Balita

Jelang Sekolah Tatap Muka, Ini Merk Masker Anak Sekali Pakai

Jelang Sekolah Tatap Muka, Ini Merk Masker Anak Sekali Pakai

Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, apa saja merk masker anak sekali pakai yang bagus favorit si kecil?

Menjaga protokol kesehatan kini mungkin menjadi rutinitas si kecil saat berada di luar rumah. Beberapa protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah adalah memakai masker, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik, dan sering mencuci tangan setelah habis dari luar. 

Protokol kesehatan ini tidak hanya harus ditaati orang dewasa, tetapi juga anak kecil. Apalagi si kecil belum mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Jenis masker terbaik untuk si kecil

jelang-sekolah-tatap-muka-ini-merk-masker-anak-sekali-pakai-1

Pastikan anak memakai masker yang berkualitas setiap bepergian ke luar rumah. Pastikan juga masker sesuai dengan anjuran yang diberlakukan saat ini.

Seperti yang dilansir pada halaman sehatnegeriku.kemkes.go.id, ada beberapa perubahan perihal masker yang layak untuk digunakan pada tahun 2021. 

Jika pada awalnya penggunaan masker scuba dan kain masih tergolong efektif melindungi anak dari penyebaran virus Covid-19, kini keduanya dinyatakan tidak cukup bisa menangkal mutasi baru dari virus ini. 

Masker yang kini aman dipakai adalah jenis masker medis, yaitu masker bedah berbahan non-woven spunbond, meltblown, spunbond (SMS), dan Spunbond, Meltblown, Meltblown, Spunbond (SMMS), serta masker respirator seperti N95 atau KN95,

Masker bedah yang digunakan anak sebaiknya memiliki tiga lapisan sehingga dapat digunakan untuk menutupi mulut dan hidung. Jangan lupa untuk segera membuang masker sekali pakai. Penggunaan masker bedah ini sebaiknya digunakan bersama masker lainnya. 

Pada lapisan pertama gunakan masker bedah dan pastikan kawat tipis di bagian atas masker bedah ditekan ke arah wajah. Di lapisan berikutnya, gunakan masker kain 3 lapis di bagian luar agar memberikan perlindungan maksimal.

Untuk tipe masker respirator seperti N95 dan KN95 sudah tergolong cukup aman karena memiliki 4 lapisan. Masker respirator ini memiliki kemampuan filtrasi yang lebih baik dibandingkan dengan masker bedah. Masker medis yang baik adalah masker yang memiliki efisiensi penyaringan bakteri hingga 95%.

Rekomendasi merk masker anak sekali pakai yang bagus

Supaya si kecil semakin bersemangat saat menggunakan masker, Ibu bisa memberikan masker dengan motif lucu untuk mereka. Misalnya masker berbagai warna, ataupun yang memiliki gambar karakter yang anak sukai.

Apa saja rekomendasi merk masker anak sekali pakai yang bagus?

1. Pokana-4 Ply Duckbill Medical Mask

jelang-sekolah-tatap-muka-ini-merk-masker-anak-sekali-pakai-2

Merk masker anak sekali pakai ini menawarkan masker dengan varian warna yang kalem dan sederhana. Pokana Duckbill Medical Mask merupakan masker jenis 4 ply atau 4 lapisan yang sangat nyaman digunakan oleh anak ketiga bepergian ke luar rumah. Merk masker anak sekali pakai ini juga sudah memiliki BFE 97% hingga 99%.

Varian warna yang ditawarkan oleh Pokana Duckbill Medical Mask meliputi midnight black, deepsea navy, marble grey, dark grey, prue white, nude pink, soft beige, dan army green.

Harga 1 bungkus yang terdiri dari 2 lembar masker adalah Rp 20.000. Masker ini cocok digunakan untuk anak berusia 3-7 tahun.

2. Sensi Kids Face Mask Headloop

-3

Sensi termasuk merk masker anak sekali pakai yang kerap menjadi andalan para orangtua dan anak. Sensi Kids Face Mask Headloop ini efektif dalam menjaga virus agar tidak terhisap masuk melalui hidung ataupun mulut.

Masker ini terdiri dari 3 lapisan di dalamnya yang memiliki nilai BFE mencapai 99% serta dibuat dari bahan fiberglass, serta hypoallergenic.

Tidak cuma itu, merk masker anak sekali pakai ini sudah dilengkapi dengan nosepiece sehingga dapat mengikuti kontur wajah dan bentuk hidung. Jika si kecil menggunakan kacamata, masker ini lebih nyaman digunakan karena membuat penglihatan mereka tidak terganggu embun.

Harga 1 bungkus berisi 5 buah masker ini adalah Rp 15.000. Cukup terjangkau bukan.

3. Masker KF 94 EVO

jelang-sekolah-tatap-muka-ini-merk-masker-anak-sekali-pakai-4

Rekomendasi merk masker anak sekali pakai berikutnya adalah masker jenis KN95 dan K94 EVO. Masker ini memiliki kelebihan dari desain bentuk kupu-kupu-nya. Bentuk ini membuat si kecil lebih leluasa bernafas saat menggunakannya sehingga lebih nyaman jika dipakai dalam jangka waktu lama.

Selain itu, merk masker anak sekali pakai ini sudah dilengkapi dengan filter KN95 yang memiliki BFE 95% serta 4 lapisan yang dapat menjaga si kecil dari bahaya virus dan bakteri. Masker ini cocok digunakan untuk anak berusia 3-12 tahun.

Harga 1 kotak berisi 10 buah masker adalah Rp 129.000 rupiah.

4. Seven Kids 3 ply earloop

jelang-sekolah-tatap-muka-ini-merk-masker-anak-sekali-pakai-5

Merk masker anak sekali pakai ini adalah produksi dalam negeri yang dibuat dengan 3 lapis  bahan non woven (spunbond, meltblown, spunbond). Model pengait masker ini adalah yang dikaitkan di telinga atau sering disebut dengan earloop.

Masker anak kualitas medis ini cocok bagi si kecil karena sudah memiliki nose clip dan dibuat dari bahan berkualitas. Selain itu, masker ini juga sudah teruji karena memiliki BFE 99% yang efektif untuk menghindari bakteri dan virus agar tidak terhirup anak.

Maske dengan desain tampilan lucu ini dijual seharga Rp 37.000 per kotak yang berisi 50 lembar masker.

Itulah 4 rekomendasi merk masker anak sekali pakai. Mana yang menjadi favorit si kecil?

Editor: Dwi Ratih