Balita

Leher Anak Hitam? Awas, Bisa Jadi Tanda si Kecil Diabetes

Leher Anak Hitam? Awas, Bisa Jadi Tanda si Kecil Diabetes

Ternyata  kulit leher anak hitam tidak melulu perkara penampilan, tapi bisa jadi penyebab leher anak hitam merupakan pertanda masalah kesehatan yang serius.

Kulit leher anak hitam juga bisa salah satu ciri diabetes. Terlebih jika si kecil memiliki tubuh gemuk. Warna kehitaman tersebut seperti guratan noda hitam namun tidak dapat dibersihkan.

Leher yang menghitam disebut juga dengan Acanthosis Nigricans (AN) dalam istilah medis. Tanda-tanda ini kerap terlihat pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas. American Diabetes Association menganggap AN sebagai salah satu indikator resistensi insulin. 

American Diabetes Association menganggap AN sebagai salah satu diabetes melitus dan resistensi insulin pada anak-anak.

Ibu dapat melihat kulit leher anak hitam pada lipatan-lipatan dan terlihat penggelapan simetris (hiperpigmentasi) dan penebalan (hiperkeratosis) kulit. Teksturnya bisa kasar ataupun lembut. AN bisa terasa gatal meskipun tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. 

AN tidak hanya terjadi pada lipatan leher saja, tetapi bisa juga terjadi di ketiak dan selangkangan si kecil.

Penyebab leher anak hitam

leher-anak-hitam-awas-bisa-jadi-tanda-si-kecil-diabetes-1

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit leher anak hitam, yaitu:

1. Sinar matahari

Sinar matahari adalah penyebab leher anak hitam yang sering terjadi. Bagian leher biasanya tidak tertutupi saat beraktivitas di bawah sinar matahari sehingga bagian kulit tersebut terbakar dan membuat leher anak hitam.

2. Kegemukan

Penyebab leher anak hitam lainnya adalah akibat dari kegemukan. Ini pertanda terlalu banyak lemak di tubuh dan anak disarankan untuk segera mengurangi berat badannya. Obesitas juga meningkatkan risiko diabetes dan resistensi insulin. Insulin adalah hormon yang bekerja membantu penyerapan glukosa di sel-sel tubuh.

3. Diabetes

leher-anak-hitam-awas-bisa-jadi-tanda-si-kecil-diabetes-2

Diabetes adalah penyebab leher anak hitam yang harus dikhawatirkan. Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin ini nantinya akan mengakibatkan proliferasi serta perubahan warna kulit yang menjadi lebih hitam.

Leher anak hitam adalah salah satu tanda diabetes yang sering luput dari pandangan orangtua. Banyak orangtua yang menganggap bahwa itu hanyalah daki yang sulit dihilangkan karena tubuh si kecil gemuk. Padahal, garis-garis hitam itu pertanda telah terjadi hiperinsulin.

Konsumsi makanan tinggi kalori dan gula dapat menyebabkan resistensi insulin dimana respon sel-sel tubuh terhadap insulin menurun. Saat ini terjadi, maka muncullah hiperpigmentasi dan penebalan sel kulit epidermis yang mengakibatkan munculnya AN. 

Selain itu, penyerapan gula dalam darah ke sel-sel tubuh menjadi tidak optimal   dan mengakibatkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Lama-kelamaan ini akan berakibat menjadi diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 ini tidak hanya diderita oleh orang berusia lanjut, namun sekarang banyak sudah diderita oleh orang yang masih muda bahkan anak-anak akibat pola makan berantakan dan gaya hidup yang tidak sehat.

4. Iritasi akibat gesekan

Kasus ini biasanya terjadi pada wanita yang sering menggunakan perhiasan semacam kalung dan gelang yang berbahan tidak nyaman bagi kulit. Ini menyebabkan kulit di sekitar perhiasan itu berwarna hitam akibat gesekan.

5. Penyakit Addison

Gejala yang muncul akibat penyakit addison adalah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap, termasuk di bagian leher. Penyakit addison adalah gangguan yang menyerang kelenjar adrenal yang tidak bisa menghasilkan hormon dalam jumlah yang diperlukan. 

Perubahan tidak hanya di kulit saja yang menghitam, tetapi penderitanya mudah lelah dan nafsu makan menurun.

6. Hypothyroidism

Penyakit Hypothyroidism adalah salah satu jenis penyakit yang dipengaruhi oleh kondisi kelenjar tiroid yang tidak normal. Salah satu gejala yang ditunjukkan oleh penyakit ini adalah menghitamnya bagian kulit di seluruh tubuh termasuk di bagian leher yang bahkan dapat membuatnya lebih kering.

7. Gaya hidup yang tidak bersih 

Penyebab leher anak hitam lainnya bisa jadi akibat gaya hidup yang tidak bersih seperti malas mandi. Saat malas membersihkan diri, kesehatan kulit juga akan terganggu. Kotoran akan mengendap di kulit dan dapat mengubah warna asli kulit menjadi kehitaman.

Cara mengobati leher anak hitam

leher-anak-hitam-awas-bisa-jadi-tanda-si-kecil-diabetes-3

1. Mengontrol berat badan

Jika si kecil memiliki berat berlebih hingga mencapai level obesitas, Ibu harus mengajaknya untuk mengontrol berat badannya. Ini dapat mengurangi AN yang dialami oleh si kecil. Cara termudah mengontrol berat badan anak adalah dengan mengonsumsi makanan alami dan bukan makanan tinggi proses. 

Selain itu, gaya hidup sehat lainnya seperti tidur yang cukup serta berolahraga rutin juga disarankan. Jika si kecil menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik, diharapkan berat badan si kecil akan menurun dan terkontrol dengan baik.

2. Menjaga kebersihan leher saat mandi

leher-anak-hitam-awas-bisa-jadi-tanda-si-kecil-diabetes-4

Jika leher hitam disebabkan oleh gaya hidup yang tidak bersih, maka cara mengobati leher anak hitam adalah menjaga kebersihan leher saat mandi. Bagian leher apalagi bagian tengkuk merupakan bagian yang paling sering dilupakan saat membersihkan tubuh atau mandi. 

Dengan kurang dibersihkannya bagian tersebut, lama-kelamaan kotoran dan daki akan menebal serta sel kulit mati menumpuk.

Untuk mengatasi ini terjadi, rutinlah untuk membersihkan bagian leher terutama bagian belakangnya agar daki yang menumpuk segera menipis. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, diharapkan leher anak hitam akan berubah warnanya seperti sedia kala dalam kurun waktu seminggu.

Ibu tidak perlu khawatir jika leher anak hitam. Tetap amati dan tangani leher anak hitam dengan cara yang tepat.

Editor: Dwi Ratih