Rekomendasi

Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Jika Ibu melahirkan bayi prematur, ada kalanya dokter akan merekomendasikan susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk, terlebih bila produksi ASI Ibu masih sedikit atau bila ada kendala medis tertentu yang membuat Ibu tidak mungkin memberikan ASI. Ini karena umumnya bayi prematur memiliki berat badan lahir yang lebih rendah dibanding bayi lain yang lahir cukup bulan, sehingga mereka akan membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi agar bisa mengejar ketertinggalan berat badan.

Kapan Bayi Disebut Prematur?


Bayi disebut prematur ketika ia lahir lebih dari tiga minggu sebelum hari perkiraan lahir (HPL). Jadi bisa dikatakan bahwa kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi di bawah minggu ke-37 kehamilan. Bayi prematur, terutama yang lahir sangat dini, seringkali memiliki masalah medis yang rumit, bahkan ia bisa mengalami komplikasi prematuritas bervariasi. Semakin dini kelahiran, semakin tinggi risiko komplikasinya.

Bayi prematur terbagi menjadi beberapa golongan, dilihat dari waktu kelahirannya. Berikut ini kategorinya seperti yang dilansir dari Mayo Clinic:

  1. Late preterm: bayi yang lahir saat kehamilan mencapai 34 hingga 36 minggu;
  2. Moderately preterm: bayi yang lahir saat kehamilan mencapai 32 hingga 34 minggu;
  3. Very preterm: bayi yang lahir saat kehamilan berada di bawah 32 minggu; dan
  4. Extremely preterm: bayi yang lahir saat kehamilan berusia 25 minggu atau kurang.

Bayi yang lahir jauh sebelum HPL-nya, kemungkinan akan membutuhkan perawatan di rumah sakit lebih lama daripada bayi yang lahir cukup bulan. Karena perkembangannya di dalam rahim belum sempurna, organ tubuhnya pun jadi belum terbentuk secara maksimal. Berat badannya juga biasanya sangat rendah. Karena itu, bayi lahir prematur akan membutuhkan nutrisi yang lebih tinggi dari bayi pada umumnya. Sebenarnya, ASI yang diproduksi Ibu saat melahirkan bayi prematur cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya. ASI Ibu mengandung kalori, protein, dan lemak lebih tinggi dari ASI Ibu yang melahirkan cukup bulan. Namun masalahnya, seperti dikutip dari laman IDAI, ASI prematur akan berubah menjadi ASI matur setelah 3-4 minggu. Jadi, untuk bayi yang lahir saat usia kehamilan kurang dari 34 minggu, setelah 3 minggu lahir ia jadi tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan hanya dari ASI saja. Inilah yang biasanya membuat dokter menyarankan pemberian susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk.

Selain itu, penyebab bayi prematur butuh tambahan susu formula juga bisa karena kondisi medis tertentu yang dialami Ibu sehingga menyebabkan terhambatnya proses pemberian ASI. Refleks mengisap bayi yang lahir prematur di bawah 34 minggu juga belum sempurna, sehingga ia pun kesulitan menyusu langsung di payudara Ibu. Padahal direct breastfeeding dapat membantu mendorong produksi ASI lebih banyak lagi. Ini menyebabkan produksi ASI sangat bergantung pada kesanggupan Ibu memompa.

Pemberian Susu Formula untuk Bayi Prematur Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan


Meski pada beberapa kasus, bayi prematur membutuhkan susu formula, namun pemberian susu tambahan ini tidak bisa dilakukan sembarangan ya, Bu. Orangtua tetap perlu mendapatkan rekomendasi langsung dari dokter ketika akan memberikan susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk. Hal ini karena kemampuan mengisap, bernapas, dan menelan bayi prematur belum matang sempurna. Ia juga lebih sulit mempertahankan keseimbangan air dalam tubuhnya, yang membuatnya lebih rentan mengalami dehidrasi atau justru overhidrasi. Bayi prematur juga mudah kehilangan banyak air melalui kulit atau saluran pernapasannya. Ini karena organ ginjalnya belum bisa bekerja secara optimal untuk mengontrol asupan cairan dalam tubuhnya. Maka dari itu, pemberian susu formula untuk bayi prematur perlu mengikuti petunjuk dari dokter.

Tidak seperti ASI, susu formula cenderung lebih sulit dicerna oleh bayi prematur. Jika diberikan sembarangan, dikhawatirkan pemberian susu ini justru akan membahayakan usus dan pencernaannya yang masih belum siap menerima protein susu sapi yang terkandung dalam sufor. Karena bayi prematur umumnya belum bisa menelan dengan baik, biasanya pemberian susu akan dilakukan lewat saluran kecil yang melewati mulut atau hidung menuju perut.

Susu Formula untuk Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk


Susu formula untuk bayi prematur biasanya juga berbeda dari susu formula untuk bayi yang lahir cukup bulan. Susu khusus untuk bayi prematur ini dibuat lebih tinggi nutrisi sehingga dapat membantu bayi mengejar ketertinggalan berat badannya. Ada beberapa jenis susu formula yang bisa diberikan untuk bayi prematur. Ini biasanya disesuaikan dengan waktu kelahiran si bayi.

1. Preterm formula

Preterm formula biasa disebut juga sebagai susu formula khusus untuk bayi prematur. Susu ini biasanya digunakan oleh bayi yang lahir saat usia kehamilan Ibu kurang dari 32 minggu atau ketika bayi tersebut lahir dengan berat badan kurang dari 1,5 kg. Preterm formula mengandung kalori, protein, lemak, vitamin, serta mineral yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu formula untuk bayi pada umumnya. Berbagai kandungan tersebut dibutuhkan bayi prematur untuk mengejar laju tumbuh kembangnya agar bisa mendekati bayi yang lahir cukup bulan. Preterm formula biasanya dikonsumsi bayi saat masih menjalani perawatan medis di rumah sakit.

2. Post-discharge formula

Setelah bayi sudah mendapat izin untuk keluar dari rumah sakit dan menjalani perawatan di rumah, dokter mungkin akan merekomendasikan susu formula khusus yaitu post-discharge formula. Susu formula ini biasanya dikonsumsi bayi beberapa bulan pertama selama dirawat di rumah sampai ia siap mengonsumsi susu formula biasa atau ASI Ibunya. Kandungan susu formula satu ini juga lebih kaya jika dibandingkan sufor biasa.

3. Regular formula

Susu formula reguler ini adalah sufor yang banyak dikonsumsi bayi-bayi yang lahir cukup bulan. Biasanya bayi prematur yang lahir di usia kehamilan antara 34 sampai 36 minggu diberikan susu formula ini atau susu formula transisi. Pemberian sufor reguler tetap perlu rekomendasi dari dokter, ya, Bu. Ini karena banyak bayi prematur yang memiliki masalah pencernaan atau alergi protein dari susu sapi. Jika ia mengalami alergi, biasanya ia juga tidak bisa minum sufor biasa. Pilihan susu formula non-dairy, ada yang terbuat dari kacang kedelai atau susu soya. Susu formula ini mengandung protein yang bebas laktosa sehingga berisiko lebih rendah menyebabkan alergi.

Namun, sayangnya, susu formula dari kacang kedelai yang beredar di pasaran saat ini kebanyakan dirancang untuk bayi yang lahir cukup bulan, sehingga kemungkinan tidak mengandung nutrisi dalam jumlah yang dibutuhkan bayi prematur. Maka dari itu, penting untuk selalu berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum memberikan susu formula untuk bayi prematur.

Saat ini ada banyak merek susu formula di pasaran. Berikut ini beberapa rekomendasi merek susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk. Ibu, yuk, simak!

Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Sekali lagi, pastikan Ibu dan Ayah sudah mendapat “lampu hijau” dari dokter sebelum memberikan susu formula untuk bayi prematur ya. Nah, di bawah ini adalah rekomendasi beberapa susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk:

1. Enfamil A+ Premature


Enfamil A+ Premature termasuk salah satu susu formula yang paling direkomendasikan untuk bayi prematur. Susu ini dirancang khusus untuk bayi prematur berusia 0 sampai 12 bulan. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat komplit dan teruji mampu mendukung perkembangan otak bayi, seperti kandungan DHA dan ARA. Tak hanya itu, Enfamil A+ Premature juga dilengkapi dengan prebiotik GOS yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan bayi. Ada juga kandungan whey protein yang membantu melengkapi kebutuhan nutrisi bayi yang memiliki berat badan lahir rendah. Susu ini diproduksi oleh Mead Johnson yang sudah berpengalaman dalam bidang nutrisi pediatrik selama lebih dari 100 tahun.

