Rekomendasi

Belajar Kelola Keuangan, Yuk, Follow Akun Instagram Finansial Berikut

Belajar Kelola Keuangan, Yuk, Follow Akun Instagram Finansial Berikut

Ibumin mau cerita sedikit nih, Bu. Beberapa bulan lalu, Ibumin sempat galau karena seringkali keteteran mengelola keuangan keluarga.

Belum ada satu bulan, entah kenapa gaji Ibumin tau-tau sudah habis saja. Padahal kayaknya Ibumin nggak beli barang apapun, deh!

Curiga keuangan keluarga sedang ‘bocor alus’ nih. Langsung aja Ibumin bebenah diri, dan belajar cari tahu cara mengelola keuangan keluarga yang benar dengan lebih baik.

Jujur, Ibumin kebantu banget dan ‘kebocoran’ itu dapat diatasi dengan cepat. Rahasianya cuma satu, Ibumin banyak follow beberapa akun Instagram finansial.

Belajar bagaimana cara mengelola uang dengan baik dan bagaimana harus ‘menambal’ kebocoran tersebut. Pernah di posisi yang sama seperti Ibumin? Cus, follow rekomendasi akun Instagram finansial berikut, agar kamu makin melek soal finansial personal maupun keluarga.

Rekomendasi akun Instagram finansial

1. Felicia Putri Tjiasaka


Photo source: @feliciaputritjiasaka

Felicia Putri Tjiasaka, pada awalnya lebih rajin membagikan ilmu finansialnya di Youtube. Namun, kini ia pun lebih sering membagikan ilmunya lewat akun Instagram.

Felicia rajin membagikan teknik perencanaan keuangan yang dikemas dalam berbagai konten menarik di akun Instagramnya. Terdapat pula berbagai macam tips terkait investasi yang bisa dilakukan untuk generasi muda.

Felicia juga aktif bekerja sama dengan para brand untuk membagikan ilmu finansial secara gratis. Apalagi, Felicia yakin masih banyak generasi muda dan bahkan pengantin baru yang masih sulit mengatur finansial mereka.

Jadi, akun Instagram finansial @feliciaputritjiasaka dijamin bakalan bantu Ibu mengelola keuangannya setiap bulan. Psst, Felicia juga sering menyelipkan beberapa konten terkait teknik traveling on budget, lho. Nah, jangan lupa follow, ya!

2. Ellen May


Photo source: @ellenmay_official

Jika bicara soal keahlian mengatur keuangan, Ellen May merupakan salah satu jagoannya. Selain jago dalam mengatur keuangan, @ellenmay_official juga aktif menjadi founder @beyondmoney.id dan @emtrade_id yang merupakan platform untuk edukasi saham. 

Nggak hanya itu, Ellen juga telah mendirikan organisasi bernama Ellen May Institute. Akun Instagram finansial Ellen ini, sudah memiliki 358 K followers, lho! Karena, isi akun Instagram Ellen punya topik menarik yang sangat beragam, mulai dari membahas finansial keluarga hingga pasar modal. 

3. Prita Hapsari Ghozie 

Photo source: @pritaghozie

Yes! Nama Prita Ghozie memang nggak asing lagi di telinga kita ya Bu. Akun Instagram finansial planner yang satu ini sering wara-wiri di FYP Instagram kita.

@pritaghozie, rajin membagikan tips dan cara mengelola pemasukan dan pengeluaran setiap hari, termasuk finansial keluarga. Perempuan lulusan Master of commerce The University of Sydney, Australia ini juga sering tak membagikan tips dalam berinvestasi dan mengelola keuangan secara bijak. 

Selain itu, ia juga mendirikan @zapfinance, yang merupakan sebuah badan perencana keuangan independen yang sudah memiliki 233 K followers. Kamu sudah follow belum, Bu?

