Balita

9 Rekomendasi Blender untuk Mpasi Multifungsi dan Terjangkau

9 Rekomendasi Blender untuk Mpasi Multifungsi dan Terjangkau

Rekomendasi blender untuk MPASI tersedia dengan berbagai macam merk dan kegunaannya. Salah satu perlatan MPASI yang paling dicari ini dianggap bisa memudahkan orangtua dalam menyiapkan makanan padat si kecil yang usianya masuk 6 bulan. Tentu saja tekstur harus disesuaikan dengan umur si kecil dan kenaikan tekstur perlu terus dipantau supaya keterampilan mengunyahnya semakin baik.

Bolehkah Mpasi diblender?


Sebenarnya, menggunakan blender atau tidak saat membuat mpasi si kecil adalah sebuah pilihan. Ibu tetap bisa menggunakan barang apa saja yang ada di rumah untuk membuat makanan si kecil. Namun tentu saja menggunakan blender dapat lebih mempermudah dan mempersingkat waktu Ibu saat membuat mpasi si kecil.

Karena kemudahan dan kepraktisan inilah rekomendasi blender untuk mpasi tersedia berbagai macam. Tekstur yang didapatkan pada setiap merk blender juga pasti berbeda-beda dan tidak bisa disamakan. 

Lalu sebenarnya, bolehkah mpasi diblender? Melansir dari laman Whole Some Baby Food Momtastic, blender biasanya tersedia dengan beragam jenis dan kegunaan. Ada yang dapat bekerja dengan baik untuk memproses es yang keras hingga biji-bijian. 

Namun tentu saja dapat digunakan untuk menghaluskan makanan terutama mpasi yang biasanya bahan makanan yang akan diproses harus dikukus atau direbus terlebih dahulu sehingga akan lebih empuk dari biasanya. 

Memproses makanan bayi Ibu dengan cara diblender memanglah aman dan menghasilkan makanan pendamping ASI bertekstur halus, namun blender tidak cocok digunakan saat jumlah makanan yang diproses jumlahnya sedikit mengingat tabung blender biasanya berukuran cukup besar. Ini akan membuat blender bekerja tidak sempurna sehingga menghasilkan tekstur makanan yang tidak terlalu halus dan menyebabkan blender rentan terhadap kerusakan.

Tips Mengolah Mpasi dengan Blender


Bila harus menggunakan blender, maka buatlah makanan si kecil dengan jumlah atau porsi yang tidak terlalu sedikit supaya tekstur yang dihasilkan sesuai dan blender Ibu tetap awet. Ada beberapa tips mengolah mpasi dengan blender yang dikutip melalui laman What to Expect berikut ini:

1. Bahan Makanan Diproses Terlebih Dahulu

Memproses dengan blender tidak serta merta langsung mencampurkan bahan makanan secara langsung, ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti sayur dan buah harus dikukus atau direbus terlebih dahulu supaya lebih empuk, pastikan pintar dalam memilah sayur dan buah apa saja yang perlu untuk direbus atau dikukus (pisang, alpukat, jeruk, dan semacamnya sebaiknya tidak direbus atau dikukus). 

Jika memilih protein seperti daging-dagingan, sebelum dicampur dengan bahan lain pada blender, ada baiknya dimasak terlebih dahulu (dikukus atau direbus). Rekomendasi blender untuk mpasi dengan fitur multifungsi juga sudah banyak tersedia untuk memudahkan para Ibu.

2. Letakkan pada Tempat Penyimpanan yang Aman

Ibu bisa langsung membuat makanan si kecil untuk dua hingga tiga hari dengan catatan penyimpanannya benar sehingga makanan tidak mudah basi dan berubah rasa. Saat menggunakan blender, biasanya sisa makanan yang belum dimakan si kecil dapat Ibu kemas lagi di tempat penyimpanan mpasi khusus atau dapat diletakkan pada ice cube terlebih dahulu. 

