Balita

Memilih Perlengkapan MPASI Anak, Harus Yang Berkualitas!

Memilih Perlengkapan MPASI Anak, Harus Yang Berkualitas!

Momen makan pertama si kecil, menjadi hal yang mungkin cukup dinanti oleh para Ibu. Untuk itu, sebisa mungkin momen ini akan selalu dipersiapkan dengan baik oleh Ibu.

Tujuannya nggak lain, supaya sesi makan ini, jadi momen yang menyenangkan bagi orang tua dan juga si kecil. Nggak hanya memilih bahan makanan yang berkualitas, perlengkapan MPASI anak pun tak luput dari perhatian Ibu.

Sebab, berdasarkan pengalaman Ibumin, perlengkapan MPASI anak yang menarik, sedikit banyak bisa memengaruhi keinginan anak untuk makan. Tapi, memilih perlengkapan MPASI anak juga nggak boleh sembarangan ya Bu.

Perlengkapan MPASI anak harus dipastikan aman untuk si kecil. Jangan sampai, saat kita salah membeli perlengkapan MPASI anak, malah bisa memberikan pengaruh buruk bagi kecil yang sedang belajar mengenal rasa makanan.

Persiapan perlengkapan MPASI bayi 6 bulan


Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan para ahli lainnya sepakat bahwa, pemberian makanan pertama bayi sebaiknya dimulai pada usia 6 bulan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan, mengenalkan makanan pada bayi di bawah usia 4 bulan sangat tidak disarankan.

Sebab, hal ini bisa berisiko pada pencernaan si kecil. Sangat disarankan, pada 6 bulan pertama kehidupan bayi, mereka cukup diberikan ASI eksklusif demi mendukung tumbuh kembangnya yang lebih baik.

Tapi, kalau si kecil sudah berusia 6 bulan, maka pemberian MPASI sangatlah disarankan. Karena, pada usia 6 bulan, bayi tentu membutuhkan lebih banyak vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat tambahan selain dari ASI.

Nah, buat si kecil yang bulan depan sudah mulai MPASI. Ibu wajib memperhatikan apa saja perlengkapan MPASI anak, guna mendukungnya belajar mengenali rasa makanan seperti berikut:

1. High cair

High cair atau kursi makan bayi, menjadi salah satu perlengkapan MPASI bayi 6 bulan yang juga wajib ada. Dikutip dari Very Well Family para ahli mengatakan, begitu bayi sudah bisa duduk tegak tanpa penyangga, itu artinya mereka sudah siap dengan MPASI pertamanya.

Hal ini juga menjadi pertanda bahwa ia sudah siap duduk di high cair. Pastikan pula agar bayi sudah lebih kuat mengontrol dan mengangkat kepala, supaya ia lebih aman duduk di high cair dan menikmati makanannya.

Memilih high cair untuk bayi juga sebaiknya perlu diperhatikan material utama yang digunakan. Misalnya kayu atau fiber, biasanya bahan kayu lebih berat sedangkan fiber sebaliknya. Jangan lupa pastikan high cair yang digunakan sudah lolos uji kualitas ya, Bu!

2. Bib

Bib atau celemek, punya fungsi menampung makanan yang ditumpahkan si kecil saat mulai MPASI. Ada berbagai macam jenis bib untuk bayi, yang dibedakan dari bahannya yakni silicone hingga plastik sekali buang.

3. Steamer dan blender

Steamer dan blender jadi perlengkapan MPASI anak yang juga perlu disiapkan. Terutama untuk kebutuhan memasak MPASI.

Kedua alat ini punya fungsi cukup krusial dalam memasak dan menghaluskan makanan bayi. Kamu juga bisa memilih menggunakan saringan kawat biasa, guna membantu menghaluskan makanan di kecil yang lebih alami.

4. Sendok-garpu

Sendok-garpu merupakan peralatan MPASI anak yang juga wajib dimiliki. Terutama jika Ibu hendak mengajari anak menggenggam hingga makanannya sendiri dengan bantuan Ibu.

Melansir What To Expect sendok-garpu yang dipilih, sebaiknya harus sudah BPA-free dan berbahan silicone atau plastik. Jangan menggunakan sendok-garpu berbahan metal, agar tidak mengganggu stimulasi gusi dan gigi bayi saat sedang mengunyah makanan.

5. Gelas/sippy cup (training bottle)

Memilih gelas atau sippy cup, sebagai peralatan MPASI anak juga nggak boleh asal pilih ya Bu. Melansir Baby Center gelas atau sippy cup untuk bayi harus memiliki sedotan silicone lembut dengan dua pegangan gelas, untuk memudahkan si kecil mudah meraih gelasnya.

