Balita Dibaca 289 kali

14 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Lengkap dengan Harganya

Share info ini yuk ke teman-teman
Darin
14 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Lengkap dengan Harganya

Mungkin banyak di antara orangtua yang bimbang, sebenarnya perlu nggak sih memberi tambahan vitamin untuk anak? Kalau menurut American Academy of Pediatrics, umumnya anak yang sudah makan makanan dengan gizi seimbang nggak memerlukan suplementasi vitamin lagi. Mengingat pentingnya vitamin bagi anak, nggak bisa dimungkiri jika tak sedikit orangtua yang tetap ingin memberikan tambahan vitamin untuk anak supaya kebutuhan nutrisinya jelas terpenuhi serta bisa mengurangi risiko penyakit.

Pada kenyataannya pun seringkali orangtua menghadapi situasi yang nggak memungkinkan mereka memberi makan anaknya dengan gizi seimbang, misal ketika orangtua terlalu sibuk atau saat anak menjadi picky eater alias pilah-pilih makanan. Ada juga anak yang memiliki masalah kesehatan tertentu sehingga membutuhkan suplemen tambahan. Karena berbagai situasi inilah akhirnya dokter anak kerap merekomendasikan vitamin untuk anak demi memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Saat ini banyak sekali varian vitamin untuk anak yang beredar di pasaran, mulai dari yang berbentuk sirup sampai permen kunyah. Tak heran jika para orangtua sering kebingungan menentukan pilihan mana vitamin yang cocok untuk anaknya. Tapi nggak usah khawatir ya, Bu, karena kami sudah mengumpulkan 14 rekomendasi vitamin untuk anak, lengkap dengan harganya. Sehingga bisa disesuaikan juga dengan budget Ibu juga. Apa saja ya?

  1. Enervon-C Plus Syrup

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Enervon-C Plus Syrup

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, vitamin C jadi salah satu vitamin penting yang diperlukan selama masa tumbuh kembang anak. Selain dari sumber makanan seperti bayam, tomat, jeruk, jambu, kiwi, dan lainnya, asupan vitamin C untuk anak juga bisa diperoleh dari Enervon-C Plus Syrup. Tak hanya vitamin C, dalam Enervon-C Plus Syrup juga ada vitamin B kompleks, vitamin A, dan vitamin D. Harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp23.900!

  2. Blackmores Kids Body Shield

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Blackmores Kids Body Shield

    Vitamin untuk anak selanjutnya ada Blackmores Kids Body Shield. Produk ini merupakan produk impor dari Australia berupa tablet hisap rasa jeruk yang mengandung 5 nutrisi penting (vitamin A, C, D3, E, Zinc) bagi tumbuh kembang anak. Uniknya, Blackmores Kids Body Shield ini nggak merusak gigi serta bebas dari gula karena mengandung xylitol atau pemanis alami dari tumbuhan lo. Vitamin ini nggak dianjurkan bagi anak usia di bawah 2 tahun. Harganya sekitar Rp210.000.

  3. YOUVIT Multivitamin Anak

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak YOUVIT Multivitamin Anak

    YOUVIT Multivitamin Anak adalah suplemen berbentuk jelly kunyah yang mengandung 10 vitamin dan 3 mineral penting bagi tumbuh kembang anak. Multivitamin ini juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan harian anak lo. Vitamin untuk anak satu ini tersedia dalam 3 varian rasa; stroberi, jeruk, dan nanas. Satu sachet berisi 7 gummy dibanderol dengan harga Rp16.900 saja!

  4. Holisticare Super Ester-C Kids

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Holisticare Super Ester-C Kids

    Sesuai namanya, Holisticare Super Ester-C Kids ini membantu mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C pada anak. Vitamin untuk anak satu ini berbentuk tablet kunyah dan mengandung xylitol sehingga dapat membantu memelihara kesehatan gigi juga. Selain itu, Holisticare Super Ester-C Kids juga membantu meningkatkan imunitas, berperan sebagai antioksidan, dan menjaga kesehatan kulit. Harga untuk 30 tabletnya sekitar Rp45.000.

  5. Echinacea Childlife

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Echinacea Childlife

    Echinacea Childlife adalah vitamin untuk anak yang diproduksi di Amerika Serikat. Echinacea sendiri merupakan ramuan dari kelompok bunga daisy yang berguna untuk pengobatan flu dan pilek. Namun vitamin ini juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Echinacea Childlife memiliki rasa jeruk yang disukai anak-anak. Harganya sekitar Rp240.000 untuk ukuran 30 ml.

