Balita

Jadi Ibu Ada Ilmunya! Ini Rekomendasi Buku Parenting Ala Nikita Willy

Jadi Ibu Ada Ilmunya! Ini Rekomendasi Buku Parenting Ala Nikita Willy

Sukses berkarir di dunia hiburan tanah air, aktris cantik Nikita Willy belakangan kembali ramai diperbincangkan publik terkait gaya parentingnya. Pasalnya, ia menerapkan pola pengasuhan yang agak berbeda dari kebanyakan orang tua di Indonesia. 

Wanita berusia 29 tahun tersebut tentunya tidak asal dalam menerapkan pola asuhnya. Melalui kanal YouTube pribadi miliknya, Nikita Willy mengaku bahwa ia mengadopsi gaya pengasuhan tersebut dari sejumlah buku parenting yang dibaca sejak awal kehamilannya

Untuk itu, ia memiliki bekal ilmu yang cukup baik saat anaknya lahir. Hal tersebut membuatnya menjadi Ibu baru yang tetap tenang dan bahagia dalam menghadapi si kecil, baby Izz.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran Ibu, berikut adalah rekomendasi buku parenting yang dibaca oleh Nikita Willy. Apa saja ya daftar buku yang dibaca? Let's get to the list!

Rekomendasi buku parenting dari Nikita Willy

1. The Happiest Baby On The Block

Buku parenting yang pertama berjudul The Happiest Baby On The Block. Buku yang ditulis oleh Dr. Harvey Karp ini, pertama kali terbit di tahun 2002 silam. Dalam buku parenting ini, Dr. Harvey Karp juga menjelaskan tentang beberapa hal yang menyebabkan bayi menangis, tipe-tipe tangisan bayi, hingga metode yang bisa diterapkan untuk menidurkan bayi dengan cepat.

Tentu saja, informasi-informasi tersebut sangat dibutuhkan, terutama bagi orang tua baru, yang belum berpengalaman dalam menangani bayi baru lahir. Menariknya, The Happiest Baby On The Block juga dipilih Forbes, sebagai salah satu rekomendasi buku parenting terbaik untuk newborn. 

Artinya, buku ini memang banyak dibaca karena isinya yang memang sangat bermanfaat. Ibarat istilah zaman sekarang, isi dari buku parenting ini 'daging' semua. Ibu sudah punya bukunya?

2. The Montessori Baby

The Montessori Baby jadi buku parenting kedua yang direkomendasikan oleh Nikita Willy. Secara singkat, buku ini berisi tentang pendekatan dengan cara eksplorasi, yang bertujuan agar kemampuan si kecil berkembang lebih cepat. Perlu diketahui, metode pendidikan Montessori pertama kali diperkenalkan oleh seorang pendidik Italia bernama Dr. Maria Montessori di awal abad ke-20. 

Metode tersebut masih digunakan saat ini, karena dianggap sebagai salah satu pendekatan yang mampu membuat anak berpikir lebih kritis, kreatif, tegas, dan bertanggung jawab. Dikutip dari Psychology Today, metode Montessori bahkan diklaim dapat membuat si kecil tumbuh menjadi orang dewasa yang bahagia.

3. Baby-Led Weaning

Ibu, pernah dengar istilah Baby Led Weaning (BLW)? Ternyata ada nih buku yang secara khusus mengupas tentang cara menyajikan makanan untuk si kecil, menyiapkan finger food, serta waktu yang tepat untuk memulainya. Rekomendasi buku parenting dari Nikita Willy ini, cocok menjadi panduan bagi orang tua yang anaknya mulai memasuki usia MPASI.

Buku ini juga mengajarkan bagaimana cara membangun mood yang baik ketika anak makan, tips antisipasi bayi menolak makanan, hingga apa yang perlu dilakukan orang tua saat mengajak si kecil makan di luar rumah. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bagi orang tua yang menerapkan metode BLW ini, perlu dipastikan bahwa si kecil mampu menegakkan dada dan mampu bertahan pada posisi tersebut selama proses makan untuk mengurangi resiko tersedak.

4. Solid Starts

Sebagai Ibu milenial, ternyata Nikita Willy juga membaca buku parenting secara digital melalui e-book. Terbukti ia merekomendasikan buku elektronik berjudul Solid Starts. 

Dalam buku ini, dituliskan macam-macam metode yang bisa diterapkan orang tua saat memberi makan si kecil. Di samping itu, buku Solid Starts juga memberikan tips-tips yang bisa dilakukan saat menghadapi anak susah makan

Uniknya lagi, selain tersedia dalam bentuk e-book, Solid Starts juga menyediakan feeding-consultant profesional yang bekerja sama dengan para dokter anak di Amerika Serikat. E-book yang satu ini juga jadi salah satu referensi buku parenting yang menurut Ibumin wajib dibaca.

5. Bringing Up Bebe

Bringing Up Bebe merupakan buku parenting yang ditulis oleh seorang mantan reporter, Pamela Druckerman. Buku tersebut, mengupas tuntas bagaimana orang tua di Perancis mengasuh anaknya tanpa merasa stres.

Mulai dari bagaimana mengatur jam istirahat anak, mencegah drama saat makan, serta cara mengajarkan anak sopan santun. Bagi Nikita Willy ini adalah rekomendasi buku parenting terbaik yang pernah ia baca. 

Pasalnya, Bringing Up Bebe secara tidak langsung mengajarkan dirinya, bagaimana cara menjadi orang tua yang tetap waras saat memiliki anak. Dengan begitu, anak-anak pun bisa tumbuh bahagia.

Wah, menarik juga ya rekomendasi buku parenting dari Nikita Willy ini. Selain menambah ilmu dan wawasan, Ibu juga bisa menjadi lebih bahagia dalam pengasuhan karena tahu apa yang perlu dilakukan dalam menghadapi tingkah si kecil. 

Tak heran ya, Nikita Willy tetap terlihat cantik dan bisa sangat sabar menghadapi tingkah pola baby Izz. Jadi, buku parenting apa saja yang sudah Ibu baca? Atau Ibu baru akan mulai membaca buku-buku tadi? Semoga rekomendasi buku parenting ala Nkita Willy ini sudah sesuai dengan kebutuhan Ibu dan si kecil, ya!

Editor: Aprilia