Tak lupa, sedotan bagian bawah pada sippy cup biasanya akan diberi pemberat. Tujuannya supaya gelas bisa tetap tegak, dan tidak ada katup yang mengontrol aliran cairan. Sehingga memudahkan si kecil menyedot air dan terhindar dari kemungkinan tersedak.

6. Mangkuk/piring

Pastikan, pilih mangkuk/piring sebagai peralatan MPASI anak yang sudah berstandar BPA-free dan berlabel food grade ya, Bu. Supaya lebih aman digunakan untuk si kecil dan dapat menjaga kualitas makanan yang Ibu buat nantinya.

7. Placemat

Usahakan memilih placemat untuk bayi berbahan silicone, agar lebih mudah dibersihkan ya Bu. Placemat adalah alas khusus untuk piring makan bayi juga menjadi perlengkapan MPASI anak yang cukup dibutuhkan, khususnya di rumah. 

8. Tissue kering dan tissue basah

Setelah si kecil selesai makan, mulut dan tangannya wajib dibersihkan dengan tissue kering dan juga tissue basah ya Bu. Tissue juga berguna membersihkan meja dan lantai yang berantakan akibat tumpahan makanan bayi.

Namun, pastikan memilih tissue khusus untuk bayi. Supaya, lebih aman bagi kulitnya yang masih sangat sensitif.

Produk perlengkapan MPASI MUGU yang bisa jadi pilihan

MUGU merupakan produk perlengkapan MPASI anak yang berkualitas dan ramah untuk lingkungan. Dalam acara bertajuk “Joyful Picnic with MUGU My Hearts’ Mate”di DION, Senayan Park, Jakarta, MUGU pun memperkenalkan produk-produknya.

Di acara tersebut, James Chou, CEO dan Co-Founder TNP Group, menjelaskan bahwa MUGU ingin agar sesi makan pertama si kecil jadi pengalaman yang menyenangkan bagi orang tua dan anak. Untuk itu, semua perlengkapan MPASI anak dari MUGU, sengaja dikembangkan dengan sepenuh hati untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil.

Lebih lanjut, MUGU juga punya tujuan lain untuk bisa selalu menemani anak belajar makan serta mendorong pengembangan imajinasi agar tumbuh optimal. Salah satu bentuk dukungannya adalah lewat produk baru dengan menampilkan 6 IP Character yang disebut MY HEARTS’ MATE (Hiro, Elio, Alexa, Rose, Theo, dan Snowie), dengan sifat dan kepribadian berbeda.

Selain itu, MUGU juga mengusung tiga value utama dalam mendukung tumbuh kembang anak yakni:

  • Caring yang menjadikan MUGU sebagai sahabat anak-anak lewat My Hearts’ Mate.
  • Creativity yang tercermin dari produk-produk yang stylish, dan dapat memicu imajinasi anak dalam bereksplorasi.
  • Sustainability dengan menghadirkan produk-produk yang ramah anak dan lingkungan.

Yup! Apalagi menurut psikolog Kanti Sekarputri Pernama, M.Psi, mengembangkan imajinasi anak sangat penting untuk, membantu anak memahami tentang nilai-nilai kehidupan yang baik. Untuk itu, MUGU hadir di Indonesia dengan perlengkapan makan anak yang terdiri dari:

  • Suction bowl
  • Sendok dan garpu
  • Training bottle
  • Placemat
  • Silicon bib
  • Playmat yang bisa menjadi tempat anak bermain dan bereksplorasi.

Semua produk MUGU didesain di Australia dan dibuat dengan hati, serta sangat memperhatikan detail. Jadi, nggak perlu diragukan lagi kualitasnya ya, Bu. Sehingga produk MUGU bisa jadi salah satu perlengkapan MPASI anak yang bisa jadi pilihan.

Ibumin juga berkesempatan mencoba Wheat Straw Tritan Training Bottle dari MUGU lho. Yang bikin takjub, bahan materialnya terbuat dari plastik tritan yang merupakan plastik teraman di dunia dan pastinya BPA-Free. 

Dilengkapi juga dengan lid button lock design yang bisa menjaga air di dalam training bottle ini tidak mudah tumpah saat jatuh.Handle botolnya juga ergonomic yang membuat si kecil makin nyaman memegangnya.

Canggihnya lagi, terdapat gravity ball straw yang bikin si kecil bisa minum dari training bottle ini dalam posisi apapun, termasuk sambil tiduran, hihi.. Ibu juga nggak perlu ketar-ketir apakah si kecil sudah cukup minum atau tidak karena ada volume scale untuk memantau seberapa banyak air yang si kecil minum.

Menarik banget yaa produknya MUGU? Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera rasakan sendiri kenyamanan makan dan minum dengan si kecil.



Editor: Atalya A.