Rekomendasi

Rekomendasi Booster Seat Terbaik dan Ternyaman untuk Si Kecil

Rekomendasi Booster Seat Terbaik dan Ternyaman untuk Si Kecil

Booster seat kerap kali disalah artikan sebagai kursi yang akan melatih si kecil untuk duduk sendiri. Faktanya, booster seat justru baru boleh digunakan saat si kecil mulai memasuki usia 6 atau 9 bulan hingga usianya menginjak 5 tahun atau saat ia sudah dapat duduk sendiri tanpa bantuan dan tanpa perlu ditopang. Jangan gunakan booster seat saat si kecil belum berada di fase duduk sendiri ya Bu. 

Melansir dari laman What to Expect, booster seat biasanya dipilih saat anak sudah tidak mau duduk di kursi makannya (high chair) dan lebih memilih bergabung dengan anggota keluarga lainnya di meja makan ketika jam makan tiba namun sayangnya ia belum pas saat duduk di kursi makan biasa seperti orang dewasa. Booster seat ini bersifat portable (mudah dibawa ke mana saja) dan memiliki bentuk yang simple sehingga cukup tepat digunakan diberbagai situasi. 

Sejak Januari 2020, undang-undang federal telah menyatakan bahwa booster seat yang bagus dan layak digunakan anak saat makan harus memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC) seperti: 

  • Desain booster seat bayi harus aman dan dapat mengurangi risiko cedera hingga kematian;

  • Booster seat memiliki bentuk yang kokoh, tidak akan menjepit atau melukai tubuh bayi saat duduk;

  • Bayi harus merasa nyaman saat duduk di booster seat dan tidak merasa kesakitan;

  • Bahan pembuatan booster seat bayi dilarang menggunakan bahan kimia berbahaya seperti timbal atau ftalat; dan

  • Setidaknya produk booster seat bayi memiliki sertifikasi ASTM International atau Juvenile Product Manufacturers Association (JPMA) dan dianggap lolos uji protokol keamanan yang sangat ketat.

Panduan Khusus Menggunakan Booster Seat

Berinvestasi pada booster seat yang bagus memang tidak salah, namun ada baiknya Ibu tetap mengetahui panduan tepat saat menggunakan booster seat untuk keamanan si kecil seperti berikut ini:

  • Cek Ulang Booster Seat Pilihan Ibu

    Demi keamanan dan kenyamanan si kecil, Ibu sebaiknya mengecek sendiri kualitas booster seat yang bagus seperti adanya sertifikasi keamanan, batas umur atau berat yang dianjurkan merk booster seat tersebut (setiap produk memiliki batasan yang mungkin berbeda), dan juga kemudahan saat menggunakan booster seat.

  • Pahami Manual Cara Pemasangan Booster Seat


    Memahami bagaimana cara memasang booster seat pilihan Ibu adalah salah satu kunci si kecil akan aman saat duduk di kursi bayinya. Saat membeli, mintalah petunjuk cara pemasangan terlebih dahulu pada penjual atau Ibu dan Ayah bisa membaca secara cermat tentang pemasangan booster seat yang tepat.

  • Memasang Booster Seat di tempat yang Tepat


    Jangan asal taruh dan memasang booster seat sembarangan karena risiko si kecil terjungkal bahkan jatuh dari booster seat-nya cukup besar. Bila menggunakan pengait, maka barang yang digunakan untuk mengaitkan booster seat harus lebih berat daripada berat badan bayi Ibu. Pastikan juga barang tersebut tidak mudah bergeser kemana-mana.

  • Jangan Biarkan Si Kecil Sendirian


    Dimanapun dan kapan pun, bila si kecil sedang berada di booster seat-nya, Ibu atau pengasuh harus selalu berada di dekatnya untuk menghindari si kecil tiba-tiba berdiri atau ingin keluar sendiri dari booster seat-nya. Terutama bila booster seat dipasagan ditempat yang agak tinggi. Ini sangat berbahaya Bu. Jangan lengah ya.

Rekomendasi Booster Seat Untuk Anak

Sedang mencari booster seat yang aman dan nyaman digunakan untuk si kecil? Tenang saja, di Indonesia sendiri sudah banyak merk booster seat recomended dan telah banyak digunakan oleh para orang tua untuk si kecil. Simak rekomendasi merk booster seat terbaik yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

  1. Chicco Pocket Snack Booster Seat

    Chicco booster seat memiliki level ketinggian 3 macam dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Terbuat dari bahan berkualitas dan material logam yang kokoh terutama pada kerangka kursinya serta alas kursi antiselip yang aman untuk buah hati Ibu. Kekurangan pada produk booster seat bayi ini adalah tidak memiliki bantalan punggung yang empuk. Kisaran harga Rp340.000-Rp500.000.