Makanan bayi akan lebih aman bila diletakkan di freezer dalam keadaan tertutup supaya tidak bercampur rasa dan aroma dengan bahan makanan lainnya. Supaya lebih hemat, Ibu bisa mengecek rekomendasi blender untuk mpasi apa saja yang dilengkapi dengan wadah penyimpanan ya.

3. Panaskan dengan Cara yang Tepat

Sangatlah praktis bila Ibu dapat langsung membuat mpasi dalam jumlah yang banyak, namun pastikan makanan tersebut disimpan secara benar. Untuk memberikannya lagi kepada si kecil, Ibu bisa memanaskan ulang makanannya dengan cara dituang dalam panci lalu dipanaskan langsung di atas kompor. 

Selain dengan cara tersebut, Ibu juga bisa mencari rekomendasi blender untuk mpasi dengan fungsi tambahan seperti menghangatkan makanan supaya makin praktis.

Rekomendasi Blender untuk Mpasi

Berbagai macam merk blender yang tersedia merupakan rekomendasi blender untuk mpasi terbaik karena sudah pasti teruji klinis dan aman untuk digunakan. 

Dalam memilih blender mpasi sebaiknya Ibu memperhatikan juga keamanan bahan yang digunakan seperti sudah BPA free dan Food Grade, serta yang lebih penting lagi adalah memilih blender mpasi sesuai kebutuhan. 

Rekomendasi blender terbaik makanan bayi berikut ini dapat membantu Ibu dengan mudah dan praktis untuk memproses mpasi nantinya, dilansir dari berbagai sumber:

1. Blender Mpasi Baby Safe


Baby safe salah satu rekomendasi blender untuk mpasi terbaik dan memiliki banyak varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Ibu dalam mengolah mpasi si kecil. Berikut ini adalah varian blender mpasi Baby Safe disertai dengan rincian harga dan kegunaannya:

Baby Safe LB012 Baby Food Maker 6 in 1

Salah satu rekomendasi blender untuk mpasi dengan fitur komplit dan unik adalah jenis LB012 yaitu dengan fungsi beragam seperti mengukus, blender, mencairkan, menghangatkan, merebus telur, hingga proses sterilisasi alat makan si kecil. 

Blender ini memiliki sistem pengukusan 360 derajat untuk hasil kukusan yang matang sempurna, terbuat dari bahan tritan food grade tahan panas, sudah BPA free, aman digunakan untuk mengolah makanan si kecil, dan menggunakan 4 mata pisau tajam untuk hasil blend yang merata. 

Selain itu, blender ini memiliki sistem canggih seperti Anti-Dry yang akan membuat mesin mati secara otomatis bila air untuk mengukus telah habis sebelum waktunya. Kisaran harga yang ditawarkan di marketplace adalah Rp 695,000.

Baby Safe LB02 Digital Food Maker Blender

Ada tiga fungsi utama blender mpasi baby safe yang satu ini yaitu dapat digunakan untuk mengukus, menghaluskan (blend), dan proses sterilisasi alat makan si kecil. Blender juga terbuat dari bahan yang aman dan tahan panas serta dilengkapi dengan sistem Anti-Dry. Harga di pasaran dapat dibandrol hingga Rp 700,000-an tergantung dari toko yang dituju ya Ibu.

Baby Safe Smart Baby Food Processor 

Bentuknya lebih kecil dari blender Baby Safe varian lainnya sehingga membuat blender yang satu ini menjadi rekomendasi blender untuk mpasi yang mudah dibawa kemana saja. 

Fitur yang diunggulkan adalah double safety lock yang akan memastikan Ibu memasang alat ini dengan tepat dan aman sebelum siap digunakan. Kegunaan utama blender ini adalah menghaluskan berbagai macam makanan padat, buah, hingga sayuran. Blender ini dibandrol dengan harga antara Rp 280,000 ke atas.

Baby Safe Food Maker LB003

Blender baby safe seri LB003 memiliki keunikan dapat memproses makanan si kecil lebih praktis. Masukkan bahan makanan yang dibutuhkan, kukus sesuai waktu yang Ibu tentukan, kemudian tanpa harus memindahkannya terlebih dahulu ke tempat lain, Ibu bisa langsung menghaluskannya. 

