya sederhana dan bisa anak ikuti.

  • Bijak memilih yang bisa digunakan berulang kali

    Tidak semua learning kit bisa digunakan berulang kali. Ada yang hanya bisa digunakan satu kali lalu selesai. Biasanya berbentuk eksperimen seperti memanggang kue, melukis kaus atau tas, membuat eksperimen sains, dan berkebun. Tetapi memilih yang bisa dimainkan ulang juga tidak ada salahnya, misalnya mainan bertekstur seperti pompom, kancing, pasir, water beads, dan lainnya.

  • Permainan yang Open-ended 

    Open-ended merupakan istilah yang digunakan untuk mainan yang tidak hanya memiliki satu penyelesaian. Artinya, ketika dimainkan tidak ada salah atau benar, melainkan anak bisa memainkan dan membentuk permainannya menjadi apa saja. Contohnya mainan balok kayu, blok plastik, stik, papan lempeng magnet, dan lainnya.

  • Menyenangkan

    Untuk apa mengerjakan aktivitas dari learning kit yang kurang menyenangkan? Anak akan jadi cenderung cepat bosan lho. Ibu perlu memastikan yang kegiatan yang dipilih akan disukai anak dan mendukung proses kemajuan segala aspek perkembangannya seperti motorik, sensori, psikologis, kognitif, dan sosialnya. Learning kit yang digunakan di rumah sebaiknya tidak membuat anak tertekan, kesulitan, atau tidak suka. Semuanya harus menyenangkan untuk anak.

Nah, dalam memilih learning kit, Ibu tidak perlu kebingungan, karena Ibupedia memiliki beberapa rekomendasi learning kit untuk dimainkan di rumah bersama anak-anak. Coba cek beberapa pilihan ini ya:

  1. Paket Aktivitas The Menthilis Project (@menthilis)

    Paket Aktivitas The Menthilis Project

    The Menthilis Project merupakan paket aktivitas untuk anak yang berisikan berbagai macam aktivitas berdasarkan tema. Menthilis sendiri menegaskan bahwa paket aktivitas ini akan melibatkan kreativitas, imajinasi, motorik kasar dan halus, pemecahan masalah serta meningkatkan kepercayaan diri anak. Paket ini juga bisa dikerjakan bersama dengan anggota keluarga lainnya.

    Paket dari Menthilis ini bisa digunakan dari usia 1.5 hingga lebih dari 7 tahun. Ada beberapa pilihan paket aktivitas. Mulai dari paket lengkap hingga paket mini. Dalam paket lengkap anak akan mengerjakan 3 aktivitas seru sesuai tema dan dilengkapi dengan buku panduan, informasi seputar tema, dan peralatan lengkap pengerjaan. Temanya pun bermacam-macam, mulai dari laut, luar angkasa, bertani, hingga dinosaurus!

    Selain itu, ada juga paket mini dengan 1 buah proyek aktivitas yang lebih simple dan cepat pengerjaannya. Di antaranya seperti paket DIY dan travelling bag yang ditujukan untuk menemani anak beraktivitas saat perjalanan jauh. Dibandrol dengan harga Rp 37.500 – Rp 190.000 untuk paket mini, dan Rp 215.000 – Rp 260.000 untuk paket lengkap, belajar dari rumah jadi lebih menyenangkan.

  2. Paket Belajar di Rumah Bumi Nusantara Montessori (@bnmontessori)

    Paket Belajar di Rumah Bumi Nusantara Montessori

    BN Montessori menyediakan paket belajar di rumah berbasis metode Montessori yang terbagi menjadi dua kategori: Kelas Angkasa untuk anak usia 2,5-5 tahun dan Kelas Bumi untuk anak usia 1-2,5 tahun. Setiap bulannya, BN Montessori hadir dengan tema yang berbeda-beda dan membuat anak-anak selalu ketagihan ingin belajar.

    Setiap aktivitas dilengkapi alat dan bahan Montessori-inspired serta video panduan dan penjelasan tentang manfaat dari setiap aktivitas. Area permainan dan pembelajarannya pun superkomplit, menyangkut area bahasa, matematika, sensori, keterampilan hidup, alam dan budaya, eksperimen, hingga seni dan budaya. Tak hanya itu, BN Montessori juga menyediakan panduan observasi anak dan sesi khusus untuk orangtua.

    Dengan kisaran harga Rp250.000 – Rp500.000 setiap paketnya, orangtua juga bisa terlibat aktif dalam ruang berdiskusi dengan psikolog, guru, dan sesama orangtua murid yang disediakan oleh BN Montessori.

  3. Paket Home Learning Babes and Tots (@babesandtots.id)

    Paket Home Learning Babes and Tots

    Babes and Tots menawarkan kegiatan bertema dalam setiap boksnya. Tema dalam boks akan berbeda setiap bulannya. Aktivitasnya menyenangkan dan baik untuk perkembangan kemampuan kognitif, bahasa, fisik, dan sosial anak. Babes and Tots memiliki 2 tipe aktivitas, yaitu Tini Explorer untuk usia 1-2 tahun dan Little Adventurer untuk usia 3-4 tahun.

