Balita

8 Manfaat Anak Main Hujan yang Wajib Orang Tua Ketahui!

8 Manfaat Anak Main Hujan yang Wajib Orang Tua Ketahui!

Anak main hujan bukanlah suatu hal yang buruk lho Bu, hanya saja kita harus tahu betul jenis hujan apa yang sedang turun. Beberapa dari Ibu pasti akan sedikit paranoid bila mengetahui anak main hujan, justru ini akan menumbuhkan stigma yang buruk tentang hujan di pikiran anak. 

Si kecil bisa tumbuh dengan rasa takut bahwa hujan yang turun akan membawa dampak buruk baginya. Padahal anak main hujan adalah hal yang sangat wajar!

Manfaat Anak Main Hujan


Mengutip dari laman Image Playgrounds, ketika anak main hujan dengan intensitas ringan ke sedang dan bermain di tempat yang basah justru sangat baik bagi perkembangan fisik dan mental si kecil. Lebih lanjut, masih melansir dari laman Image Playgrounds, sejumlah manfaat berikut ini akan dirasakan saat anak main hujan:

1. Ini adalah Pengalaman Baru Baginya!

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, tak heran akan ada banyak hal yang ditanyakan bila ia penasaran akan suatu hal. Salah satu hal yang sering menarik perhatiannya adalah tentang curahan air yang turun dari langit dengan jumlah yang banyak seperti hujan. 

Bolehkah anak main hujan? 

Tentu saja boleh! Namun bagi kita para orang tua, bermain ditengah hujan biasanya bukan menjadi ide yang bagus karena kekhawatiran si kecil akan jatuh sakit. Tapi di bawah air hujan, anak akan mendapatkan sensasi pengalaman baru yang tak pernah terlupakan. 

Bila biasanya ia merasakan air mengalir deras dari kran kamar mandi, maka kali ini ia akan semakin penasaran mengapa ada sejumlah air yang turun dari langit dengan bau yang menyenangkan seperti hujan. 

Bau petrikor ternyata juga dapat membuat si kecil lebih tenang dan nyaman. Selain itu, suara hujan turun adalah salah satu white noise yang bisa membuat bayi Ibu tertidur pulas!

2. Melatih Sensori Si Kecil


Manfaat mandi hujan untuk anak adalah ia akan belajar banyak hal seperti curahan hujan dengan tekanan berbeda yang akan menyentuh kulit atau telapak tangannya. Kegiatan anak main hujan bisa menjadi sebuah terapi yang bagus untuk membuat syaraf-syaraf pada tangan atau kulit bekerja lebih baik dan lebih peka terhadap rangsangan. 

Bagi anak berkebutuhan khusus seperti autisme, curahan hujan yang mengenai kulitnya adalah sebuah hal yang sangat berharga dan bagus untuk melatih sensoriknya. Bermain dengan lumpur atau tanah yang terkena hujan juga bagus untuk sensorik anak karena di sini ia akan belajar tentang tekstur tanah basah dan melatihnya supaya tidak mudah jijik. 

Beberapa anak autisme juga ada yang diberi terapi seperti memegang tanah basah untuk membiasakan dirinya bertemu bermacam-macam tekstur baru. Keseimbangan pada sensori anak sangatlah diperlukan karena nantinya ia tak hanya akan menemukan segala macam hal yang kering saja, namun juga butuh untuk terbiasa dengan hal yang basah.

3. Mengasah Keterampilan Keselamatan Bagi Si Kecil

Keterampilan keselamatan juga penting untuk diajarkan pada anak-anak sejak dini. Beberapa keterampilan keselamatan yang dapat Ibu ajarkan adalah belajar berenang, berlatih bela diri, waspada terhadap orang baru, bermain dengan hujan, dan masih banyak lagi. 

Anak main hujan salah satu hal yang dapat mengasah keterampilan keselamatan buah hati Ibu karena melalui kegiatan ini ia akan memahami berbagai macam jenis hujan yang sedang turun. 

Misalnya, hujan gerimis cenderung aman saat anak main hujan, namun bila hujan disertai angin kencang dan petir, maka anak-anak harus waspada dan sebaiknya tidak bermain hujan. Dua hal berbeda ini adalah sarana belajar yang bermanfaat baginya karena ia akan tahu situasi hujan apa yang aman bila ia ingin bermain hujan.

