Balita

Catat! Ini Daftar Pertanyaan Ajaib Anak Dan Cara Menjawabnya

Catat! Ini Daftar Pertanyaan Ajaib Anak Dan Cara Menjawabnya

Anak memiliki keingintahuan luar biasa. Tidak jarang banyak pertanyaan ajaib yang meluncur begitu saja dari mulut mungilnya. Pertanyaan ajaib anak kadang membuat Ibu bingung, tertegun,hingga terkejut. 

Terkadang, Ibu enggan menjawab atau memang tidak tahu harus menjawab apa. Namun, si kecil akan tetap bertanya bahkan dengan pertanyaan ajaib lainnya. Sebagai orangtua, pertanyaan ajaib anak terdengar menggelikan dan lucu. 

Namun, bagi anak mungkin pertanyaan ajaib ini bukan muncul begitu saja. Pertanyaan ajaib anak ini membutuhkan jawaban dari Ibu dan Ayah agar rasa penasarannya bisa terpenuhi. 

Nah, daripada Ibu bingung menyiapkan jawaban untuk pertanyaan ajaib anak, yuk cari tahu apa saja daftar pertanyaan ajaib anak yang biasa muncul serta cara menjawabnya!

Mengapa anak selalu ingin tahu?


Terkadang, Ibu merasa risih ketika mendapat banyak pertanyaan dari anak kecil. Hal yang ditanyakan selalu why and why, dimana pertanyaan tersebut membutuhkan jawaban yang cukup panjang, karena bukan pertanyaan ya atau tidak.

Dikutip dari Kinder Care, si kecil cenderung bertanya “mengapa” karena ingin mendapatkan informasi tentang dunia yang sepenuhnya belum mereka pahami. Pada usia prasekolah, otak anak berkembang pesat dan mereka mencoba dengan sungguh-sungguh menghubungkan titik-titik di dunia mereka yang menakjubkan.

Walaupun anak prasekolah rajin bertanya, namun sebagian anak juga mengalami kesulitan dalam mengajukan pertanyaan, apalagi jika jawaban yang diberikan tidak lengkap. Dikutip Dari Fun Childhood, terdapat beberapa alasan mengapa sebagian anak mengalami kesulitan mengajukan pertanyaan:

  • Mereka tidak tahu bagaimana menyusun kata-kata dan membentuk pertanyaan
  • Mereka tidak memiliki kemampuan berpikir untuk memperoleh informasi yang sempurna
  • Mereka tidak tahu bagaimana mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi yang paling banyak dari pendengar mereka 

Daftar pertanyaan ajaib anak dan cara menjawabnya


Rasa keingintahuan anak menciptakan banyak pertanyaan yang kadang mengejutkan orangtua. Lalu,kira-kira pertanyaan ajaib apa saja yang sering ditanyakan anak? Bagaimana ibu bisa menjawabnya? Dikutip dari Bright Horizons, berikut adalah pertanyaan ajaib anak yang sering ditanyakan:

Anak bertanya tentang anatomi tubuh dan seks

  • Mengapa saudara/saudariku bentuk tubuhnya tidak sama denganku?

Dikutip dari Netmums, terdapat beberapa cara untuk menjawab pertanyaan terkait anatomi tubuh dan seks. Robie H Harris, seorang penulis buku anak tentang seks dan perubahan tubuh menjelaskan bahwa sebagian besar bagian tubuh manusia adalah sama, seperti jari kaki, tangan, hidung dan lainnya. Tetapi bagian tubuh pribadi yang dimiliki manusia sejak lahir tidaklah sama, termasuk vagina dan penis

Gunakan istilah bagian tubuh pribadi yang tidak boleh disentuh tersebut sebagaimana mestinya. Jika Ibu menggunakan nama lain yang tidak masuk akal, anak Ibu akan merasa dibohongi. 

Selain itu, dari sini Ibu bisa menjelaskan bagian tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh orang lain, sehingga jika ada orang yang berusaha menyentuh bagian tubuh pribadi, anak Ibu bisa melaporkan pada Ibu atau orang dewasa yang dipercayai.

  • Dari mana bayi berasal?

Jawaban dari pertanyaan yang ditakuti setiap orang tua ini bisa dijawab tergantung usia anak Ibu.

Bagi anak yang lebih muda

Bagi anak usia 4 atau 5 tahun, salah satu caranya dengan menjelaskan fakta bahwa itu adalah salah satu fenomena atau kisah sains.

Dalam buku Let's Talk, Robie menyarankan orang tua untuk berbagi informasi kepada anak bahwa, Satu sperma kecil dari dalam tubuh pria dan satu sel telur kecil dari dalam tubuh wanita dibutuhkan untuk membuat bayi. Ketika keduanya bersatu, seorang bayi bisa mulai tumbuh.

Bagi anak yang lebih besar

Bagi anak usia 7-9 tahun atau lebih besar, mereka akan mengetahui kata seks. Menurut Robie, Ibu dapat menjelaskan dengan cara percakapan. 

Misalnya Ketika seorang pria dan wanita ingin membuat bayi, mereka berpelukan dan berciuman dengan penuh kasih sayang. Mereka menjadi sangat dekat, begitu dekat sehingga penis pria masuk ke dalam vagina wanita. Ketika ini terjadi, ini disebut hubungan seksual dan disinilah sperma dan sel telur keduanya bersatu membuat bayi.

Anak bertanya tentang hal yang filosofis


Mengapa kita meninggal? Apa yang terjadi kepada kita ketika sudah meninggal? Apakah kamu akan mati?

Sebenarnya inti dari pertanyaan-pertanyaan ini adalah pertanyaan mendasar “Apakah saya aman? Apakah dunia ini aman?” 

Lakukan riset dan berkolaborasi. Ibu bisa membaca buku tentang pengasuhan di perpustakaan, toko buku atau berkonsultasi dengan orangtua yang memiliki pengalaman sama. Jika Ibu orang yang religius atau spiritual, Ibu bisa berkonsultasi dengan komunitas spiritual untuk menemukan informasi dalam menjawab pertanyaan anak seputar agama dan akhirat. 

Kenapa langit berwarna biru?

Ibu bisa menjawab bahwa cahaya matahari memiliki banyak cahaya warna warni yang bercampur baur. Cahaya yang melintasi langit memantu dari partikel atau potongan di udara. Cahaya biru yang paling banyak dipantulkan. 

Kenapa bulan terkadang muncul di siang hari?

Ibu bisa menjawab “Ketika bulan mengitari bumi, separuh waktu bulan berada di sisi bumi yang sama dengan matahari. Sedangkan separuhnya berada di sisi yang berlawanan. Ketika bulan dan matahari berada pada sisi yang sama, bulan ‘muncul’pada siang hari. Ketika bulan dan matahari berada di sisi yang berlawanan, bulan ‘muncul’ pada malam hari.” Kondisi ini terjadi pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Tips merespon pertanyaan anak


Demikian pertanyaan ajaib ini memang kerap membuat Ibu berpikir keras. Lalu, bagaimana ibu bisa menjawabnya? Dikutip dari Scary Mommy, ada beberapa tips yang bisa Ibu lakukan untuk merespon jutaan pertanyaan kenapa: 

1. Jawab pertanyaan mereka: Terkadang, anak-anak hanya butuh jawaban langsung atas pertanyaan yang mereka ajukan. 

2. Akuilah jika Ibu tidak tahu: Katakan sejujurnya kepada anak jika Ibu tidak tahu jawabannya. Kemudian, Ibu dapat membaca dan menjelaskan kepada mereka dengan bahasa yang mudah dipahami, Ibu tidak perlu langsung menjawabnya.

3. Lakukan penelitian bersama: Ibu bisa mengeluarkan ensiklopedia atau sejenisnya, lalu mencari tahu jawabannya bersama-sama. Hal ini juga akan mendorong kebiasaan membaca anak Ibu.

4. Balikkan pertanyaan: Ibu bisa bertanya balik kepada anak Ibu mengapa. Hal ini akan mendorong anak mencari tahu apa yang ada di pikiran mereka. Perhatikan nada Ibu ketika bertanya balik karena anak Ibu akan menangkap kesan yang berbeda. Jangan tampakkan nada kesal ketika Ibu bertanya pada anak.

5. Sabar adalah kunci: Pada akhirnya, untuk mendukung kemajuan anak, Ibu hanya perlu bersabar dan bersabar lebih banyak lagi. Pertanyaan ajaib anak memang mengejutkan. Namun, bagaimanapun Ibu harus sabar dan menyadari bahwa itu bagian dari tumbuh kembang anak yang baik. Nah, menurut pengalaman Ibu sendiri pertanyaan ajaib anak apa saja yang pernah dilontarkan?

Editor: Aprilia