Balita

8 Rekomendasi Merk Susu Penambah Berat Badan Bayi

8 Rekomendasi Merk Susu Penambah Berat Badan Bayi

ASI merupakan sumber nutrisi alami yang dibutuhkan oleh bayi sejak awal kelahirannya. Sayangnya beberapa bayi yang lahir ke dunia memiliki berat badan yang rendah.

Sehingga membuat mereka terpaksa harus mengonsumsi susu penambah berat badan bayi tambahan. Pemberian susu penambah berat badan bayi ini tentu nggak boleh sembarangan ya Bu.

Biasanya beberapa merk susu penambah berat badan bayi tersebut harus berdasarkan rekomendasi dari dokter. Sebab, susu tersebut harus dikonsumsi sesuai dengan kondisi serta usia bayi.

Apalagi tiap merk susu penambah berat badan bayi tentu memiliki komposisi yang berbeda-beda ya Bu. Untuk membantu Ibu dalam mencari susu penambah berat badan bayi, berikut adalah rekomendasinya yang bisa jadi pilihan. 

Namun, ada baiknya jangan lupa tetap konsultasikan ke dokter sebelum membeli ya Bu!

Rekomendasi merk susu penambah berat badan bayi

1. Nutricia Infatrini Powder


Photo source: Halodoc

Nutricia Infatrini Powder adalah salah satu merk susu penambah berat badan bayi yang cukup direkomendasikan oleh para dokter. Susu ini merupakan susu formula khusus berbentuk bubuk yang dikhususkan untuk anak yang memiliki gangguan pertumbuhan pada usia 0-12 bulan seperti masalah jantung, paru dan lainnya.

Susu ini juga mengandung kalori yang tinggi, sehingga seringkali direkomendasikan sebagai susu tambahan untuk menambah berat badan bayi. Varian susu penambah berat badan bayi dari Nutricia lain untuk usia 12 bulan ke atas dapat dilanjutkan dengan Nutricia Nutrinidrink kemasan cair.

Sementara itu, mengenai harga penambah berat badan bayi yang satu ini per 400 gram berkisar antara Rp 232.000 hingga Rp 250.000.

2. Morinaga BMT


Photo source: Klik Indomaret

Susu penambah berat badan bayi selanjutnya adalah merk Morinaga BMT yang diformulasikan khusus untuk bayi dengan berat badan kurang. Terutama untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian bayi usia 0-6 bulan.

Nggak perlu khawatir akan kandungan nutrisi di dalamnya, sebab susu ini sudah dilengkapi dengan beragam kandungan yang dibutuhkan bayi seperti AA & DHA, laktoferin, probiotik, laktulosa, vitamin, dan mineral lain yang penting untuk menunjang tumbuh kembang dan berat badan si kecil

Jika bayi lahir dengan berat badan rendah, susu ini bisa menjadi solusi untuk membantu menaikkan berat badannya. Harga susu penambah berat badan bayi yang satu ini berkisar antara Rp 98.000 hingga Rp 200.000 tergantung ukuran kemasan susu yang Ibu pilih.

3. Pediasure Complete


Photo source: K24Klik

Pediasure Complete merupakan merk susu penambah berat bada bayi yang paling terkenal. Sesuai dengan iklannya, susu ini pertama kali muncul sebagai susu pertumbuhan khusus bagi bayi dengan berat badan kurang dan berkaitan dengan masalah nafsu makan.

Susu penambah berat badan bayi, Pediasure Complete ini mengandung 12 vitamin, 7 mineral, lemak, karbohidrat, protein, serta kandungan nutrisi lain yang diklaim dapat membantu menunjang tumbuh kembang anak secara optimal. Terutama bagi bayi yang bermasalah pada berat badannya.

Susu ini juga aman dikonsumsi oleh bayi usia 1-10 tahun dan terbukti efektif jadi solusi penambah berat badan bayi agar mencapai berat badan yang ideal. Untuk harga susu penambah berat badan bayi yang satu ini dibanderol mulai dari Rp 160.000 untuk kemasan 400 gram.

4. S26 Promil Gold


Photo source: Blibli

Merk susu penambah berat badan bayi selanjutnya adalah S26 Promil Gold yang bisa dikonsumsi oleh bayi usia 0-6 bulan. Susu ini cukup direkomendasikan bagi bayi yang kesulitan minum ASI langsung dari Ibunya sehingga berdampak pada berat badannya.

S26 Promil Gold mengandung karbohidrat, protein, dan asam linoleat yang diklaim mampu memaksimalkan tumbuh kembang bayi secara optimal. Sehingga dapat membantu menaikkan berat badan si kecil.

Nggak hanya itu, kalsium dan mineral yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Harga susu penambah berat badan bayi yang satu ini berkisar antara Rp 328.000 sampai dengan Rp 350.000 per kemasan 900 gram.

6. SGM Ananda Gain 100


Photo source: Shopee

Susu penambah berat badan bayi dengan merk SGM Ananda Gain 100 ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan para dokter. Susu formula ini bisa dikonsumsi oleh bayi usia 0-12 bulan dengan risiko berat badan bayi rendah, gagal tumbuh maupun gizi buruk.

Susu ini juga bisa dikonsumsi berdampingan dengan ASI. Apalagi susu SGM Gain Ananda 100 ini mengandung kalori yang cukup tinggi seperti, IronC, vitamin C dan zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh bayi.

Selain itu, susu penambah berat badan bayi yang satu ini juga bebas sukrosa atau gula tambahan sehingga aman bagi si kecil. Susu SGM Gain Ananda 100 juga bisa jadi alternatif susu penambah berat badan bayi dengan harga yang cukup ekonomis, yakni sekitar Rp 73.000 sampai dengan Rp 80.000-an per 400 gram. 

Namun perlu diperhatikan, susu ini tidak boleh dibeli sembarangan tanpa resep dari dokter ya Bu!

7. Nutricia Bebelac 4


Photo source: Orami

Sistem pencernaan bayi yang masih belum baik ternyata juga dapat berdampak pada berat badannya lho, Bu! Karena itu, Nutricia Bebelac 4 hadir sebagai salah satu merk susu penambah berat badan bayi yang cukup direkomendasikan.

Nutricia Bebelac 4 memiliki kandungan seperti zinc, zat besi, iodium, vitamin A, minyak ikan, omega 3 dan 6, kalsium serta FOS:GOS yang berfungsi menjaga sistem pencernaan anak berusia 1-6 tahun. Jadi sebelum menaikan berat badan bayi, susu ini akan memperbaiki sistem pencernaan bayi terlebih dahulu.

Baru kemudian jika sudah stabil, fungsinya akan berubah untuk meningkatkan berat badan bayi. Susu ini juga punya dua varian rasa yang pasti digemari si kecil seperti, madu dan vanila. Untuk harga susu penambah berat badan bayi ini berkisar mulai dari Rp. 230.000-an.

8. Enfagrow A+ 3



Photo source: Shopee

Agar berat badan bayi bertambah, maka ia harus memiliki nafsu makan atau minum susu yang stabil. Karenanya, susu penambah berat badan bayi selanjutnya yang bisa diberikan pada si kecil adwlqh Enfagrow A+ 3.

Susu ini juga mengandung vitamin B1-B12 dan mineral yang lengkap, termasuk zat besi dan kalsium untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada si kecil. 

Nggak hanya itu, Enfagrow A+ 3 juga memiliki kandungan nutrisi esensial yang bisa membantu mendukung perkembangan sistem saraf anak serta mengembalikan nafsu makannya.

Sehingga otomatis juga bisa menjadi salah satu formula yang dapat menambah berat badan bayi nantinya. Harga susu penambah berat badan bayi ini berkisar antara Rp 250.000-an per 400 gram.

Editor: Dwi Ratih