Balita

Bikin Meleleh, 10 Tingkah Bayi Lucu Sebelum Berusia 1 Tahun

Bikin Meleleh, 10 Tingkah Bayi Lucu Sebelum Berusia 1 Tahun

Sebelum usianya menginjak satu tahun, tingkah polah bayi lucu selalu ada-ada saja. Bayi kecil yang mulanya ada di dalam perut bisa bertingkah memainkan berbagai ekspresi yang nggak disangka. Ekspresi dan tingkah bayi lucu apa saja yang sukses bikin orang tua meleleh? Simak dulu, yuk.

1. Bayi lucu sedang tersenyum

Sebagai ekspresi penanda kebahagiaan, senyum mudah muncul saat bayi sedang senang. Biasanya bayi akan tersenyum saat orang tua tersenyum juga dan dalam jarak pandang matanya. Bayi berusia kurang dari 3 bulan memiliki jarak pandang yang masih terbatas dan ketika seseorang berada dalam jarak pandangnya sangat mungkin sekali bayi meniru ekpresi wajah orang tersebut. Dilansir dari laman Parents, bayi baru lahir mulai mengikuti ekspresi wajah orang lain dan baru di usia 1 tahun mereka benar-benar paham bahwa yang mereka tirukan itu memiliki arti. Kalau dapat senyuman manis seperti ini, siapa sih yang nggak meleleh?

2. Bayi lucu seolah sedang marah

Bayi seringkali mengerutkan otot wajahnya sebagai bentuk bagian dari ekspresi. Kebanyakan melakukannya saat keheranan, bingung melihat sesuatu yang baru, serius mengejan atau hanya sekedar iseng belaka. Ekpresi bayi lucu yang satu ini sih antara sedang fokus buang air besar atau benar-benar bingung sama orang yang sedang menatapnya. Menurut kamu, bayi ini tampak lucu atau menyeramkan?

3. Bayi lucu menjulurkan lidah

Menjulurkan lidah sebelum bayi berusia 1 tahun dapat berarti banyak hal. Bisa karena tidak nyaman ada sesuatu di mulutnya, atau karena refleks alaminya. Dilansir dari Healthline, bayi terlahir dengan refleks menghisap yang kuat dan digunakan untuk memperoleh makanan. Salah stau bagian dari refleks ini adalah menjulurkan lidah untuk antisipasi tersedak dan membantu melekat pada payudara. Tapi tetap saja, orang tua mana yang tahan melihat bayinya bisa menjulurkan lidah selucu ini?

4. Bayi lucu merenung

Bayi sering tertangkap mata sedang melamun, lho. Ekpresi melamunnya pun membuat orang dewasa mengira bayi-bayi ini sudah bisa memikirkan hal berat. Karena ekpresi melamunnya sudah mirip dengan merenungkan masalah kenegaraan, nih.

5. Bayi lucu sedang cemberut

Cemberut diartikan sebagai kekecewaan. Tetapi, bayi lucu yang cemberutnya seperti ini apakah benar sedang kecewa? Ekspresi ini adalah bagian dari refleks yang terjadi pada mulut bayi. Seringkali tanpa sadar bayi tiba-tiba cemberut. Meski dalam di dalam foto ini bayi cemberut karena sudah bisa melakukanya ketika diminta, tingkah ini tetap saja lucu!

6. Bayi lucu sedang meledek

Tanpa dimaksudkan benar-benar sedang meledek, bayi lucu ini menyentuh kedua sudut bibirnya dengan jari kecilnya. Tampak seperti sedang meledek, ya.

7. Bayi lucu sedang melirik

Lirikan mata bayi bisa jadi maut. Eits, maut yang dimaksud karena bisa bikin hati orang tua jadi meleleh sekaligus perut jadi terkocok karena tingkahnya ini sangat lucu.

8. Bayi lucu suka senyum-senyum saat tidur

Perilaku suka tersenyum saat tidur adalah perilaku yang penting dalam milestone bayi, seperti dilansir pada laman WebMD. Di awal kehidupannya ternyata senyuman saat tidur berarti si bayi lucu sedang kentut! Wah, ada-ada saja ya.

9. Bayi lucu sedang sedih


Bukan maksud ingin meledek, tapi bayi yang sedih bisa jadi kelihatan lucu. Ekspresi yang satu ini akan membuat orang tua meleleh karena perasaan jadi campur aduk antara kasihan dan ingin menahan untuk tidak tertawa.

10. Bayi lucu terkejut

Ekspresi yang satu ini terbilang epic! Bagaimana tidak, mata dan mulut bayi jadi bulat dan membesar saat terkejut. Super kocak!

Tingkah bayi lucu sebelum usianya menginjak 1 tahun banyak melibatkan ekpresi. Selain karena mereka belajar meniru dari orang tua, fase ini terbilang penting karena berkaitan dengan respon bayi terhadap sosialnya. Dengan menunjukkan tingkah dan ekspresi bayi lucu, maka bayi dikatakan normal dan perkembangannya baik.

Walau Gemas, Jangan Lakukan Ini Saat Melihat Bayi Lucu!

  • Menyentuh atau mencubit pipinya. Kita tidak pernah tahu tangan kita dalam keadaan benar-benar bersih atau tidak. Kontaminasi bakteri atau penularan virus dapat terjadi lewat sentuhan orang lain.
  • Mencium bayi sembarangan. Kita perlu meminta ijin terlebih dahulu pada orang tua sebelum mencium bayi. Tetapi akan lebih baik lagi jika tidak melakukan hal tersebut. Karena penularan penyakit juga dapat melalui hidung dan mulut.
  • Memberikan komentar body shamingseperti "Aduh lucu banget sih, tapi hidungnya pesek" atau "ihh gemes deh gembul banget."
  • Membandingkan bayi dengan bayi lainnya, seperti "lucunya kamu dek.. nggak kayak bayinya si itu yang kurus banget." Setiap bayi ditakdirkan berbeda. Jadi tidak perlu dibanding-bandingkan.

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih