Balita

Bulan Vitamin A Kembali Hadir! Yuk Ketahui Manfaatnya Untuk Anak

Bulan Vitamin A Kembali Hadir! Yuk Ketahui Manfaatnya Untuk Anak

Bulan Agustus menjadi bulan yang cukup spesial bagi anak-anak. Sebab, selain dilaksanakannya program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahap II, di bulan ini juga diadakan bulan vitamin A rutin.

Bulan vitamin A sendiri sejatinya diadakan tiap satu tahun dua kali di bulan Februari dan Agustus. Mengingat vitamin A sangat penting manfaatnya bagi tubuh, pemerintah sendiri menjadikan program ini dengan tujuan untuk membantu pemerataan kebutuhan vitamin A untuk bayi dan balita.

Tentunya supaya kebutuhan tubuh anak terhadap vitamin A dapat terpenuhi dengan baik secara merata. Bulan vitamin A ini akan dibagikan tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis ya Bu.

Nah, biasanya kapsul vitamin A sendiri berbentuk seperti kapsul lunak berwarna merah dan biru yang bisa diperoleh di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas ataupun Posyandu. Yuk ketahui lebih jelas mengenai bulan vitamin A dan manfaat lainnya dalam ulasan berikut ini.

Apa saja manfaat vitamin A untuk anak? 

Photo source: Suara Surabaya

Vitamin A adalah salah satu dari vitamin esensial lainnya yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Jika melansir Mom Junction manfaat vitamin A untuk anak sendiri ada banyak di antaranya adalah:

  • Dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak
  • Menjaga kesehatan gigi dan tulang anak
  • Mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka
  • Memelihara kesehatan mata, mencegah rabun senja dan kornea mata
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena vitamin A memiliki sifat antioksidan tinggi
  • Membantu meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, ginjal dan organ penting lainnya
  • Mengurangi risiko munculnya penyakit kronis di kemudian hari.

Jadi, manfaat vitamin A untuk anak bukan hanya untuk memelihara kesehatan mata ya Bu. Melainkan ada manfaat lain yang ternyata baik untuk tubuh anak. Sehingga orang tua diharapkan tidak melewatkan rangkaian pemberian vitamin bulan Agustus tahun ini.

Selain itu, agar kesehatan mata anak tetap terjaga ada baiknya hindari paparan gadget terlalu dini. Sebab, hal ini konon dapat menjadi penyebab gangguan mata pada anak seperti rabun jauh yang akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas si kecil setiap hari.

Dua jenis kapsul di bulan vitamin A 

Di bulan vitamin A, biasanya akan dibagikan secara gratis pada bayi dan balita. Namun melansir website Kemenkes  pemberian vitamin A sendiri tentu harus sesuai dengan usia anak.

Karenanya, di bulan vitamin A para tenaga kesehatan akan memberikan dua jenis kapsul yang berbeda yakni warna merah dan biru. Berikut adalah perbedaannya:

  • Vitamin A kapsul merah (dosis 200.000 IU): diberikan untuk anak usia 12-59 bulan. Vitamin A kapsul merah juga akan diberikan pada Ibu yang sedang dalam masa nifas.
  • Vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU): diberikan untuk bayi usia 6-11 bulan.

Kabar baiknya, tiap bulan vitamin A pemberiannya akan dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Orang tua hanya perlu mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat seperti Rumah Sakit, Puskesmas ataupun Posyandu.

Bahaya kekurangan vitamin A

Mengingat vitamin A memiliki peran yang cukup krusial bagi si kecil, maka orang tua diharapkan untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin A anak-anaknya. Melansir Parenting First Cry jika anak kekurangan vitamin A maka akan sangat memengaruhi tumbuh kembangnya. Risiko ketika si kecil kekurangan vitamin A antara lain adalah:

  • Rentan mengalami kelainan pada mata yang berujung pada kebutaan dini. Kebutaan sendiri menjadi masalah yang cukup krusial di negara berkembang termasuk Indonesia
  • Mudah terserang infeksi seperti infeksi saluran pernafasan akut, campak, cacar air, serta diare yang dapat membuat daya tahan tubuhnya menurun.
  • Rentan mengalami gangguan penyerapan pada usus, sehingga otomatis dapat menghambat penyerapan nutrisi.

Tambahan sumber vitamin A alami lainnya

Meskipun pemerintah sudah memberikan program bulan vitamin A untuk si kecil selama setahun dua kali, namun Ibu tetap perlu memenuhi kebutuhan vitamin A alami yang terdapat pada sumber makanan lain. Melansir WebMD berikut ini adalah makanan yang mengandung sumber vitamin A alami dan dapat Ibu berikan pada si kecil:

  • Produk turunan susu sapi; keju, yoghurt, butter
  • Telur
  • Sayur berwarna oranye-kekuningan seperti wortel, labu kuning, ubi dan lain sebagainya
  • Udang
  • Aneka ikan laut; salmon, makarel dan tuna
  • Aneka buah-buahan; pepaya, apel, mangga, pisang, semangka, aprikot dan peach.

Karena vitamin A punya peran yang sangat penting untuk tubuh anak, ada baiknya segera berikan vitamin A pada si kecil yang bisa di dapatkan di fasilitas kesehatan terdekat ya Bu!


Editor: Atalya