  6. Imboost Kids

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Imboost Kids

    Imboost Kids adalah vitamin untuk anak yang tersedia dalam dua bentuk; sirup dan tablet hisap. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anak nggak mudah terserang virus. Komposisi utamanya adalah ekstrak Echinacea Purpurea yang aman dikonsumsi. Harganya juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp40.000 - Rp60.000.

  7. Sakatonik ABC

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Sakatonik ABC

    Merek vitamin untuk anak satu ini mungkin sudah sering kita dengar. Diproduksi oleh PT Kalbe Farma, Sakatonik ABC hadir dalam 4 varian rasa; jeruk, anggur, stroberi, dan tutty fruity. Vitamin ini berupa tablet yang berbentuk alfabet dan benda langit. Selain sebagai daya tahan tubuh, Sakatonik ABC juga bisa membantu pemulihan kondisi anak pasca sakit. Dalam 1 botolnya ada 30 tablet hisap dan dibanderol dengan harga Rp15.000-an saja!

  8. Stimuno Syrup

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Stimuno Syrup

    Vitamin untuk anak yang lain ada Stimuno Syrup. Vitamin ini dapat membantu mencegah atau mempercepat penyembuhan penyakit akibat infeksi. Produk ini tersedia dalam 3 varian rasa; original tutty fruity, anggur, dan orange berry. Selain tersedia dalam bentuk botol ukuran 60 ml dan 100 ml, Stimuno Syrup juga punya kemasan sachet sekali minum. Harganya berkisar antara Rp23.000 sampai Rp40.000.

  9. Scott’s Emulsion

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Scott’s Emulsion

    Scott’s Emulsion merupakan suplemen multivitamin yang berguna untuk mencukupi kebutuhan vitamin A dan D pada anak. Salah satu kandungan dalam vitamin ini adalah minyak hati ikan kod, yang membantu mencegah tubuh kekurangan vitamin D dan menjaga kesehatan mata. Scott’s Emulsion juga dapat menambah nafsu makan. Vitamin ini tersedia dalam dua ukuran; 200 ml dan 400 ml. Harganya sekitar Rp42.000 - Rp65.000.

  10. HDI Kids 3

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak HDI Kids 3

    Pilihan tablet kunyah lainnya ada HDI Kids 3. Produk ini berisi formula unggul royal jelly, bee pollen, propolis, serta diperkaya dengan vitamin C. Semua kandungan di dalamnya berfungsi mengoptimalkan tumbuh kembang anak, meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat tulang dan gigi, serta mendukung perkembangan otak. Satu botol yang berisi 60 tabletnya dibanderol Rp330.000.

  11. Apialys

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Apialys

    Apialys adalah vitamin untuk anak yang tersedia dalam bentuk sirup dan drop. Suplemen ini mengandung multivitamin dan mineral yang berfungsi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang, meningkatkan nafsu makan, dan mempercepat pemulihan pasca sakit. Harga Apialys drop 10 ml adalah Rp45.000 sedangkan Apialys Sirup 100 ml Rp38.000.

  12. Nordic Naturals Children’s DHA

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Nordic Naturals Children’s DHA

    Produk yang berasal dari Norwegia ini merupakan multivitamin untuk mendukung kecerdasan anak. Seperti namanya, vitamin untuk anak satu ini mengandung DHA yang berguna bagi kesehatan otak, mata, serabut saraf, dan sistem imun. Selain DHA, Nordic Naturals Children’s DHA juga mengandung multivitamin dan mineral penting. Harganya Rp450.000 untuk ukuran 237 ml.

  13. Imunped

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Imunped

    Imunped merupakan vitamin untuk anak yang mengandung zinc sulfat dan vitamin C. Fungsinya untuk memelihara kesehatan tubuh dan melindungi dari radikal bebas sehingga anak nggak mudah sakit. Vitamin ini tersedia dalam bentuk sirup dan drop. Harganya sekitar Rp54.000.

  14. Natures Plus Animal Parade

    Rekomendasi Vitamin untuk Anak Natures Plus Animal Parade

    Natures Plus Animal Parade adalah multivitamin dan mineral untuk anak yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel, metabolisme, mencegah nafsu makan menurun, serta melancarkan buang air besar. Produk ini tersedia dalam bentuk liquid dan tablet kunyah. Harganya sekitar Rp200.000 - Rp300.000.

Meski pada beberapa kondisi, vitamin untuk anak memang dibutuhkan, namun ada baiknya kalau Ibu tetap berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli suplemen atau vitamin untuk sang buah hati. Hal ini karena kadar vitamin dan mineral yang berlebihan dalam tubuh justru bisa jadi bumerang serta dapat memicu berbagai penyakit. 

Penulis: Darin Rania
Editor: Dwi Ratih