4. Annisa Stevani


Photo source: @annisast

Rekomendasi akun Instagram finansial selanjutnya adalah @annisast, yang merupakan influencer sekaligus financial planner bersertifikat. Annisa aktif membagikan ilmu mengenai cara mengatur keuangan dan bagaimana gaji bulanan kita cukup untuk memenuhi kebutuhan, meski pengeluaran sedang bengkak.

Annisa sendiri mengaku, dengan ilmu yang ia bagikan harapannya bisa membantu Ibu dan generasi muda lainnya, bisa lebih bijak dalam mengelola finansial atau keuangan. Sehingga nggak lagi menemu kejadian 'bocor alus' ke depannya.

Dalam akun Instagramnya, Annisa juga sering membagikan tips dan kegiatan kesehariannya yang sedikit banyak relate dengan masalah-masalah finansial yang sering kita hadapi. Hebatnya lagi, nggak hanya membahas finansial, beliau juga membagikan kegiatan parenting dan lifehacksnya yang pasti seru banget, deh! 

5. Safir Senduk


Photo source: @safirsenduk

Safir Senduk merupakan seorang Master Financial Planner bersertifikat, yang aktif membagikan teknik rencana keuangan dalam akun Instagramnya @safirsenduk. Selain sering membagikan inspirasi keuangan di Instagram, ia juga cukup aktif di Youtube.

Akun Instagram finansial Safir Senduk juga sering membagikan tips-tips mengenai bagaimana cara mengatur keuangan keluarga yang baik, dan bisa membantu Ibu terhindar dari hutang dan masalah keuangan lainnya.

Cara menjelaskannya juga sangat mudah dipahami, sehingga nggak heran kalau followers Instagramnya juga mencapai 48,4 K dan diikuti dari berbagai macam kalangan. 

6. Putri Madarina

Photo source: @madarina

Putri Madarina atau yang akrab disapa Puma ini merupakan seorang financial planner yang cukup aktif membagikan masalah terkait finansial dalam akun Instagramnya @madarina. Menariknya, Puma lebih sering membagikan informasi seputar tips keuangan berdasarkan kacamata Islam.

Tak hanya itu, ia juga membagikan informasi keuangan sesuai dengan tren yang ada, termasuk drama Korea. Jadi, penyampaiannya bisa lebih menarik dan topiknya juga nggak bikin kita boring.

7. Samuel Ray 


Photo source: @srl789

Samuel Ray cukup dikenal sebagai Bapak Frugal Living yang seringkali membagikan tips seputar karier dan keuangan keluarga. Tak tanggung-tanggung, followers pada Instagram @srl789 sudah tembus 100 ribu lebih, lho!

Ko Sam, begitu ia akrab disapa, juga aktif membagikan bagaimana memanage uang dengan baik lewat beberapa konten-konten di Instagramnya. Nggak hanya itu, ia dan sang istri, Claudya, juga memiliki podcast khusus yang juga membahas perencanaan keuangan dengan konsep frugal living.

Ko Sam, juga kerap membagikan tips seputar investasi, asuransi, saham, dan yang lainnya, Bunda. Ia juga turut membahas seputar financial independence.

Nggak heran, followers Instagramnya kebanyakan anak muda atau orang tua baru yang sedang belajar bagaimana mengelola keuangan dengan lebih baik. 

8. Rainny Amalia 


Photo source: @rainnymalia

Rekomendasi akun Instagram finansial yang terakhir adalah, Rainny Malia. Wanita yang akrab disapa Lia ini, merupakan seorang wealth planner yang sering membagikan konten finansial untuk membantu merapikan keuangan keluarga.

Lia juga punya konten khusus untuk mengingatkan kita betapa pentingnya menabung, sebagai salah satu bagian dari investasi. Saat ini, ia telah memiliki lebih dari 13,7 ribu pengikut.

Tak hanya itu, Rainny juga membuka konsultasi dan kelas keuangan serta kelas lain yang bisa Ibu ikuti seperti; kelas kesehatan keuangan, dana pendidikan anak, rumah pertamaku, hingga investasi lainnya.

Jadi, dari 8 akun Instagram finansial di atas, mana saja yang sudah Ibu follow, nih?