Kisaran harga yang ditawarkan adalah Rp 605,000 atau lebih.

Baby Safe Rocket Blender LB611

Rekomendasi blender untuk mpasi yang unik dengan fungsi khusus ada pada merk yang satu ini. 

Keunikannya terletak pada dua tabung dengan mata pisau yang berbeda serta dengan fungsi yang berbeda yaitu dapat menghaluskan makanan atau bahan kering menggunakan grinding blade, sementara makanan atau bahan makanan yang mengandung air dapat menggunakan blending blade. 

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yaitu Rp 378,900 atau tergantung toko yang menawarkannya.

Baby Safe CP001 Food Chopper 

Rekomendasi blender untuk mpasi dengan fitur manual tanpa listrik bisa Ibu dapatkan pada jenis blender Baby Safe CP001 Food Chopper. Selain manual, blender ini berukuran mini sehingga pas untuk mengolah mpasi yang tidak terlalu banyak. 

Meskipun bentuknya yang tidak terlalu besar dan manual namun blender Baby Safe ini dapat digunakan untuk menghaluskan buah, sayur, hingga daging. Blender manual ini mudah dibersihkan dan mudah dibawa kemana saja lho Bu. Harganya juga sangat terjangkau yaitu kisaran Rp 79,900 saja. 

2. Blender Mpasi Crown


Blender mpasi Crown juga memiliki beberapa varian yang memiliki fungsi extra selain hanya menghaluskan makanan si kecil. Berikut ini adalah beberapa varian yang dapat Ibu jadikan rekomendasi blender untuk mpasi selanjutnya.

Crown CR-4038 3in1 Food Processor

Blender mpasi Crown seri CR-4038 memiliki tiga kegunaan sekaligus yaitu mengukus, menghaluskan makanan, dan memasak hanya dengan menggunakan satu alat ini saja. Blender ini terbuat dari bahan yang aman, model yang modern, low watt, BPA Free, anti bakteri, aman, mudah digunakan, dan mudah dibersihkan. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 550,000 ke atas.

Crown Easy Blend Multi Mini Chopper (CR-3038)

Memiliki fungsi utama hanya untuk menghaluskan bahan makanan mpasi si kecil saja namun tetap dilengkapi dengan fitur menawan. Rekomendasi blender untuk mpasi yang memiliki varian putaran lengkap jatuh kepada jenis ini karena terdiri dari tiga pilihan putaran yaitu putaran sedang, putaran cepat, dan pulse. 

Variasi putaran tersebut dapat Ibu gunakan untuk menyesuaikan tekstur mpasi yang sesuai dengan fase si kecil saat ini. Blender mpasi Crown adalah blender hemat listrik karena daya yang kecil yaitu 130 watt saja. Untuk harga, blender mpasi Crown jenis ini dibandrol dengan kisaran harga Rp 247,000 ke atas.

Crown Wet & Dry Multifunction Food Processor (CR-738)

Sesuai namanya, blender mpasi Crown seri CR-738 memiliki kegunaan menghaluskan bahan makanan kering dan basah dengan dilengkapi dua tabung serta mata pisau berbeda. Selain BPA free, Crown juga memberikan 6 cup gratis untuk menyimpan mpasi olahan Ibu. Harga yang ditawarkan untuk merk ini adalah Rp 335,000.

3. Blender Mpasi Oonew


Rekomendasi blender untuk mpasi berikut ini adalah blender mpasi Oonew yang menawarkan blender dengan 6 kegunaan dalam satu alat saja yaitu untuk mengukus, menghaluskan, proses sterilisasi, memanaskan atau menghangatkan, menjaga tetap hangat, hingga mampu membersihkan kerak. 

Teknologi canggih yang ditawarkan seperti 6 in 1 Full Digital Smart Timer System with Smart Touch Button akan membuat Ibu makin mudah mengolah mpasi si kecil. Harga yang di tawarkan di pasaran berkisar Rp 1,400,000 ke atas.