    Isi dari paket aktivitas belajar dari rumah ini dapat digunakan untuk satu bulan, dilengkapi video serta panduan untuk melakukan aktivitas. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 250.000 – Rp385.000 untuk setiap paket. Tema yang disajikan pun beragam, mulai dari tentang diri, binatang, hingga tema berkebun. Semuanya dikemas dalam aktivitas menarik yang mencakup semua aspek perkembangan anak.

  4. Paket Kurikulum Bermain dari Jemarimu.id (@jemarimu.id)

    Paket Kurikulum Bermain dari Jemarimu.id

    Jemarimu.id percaya bahwa bermain adalah cara anak untuk belajar. Sebagai orang tua tentunya Ibu dan Ayah ingin agar permainan yang dimainkan bersama anak bervariatif dan tidak itu-itu saja. Jemarimu.id menawarkan beberapa paket berbeda untuk kurikulum bermain selama 1 bulan. Paket A berisikan 20 kegiatan untuk 1 bulan dalam bentuk file, paket B berisikan 5 aktivitas untuk 1 minggu tapi sudah termasuk alat dan bahan, paket C berisikan kegiatan untuk 1 bulan sebanyak 20 jenis beserta alat dan bahannya, serta Paket D yang berisikan 40 aktivitas selama 1 bulan dengan alat dan bahan dan dilengkapi 4 alat stimulasi motorik kasar. Paket-paket ini terbilang cukup murah dengan kisaran harga Rp 45.000 – Rp 375.000.

  5. Paket Eksperimen dari Edu Box (@edu.box)

    Paket Eksperimen dari Edu Box

    Paket belajar dari rumah yang satu ini berbasis pada STEAM, atau Science, Technology, Engineering, Art, Math. Kegiatan yang ditawarkan oleh @edu.box mengemas STEAM menjadi hal yang menyenangkan untuk anak, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, dan mudah dilakukan dengan panduan infografis yang menarik. Paket aktivitas Edu Box ada dua jenis, yaitu Easy Box dan Challenging Box.

    Berbeda dengan learning kit yang lain, Edu Box menawarkan proyek sekali jadi. Kebanyakan ditujukan untuk anak yang sudah memasuki tingkat sekolah dasar. Tetap tenang, ada juga kok yang untuk usia pra sekolah. Dengan kisaran Rp 200.000 – Rp 250.000, Edu Box menawarkan tema scientific seperti “The Sun, Moon, and Earth”, “The Human Body”, “Simple Machine: Pulley”, “Circular Motion”, “Pre-school STEAM Box”, dan beberapa tema lainnya.

  6. Learning Kit dari Kindy Goods (@kindygoods)

    Learning Kit dari Kindy Goods

    Kindy Goods menawarkan aktivitas untuk belajar dari rumah dengan beragam variasi yang menarik. Meski tidak semua berbentuk paket aktivitas seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kindy Goods memiliki permainan yang seru dan mampu mengasah kreativitas anak. Konsepnya untuk anak dari usia bayi sampai toddler. Oh ya, Kindy Goods menjamin apa yang mereka jual telah melalui rekomendasi psikolog anak mereka sendiri. Jadi learning kit Kindy Goods sudah pasti aman dan sesuai dengan usianya.

    Salah satu yang ditawarkan adalah paket sensory play edible jelly and slime untuk bayi usia 6 bulan keatas. Beragam puzzle, buku, art and craft package, wooden toys, paket mewarnai serta banyak ragam lainnya juga meramaikan pilihan di paket belajar dari rumah Kindy Goods. Harganya gimana nih? Berkisar di antara Rp50.000 – Rp360.000. 

  7. Paket STEAM Logika Kids (@logikakids)

    Paket STEAM Logika Kids

    Logika Kids juga menawarkan paket belajar dari rumah nih. Cakupannya dari usia 3-12 tahun. Aktivitas dalam boks Logika Kids sudah dilengkapi panduan, alat, dan bahan pembuatannya. Diharapkan dengan aktivitas ini anak bisa memainkan permainan yang gadget-free. Logika Kids juga meyakini dengan banyak memainkan permainan jenis ini, anak bisa menguasai teknologi dan tidak hanya menjadi pemakai. Anak juga diharapkan semakin penasaran dengan teknologi, bukannya jadi budak gawai. Ragam aktivitas dari Logika Kids contohnya “Bath Bomb”, “Spin Art”, “Color mix Chemistry”, “Kidpreneur Startup”, dan lainnya yang tak kalah menarik. Kisaran harga produk mereka adalah Rp 120.000 – Rp 200.000.

Nah, di antara beberapa pilihan aktivitas belajar dari rumah tadi, Ibu bisa memilih yang dirasa paling cocok untuk anak. Selain mempertimbangkan kesesuaian dengan usia anak, budget juga perlu diperhatikan juga nih. Jadi, putuskan dengan bijak dan hindari menekan anak untuk langsung berhasil menyelesaikan aktivitas. Proses lebih penting daripada hasil, meski hasil adalah hadiah dari proses yang dijalani.

Penulis: Dwi Ratih