Balita

Batuk Pilek Tidak Sembuh-Sembuh? Yuk, Ajak Si Kecil Healing Paru-Paru Ke Luar Kota!

Batuk Pilek Tidak Sembuh-Sembuh? Yuk, Ajak Si Kecil Healing Paru-Paru Ke Luar Kota!

Polusi udara belakangan ini dianggap menjadi salah satu penyebab batuk pilek tidak sembuh-sembuh. Bahkan, batuk pilek tidak sembuh-sembuh tak jarang menyebabkan masyarakat terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Jelas, hal ini bahaya sekali untuk kesehatan tubuh kita dan keluarga tercinta ya, Bu. Kualitas udara yang buruk ini, biasanya juga akan diukur menggunakan sistem yang disebut Air Quality Index (AQI) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Indeks Kualitas Udara.

Dikutip dari American Lung Association, AQI bekerja dengan cara melacak ozon (kabut asap) dan polusi (partikel kecil dari abu, pembangkit listrik dan pabrik, knalpot kendaraan, debu tanah, serbuk sari, dan polusi), serta empat polutan udara luas lainnya. Di lebih dari 800 Kota/Kabupaten di seluruh dunia, tingkat polusi udara diukur setiap hari dan diberi peringkat pada skala 0 untuk kualitas udara terbaik hingga 500 untuk tingkat polusi terburuk.

AQI selanjutnya membagi tingkat polusi udara menjadi lima kategori, yaitu; baik, sedang, tidak sehat, buruk dan sangat buruk. Berdasarkan pantauan dari sistem AQI, dalam beberapa bulan belakangan, kualitas udara yang buruk di Jabodetabek inilah yang jadi salah satu penyebab anak batuk pilek tidak sembuh-sembuh.

Nggak heran, hal ini bikin kebanyakan dokter menyarankan agar kita sebaiknya melakukan healing paru-paru sejenak ke luar kota. Supaya setidaknya tubuh dapat menghirup udara yang lebih bersih, agar bisa sembuh dari batuk-pilek yang sangat mengganggu.

Bagaimana dengan indeks kualitas udara di Indonesia?

Menurut IQAir berdasarkan data tanggal 5 Agustus 2023, ada lima kota di Indonesia yang memiliki indeks kualitas udara buruk. Antara lain Depok (218), Tangerang Selatan (187), DKI Jakarta (167), Kota Tangerang (167), dan Kabupaten Serang (160). 

Artinya, polusi udara di Depok Sangat Buruk/Sangat Tidak Sehat. Sementara empat kota lainnya berada di dalam kategori Buruk.

Apakah Ibu dan keluarga tinggal di wilayah-wilayah tersebut? Jika iya, kalau memang ada rezekinya, healing paru-paru ke luar kota mungkin bisa jadi solusi tepat. Ibu dan Ayah bisa memilih destinasi tujuan yang memiliki kualitas udara baik. 

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kok Bu! Beberapa kota di Indonesia masih layak dikunjungi bagi anak yang mengalami batuk pilek tidak sembuh-sembuh.

Rekomendasi destinasi tujuan healing paru-paru

Mengajak anak batuk pilek healing ke luar kota terdengar menyenangkan, bukan? Meskipun kenyataannya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari persiapan finansial, fisik, sampai mental pun dibutuhkan. 

Terlebih jika anak masih berusia balita, tentunya jauh lebih repot karena barang-barang yang harus dibawa pun lebih banyak. Namun, demi mengatasi batuk pilek tidak sembuh-sembuh alternatif healing paru-paru ini layak untuk dipertimbangkan. 

Setidaknya per tanggal 25 Agustus 2023, berdasarkan data IQAir, inilah kota-kota di Indonesia yang memiliki indeks kualitas udara baik. Penasaran kota mana sajakah itu?

1. Indrapuri, Aceh Besar, DI Aceh

Dengan indeks kualitas udara di angka 15 (Baik), Indrapuri menjadi kawasan yang memiliki udara terbaik di Indonesia. Menjadi bagian dari Kabupaten Aceh Besar, ada banyak destinasi wisata alam menarik yang bisa Ibu kunjungi bersama si kecil di Indrapuri. Salah satu yang paling terkenal, yaitu objek wisata air terjun Mon Ceunong.

