Balita

Mudah Dilakukan, Membersihkan Anting Emas Ala Metode Rumahan

Mudah Dilakukan, Membersihkan Anting Emas Ala Metode Rumahan

Beberapa waktu lalu, ada hal yang bikin Ibumin jadi galau. Anting anak perempuan Ibumin sepertinya sudah harus dibersihkan.

Tanya sana sini, katanya sih kalau mau membersihkan anting anak harus di bawa ke toko emas langsung. Nantinya akan dibersihkan menggunakan cairan khusus, agar warna emasnya semakin berkilau.

Tapi, Ibumin belum sempat pergi ke toko emas nih. Namun, jujur saja agak gatal ingin segera membersihkan anting anak, supaya lebih indah dilihat dan bikin ia juga merasa lebih nyaman.

Setelah mencari tahu, Ibumin menemukan banyak cara membersihkan anting emas yang ternyata bisa dilakukan di rumah, lho! Bahkan, membersihkan anting ini bisa dilakukan dengan bahan-bahan seadanya.

Wah, bakalan gimana ya hasilnya nanti? Yuk, simak cara membersihkan anting emas si kecil ala metode rumahan dalam artikel berikut ini.

Perhatikan bahan yang digunakan


Meskipun menggunakan metode rumahan, nyatanya ada hal yang tetap perlu jadi perhatian sebelum membersihkan anting emas. Dikutip dari Jewelers Mutual, membersihkan anting anak ala metode rumahan, setidaknya harus memerhatikan bahan yang digunakan sudah aman.

Apalagi, jika kualitas emas pada perhiasan yang digunakan sangat berkualitas. Perlu diketahui bahwa, emas murni harusnya dibuat menggunakan emas 24 karat.

Emas sendiri merupakan logam lunak dan rentan tergores. Jadi, untuk meningkatkan kualitas dan umur panjangnya, maka emas perlu dicampur dengan logam lain.

Nah, pencampuran logam lain ini terkadang bikin jumlah karatnya jadi menurun. Sehingga, untuk membersihkan perhiasan emas nantinya, tetap harus memerhatikan bahan apa saja yang digunakan.

Agar perhiasan emas yang digunakan bisa lebih berkilau dan awet tahan lama. Apalagi, emas memiliki daya jual yang tergolong cukup tinggi.

Jadi, Ibu harus memastikan perhiasan emas Ibu benar-benar dibersihkan dan di rawat dengan baik, ya. Penting diingat, membersihkan anting emas sebaiknya jangan menggunakan tisu.

Sebab, tisu memiliki serat-serat kasar yang jika digunakan khawatir bisa membuat perhiasan emas nggak mulus lagi. Wah, baru tahu kan, Bu?

Cara membersihkan anting emas yang benar


Secara keseluruhan, bahan utama yang wajib disediakan sebagai cara membersihkan anting anak yang benar adalah, dengan merendamnya di dalam air hangat. Perlahan, nantinya kotoran yang menempel akan keluar dengan sendirinya, tanpa perlu digosok ataupun disikat.

Dikutip dari The Spurce membersihkan anting anak sebaiknya perlu dilakukan sebulan sekali. Alasannya, karena hampir semua perhiasan dikenakan dekat dengan kulit, maka minyak tubuh, make up, kotoran, kuman, dan bakteri dapat menumpuk.

Semua penumpukan ini membuat emas kehilangan kilaunya. Pembersihan secara berkala, akan membuat perhiasan emas berkilau hingga bertahun-tahun.

Meski disarankan untuk membersihkan anting anak tiap sebulan sekali, namun secara keseluruhan frekuensi membersihkan anting anak tergantung pada seberapa sering dipakai. Dikutip dari Brides, berikut adalah cara membersihkan anting emas si kecil dengan metode rumahan:

1. Menggunakan air hangat

Pilihan terbaik dan termurah untuk membantu membersihkan anting anak adalah, dengan hanya menggunakan air hangat. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan wadah berisi air hangat, tambahkan 1 tetes cairan pencuci piring
  • Rendam hingga 15 menit
  • Gosok perlahan menggunakan sponge lembut
  • Bilas dan keringkan menggunakan lap kering.

2. Membersihkan anting anak dengan hiasan batu permata

Membersihkan anting emas anak dengan hiasan batu permata, sekilas mungkin metodenya nampak sama. Tapi, yang perlu diingat, batu permata memiliki karakteristik yang berbeda.

Jadi, disarankan untuk menanyakan cara membersihkan anting ini secara langsung pada ahlinya. Agar bisa lebih terlihat berkilau, biasanya Ibu membutuhkan kain khusus untuk membersihkan anting emas dengan batu permata di tengahnya.

3. Membersihkan anting dengan cairan amonia

Cairan amonia ini biasanya memang banyak digunakan oleh para pedagang emas. Tujuannya untuk membersihkan emas, namun cairan ini nggak bisa digunakan sembarangan ya Bu.

Ada baiknya, jika memilih menggunakan cairan amonia sebagai bahan untuk membersihkan anting, sebaiknya dilakukan oleh para ahli perhiasan profesional. Agar tidak merusak kadar emas nantinya.

Namun, pada dasarnya membersihkan anting emas dengan amonia caranya cukup mudah, yakni cukup menyediakan perbandingan air dan amonia sekitar 1:6. Kemudian sediakan mangkuk, saringan dapur dan kain mikrofiber.

Cairan tersebut perlu dicampurkan dan diaduk merata. Kemudian, rendam perhiasan dalam campuran tersebut tidak lebih dari satu menit.

Lalu, angkat menggunakan saringan dapur dan bilas dengan air bersih. Kamu bisa mengeringkan anting emas si kecil menggunakan kain mikrofiber atau kain halus.

Nah, yang Ibu wajib tahu adalah sifat emas tidak mudah ternoda seperti perak. Tapi tetap saja, pemakaian dan penanganan yang sering dapat membuatnya tampak kusam.

Emas dengan karat yang rendah, biasanya cenderung mengandung konsentrasi paduan yang lebih tinggi. Emas ini akan lebih mudah ternoda, terutama jika terkena bahan kimia yang berlebihan seperti klorin, alkohol, asam, dan senyawa belerang.

Sedikit tips dari Ibumin, supaya kadar karat di dalam emas tidak turun, sebaiknya jangan pernah menggunakan pasta gigi, soda kue, atau pembersih logam lainnya untuk membersihkan anting emas. Jangan pula menggunakan pemutih pakaian, sebab bahan aktifnya bisa bereaksi dengan emas dan akan menggerogoti karat pada emas.

Sehingga otomatis bisa menurunkan kualitas nilai jualnya. Nah, gimana Bu apakah sudah pernah mencoba salah satu metode ini di rumah? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!