    Dapatkan Chicco booster seat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia
    Lazada 

  2. Graco Swivi Seat 3-in-1 Booster 

    Yang menarik dari booster seat Graco Swivi ini adalah dapat digunakan tak hanya sebagai kursi makan untuk bayi atau balita yang sudah besar, namun dapat digunakan juga pada bayi dengan ukuran yang lebih kecil atau saat usia si kecil baru mulai makan. Booster seat ini juga dapat berputar untuk memudahkan Ibu saat menyuapi si kecil. Tak hanya itu saja, sabuk pengaman didesain khusus seperti menggunakan sabuk pada baby car seat. Tray yang terpasang juga dapat dilepas supaya memudahkan Ibu saat membersihkannya. Kisaran harga Rp5.000.000.

  3. Prince Lionheart Booster Squish 

    Ingin memilih booster seat yang nyaman saat dipakai si kecil? Prince Lionheart Booster Squish dapat dipertimbangkan karena didesain memiliki bantalan kursi yang empuk dengan alas kursi yang kokoh, anti selip, dan memiliki sabuk pengaman tiga titik. Booster seat ini juga telah memiliki sertifikat keamanan dari Juvenile Product Manufacturers Association (JPMA) dan lolos uji standar keamanan ASTM International. Kalau Ibu tertarik, booster seat ini baru bisa dibeli di situs e-commerce luar negeri seperti Amazon atau Ebay ya. Kisaran harga Rp2.000.000.

  4. Ingenuity Booster Seat 

    Bantalan duduk booster seat merk Ingenuity ini cukup empuk dan dapat dilepas saat si kecil siap menggunakannya sebagai kursi duduk biasa. Terdapat tiga titik pengaman sebagai sabuk pengaman, jadi cukup aman ya Bu saat digunakan si kecil. Dilengkapi juga dengan tray yang dapat dipasang dan dilepas kemudian diselipkan di bawah booster seat-nya sendiri. Booster seat ini juga mudah dibawa kemana saja, jadi cukup praktis ya. Kisaran harga Rp650.000-Rp850.000.

  5. Mastela Booster Seat

    Mastela booster seat dapat digunakan oleh anak-anak dengan berat hingga 15 kg. Booster seat ini dapat dilipat setelah digunakan sehingga tidak memakan tempat terlalu banyak, selain itu tray dapat diatur maju atau mundur serta dapat dilepas bila ingin dibersihkan atau dijadikan kursi duduk biasa. Desainnya yang simple menjadikan booster seat ini mudah dibawa kemana saja dan juga mudah saat dipasang di kursi dewasa. Tinggi kursi juga dapat disesuaikan dan diatur dalam 2 level. Kisaran harga Rp500.000.

    Dapatkan Mastela booster seat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia
    - Lazada 
    Blibli

  6. Mothercare Baby Booster Seat 

    Booster seat merk Mothercare dapat digunakan sejak enam bulan dengan desain dan warna merah yang menarik. Booster seat ini sifatnya portable alias bisa dibawa kemana-mana dengan mudah karena ringan. Dilengkapi dengan tray yang dapat disesuaikan tingginya serta mudah di lepas. Kursi makan bayi yang satu ini juga mudah dibersihkan sehingga si kecil akan tetap aman dan nyaman saat duduk di kursinya. Terdapat 3 tingkatan tinggi dan 2 posisi bersandar serta sabuk pengaman untuk si kecil. Kisaran harga Rp550.000.

  7. Sit ‘n Style Booster Seat

    Desain Sit ‘n Style Booster Seat sangat elegan dan diklaim menjadi booster seat yang praktis dan tidak memakan banyak tempat. Warna booster seat yang bagus dan desain lengkung yang mewah sudah pasti cocok dan nyaman untuk si kecil. Tray yang terpasang juga dapat dilepas bila ingin digunakan sebagai kursi duduk biasa dan mudah sekali dibersihkan. Soal keamanan jangan diragukan lagi, sabuk pengaman booster seat ini juga terbuat dari bahan yang kuat. Kisaran harga di atas Rp400.000.

  8. Summer Infant Pop 'N Sit Portable Booster Seat

    Praktis dan sangat simple adalah gambaran yang pas untuk booster seat merk ini. Cocok digunakan di dalam dan di luar ruangan nih Bu. Pemasangannya juga sangat mudah bahkan hanya hitungan detik. Bila tidak digunakan atau ingin dibawa, booster seat ini hanya cukup dilipat menjadi tas jinjing. Dapat digunakan dari umur 6 bulan sampai 4 tahun atau tidak lebih dari 17 kg. Kisaran harga Rp 350.000.

  9. Sugarbaby Sit On Me Folded Booster Seat 

    Sugarbaby booster seat punya pilihan warna yang sangat ceria dan juga penuh gambar-gambar lucu sehingga cocok sekali untuk balita Ibu. Dapat digunakan pada bayi atau balita yang sudah melalui fase duduk sendiri tanpa bantuan dengan batas berat badan bayi tidak lebih dari 15 kg. Memiliki tray yang dapat dilepas, tinggi yang dapat disesuaikan, terdapat sabuk pengaman untuk si kecil, serta mudah dibawa saat bepergian. Kisaran Harga Rp 235,000. 

    Dapatkan Sugarbaby Sit On Me Folded Booster Seat di e-commerce berikut ini:
    -
     Shopee 
    Tokopedia
    - Lazada 
    Blibli

  10. Fisher-Price Healthy Care Booster Seat 

    Kelebihan dari booster seat Fisher Price ini, tray atau bakinya dapat dilepas kemudia masuk ke mesin cuci piring. Selain itu, tray pada booster seat ini punya tutup yang dapat menjaga makanan si kecil tetap bersih dan terhindar dari lalat. Mudah dibawa kemana saja, level ketinggian ada 3 dan dapat disesuaikan dengan mudah, serta terdapat sabuk pengaman untuk keamanan si kecil. Kursi bayi ini dapat digunakan hingga berat si kecil mencapai 23 kg. Kisaran Harga Rp 500,000 – Rp 600,000.

    Dapatkan Fisher-Price Healthy Care Booster Seat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 


  11. Baby Safe Pop n Eat Baby Booster Seat 

    Kursi bayi baby safe memiliki 4 level ketinggian yang dapat disesuaikan, mudah dibawa kemana saja, memiliki tray lepas pasang yang praktis, ringan, dapat dilipat, memiliki alas kaki anti selip, dan tempat duduk terbuat dari bahan waterproof yang mudah dibersihkan. Berat badan maksimal untuk kursi ini adalah 15 kg dengan rekomendasi usia hingga 36 bulan (tergantung ukuran bayi). Kisaran Harga Rp 350,000.

    Dapatkan Baby Safe Pop n Eat Baby Booster Seat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    Tokopedia
    - Lazada 
    Blibli

  12. Pliko Folding Booster Seat 

    Pliko menawarkan produk booster seat bayi yang nyaman untuk si kecil karena terdapat bantalan punggung yang empuk. Tray yang terpasang pada booster seat bayi juga didesain hampir melingkari tubuh si kecil supaya si kecil tetap aman dikursinya. Keamanan lain yang ditawarkan produk Pliko adalah sabuk pengaman yang memiliki tiga titik serta tali yang dapat digunakan saat booster seat di pasang di kursi dewasa. Kisaran Harga Rp 245,000 – Rp 310,000.

    DapatkanPliko Folding Booster Seat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia
    Blibli

Booster Seat atau High Chair ya?


Bingung akan membeli produk yang mana? Kedua benda ini memiliki kelebihan masing-masing Bu, jadi Ibu tingga memilih mana yang sekiranya paling pas dan dibutuhkan untuk buah hati. Untuk lebih meyakinkan, Ibu bisa menyimak beberapa pertimbangan berikut ini, dikutip dari laman Made for Mums:

  • High chair terlihat lebih kokoh dan kuat dengan kaki kursi yang panjang dan biasanya setinggi meja makan.

  • High chair dapat dengan mudah menggantikan kursi dewasa tanpa harus melakukan pemasangan seperti booster seat.

  • High chair dilengkapi dengan sabuk pengaman lima titik dan cenderung sangat aman untuk bayi.

  • Kemungkinan high chair lebih empuk dan membuat si kecil lebih nyaman.

  • Booster seat adalah kursi bayi yang portable atau mudah dibawa kemana saja terutama bila sedang berlibur atau makan di rumah makan. Biasanya kursi ini juga mudah dilipat dan bisa dimasukkan ke koper.

  • Di rumah, booster seat tidak memakan banyak ruang dan tempat.

  • Untuk harga, booster seat lebih murah daripada high chair.

  • Booster seat memiliki dua fungsi, sebagai kursi makan dan kursi duduk biasa.

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih