Balita

Jangan Diabaikan! Perhatikan Ciri-Ciri Susu Formula Basi

Jangan Diabaikan! Perhatikan Ciri-Ciri Susu Formula Basi

Tiap Ibu tentu selalu menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk dalam hal memberikan nutrisi terbaik seperti susu. Yup, tak semua Ibu dianugerahi air susu yang berlimpah.

Pada beberapa bayi, pemberian susu formula mungkin saja diperlukan demi membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Terutama pada bayi dengan berat badan yang kurang dari standar kurva.

Namun, pemberian susu formula juga nggak bisa dilakukan sembarangan. Selain harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, cara membuat susu formula pun perlu diperhatikan dengan baik.

Sebab, susu formula tergolong susu yang lebih cepat basi. Susu formula yang basi jika diberikan pada si kecil tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Karenanya, orang tua perlu mengenali ciri ciri susu formula basi. Tanda susu formula basi pun sebenarnya sangat mudah dikenali ya Bu. 

Untuk itu, yuk simak ciri ciri susu formula basi yang dirangkum dalam ulasan berikut ini.

Berapa jam susu formula basi?


Menurut KidsHealth penting untuk memeriksa label dan cara pembuatan susu formula pada label susu. Tak hanya itu, sebelum membuat susu formula sangat penting untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Penting untuk mendidihkan air yang hendak digunakan untuk membuat susu formula terlebih dahulu. Tujuannya untuk membunuh bakteri yang ada pada air, diamkan pada suhu sekitar 40 derajat celcius kemudian masukan susu formula yang sudah ditakar.

Lalu berapa jam susu formula basi? Susu formula yang sudah diseduh dan disimpan dalam suhu ruangan sebaiknya tidak boleh dikonsumsi jika sudah lebih dari 2 jam. 

Kemudian pertanyaan lain yang mungkin muncul adalah, bolehkan memberikan susu formula yang masih tersisa? Jawabannya tentu tidak ya Bu.

Susu formula yang masih tersisa lebih dari 1 jam sangat berbahaya bagi kesehatan si kecil akibat adanya kemungkinan bakteri yang berkembang biak dari air liur bayi. Jadi sebisa mungkin habiskan susu formula segera setelah diminum ya Bu.

Seperti apa ciri ciri susu formula basi?


Si kecil mulai rewel dan haus, tapi Ibu baru sadar bahwa susu formula yang ia konsumsi mungkin saja sudah basi. Pada menduga-duga lebih baik kenali terlebih dahulu yuk apa saja sih ciri ciri susu formula basi, seperti yang dilansir dari Rocky Dad berikut ini:

  • Susu mengeluarkan bau tengik;
  • Rasa susu berubah menjadi asam;
  • Tekstur dan warna susu berubah menjadi berlendir, agak padat dan kotor, serta berwarna agak kekuningan; dan
  • Antara air dan lemak susu terlihat terpisah.

Nah, kalau empat tanda susu formula basi di atas sudah ada pada botol susu si kecil jangan ragu untuk segera membuang cairan tersebut ya Bu. Sebab jika dikonsumsi hanya akan menyebabkan masalah pada kesehatan, seperti diare, sakit perut, muntah dan lain sebagainya.

Bahaya bayi minum susu formula basi


Seperti yang kita tahu, susu formula basi sangat berbahaya bagi kesehatan si kecil. Susu formula bisa basi akibat adanya bakteri yang berkembang dalam susu yang telah diseduh.

Jika melansir Healthline sejak akhir tahun 1800-an, sebagian besar susu yang hendak di distribusikan harus melewati proses pasteurisasi terlebih dahulu. Berdasarkan penelitian Food and Drug Administration Amerika Serikat, proses pasteurisasi berfungsi untuk membunuh sebagian besar bakteri berbahaya, termasuk E. coli, Listeria, dan Salmonella.

Sayangnya, proses pasteurisasi tak bisa benar-benar membunuh bakteri tersebut secara 100%. Berdasarkan penelitian Journal of Dairy Science, bakteri yang tertinggal dapat tumbuh dan menyebabkan susu menjadi basi. Nah, ketika susu basi dan tak sengaja terminum maka si kecil dapat mengalami gangguan pencernaan seperti;

  • Sakit perut;
  • Mual;
  • Muntah-muntah;
  • Diare; dan
  • Warna kulit pucat seperti keracunan makanan dan lain sebagainya.

Cara mengatasi bayi minum susu formula basi


Sebenarnya jika si kecil nggak sengaja minum susu formula basi dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, efek dari minum susu formula basi tentu saja ada.

Jika seperti ini, nggak perlu khawatir ya Bu. Cara mengatasi bayi minum susu formula basi cukup dengan memberikan air putih agar tidak dehidrasi. Begitupun jika muncul gejala seperti diare, muntah dan lain sebagainya.

Pastikan si kecil tetap terhidrasi dengan baik, berikan makan dan minum sedikit demi sedikit. Apabila si kecil menunjukan gejala yang lebih parah maka jangan ragu periksakan ke dokter!

Memberikan ASI maupun susu formula merupakan pilihan bagi tiap orang tua. Jika memberikan susu formula menjadi sebuah pilihan, agar si kecil tidak mengalami masalah pencernaan penting untuk mencurigai ciri ciri susu formula basi yang sudah disebutkan di atas ya Bu.

Editor: Dwi Ratih