Rekomendasi

Ini 7 Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun

Ini 7 Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun

Mencari mainan anak 1 tahun cukup menantang. Pasalnya, mereka sudah bukan bayi lagi. Dikategorikan balita pun masih terlalu dini. Mainan bayi seperti kerincingan dan gigitan sudah tidak menarik lagi bagi mereka. Anak usia 1 tahun menginginkan mainan yang lebih mfenstimulasi mereka. Sayangnya, mainan-mainan yang memiliki fitur menarik memiliki bagian berbahaya yang dapat membuat mereka tersedak. Mainan semacam ini biasanya diperuntukkan untuk anak berusia tiga tahun ke atas.

Pada usia ini, perkembangan kemampuan dan ketertarikan mereka sangat cepat dan kerap kali berubah-ubah. Menurut Asosiasi Dokter Anak Amerika (AAP), mainan anak 1 tahun yang tepat akan membantu tumbuh kembang dan meningkatkan kemampuan anak untuk belajar hal-hal baru.

Menentukan mainan anak 1 tahun

Sumber: feedinglittles.com

Anak usia 1 tahun mungkin belum tahu mainan apa yang mereka butuhkan. “Perkembangan kemampuan anak usia 12 bulan sangat menakjubkan”, ujar Christina Low Kapalu, Psikolog anak klinis di Children’s Mercy Kansas City di Missouri. Dengan memberikan anak mainan, Ibu dapat membantu anak berlatih kemampuan baru dan belajar memahami lingkungan di sekitarnya.

Anak-anak mungkin memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, pada usia 1 tahun anak memiliki kemampuan motorik halus berupa pincer grasp. Untuk terus mengembangkan kemampuan ini, anak dapat diberikan pensil warna ataupun krayon agar bisa bereksplorasi.

Anak usia 1 tahun juga dalam tahap senang-senangnya mengambil mainan dari kontainer mainan. Kegiatan ini pada dasarnya mendukung kemampuan motorik halus dan spasialnya. Mereka juga dalam tahap senang melempar, menggoyang-goyangkan mainan, dan membenturkan mainan sehingga menimbulkan bunyi berisik.

Buku juga menjadi pilihan favorit para Ibu. Membacakan buku kepada anak secara teratur dapat meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

Fitur yang harus ada pada mainan anak 1 tahun

Usia 1 tahun adalah usia yang cocok untuk menstimulasi pertumbuhan fisik, mental, dan emosional anak. Fitur-fitur dibawah ini bisa dijadikan pertimbangan dalam memiih mainan anak 1 tahun.

  • Mainan anak 1 tahun yang membutuhkan koordinasi. Teka-teki, mainan susun dan penyortir bentuk merupakan mainan yang cocok bagi tangan mungil usia 1 tahun. Selain itu, jenis permaiin ini juga melatih ketangkasan dan kecerdasan untuk belajar memecahkan masalah.
  • Mainan anak 1 tahun dengan warna cerah. Penglihatan anak usia 1 tahun mulai berkembang. Mereka lebih mudah membedakan warna-warna cerah ketimbang warna kusam dan pastel. Pada tahap ini, mereka akan mulai mengenali konsep warna.
  • Mainan anak 1 tahun yang membuat anak bergerak. Mainan yang ditunggangi, ditarik dan didorong bayi akan mendorong mereka untuk aktif bergerak, terutama bagi anak usia 1 tahun yang baru belajar berjalan. Selain itu, mainan yang bergerak membuat anak lebih senang untuk latihan jalan.
  • Mainan anak 1 tahun yang bisa dimainkan dengan anak lain. Anak usia 1tahun memang belum memahami konsep berbagi, tetapi dengan menyediakan mainan yang bisa dimainkan paralel dengan anak lain ataupun saudaranya dapat menstimulasi perkembangan sosial anak.

Mainan anak 1 tahun yang cocok

Berikut mainan anak 1 tahun yang bisa Ibu berikan kepada anak yang bisa membantu perkembangan kemampuan motorik, mental, dan emosi.

1. Mobil tunggang

Dengan memainkannya, anak memperkuat otot tungkai kaki. Pada awalnya, Ibu bisa mendorong mereka. Seiring dengan waktu, mereka mampu menggerakkan mobil dengan sendirinya dan dapat menjelajah dengan menggunakan mainan ini. Biasanya dilengkapi dengan fitur bunyi-bunyian serta lampu yang menarik.

2. Sepeda roda tiga

Mengajari anak mengendarai sepeda roda tiga artinya memperkenalkan anak kepada aktivitas fisik dan memfasilitasi eksplorasi aktivitas yang membuat anak tertarik. Dengan belajar sepeda roda tiga, anak akan lebih aktif dan menjadi lebih sering terpapar sinar matahari karena berkegiatan di luar rumah.

3. Buku cerita

Dengan membacakan buku pada si kecil, Ibu juga melatih perkembangan berbahasa anak. Mulai dari menambah kosakata, hingga mempelajari struktur kalimat. Selain itu, Ibu membangun ikatan anak-ibu saat membacakan buku

4. Mainan ring tumpuk

Mainan anak 1 tahun ini cocok mengasah motorik halus dan koordinasi tangan-mata anak. Anak akan belajar menggenggam dan memasukkan ring ke dalam penopang. Selain itu, biasanya tiap ring memiliki warna dan tekstur berbeda sehingga turut merangsang daya imajinasi anak, melatih, mengenalkan konsep warna, dan merasakan tekstur yang berbeda.

5. Mainan alu pukul kolintang

Anak dapat menggunakan alu untuk memukul bola atau gambang yang memberikan suara yang berbeda. Mainan ini merupakan sarana yang baik untuk mempelajari musik, melatih perkembangan motorik halus, dan koordinasi gerak. 

Puzzle dan mainan bongkar pasang. Mainan puzzle cocok menjadi stimulasi kecerdasan bagi si kecil. Ibu bisa memulai memberikan puzzle berukuran besar hingga berukuran kecil.

6. Peralatan menggambar

Mulai dari buku gambar, kertas kosong, krayon, sampai pensil warna. Mainan ini memberikan anak stimulasi yang baik dan melatih motorik halus serta daya imajinasi, serta kreativitas anak.

7. Mainan terowongan portabel

Mainan anak 1 tahun ini berbentuk terowongan yang bisa digunakan anak untuk merangkak. Konsep bermain terowongan bagi anak usia 1 tahun sangat menyenangkan. Mainan ini dapat merangsang kecerdasan visual dan spasial yang baik bagi anak. Orang tua bisa menemani dan mengawasi anak saat bermain. Apabila tidak digunakan, mainan terowongan portabel ini bisa dilipat.

Meskipun sudah memberikan anak mainan, sebaiknya Ibu dan Ayah menemani anak bermain bersama. Interaksi Ibu dan Ayah bersama anak sangatlah penting untuk menciptakan ikatan orang tua dan anak yang kuat dan mempercepat stimulasi kecerdasan anak. 

Hal lain yang tidak boleh terlewatkan, pastikan Ibu pilih mainan anak 1 tahun yang aman dan sudah tersertifikasi SNI ya, selamat bermain!

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih