Balita Dibaca 6,531 kali

Jangan Ragu Menyusui Anak Di Atas 1 tahun, Ini Manfaatnya!

Share info ini yuk ke teman-teman
Dini

Terakhir diperbaharui 20 Juli, 2019 03:07

Jangan Ragu Menyusui Anak Di Atas 1 tahun, Ini Manfaatnya!

Menyusui anak yang usianya lebih dari satu tahun mungkin terlihat aneh bagi sebagian orang. Namun sebenarnya hal ini tidak dilarang, ini normal terjadi Bunda. Penelitian mengatakan bahwa menyusui anak lebih dari satu tahun bisa membuat tubuh anak menjadi lebih sehat.

Sayangnya banyak orang tidak mengetahui hal ini. Kebanyakan orang malah mempunyai persepsi negatif mengenai anak yang masih menyusui di usia 1 tahun lebih. Orang-orang menganggap menyusui anak lebih dari 1 tahun akan membawa dampak buruk bagi kemandirian anak.

Anak dikhawatirkan mengalami ketergantungan yang berlebihan pada ibunya, padahal seharusnya masa batita merupakan masa dimana si anak mulai dilepas sendiri untuk berani menggali dan mencari tau hal-hal yang ada disekelilingnya.

Banyak pro dan kontra mengenai menyusui anak yang umurnya lebih dari 1 tahun ini, tapi bila Bunda sudah yakin untuk tetap melanjutkan masa menyusui anak jangan takut dengan tanggapan-tanggapan miring yang muncul. Lakukanlah apa yang terbaik menurut Anda, jangan merasa tertekan dengan cemoohan orang lain. Menyusui batita bukanlah hal yang buruk, sebaliknya sangat baik bagi kesehatan anak.

Jadi apa lagi yang Anda pikirkan, menyusui batita berarti memberikan waktu tambahan kepada anak agar medapatkan hal yang lebih baik lagi untuk tubuhnya, so kenapa tidak Bunda?

Kelebihan Menyusui Batita

Banyak sekali kelebihan yang akan Bunda dapat bila ASI masih diberikan dan dijadikan sebagai  makanan pendamping pada anak usia 1 tahun lebih. Berikut manfaat menyusui buat Bunda dan si kecil:

  • Menyusui sangat bermanfaat bagi wanita. Para ahli bedah menyatakan bahwa menambah periode menyusui anak bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium pada wanita.

  • Anak usia 1 tahun sudah mulai mengenal makanan padat. Itu merupakan sumber nutrisi dan mineral untuk anak pada masa batita. Menyediakan ASI untuk anak sebagai makanan pendamping di masa batita merupakan pilihan yang baik karena ASI masih menyediakan beberapa nutrisi, vitamin, enzim serta imun yang berguna bagi tubuh anak Anda. Penelitian pun membuktikan bahwa batita yang masih menyusui lebih jarang sakit jika dibandingkan dengan teman-teman mereka yang telah berhenti menyusui.

  • Seiring bertambahnya kemandirian anak pada masa batita, menyusui bisa menjadi tempat yang tepat saat anak membutuhkan kenyamanan, ketenangan serta dukungan moril dari Bunda. Namun disini Bunda harus hati-hati, jangan sampai hal ini membuat anak semakin manja dan bergantung pada Anda. Buatlah kegiatan ini sebagai sarana untuk mengajarkan si kecil mengenai nilai-nilai kemandirian, sehingga dia secara perlahan-lahanyakin dan mampu menyapih sendiri tanpa harus Anda paksa. Hal ini akan membentuk mental mandiri dan percaya diri anak Anda.

  • Bila si kecil sakit, ASI bisa jadi obat ampuh yang bisa menyembuhkan penyakit anak Anda.

  • Menyusui dapat menunda masa haid Anda. Jadi Bunda tak perlu khawatir lagi dengan rasa sakit yang muncul pada waktu haid. Bunda, pada masa ini bukan berarti Anda tidak bisa hamil lagi ya. Bila Bunda belum siap mempunyai bayi lagi lebih baik Anda menggunakan pengaman ketika berhubungan intim.

  • ASI lebih praktis dan efisien jika dibandingkan dengan susu formula. Bila Anda tipe Bunda yang sering bepergian ke luar kota bersama bayi, tentu Anda akan memilih ASI dibanding susu formula. Bayangkan bila Anda harus bepergian tiga atau tujuh hari ke sebuah kota, berapa kotak susu yang harus Anda bawa? Bisa jadi satu koper kotak susu yang harus anda bawa dan biaya yang Anda keluarkan untuk susu formula pun tidaklah murah. Tak ada keraguan lagi Bunda, ASI begitu praktis dan efisien.

  • Menambah periode menyusui pada anak Anda berarti mengontrol berat badan Anda agar tetap ideal. Beberapa penelitian menunjukan Ibu yang melakukan diet sehat dan olahraga rutin ketika menyusui batita, tubuhnya akan terjaga hingga beberapa tahun berikutnya.  


‚ÄčTak ada yang salah bila Anda lebih memilih menyusui si kecil yang sudah 1 tahun lebih. Ketika Anda berencana memberikan waktu tambahan agar anak bisa mendapatkan ASI di usia 1 tahun lebih, Ingatlah bahwa Anda harus selalu makan makanan yang bernutrisi dan bervitamin ya agar kualitas ASI yang diberikan tetap baik. Menyusui juga berarti Anda berbagi cairan tubuh dengan si kecil, jadi usahakan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya agar cairan tubuh Anda tetap terjaga.

(Dini)