4. Mengajarkan Tentang Tanggung Jawab


Sambil anak main hujan, Ibu bisa mengajarkan si kecil tentang sejumlah tanggung jawab yang harus mereka lakukan. 

Misalnya, mengamankan barang-barang apa saja yang akan rusak bila terkena hujan, menjemur mantel basah di luar ruangan supaya saat masuk lantai di dalam rumah tetap kering sehingga orang tidak mudah terpeleset, meletakkan sepatu basah dan penuh lumpur diluar karena bila dibawa masuk akan membuat lantai kotor, dan masih banyak lagi. 

Tanggung jawab ini penting diajarkan kepada si kecil untuk membuatnya terbiasa hidup teratur dan bersih.

5. Membuat Keseimbangan, Kelincahan, dan Kekuatan Lebih Baik

Kekuatan badan si kecil bisa terasah bila ia dibiarkan main dengan alam salah satunya saat anak main hujan. Tentu saja hal ini dengan sejumlah pertimbangan untuk tetap membuat si kecil aman dan kesehatannya terjaga. 

Selain itu, anak main hujan juga akan membuat keseimbangan dan kelincahannya semakin terasah. Tanah yang becek dan penuh air cenderung lebih licin, hal ini akan membuat keseimbangan tubuh dan kelincahannya naik level karena ia belajar bagaimana supaya tidak jatuh terjerembab dan tetap aman bermain di tempat yang basah atau licin.

6. Merasakan Udara Segar


Hujan dapat mendatangkan kualitas udara yang segar, jadi bermain hujan sebenarnya tak hanya bagus untuk anak namun juga bagi orang dewasa. 

Bila tidak terlalu suka basah, Ibu bisa meluangkan waktu sejenak sembari menemani anak main hujan dengan minum secangkir teh, kopi, atau minuman hangat lainnya lalu nikmatilah udara yang segar di luar rumah.

7. Menguatkan Imun Tubuh

Mengutip dari laman Pennsylvania Department of Health, bermain di luar rumah dapat membantu menguatkan imun tubuh karena Ibu maupun si kecil dapat menjauh dari kuman atau bakteri yang mungkin ada di dalam rumah. 

Sebuah studi juga menjelaskan bahwa anak-anak pedesaan atau anak yang aktif main di luar cenderung memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah membiarkan anak main hujan!

8. Membuat Si Kecil Aktif Bergerak

Kegiatan di luar rumah bisa membantu si kecil untuk bergerak lebih aktif daripada membiarkan mereka main di dalam rumah terus menerus. Anak yang lebih aktif bergerak cenderung lebih kecil kemungkinannya mengalami obesitas di masa kanak-kanak dan ini adalah kabar baik. 

Semakin ia mau eksplorasi di luar rumah dan di berbagai cuaca, maka semakin besar peluang anak Ibu memiliki kesehatan prima. Pastikan kondisi cuaca sedang aman ya Bu!

Benarkah Setelah Anak Main Hujan Akan Sakit?


Mengutip dari laman Kurbo, hujan tidak akan membuat anak sakit seperti masuk angin atau flu misalnya. Ibu bisa menyiasatinya dengan menjaga daya tahan tubuh si kecil sebaik mungkin dengan gaya hidup dan gizi yang sehat.

 Anak main hujan bisa menjadi semacam kegiatan olahraga yang bagus karena saat bermain anak tak hanya sekedar bermain saja, ia belajar sesuatu dan tubuhnya bergerak dengan lincah. Selain itu, bermain saat hujan dapat meredakan stress dan membuat hormon bahagia bermunculan. 

Sementara itu, mengutip dari laman Utexas, tidak ada risiko anak mandi hujan, hujan juga tidak menyebabkan pilek, tapi pilek disebabkan karena virus flu tertentu misalnya seperti Rhinovirus yang lebih mudah menyebar saat musim dingin atau cuaca dingin. 

Kegiatan Menyenangkan Saat Anak Main Hujan


Saat hujan turun, Ibu bisa sesekali membolehkan anak main hujan sembari membuat fisiknya bergerak. Tentu saja kegiatan ini dapat dilakukan saat anak Ibu dalam kondisi sehat dan segar bugar ya. Beberapa kegiatan berikut ini bisa menjadi kegiatan fisik yang bermanfaat untuk anak:

- Melompati Kubangan Air

Perhatikan kembali kubangan air yang ada, pastikan kubangan air tersebut tidak terlalu lebar dan dalam. Melompati kubangan air ternyata merupakah salah satu kegiatan fisik atau olahraga yang menyenangkan dan bisa membakar kalori.

