Balita

Bebas Mengembang! Intip 8 Cara Merawat Rambut Keriting Anak

Bebas Mengembang! Intip 8 Cara Merawat Rambut Keriting Anak

Memiliki buah hati berambut keriting, kadang bikin Ibu bingung cara menata rambutnya. Seringkali bikin Ibu sedikit kesulitan dalam menyisir rambutnya yang cenderung lebih mudah kusut.

Karenanya, perlu mencari tahu tentang cara merawat rambut keriting. Uniknya tipe rambut ini membuat cara merawat rambut keriting tidak semudah rambut lurus. 

Apalagi kalau tipe rambut keritingnya termasuk keriting kecil yang cukup rumit untaiannya. Bagaimana ya perawatan rambut keriting anak yang tepat agar tetap ternutrisi dan tidak kering?

Rambut keriting anak


Anak dengan rambut keriting atau bergelombang tidak harus selalu mendapatkan jenis rambut ini dari orang tuanya. Bisa saja dari nenek atau generasi di atasnya.

Rambut keriting juga tidak memandang ras dan warna kulit. Anak yang memiliki rambut keriting tidak harus berasal dari ras tertentu atau warna kulit tertentu. Semua berpotensi memiliki rambut bergelombang atau keriting sekalipun.

Melansir dari Healthline, tipe rambut dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

  • Tipe 1: rambut lurus
  • Tipe 2: rambut gelombang
  • Tipe 3: rambut keriting
  • Tipe 4: rambut keriting koil (jalinan keritingnya lebih kompleks atau untaian keritingnya lebih kecil).

Namun pada dasarnya, rambut tipe 2-4 berpotensi mengalami kering dan susah diatur. Belum lagi tipe rambut tersebut memerlukan perawatan yang berbeda dari rambut lurus.

Biasanya, rambut keriting yang kering berpotensi untuk mengembang dan semakin sulit diatur. Cara merawat rambut keriting dengan tepat akan membantu rambut tetap lembab dan bebas mengembang.

Merawat rambut keriting anak

Berikut tips merawat rambut keriting agar tidak mengembang:

1. Cuci rambut dengan shampo 2 kali seminggu saja


Merawat rambut keriting kering dan mengembang kuncinya ada pada seberapa sering rambut dicuci. Ini karena rambut keriting lebih kering dan shampo akan membuat rambut semakin kering.

Parenting FirstCry menyebutkan bahwa, mayoritas shampo mengandung sulfat atau deterjen yang membuat rambut bersih tapi mengikis minyak alami dan kelembapan rambut. Untuk itu, cara merawat rambut keriting anak sebaiknya dengan mencuci rambut lebih jarang daripada yang berambut lurus.

2. Gunakan conditioner untuk anak

Sebagai cara untuk melembutkan rambut agar semakin mudah diatur, gunakan conditioner untuk anak. Bahkan, disarankan untuk mengunakan conditioner lebih sering dibandingkan mencuci rambut dengan shampo.

3. Hindari menumpuk rambut di atas kepala ketika sedang keramas

Teknik mencuci rambut juga jadi perhatian dalam cara merawat rambut keriting lho, Bu. Biasanya kita terbiasa menumpuk rambut di atas kepala ketika keramas.

Padahal, melansir dari Naturally Curly rambut keriting anak sebaiknya tidak ditumpuk di atas kepala ketika sedang keramas. Ini akan membuat rambut semakin kusut dan susah diatur.

4. Gunakan produk yang mengandung bahan pelembab alami


Produk perawatan rambut juga tidak bisa sembarangan dipilih, lho. Pemilihan produk yang tepat menjadi cara merawat rambut keriting yang benar dan membuat rambut bebas kusut.

Sangat disarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung lemak alami, seperti shea butter, cocoa butter atau mango butter. Minyak alami juga dianjurkan, seperti coconut oil, sunflower oil, atau argan oil.

Produk berbahan dasar air atau jus lidah buaya lebih dianjurkan daripada yang berbahan dasar alkohol. Alkohol akan membuat rambut semakin kering dan mudah mengembang. Untuk cara merawat rambut keriting yang rusak, Ibu bisa memilih produk dengan kandungan silk atau wheat protein.

Pastikan juga untuk menghindari produk dengan kandungan paraben, sulfat dan paragon. Meski beberapa produk anak masih mengandung paraben dalam jumlah normal, namun untuk rambut keriting anak sebaiknya Ibu memilih produk yang bebas kandungan ini.

5. Sisir rambut dalam keadaan basah


Cara merawat rambut keriting adalah hindari menyisir dalam keadaan kering. Untaian rambut akan semakin sulit diurai.

Untuk itu, sisirlah rambut keriting anak dalam keadaan basah. Di momen tidak keramas, gunakan hair lotion untuk membuat rambut basah dan lebih lembut ketika disisir. Cara ini akan memudahkan Ibu untuk mengurai untaian rambut keriting anak.

6. Sisir rambut perlahan dari bagian bawah baru pindah ke bagian atas

Teknik menyisir juga masuk sebagai cara merawat rambut keriting, lho! Karena jalinan rambut lebih rumit, maka menyisir rambut keriting sebaiknya dilakukan dari bagian bawah dulu.

Sisirlah bagian bawah rambut untuk mengurai jalinan di area bawah. Ini juga bertujuan untuk memudahkan penguraian jalinan bagian atas nantinya,

Jika sudah selesai, sisir bagian tengah sampai halus, lalu beralih ke bagian atas dekat kepala. Menyisir rambut keriting mungkin memang membutuhkan waktu, tapi dengan teknik yang tepat penyisiran akan lebih mudah dan tidak merusak rambut.

7. Gunakan sisir dengan permukaan lebar bukan sisir yang bentuknya sejajar


Sisir dengan jenis ini jauh lebih menguntungkan untuk rambut keriting. Selain lebih mudah mengurai jalinan rambut, sisir bentuk ini lebih aman untuk akar rambut karena rambut tidak terlalu tertarik ketika disisir.

8. Bila ingin menggunakan hairdryer, atur suhu paling rendah

Sebisa mungkin keringkan rambut keriting secara alami dan pastikan sudah menyisirnya saat basah. Namun bila memerlukan pemakaian hairdryer gunakan suhu paling rendah untuk meminimalisir kerusakan pada rambut.

Memiliki rambut keriting membutuhkan perawatan yang tidak biasa. Tapi dengan lebih banyak mengetahui cara merawat rambut keriting, orang tua jadi lebih mudah menaklukkan rambut keriting. Bebas mengembang dan rambut tetap sehat.

Editor: Aprilia