Balita Dibaca 134 kali

8 Rekomendasi Dokter Spesialis Gizi Anak di Jakarta

Share info ini yuk ke teman-teman
Kristal
8 Rekomendasi Dokter Spesialis Gizi Anak di Jakarta

Dokter spesialis gizi anak biasanya selalu jadi rujukan pintas bagi para orang tua yang anaknya susah makan, punya berat badan kurang ideal, atau bahkan menunjukkan gejala-gejala malnutrisi alias kurang gizi.

Ya, kebutuan gizi dan nutrisi anak memang sangat penting diperhatikan, terutama pada tahun-tahun pertama kehidupannya. Selain berpengaruh terhadap perkembangan fisik, malnutrisi juga berisiko menyebabkan terganggunya kecerdasan si kecil.

Setelah mendengarkan keterangan dari Ayah dan Ibu, dokter spesialis gizi anak akan melakukan serangkaian pemeriksaan yang mencakup nutrisi serta metabolisme tubuh si kecil. Dari situ dapat diketahui masalah kesehatan apa yang dialami si anak dan dicari solusinya.

Mengapa Harus ke Dokter Spesialis Gizi Anak?

Ibu perlu tahu bahwa tugas seorang dokter spesialis gizi anak (nutritionist) tidak cuma menangani kondisi kesehatan tertentu seperti gangguan makan, malnutrisi, dan masalah metabolisme anak, tapi juga meliputi:

  • Edukasi tentang gizi dan metabolisme anak kepada orang tua;

  • Menyusun terapi nutrisi dan pola makan sesuai kebutuhan anak;

  • Melakukan tes diagnostik komprehensif pada anak-anak yang mempunyai masalah dengan metabolisme dan memberikan pengobatan yang sesuai;

  • Meresepkan jumlah nutrisi berupa karbohidrat, protein, mineral, lemak, serat, vitamin, dll sesuai dengan kebutuhan anak; dan

  • Meninjau status gizi dan kondisi metabolisme tubuh anak.

Rekomendasi Dokter Spesialis Gizi Anak dan Gizi Klinik di Jakarta

Seperti saat memilih dokter spesialis anak, memilih dokter spesialis gizi anak bagi sebagian orang tua bisa jadi cocok-cocokan. Hal ini wajar saja kok, Bu. Nah, buat Ibu yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya, berikut daftar dokter spesialis gizi anak yang mungkin bisa dijadikan referensi.

  1. Dr. Joko Siswoyo, M.S., Sp.GK

    Dr. Joko Siswoyo, M.S., Sp.GK merupakan seorang nutrisionis dan dietisien yang sangat terkenal di kalangan warga Jakarta dan sekitarnya. Beliau selalu jadi rujukan orang tua yang risau dengan kondisi kesehatan dan gangguan makan anak-anaknya.

    dr. Joko Siswoyo sendiri sudah 37 tahun bergelut di bidang nutrisi dan diet, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Selain konsultasi gizi, beliau juga melayani tindakan mesoslimming.

    Alumnus Universitas Indonesia ini praktik di RS permata Cibubur dan klinik pribadinya di alamat Bellagio Boutique Mall, Lantai 1 Unit L2-Q3J, Jakarta Selatan.

  2. Dr. Samuel Oetoro, Sp.GK

    Dokter spesialis gizi anak berikutnya adalah dr. Samuel Oetoro, Sp.GK yang selalu dipercaya para orang tua di Jakarta dengan keluhan anak susah makan. Alumnus Universitas Indonesia yang juga anggota Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia ini berpraktik di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan.

    Selain sebagai dokter spesialis anak yang memiliki spesialisasi di bidang gizi dan diet, dr. Samuel juga merupakan seorang profesional dalam bidang mesoslimming, mesoteraphy, dan injeksi vitamin C. Pasiennya tidak hanya berasal dari Jakarta, tapi juga luar kota dan bahkan luar pulau.

  3. Dr. Dwi Susilowati, Sp.GK

    Yang ketiga ada dr. Dwi Susilowati, Sp.GK yang sudah berpengalaman selama 40 tahun lebih di bidang nutrisi dan diet nih, Bu. Ulasan dari para pasien yang pernah ditangani beliau menyebutkan kalau dr. Dwi sangat ramah dan sabar memberikan penjelasan. Jadi sepertinya cocok sekali untuk para orang tua yang punya sejuta pertanyaan di kepala terkait problem nutrisi anak-anaknya.

