Balita

Dukung Tumbuh Kembang, Ketahui 9 Manfaat Susu Soya Untuk Anak

Dukung Tumbuh Kembang, Ketahui 9 Manfaat Susu Soya Untuk Anak

Susu soya telah lama dikenal sebagai olahan kedelai yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembanh anak. Susu soya juga tidak memiliki kandungan laktosa seperti yang terdapat dalam susu sapi.

Sehingga susu soya sangat cocok dikonsumsi bagi anak yang alergi terhadap protein susu sapi. Susu soya termasuk dalam deretan plant based yang mengandung Omega 3 & 6, serta serat, vitamin dan mineral yang punya peran penting dalam mendukung perkembangan otak anak.

Meskipun seringkali direkomendasikan buat anak dengan alergi susu sapi, nyatanya manfaat susu soya untuk anak normal juga banyak sekali lho Bu! Bahkan, susu soya juga memiliki rasa yang tak kalah enak dengan susu sapi.

Susu soya juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak mulai dari usia 1 tahun. Nah, untuk mengetahui manfaat susu soya lainnya yuk simak terlebih dahulu dalam ulasan berikut ini!

Apa saja manfaat susu soya untuk anak? 


Susu soya awalnya memang bisa menjadi pilihan yang baik untuk bayi di atas satu tahun dengan kondisi intoleransi terhadap susu sapi. Namun melansir Parenting First Cry susu soya juga bisa dikonsumsi oleh anak tanpa alergi susu sapi ya Bu. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari susu soya untuk anak yang perlu kamu ketahui:

Susu soya kaya akan protein

Selain kaya akan protein, susu soya juga mengandung zat besi yang cukup tinggi serta berbagai vitamin yang penting untuk tumbuh kembang anak. Susu soya juga sangat direkomendasikan bagi anak-anak dengan alergi susu sapi.

Susu soya memiliki kadar lemak yang rendah

Susu yang berasal dari kedelai ini juga sangat rendah lemak sehingga seringkali dijadikan alternatif susu sapi bagi para pelaku diet sehat. Namun bukan berarti susu soya tidak bisa dikonsumsi oleh anak-anak ya Bu! Susu soya tetap bisa dikonsumsi si kecil karena dapat membantu menjaga berat badan yang ideal pada anak.

Susu soya dapat menurunkan risiko masalah jantung

Lemak yang terdapat pada susu sapi juga bisa menumpuk pada jantung sehingga dapat menyebabkan obesitas anak pada bayi. Nah, dengan mengonsumsi susu soya maka risiko tersebut dapat diminimalisir.

Mengandung serat tinggi

Manfaat susu soya lainnya adalah kaya akan serat yang cukup tinggi. Sehingga anak yang mengonsumsi susu soya dapat meminimalisir terkena diare dan masalah usus lainnya.

Susu soya cocok bagi bayi yang lahir dengan kondisi galaktosemia

Ini merupakan kondisi di mana tubuh bayi tidak dapat memecah galaktosa (gula dalam susu) sehingga ia tidak bisa mengonsumsi ASI maupun susu formula untuk sementara waktu.

Susu soya kaya akan vitamin D

Kita tahu bahwa vitamin D punya manfaat yang penting untuk membantu pembentukan tulang. Sehingga nantinya penyerapan kalsium dapat lebih maksimal.

Susu soya memiliki manfaat dalam menjaga tubuh tetap bugar 

Karena memiliki kadar protein yang cukup tinggi serta berbagai macam vitamin, membuat susu soya sangat sehat dan dapat menjaga tubuh tetap bugar setiap hari. Asalkan dikonsumsi sesuai takaran setiap hari.

Susu soya dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Hal ini karena susu soya mengandung asam lemak, asam amino, dan vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun si kecil. Namun dalam mengonsumsi susu soya untuk si kecil ada baiknya harus konsultasikan dulu ke dokter ya Bu. Hal ini untuk memastikan takaran yang tepat agar si kecil tetap bisa mendapatkan berbagai macam manfaatnya.

Susu soya dapat menjaga kesehatan jantung anak

Manfaat susu soya untuk anak lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung anak sejak dini. Hal ini karena kadar lipid plasma dalam kedelai bisa melindungi kesehatan jantung sehingga si kecil terhindar dari risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Kapan anak boleh mengonsumsi susu soya?


Manfaat susu soya ternyata bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi apabila si kecil alergi laktosa ya Bu. Namun pemberian susu soya pada anak juga tetap tidak boleh sembarangan.

Melansir What To Expect ada baiknya konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter agar tidak mengundang masalah kesehatan yang berbahaya bagi si kecil. 

Akan tetapi karena manfaat susu soya untuk anak sangatlah banyak, maka para ahli menyarankan jika hendak memberikan susu soya murni ada baiknya tunggu hingga anak mencapai usia 1 tahun terlebih dahulu ya Bu.

Tidak disarankan memberikan susu soya atau susu nabati lainnya pada anak kurang dari 1 tahun. Sebab, pencernaannya masih sangat rentan dan dikhawatirkan dapat mengundang berbagai macam masalah kesehatan baru.

Kandungan nutrisi dalam susu soya


Melansir WebMD manfaat susu soya untuk anak memang sangat banyak. Apalagi susu soya kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya:

  • Beragam vitamin; A, B, D, E dan sebagainya;
  • Mineral;
  • Potasium;
  • Zat antioksidan;
  • Membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh; dan
  • Tinggi protein untuk kesehatan otot dan organ tubuh lainnya.

Jika melansir Baby Centre susu soya memang mengandung zat fitoestrogen (hormon mirip estrogen yang ditemukan pada tanaman seperti biji-bijian, kentang, kacang kering, dan apel). Akan tetapi hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah bahwa minum susu soya berbahaya bagi anak-anak atau orang dewasa.

Susu soya bahkan telah dikenal sejak tahun 1960-an dan hingga kini tidak ada laporan mengenai efek buruk dari konsumsi susu nabati tersebut. Karena manfaat susu soya untuk anak sangat banyak, namun disarankan untuk mengonsumsi 1-2 cangkir sehari saja atau sesuai dengan anjuran dokter.

Editor: Dwi Ratih