- Main Seluncur Air

Meluncur dengan seluncur air saat hujan sungguh mengasyikkan. Namun tetap waspada karena tanah setelah hujan biasanya jauh lebih licin. Pastikan juga tempat anak main hujan berada di lingkungan yang aman dan jauh dari keramaian ya.

- Bernyanyi dan Menari

Bagi sebagian orang, hujan adalah saat yang syahdu dan mengasyikkan. Bagi anak-anak, bermain di tengah hujan yang turun sembari bernyanyi dan menari adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Relakan sejenak pakaian si kecil basah dan penuh dengan lumpur karena jiwa yang bahagia bisa membuat anak lebih sehat.

- Sekedar Merasakan Rintikan Hujan pada Kulit

Ajak si kecil lebih dekat dengan alam dan hujan dengan menengadahkan tangan mereka kemudian biarkan si kecil rasakan tekanan demi tekanan hujan yang turun dan mengenai kulit tangan atau wajah mereka. Ini adalah sensasi yang baik untuk rangsangan pada kulit tubuhnya.

- Melantunkan Doa-Doa Baik Saat Hujan Turun

Sembari menemani anak main hujan, Ibu bisa menuntun si kecil untuk berdoa ketika hujan turun. Selain itu, berdoa saat hujan turun dipercaya menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk terkabulnya doa-doa yang dilantunkan.

Mencegah Sakit Saat Anak Main Hujan


Sebelum memutuskan memberi izin anak main hujan dengan bebas, Ibu sebaiknya menyiapkan beberapa hal supaya si kecil dapat bermain tanpa takut sakit. Berikut ini adalah hal-hal pencegahan yang dapat dilakukan supaya anak tetap aman meskipun main hujan:

- Gunakan Jas Hujan dengan Tudung dan Pakaian Nyaman

Pilihlah jas hujan yang dilengkapi dengan tudung supaya tubuh si kecil tidak terlalu basah kuyup. Ini dapat menjadi satu upaya untuk mencegah si kecil terlalu kedinginan dan menjadi sakit. Jangan lupa untuk memakaikan si kecil pakaian yang ringan karena bila harus terkena basah, pakaian tersebut akan tetap nyaman digunakan dan tidak membatasi ruang geraknya.

- Gunakan Alas Kaki yang Aman

Mengingat tanah yang basah setelah hujan cenderung licin dan anak bisa mudah tergelincir, Ibu bisa pastikan alas kaki yang anak kenakan aman. Sepatu boots karet menjadi salah satu pilihan alas kaki yang nyaman saat digunakan ketika anak main hujan.

- Beri Batasan Waktu

Anak tak bisa dibiarkan seharian bermain hujan, beri batasan waktu bermain yang cukup untuk tetap membuatnya bahagia. Misalnya Ibu membolehkan si kecil main hujan lima belas menit saja, setelah itu saatnya si kecil mengeringkan tubuh dan kembali menikmati hujan dari balik jendela rumah.

- Mandi Air Hangat

Basuh atau bila seluruh badan dari ujung kepala hingga kaki si kecil dengan air yang hangat untuk mencegahnya kedinginan dan berujung sakit setelah main hujan. Kedinginan dan kelelahan setelah mandi hujan dapat menjadi satu pemicu si kecil sakit meskipun air hujan sama sekali tidak berpotensi membuat si kecil sakit.

- Gunakan Minyak Hangat

Menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih yang hangat setelah mandi dengan air hangat bisa menyamankan tubuh si kecil. Jangan lupa untuk memakaikan si kecil pakaian bersih yang membuatnya hangat setelah main hujan.

- Makan dan Minum Bergizi

Tak ada salahnya memberi si kecil madu, vitamin, dan makan makanan bergizi setelah main hujan. Minuman hangat juga baik untuk tubuh supaya daya tahan tubuh tetap sehat. Hindari memberikan air es atau makanan dingin apapun setelah ia main hujan atau saat cuaca sedang dingin supaya tubuhnya tetap prima.

Editor: Dwi Ratih