2. Mamuju, Sulawesi Barat

Mamuju adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Barat. Wilayah ini direkomendasikan untuk menjadi destinasi tujuan healing bagi anak yang mengalami batuk tidak sembuh-sembuh, karena indeks kualitas udaranya berada di angka 16 yang berarti Baik. 

Di Mamuju, Ibu dan Ayah bisa mengajak si kecil berkeliling ke pantai-pantai yang indah, seperti Pantai Dato Majene, Pantai Tapandullu, Pantai Manakarra, dan lainnya!

3. Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung

Jika Indrapuri dan Mamuju terlalu jauh dari tempat tinggal Ibu dan Keluarga di Jakarta, maka Pangkalpinang bisa menjadi opsi destinasi healing paru-paru bagi anak yang mengalami batuk pilek tidak sembuh-sembuh. Berada di urutan ketiga kota dengan indeks kualitas udara baik di Indonesia, Ibu bisa mengunjunginya bersama keluarga via udara dengan durasi perjalanan kurang lebih 75 menit saja.

4. Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Selanjutnya, ada Kota Kupang dengan indeks kualitas udara 26 (Baik) yang bisa dikunjungi untuk mengatasi batuk pilek tidak sembuh-sembuh. Berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kota ini menawarkan banyak objek wisata yang menarik dikunjungi. Mulai dari Pantai Pasir Panjang, Pantai Tablolong, Pantai Lasiana, Gua Kristal, hingga Air Terjun Oenesu.

5. Desa Salimbatu, Kab. Bulungan, Kalimantan Utara

Ingin berpetualang lebih jauh? Ibu dan Ayah bisa mengajak si kecil mengunjungi Desa Salimbatu di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Wilayah ini memiliki indeks kualitas udara baik di angka 28. Selain efektif mengatasi batuk pilek tidak sembuh-sembuh, berlibur ke wilayah ini juga bisa memberi kesempatan si kecil untuk memelajari tempat-tempah bersejarah di sana, seperti Masjid Sultan Kasimuddin, Rumah Adat Tidung, dan lainnya.

Tips traveling bersama anak-anak


Healing paru-paru direkomendasikan para dokter, agar anak yang mengalami batuk pilek tidak sembuh-sembuh bisa menghirup udara dengan kualitas lebih baik. Namun, menjaga kesehatan anak-anak selama liburan ternyata tidak semudah itu. 

Mengutip Kids Health, perjalanan yang jauh justru bisa membuat si kecil jenuh dan rentan sakit karena harus beradaptasi dengan tempat baru, waktu tidur, serta makanan dan minuman yang tidak biasa dikonsumsi.

Untuk itu, Ibu dan Ayah perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum mengajak si kecil healing ke luar kota, yaitu:

  • Siapkan anggaran dana dengan detail
  • Buat itinerary yang rinci, sehingga Ibu bisa mengatur perjalanan lebih efektif dan efisien
  • Pilih penerbangan dengan jam yang sesuai dengan waktu istirahat si kecil, sehingga ia bisa tidur selama perjalanan
  • Siapkan makanan dan minuman sendiri dari rumah, terutama jika si kecil memiliki alergi tertentu
  • Pastikan baju, obat-obatan, dan mainan si kecil tidak ada yang tertinggal
  • Jika kondisi batuk pilek tidak sembuh-sembuh justru memburuk, segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat

Anak batuk pilek tidak sembuh-sembuh memang bikin galau, ya Bu. Terlebih jika Ibu sudah memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter, dan memberikan obat sesuai dengan yang dianjurkan. 

Mengajak si kecil healing paru-paru ke luar kota bisa menjadi alternatif yang tepat. Siapa tahu sepulang berlibur, masalah batuk pilek tidak sembuh-sembuh bisa teratasi dengan efektif.

Editor: Aprilia