Dapatkan Enfamil A+ Premature di e-commerce berikut ini:

2. Lactogen Premature dan BBLR


Pilihan lain susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk adalah Lactogen Premature dan BBLR --dulunya bernama PreNan. Susu ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi prematur serta membantu mengejar ketertinggalan berat badan karena kandungan kalorinya yang tinggi. Jumlah kalorinya adalah 80 kalori untuk setiap 100 ml susu. 

Dapatkan  Lactogen Premature dan BBLR di e-commerce berikut ini:

3. Similac Neosure


Susu formula Similac Neosure ini termasuk jenis post discharge formula, sehingga susu ini dirancang untuk bayi dengan riwayat prematur dan berat badan lahir rendah yang sudah keluar dari rumah sakit, namun masih harus dirawat di rumah. Susu ini mengandung banyak nutrisi, seperti zat besi yang dapat bermanfaat menunjang sistem imun bayi. Similac Neosure diberikan dokter sebagai pengganti ASI jika pemberian ASI tidak memungkinkan. Atau bisa juga diberikan sebagai booster, bersamaan dengan pemberian ASI. Perlu diingat bahwa susu ini hanya bisa dikonsumsi di bawah pengawasan dokter. Jadi porsi dan waktu pemberiannya tidak bisa sembarangan.

Dapatkan Similac Neosure di e-commerce berikut ini:

4. SGM BBLR Presinutri


Rekomendasi lain susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk adalah SGM BBLR Presinutri. Seperti susu lain yang memang khusus untuk bayi prematur, susu ini juga mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Di dalamnya terdapat kalsium, protein, zat besi, serta berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk mendukung kebutuhan nutrisi bayi prematur.

Dapatkan SGM BBLR Presinutri di e-commerce berikut ini:

5. Nutribaby Royal Premature


Susu formula Nutribaby Royal Premature ini dikhususkan untuk bayi berusia 0 hingga 6 bulan dengan kondisi lahir prematur atau berat badan lahir rendah. Kandungan di dalamnya tak perlu diragukan lagi. Di setiap 100 ml susu, terdapat 2,5 gram protein, 4,4 gram lemak, 7,6 gram karbohidrat, dan berbagai kandungan asam lemak esensial lain yang tentunya bermanfaat untuk membantu si kecil mengejar ketertinggalan berat badan.

Dapatkan Nutribaby Royal Premature di e-commerce berikut ini:

6. Nutricia Infatrini


Nutricia Infatrini merupakan susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk. Susu ini dilengkapi dengan kalori tinggi serta berbagai nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi. Nutricia Infatrini dibuat untuk bayi berusia 0 sampai 12 bulan dengan gangguan pertumbuhan. Susu formula satu ini juga disarankan untuk dikonsumsi bayi dengan masalah penyakit jantung, bronchopulmonary dysplasia, atau inflamasi.

Dapatkan Nutricia Infatrini  di e-commerce berikut ini:

7. Nutricia Neocate


Nutricia juga memiliki produk yang khusus dibuat untuk bayi yang alergi susu sapi atau intoleransi protein, yaitu Nutricia Neocate. Kandungan utama Nutricia Neocate adalah asam amino yang mudah dicerna serta tidak menimbulkan alergi. Susu formula ini diformulasikan khusus untuk bayi berusia 0 sampai 12 bulan. Tidak seperti kebanyakan susu formula pada umumnya, susu Nutricia Neocate hanya bisa dibeli di apotik sesuai rekomendasi dari dokter.

Dapatkan Nutricia Neocate di e-commerce berikut ini:

Lama Waktu Pemberian Susu Formula untuk Bayi Prematur

Setelah mengetahui rekomendasi susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk, mungkin para orangtua akan bertanya, sampai kapan bayi prematur diberikan susu formula? Sebenarnya jawabannya bisa beragam, ada yang hanya 3 bulan, 6 bulan, bahkan sampai 12 bulan. Semua tergantung pada kebutuhan bayi serta kondisi kesehatan dan tumbuh kembangnya. Biasanya bayi prematur akan diberikan sufor sampai hari perkiraan lahir yang sesungguhnya tiba. Namun sekali lagi, setiap bayi bisa saja berbeda. Yang terpenting, pemberian susu formula harus berada di bawah pengawasan dokter anak ya, Bu. Jangan ragu untuk berkonsultasi apapun terkait kebutuhan bayi terutama bayi yang lahir dengan berat badan rendah atau prematur.

Penulis: Darin Rania
Editor: Dwi Ratih