    Dr. Dwi adalah anggota IDI dan Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia yang membuka praktik mandiri di Jl. Teknologi V No. 2, Komplek BPPT – Kembangan, Jakarta Barat.

  4. Geeta Seth

    Geeta Seth adalah nutrisionis sekaligus dietisien yang sangat terkenal seantero Jakarta dan sekitarnya. Dengan 15 tahun lebih pengalaman di bidangnya, dokter spesialis gizi anak satu ini berpraktik di RS Brawijaya, Jakarta, membantu tidak hanya orang tua yang punya masalah dengan metabolisme dan nutrisi anaknya, tapi juga orang dewasa lain pada umumnya.

    Selain menguasai bidang nutrisi dan diet, Geeta Seth juga merupakan seorang edukator diabetes tersertifikasi. Baginya, bahan-bahan masakan yang ada di dapur sudah sangat cukup bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian tubuh dan mengatasi obesitas pada anak maupun dewasa. Jika Ibu tertarik berkonsultasi dengan Geeta, buat dulu appointment secara online, ya.

  5. Dr. Ida Gunawan, M.S., Sp. GK

    Dengan pengalaman 15 tahun lebih di bidang nutrisi dan diet, dr. Ida Gunawan, M.S., Sp. GK selalu jadi rujukan bagi pasien-pasien yang mempunyai masalah dengan metabolisme tubuh, tak terkecuali para orang tua yang sudah mulai kewalahan menghadapi anak-anaknya yang susah makan.

    Beliau sendiri merupakan alumnus Universitas Pengukuhan Kolegium Ilmu Gizi Klinik yang saat ini berpraktik di RSIA Hermina Daan Mogot dan RS Pondok Indah Puri Indah.

    Selain menangani pasien, sehari-hari dokter spesialis gizi anak ini juga berprofesi sebagai dosen di program studi S2 & PPDS gizi klinik FKUI. Oh ya, beliau juga sering berbagi ilmu seputar kesehatan dan metabolisme tubuh di akun Instagram-nya lho, Bu.

  6. Dr. Luciana B. Sutanto, Sp. GK

    dr. Luciana B. Sutanto, Sp. GK merupakan salah satu dokter spesialis gizi anak di Jakarta yang sangat percaya bahwa asupan makanan yang tepat adalah kunci kesehatan dan idealnya berat badan.

    Pakar nutrisi dari Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM dengan jam terbang lebih dari 27 tahun ini pernah menempuh pendidikan di Universitas Indonesia dan Universitas Tarumanagara.

    Reputasinya cukup populer di kalangan masyarakat Jakarta, terutama para orang tua yang anaknya punya masalah metabolisme dan susah makan. Beliau juga merupakan CEO dari Gladiool Mother and Child Hospital Magelang, lho. Jika Ibu berminat untuk berkonsultasi dengan dr. Luciana, Ibu bisa datang ke tempat praktiknya di RSIA Gladiool atau RS Mitra Keluarga Kemayoran.

  7. Dr. Laila Hayati, Sp.GK

    Referensi dokter spesialis gizi anak di Jakarta yang selanjutnya adalah dr. Laila Hayati, Sp.GK. Berbekal 13 tahun lebih pengalaman di bidangnya, beliau siap mendampingi dan membantu para orang tua yang punya concern soal gizi dan metabolisme tubuh anak-anak.

    Dr. Laila merupakan lulusan Universitas Indonesia. Saat ini beliau praktik melayani pasien di dua rumah sakit, yaitu RSIA Harapan Kita Palmerah, Jakarta Barat, dan RS Mitra Keluarga Cibubur, Jakarta Timur.

  8.  Dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK

    Terakhir ada dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi anak dan gizi klinik yang berpengalaman selama 19 tahun lebih di bidangnya. Layanan yang disediakan adalah seputar konsultasi gizi dan metabolisme tubuh anak maupun dewasa.

    Selain praktik di RS Medistra Setiabudi, Jakarta Selatan, beliau juga membuka praktik mandiri di klinik kecantikan miliknya, CBC Beauty Care Wijaya.

Itu dia, Bu, daftar rekomendasi dokter spesialis gizi anak dan gizi klinik di Jakarta yang bisa Ibu jadikan rujukan untuk memeriksakan si kecil yang susah makan. Para orang tua yang anak-anaknya tidak punya masalah khusus juga boleh sekali lho berkonsultasi dengan ahli gizi. Nah, semoga ulasan di atas bermanfaat, ya!

Penuls: Kristal
Editor: Dwi Ratih