Balita

Anak Bosan Bermain Sendirian? Ternyata Ada Manfaatnya, Lho!

Anak Bosan Bermain Sendirian? Ternyata Ada Manfaatnya, Lho!

Bermain merupakan aktivitas si kecil yang dilakukan setiap hari. Bermain bisa dilakukan dengan banyak hal, mulai dari alat atau mainan hingga hal menarik lainnya yang ada di sekitarnya.

Anak-anak biasanya selalu memiliki imajinasi sendiri tentang mainan yang ia mainkan. Bahkan hanya dengan sebuah sendok, anak bisa asyik sendiri bermain dengan imajinasinya.

Tapi, ada kalanya anak mungkin bosan bermain sendirian. Hingga ia mungkin sedikit lebih rewel dan berulang kali mengatakan bosan.

Sebagai orang tua, tentu tidak tega melihat anak terlihat bosan dengan lingkungannya. Namun ternyata anak bosan bermain juga ada manfaatnya lho Bu! Apa saja sih manfaatnya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut yuk!

Anak bosan bermain ada manfaatnya

“Bu, aku lagi bosan nih” si kecil mungkin akan sering mengeluarkan kata-kata tersebut jika ia benar-benar merasa bosan. Ia mungkin akan menunjukkan sikap seperti berbaring di sofa, memainkan jari jemarinya atau bahkan mengganggu Ibu membereskan rumah.

Walau rengekannya tampak membuat Ibu merasa tak tega, tapi ada baiknya jangan langsung mengajak si kecil bermain ya Bu. Melansir Fatherly anak bosan bermain sendirian ternyata punya beragam manfaat.

Anak bosan bermain dapat membuat kerja otaknya jadi lebih maksimal. Sehingga ia akan lebih kreatif dan independen dalam berpikir.

Anak bosan bukanlah suatu hal yang harus dikhawatirkan. Untuk itu berikut adalah beberapa manfaat jika anak bosan bermain sendirian:

1. Membantu anak agar lebih mengenal dirinya sendiri


Anak-anak juga perlu belajar untuk mengenali karakteristik dirinya sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa rasa bosan dapat membantu menumbuhkan rasa ingin tahu, ketekunan, keceriaan, minat, dan kepercayaan diri mereka. Hal ini dapat membantu mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Pada awalnya mereka mungkin akan merengek dan menangis karena bosan. Namun tak perlu khawatir ya Bu, ini merupakan sebuah proses dan si kecil butuh penyesuaian.

2. Orang tua juga bisa merasakan manfaatnya


Nggak hanya bermanfaat bagi anaknya saja lho! Ternyata anak bosan bermain sendiri juga baik bagi orang tuanya.

Sebab tanpa sadar berkutat dengan si kecil setiap hari membuat Ibu hanya memiliki sedikit waktu untuk sekadar ‘bernapas’. Membiarkan anak bosan bermain sendirian dapat memberikan kesempatan bagi orang tua untuk memiliki waktu dalam merenungkan sesuatu termasuk masa depan anak.

Biasanya anak bosan bermain bisa mengakibatkan rewel atau bahkan diam tanpa suara. Nah, inilah waktu yang tepat bagi orang tua agar bisa berpikir jernih atau bahkan jadi ajang me time bagi orang tua selama beberapa menit.

3. Dapat melatih kemandirian anak

Melansir Very Well Family membiarkan anak bosan bermain sendirian juga bisa melatih kemandirian anak. Sehingga ia bisa lebih mandiri dalam menyelesaikan masalahnya sendiri. Termasuk dalam hal memperbaiki mainannya tanpa bantuan orang tua.

4. Meningkatkan konsentrasi anak dan membuat anak lebih siap sekolah


Anak bosan bermain sendirian juga bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasinya sehingga kelak lebih siap bersekolah lho Bu! Apalagi jika ia tipe yang jika bosan lebih suka bermain dengan satu mainan atau bahkan berimajinasi dengan barang yang ada di sekitarnya.

Ketika anak bosan bermain sendirian juga bisa membuat anak lebih siap untuk sekolah, karena orang tua tentu tidak mungkin ikut duduk di kelas bersama mereka setiap hari. Dengan bermain sendirian membuat mereka sudah terbiasa dan siap untuk sekolah, seperti saat kita melepasnya untuk bermain sendirian.

5. Membantu anak jadi lebih kreatif


Melansir Child Mind anak bosan bermain sendirian bisa merangsang otaknya untuk bisa berpikir kreatif. Namun beberapa anak mungkin tidak tahu harus mulai dari mana ketika ia merasa bosan.

Jika itu masalahnya, maka orang tua perlu mengarahkan untuk melangkah dan membantu mereka mengembangkan keterampilan agar bisa memecahkan masalahnya sendiri. Tanyakan kepada mereka apa yang akan mereka lakukan terlebih dahulu, bahan apa yang mereka butuhkan dan langkah apa yang akan mereka ambil.

Anak-anak lain mungkin perlu sedikit dorongan untuk mulai berpikir lebih kreatif. Terutama bagi anak-anak yang jarang melakukan permainan yang menuntut untuk berpikir kreatif seperti bermain lego, puzzle dan lain sebagainya.

6. Bisa mengajarkan anak untuk bisa menenangkan diri sendiri 


Kesal, marah dan tantrum mungkin seringkali kita alami ketika mengurus si kecil. Terutama jika keinginannya tidak sesuai dengan yang ia inginkan.

Untuk itu, manfaat anak bosan bermain sendirian dapat membuat anak berpikir lebih tenang dan mengajarkannya agar bisa menenangkan diri sendiri. Selain itu, anak bosan bermain sendiri dapat membantu mereka lebih fokus memecahkan masalahnya sendiri.

Pada awalnya menghadapi anak bosan bermain sendirian mungkin cukup membuat Ibu merasa tidak tega. Namun, nggak perlu khawatir dengan sering melatih anak melakukan hal ini lambat laun si kecil pun akan terbiasa kok, Bu! Selamat mencobanya di rumah ya.


Editor: Atalya