4. Blender Mpasi Avent


Phillips Avent mengeluarkan dua jenis blender mpasi yang tak kalah canggih dan multi fungsi yang menjadikan merk ini menjadi salah satu rekomendasi blender untuk mpasi terbaik. Varian yang ditawarkan seperti:

Philips Avent SCF870-20 Combined Steamer & Blender

Blender mpasi Avent jenis SCF870-20 memiliki fungsi utama sebagai pengukus dan penghalus makanan dengan daya yang diperlukan adalah 400 watt. Blender mpasi Avent juga memiliki double safety lock sehingga aman digunakan. Harga yang ditawarkan adalah kisaran Rp 1,900,000 ke atas.

Steamer AVENT Blender Mpasi Essential Baby Food Maker

Blender mpasi Avent yang satu ini memiliki Unique Steam And Blend Technology atau teknologi uap yang akan membantu Ibu mengolah mpasi si kecil dengan lebih sehat. Harga yang ditawarkan hampir sama dengan jenis sebelumnya yaitu Rp 1,900,000 ke atas.

5. Blender Mpasi Little Giant


Blender Mpasi Little Giant dapat menjadi salah satu rekomendasi blender untuk mpasi dengan harga yang cukup terjangkau namun dengan fungsi yang tak kalah bagus dengan merk lainnya. Untuk Little Giant Hand Blender dibandrol dengan harga Rp 175,000 keatas, Little Giant Top Mini Chopper dengan harga Rp 300,000 ke atas, dan Little Giant Green Baby Food Processor berkisar Rp 600,000-an.

6. Baby Bullet Blender Food Processor


Bagi Ibu yang menyukai blender mpasi dengan desain yang unik dan super cute, Nutribullet Baby Bullet Food Processor Blender bisa menjadi rekomendasi blender untuk mpasi yang sangat tepat. Blender yang satu ini dilengkapi dengan banyak tabung dengan fungsi menghaluskan bahan basah dan juga kering. 

Salam satu paketnya, Ibu juga akan mendapatkan spatula khusus serta enam buah tempat penyimpanan mpasi si kecil dan harga yang dibandrol kisaran Rp 800,000 ke atas.

7. Boboduck 4 in 1 Baby Food Blender


Rekomendasi blender untuk mpasi berikut ini memiliki empat fungsi utama yang komplit dan juga unik seperti menghaluskan makanan, mensterilkan botol susu, menghangatkan susu, dan mengukus telur. Desain blender Boboduck sangat modern dan futuristik. 

Harga yang ditawarkan untuk blender multifungsi ini cukup terjangkau yaitu Rp 699,000.

8. IQ Baby 9 in 1 Smart Baby Food Processor


Ingin tahu rekomendasi blender untuk mpasi yang super komplit? Ibu bisa mencoba merk IQ Baby 9 in 1 dengan beragam fitur canggih yang ditawarkan seperti mengukus, mencincang, menghaluskan makanan, menghangatkan makanan, menghangatkan botol susu, merebus telur, mencairkan makanan beku, sterilisasi, dan sistem auto cleaning yang mengagumkan. 

Blender cerdas ini dibandrol dengan harga yang wajar karena fungsinya yang cukup banyak yaitu kisaran Rp 800,000 atau lebih.

9. Babymoov Nutribaby Classic


Rekomendasi blender untuk mpasi selanjutnya dibandrol dengan harga yang cukup tinggi yaitu kisaran Rp 2.000.000 ke atas namun memiliki fungsi yang cukup canggih. Blender atau food processor Babymoov memiliki desain yang tak biasa yaitu blender yang sejajar dengan kukusannya. 

Ibu juga bisa mengukus dan menghaluskan makanan dalam waktu yang bersamaan sehingga lebih praktis dan hemat waktu. Fungsi lain blender ini adalah dapat menghangatkan makanan, melakukan sterilisasi, hingga mencairkan bahan makanan beku.

Editor: Dwi Ratih